Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
13 Jan 2014 12:53:27
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Berbagai Penyakit Anjing yang Bisa Timbul Saat Banjir

foto

Kondisi banjir dapat menimbulkan kekhawatiran baru bagi pemilik anjing. Saat banjir, anjing peliharaan kita bisa dengan mudahnya terkena penyakit karena kontak dengan air yang terkontaminasi, tikus atau binatang lain yang bisa membawa penyakit, gigitan nyamuk, serta kondisi tubuh anjing yang seringkali lembab. Berikut beberapa penyakit yang dapat timbul saat banjir yang perlu diperhatikan dan dicegah, yaitu:

- Heartworm
Nyamuk sangat menyukai area basah untuk bereproduksi dan bertumbuh. Dan, penyakit heartworm erat kaitannya dengan nyamuk. Heartworm muncul ketika anjing terkena gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh larva heartworm. Satu gigitan saja dari nyamuk yang terinfeksi, bisa menyebabkan anjing terkena Heartworm. Heartworm bisa menyebabkan kerusakan permanen pada jantung, pembuluh darah anjing dan bisa berujung pada kematian jika tidak diobati segera. Dan, karenanya sangat penting untuk menjaga agar area kandang atau tempat tinggal anjing bebas dari nyamuk terutama saat kondisi hujan dan banjir.

Info Lengkap Heartworm:
Heartworm, Penyakit Mematikan Pada Anjing

Catatan: Diluar negeri ada produk pembasmi serangga alami atau organik bernama Pyrethrin sprays yang terbuat dari chrysanthemum yang lebih aman ketimbang pembasmi serangga sintetis. Di Indonesia kurang tahu apakah ada, namun Anda bisa coba search google ada beberapa cara alami untuk mengusir serangga.

- Leptosprosis
Leptospirosis atau lepto adalah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri yang biasanya menyebar melalui urin dari hewan yang terinfeksi atau air yang terkontaminasi urin tsb. Tikus adalah salah satu hewan yang sering menularkan penyakit ini, tetapi banyak hewan mamalia yang juga bisa terkena Lepto, termasuk manusia. Anjing biasanya terinfeksi saat mereka kontak dengan rumput basah, tanah, genangan air, sungai atau kolam yang telah terkontaminasi dengan urin hewan yang terinfeksi. Dalam kondisi banjir, resiko tertular penyakit ini tentu lebih besar. Anjing yang terkena Lepto bisa mengalami gagal hati dan ginjal yang sulit untuk disembuhkan dan seringkali gagal, mengakibatkan kematian. Karenanya Pencegahan Sangat PENTING.

Pencegahan dan info lengkap lain mengenai Leptospirosis:
Kupas Tuntas Penyakit Leptospirosis

- Hot Spot
Hot Spot atau juga disebut dengan Pyotraumatic dermatitis/Acute Moist Dermatitis adalah infeksi kulit yang diakibatkan bakteri yang menyebabkan kulit lembab, kemerahan dan terletak pada spot tertentu. Hot spots berawal dari adanya iritasi pada kulit dan muncul rasa gatal yang kemudian membuat anjing terus menerus menjilat, menggigit, atau menggaruk area gatal tersebut. Akibatnya memungkinkan bakteri masuk ke dalam kulit yang terluka dan membuat iritasi semakin parah. Hot spot seringkali terjadi pada saat cuaca hangat dan lembab. Kutu merupakan penyebab paling umum tetapi cuaca panas lembab, bulu panjang tebal, gigitan nyamuk, alergi dan apapun yang menyebabkan anjing menggaruk bisa memulai munculnya hot spot.

Pengobatan dan info lengkap mengenai Hot Spot:
Hot Spot pada Anjing

- Ringworm
Ringworm adalah infeksi jamur yang menyerang bulu dan folikel bulu. Kebanyakan kasus disebabkan oleh Microsporum canis. Infeksi ini ditularkan oleh spora dalam tanah dan melalui kontak dengan bulu anjing dan kucing yang terinfeksi. Tanda-tandanya adalah bulu rontok berbentuk bulat, semakin lama semakin besar, jumlah spotnya semakin banyak, dan area paling sering ditemui di sekitar wajah, telinga, telapak kaki, dan ekor. Penyakit ini bisa menular ke manusia terutama anak kecil.

Info lengkap seputar infeksi jamur pada anjing:
Mengenali Penyakit Akibat Jamur pada Anjing

- Infeksi bakteri
Infeksi bakteri juga umum terjadi saat banjir dan sangat penting untuk menjaga kebersihan sebagai pencegahannya. Jika kandang atau tempat tinggal anjing Anda terkena banjir, Anda perlu menggunakan disinfektan dan membersihkan area-area yang kotor dan berjamur.

Sumber/diterjemahkan dari:
http://www.revivalanimal.com/articles/concerns-over-flooding.html
http://pets.webmd.com/dogs/dog-ringworms

Last Edited : 13 Jan 2014 13:01:15
14 Jan 2014 22:47:34
#2
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
hmm sekarang aku ngerti kenapa banyak orang gak mau pelihara anjing atau menelantarkan anjingnya, karena masalah duit. Ngurus anjing jauh lebih mahal dari harga anjingnya. dan kalo dokter udah bilang di atas sejuta pasti gak mau kecuali dog lovers sejati atau setidaknya manusia. itu terjadi ke anjing kakakku, karena pindah, setelah sembuh parvo, anjingnya gak bisa di bawa karena apartemennya gak nerima anjing, anjingnya di telantarin dan mati ketabrak di parkiran, kakakku udah keluar lebih dari 20 juta untuk perawatan parvo, agak sulit untuk bilang dia gak peduli, katanya nyesel deh anjing kesayangan di kasih ke sodara/orang. di telantarin. di kira tinggal kasih makan sisa bekas makan kali, seharusnya bilang gak mau aja. aku kurang tertarik pasca banjir, tp artikel di atas sgt menarik, di banding manusia pasca banjir. gak terlalu heral lha, manusia merasa dirinya di atas semua makhluk lain, mobil nabrak anjing, jalan terus gak mau repot atau peduli, kebanyakan manusia egois sih sad

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.