Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
06 May 2013 15:49:49 #1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 732
Heartworm, Penyakit Mematikan Pada Anjing (Penting bagi Dog Owner!)
a user uploaded image

Q: Bagaimana anjing bisa terkena heartworm?

A: Penyebabnya hanya satu, yaitu jika anjing terkena gigitan dari nyamuk yang terinfeksi oleh larva heartworm. Dan Tidak ada cara untuk mengetahui manakah nyamuk yang terinfeksi karena itu PENCEGAHAN sangatlah penting.

Penyakit heartworm telah dilaporkan di seluruh 50 negara. Dan hanya dengan gigitan satu nyamuk yang terinfeksi bisa membuat anjing anda terkena heartworm.

Setelah anjing terkena gigitan nyamuk yang terinfeksi, dibutuhkan sekitar 7 bulan bagi larva untuk berkembang menjadi cacing dewasa. Cacing ini kemudian hidup dalam jantung, paru-paru dan di sekitar pembuluh darah dan mulai berkembang biak. Cacing dewasa bisa tumbuh hingga 12 inci panjangnya, bisa hidup 5-7 tahun di dalamnya dan seekor anjing bisa memiliki sebanyak 250 ekor cacing.

Q: Bisakah manusia terkena heartworm dari anjing mereka?
A: Penyakit ini hanya bisa ditularkan oleh nyamuk. Ini adalah parasit tertentu yang hanya berdampak pada anjing, kucing, musang dan mamalia lainnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, heartworm bisa menginfeksi manusia namun tidak melengkapi siklus hidup seperti halnya saat berada dalam tubuh anjing. Heartworm yang ada pada manusia akan berpindah ke paru-paru dan menyebabkan luka yang tampak seperti tumor. Tapi ini kasus yang sangat jarang.

Q: Jika salah satu anjing terkena heartworm, apakah bisa ditularkan kepada anjing yang lain?
A: Tidak. Sekali lagi, satu-satunya cara penyakit ini bisa ditransmisikan adalah melalui gigitan seekor nyamuk yang sudah terinfeksi. Dan bahkan jika nyamuk yang tidak terinfeksi menggigit anjing yang terinfeksi heartworm kemudian nyamuk tersebut menggigit anjing lain yang tidak terinfeksi pada malam yang sama, nyamuk tersebut tidak akan mentransmisikan parasit yang didapatnya kepada anjing lain. Hal itu karena saat nyamuk menggigit anjing yang sedang terinfeksi, heartworm yang masuk ke dalam tubuh nyamuk perlu menjalani masa inkubasi sebelum nyamuk tersebut dapat menginfeksi anjing atau hewan lain.

Q: Bagaimana saya bisa mencegah anjing saya agar tidak terjangkit heartworm?
A: Ada obat pil yang diberikan perbulan, obat topical per bulan yang bisa anda oleskan pada kulit anjing dan ada juga produk yang bisa disuntikkan pada anjing setiap 6 bulan. Biaya pengobatan dan perawatan untuk anjing yang terjangkit penyakit ini sangat mahal daripada biaya untuk mencegah heartworm tsb.

Q: Apa saja gejala-gejala anjing yang terkena heartworm?
A: Awalnya, tidak ada gejala. Tetapi seiring makin banyaknya cacing yang berkumpul di jantung dan paru-paru, kebanyakan anjing akan mengalami batuk. Selanjutnya, anjing tidak dapat melakukan exercise sebaik yang sebelumnya dan mereka menjadi mudah kehabisan napas. Dengan penyakit heartworm yang parah, kita bisa mendengar suara paru-paru yang tidak normal, anjing bisa pingsan karena hilangnya darah yang menuju ke otak dan akhirnya, sebagian besar anjing akan mati jika cacing-cacing tsb tidak diobati.

Q: Bagaimana pengobatannya jika anjing saya sudah terkena heartworm?
A: Obat yang digunakan disebut Immiticide. Obat ini adalah produk yang bisa disuntik dan berbasis arsenik. Dua atau tiga suntikan diberikan pada anjing yang akan membunuh cacing dewasa yang berada dalam pembuluh darah jantung.

Cara yang paling aman untuk mengobati heartworm mencakup pemeriksaan ekstensif sebelum pengobatan termasuk X-rays, tes darah dan semua tes yang dibutuhkan untuk mengetahui seberapa serius infeksinya. Lalu anjing diberikan suntikan.

Q: Kenapa saya harus menjaga agar anjing saya tetap tenang/tidak melakukan aktifitas selama beberapa bulan setelah pengobatan heartworm?
A: Setelah pengobatan, cacing-cacing akan mulai mati. Dan ketika mereka mati, mereka akan putus menjadi potongan-potongan, yang mana dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan menyebabkan kematian. Karena itulah mengapa anjing harus tetap tenang selama pengobatan dan beberapa bulan setelahnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar anjing yang mati setelah pengobtaan karena pemilik anjing membiarkan anjingnya untuk melakukan aktifitas/exercise.


Q: Jika anjing saya didiagnosa menderita heartworm, bisakah saya cukup memberinya preventatif bulanan tanpa membawanya ke dokter untuk diobati? Bukankah itu sudah cukup membunuh cacing heartwormnya?
A: Penelitian telah menunjukkan jika anda menggunakan ivermectin sebagai preventatif/pencegahan umum secara bulanan pada anjing dengan penyakit heartworm, maka setelah 2 tahun anda akan mematikan sebagian besar cacing jantung/heartworm muda. Yang menjadi masalah adalah, selama waktu tersebut semua cacing jantung/heartworm yang ada sudah melakukan kerusakan permanen pada jantung dan pembuluh darah anjing anda.
Namun, jika pemilik anjing benar-benar tidak mampu untuk membiayai pengobatan anjingnya, maka setidaknya menggunakan pencegahan secara bulanan ini bisa menjadi alternatif yang lebih baik ketimbang tidak diobati sama sekali.

Q: Jika saya tidak mengobati anjing saya yang memiliki heartworm, apakah dia bisa sembuh sendiri?
A: Tidak. Kemungkinan besar ia akan mati karena penyakit ini.

Q: Jika anjing saya memiliki heartworm dan sudah diobati, apakah mereka bisa terkena heartworm lagi?
A: Ya, ia bisa terkena lagi. Karena itulah Pencegahan sangat penting.

Anda bisa melihat ilustrasi tahap-tahap heartworm memasuki tubuh anjing dengan jelas, disini:




Sumber:
pets.webmd.com
youtube
Last Edited : 06 May 2013 15:57:20
06 May 2013 19:16:58 #2
Avatar DogsLover_Jesse
DogsLover_Jesse
Total Post : 53
di Indonesia ada gk tug nyamuk
06 May 2013 21:01:50 #3
Avatar deeandra.feminggai
deeandra.feminggai
Total Post : 110
diindonesia ada yang jual obat"an pencegahnya ga sis ? kalo ada merk apa gitu ?
bawang putih rutin membantu ga buat pencegahan digigit nyamuk ?
07 May 2013 08:56:00 #4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 407
Di Indonesia banyak  Terutama menyerang ternak seperti kambing dan sapi, karena biasanya mereka diternak berkelompok jd mudah tertular satu sama lain. Tp untuk menular ke anjing, sangat susah dan jarang. Saya pribadi tidak terlalu preventif ke heartworm, soalnya tidak hidup di lingkungan peternakan.

Banyak obat untuk mencegah heartworm (bukan mengobati), yg paling umum adalah obat yg mengandung invermectin oral atau drop atau inject. Dosis invermectin yg digunakan berbeda dengan dosis invermectin yg digunakan untuk melawan parasit lain seperti tungau, kutu dan cacing pencernaan. Dosis untuk pencegahan heartworm 100x lebih rendah, jd aman diberikan setiap bulan.

For dogs: Dose is 0.0015 to 0.003 mg per pound (0.003 to 0.006 mg/kg) once a month for heartworm prevention; 0.15 mg per pound (0.3 mg/kg) once, then repeat in 14 days for skin parasites; and 0.1 mg per pound (0.2 mg/kg) once for gastrointestinal parasites.

Konsultasikan dengan benar ama vet yg dipilih soal pemberian Invermectin untuk pencegahan heartworm, jd tidak memberikan dosis berlebihan seperti untuk tungau, kutu maupun cacing pencernaan.

Tetes Revolution yg mengandung Selamectin bisa juga untuk mencegah heartworm, tp dosis yg tersedia terlalu tinggi, karena dibuat dengan dosis yg cukup untuk membunuh parasit2 lain juga. Jd tidak terlalu aman bila diberikan berkala karena ada resiko (meski tidak selalu) menganggu fungsi hati, bila terlalu sering digunakan.
Last Edited : 07 May 2013 08:57:38
07 May 2013 20:33:03 #5
Avatar Darwin.Setia
Darwin.Setia
Total Post : 44
Invermectin seperti merk frontline kah?atau bukan?dan hanya bs dibeli dari vet saja??
Jd selamectin(revolution) tdk boleh diberikan rutinitas?spt 2/3 bulan sekali??
08 May 2013 06:59:46 #6
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 407
Frontline bahan utamanya Fipronil, beda dengan Revolution yg berbahan utama Selamectin.
Invermectin macam2 bentuknya, ada yg oral, ada yg drop, ada yg inject biasanya dlm merk dagang Ivomec (mengandung 1% invermectin). Kl ada channel bisa dapat sendiri. Tp kl ga biasa suntik anjing, mending vet yg melakukan.

Untuk apa memberi Selamectin dlm dosis lumayan besar kepada anjing dengan rutin? Dosis Selamectin dalam Re*ol*tion adalah untuk pengobatan, bukan pencegahan.
08 May 2013 11:56:22 #7
Avatar Darwin.Setia
Darwin.Setia
Total Post : 44
Oke thanks pencerahan nya mzbro labslover!
08 May 2013 15:42:19 #8
Avatar bung.chaerul
bung.chaerul
Total Post : 1
ANJING SAYA BERAK DARAH DAN CACINGAN SY SUDAH KASIH OBAT CACING, TAPI MASIH MALAS MAKAN , APAKAH ANJING SAYA AKAN MATI
08 May 2013 17:11:37 #9
Avatar ShihTzuLover
ShihTzuLover
Total Post : 16
Wah harus hati-hati tuh!
02 Jun 2013 22:58:11 #10
Avatar riana.graharani
riana.graharani
Total Post : 1
Mau tanya, anjing shih tzu saya terkena heartworm dan sudah parah x_x
Saya berikan obat "Heartgard", kira2 brp lama penyembuhan ini? Atau seberapa pesat kesembuhannya bisa dilihat?
Kasian anjing saya sudah tak nafsu makan telat deteksi penyakitnya x_x
Thx

Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Seekor Anjing Pitbull Berhasil Selamat Setelah Ditembak Dua Kali dikepala dan dikubur hidup-hidup
Thread IconAvatar User
makanan yg dapat di makan anak anjing mini pinsher
Thread IconAvatar User
Zeus, Anjing Tertinggi di Dunia Masuk Guinness World Record!
Thread IconAvatar User
Apakah Perlu Menambah Anjing Baru untuk Menemani Anjing Anda yang Bosan Sendirian di Rumah?
Kembali ke atas

0.2659