Halo AnDi: 0812.8600.8900 | E-mail: AnjingDijual@gmail.com | Sundul Iklan via SMS: 0.8989.200200 | Facebook @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
09 Feb 2013 22:46:50 #1
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Mengenali penyakit akibat jamur pada anjing.
Jamur ada dimana2 mereka selalu ada di kulit anjing, bila kondisi anjing baik dengan imune yg baik, jamur tidak akan bisa menginfeksi kulit anjing. Kulit anjing terinfeksi bila kondisi kulit buruk, imune belum mature (pada puppy) dan jumlah jamur yg ada sangat banyak.

Kondisi kulit yg buruk.

Kulit terlalu berminyak, atau terlalu kering, atau PH tidak balance adalah kondisi kulit yg buruk, yg menyebabkan banyak sel kulit yg mati.  Lepasnya sel kulit mati yg banyak dr tubuh anjing terlihat dalam wujud ketombe (dandruff). Jadi KETOMBE BUKAN JAMUR. Ketombe (Dandruff) adalah sel2 kulit mati yg menandakan kondisi kulit anjing anda buruk, sehingga mudah terinfeksi jamur, bakteri, atau tungau.

Imune yg belum mature

Pada puppy karena imune belum mature seperti anjing dewasa, apabila terpapar populasi jamur yg banyak, mungkin dari sisir atau lap atau handuk yg sebelumnya digunakan untuk anjing jamuran, kemudian digunakan untuk puppy anda. Puppy anda akan terserang jamur. Selalu gunakan alat2 grooming sendiri bila membawa puppy anda ke groomer. Saya ceroboh, membiarkan groomer memakai alat2nya seperti sisir lap dll pada puppy saya, dan mereka berdua terkena ringworm.

Infeksi jamur pada kulit anjing pada umumnya hanya ada 2 macam yaitu Malassezia dan Tinea.

Malassezia

Adalah infeksi kulit yg disebabkan oleh jamur bergenus Yeast, yg dinamakan Malassezia Pachydermatis atau Pytirosporum Canis, Tanda2 nya adalah kulit berkerak, kemudian berubah warna menjadi kehitaman.

a user uploaded image

Tinea (Ringworm)

Ringworm tidak ada hubungannya dengan cacing. Disebut demikian karena jejaknya melingkar seperti cacing. Adalah infeksi kulit yg disebabakan oleh jamur bergenus Thrycophyton atau bergenus Microsporum. Ada 3 macam Thrycophyton dan 6 macam Microsporum yg menyebabkan ringworm, 3 diantaranya menyerang anjing dan kucing. Yg menyerang anjing kebanyakanan adalah Microsporum Canis. Tanda2nya, bulu rontok berbentuk bulat, semakin lama semakin besar, dan jumlah spotnya semakin banyak.

a user uploaded image

Ringworm menular kemanusia terutama anak kecil dan bayi

a user uploaded image

Diagnosa Ringworm

Tanda2nya, bulu rontok berbentuk bulat, jika tidak ditangani dengan benar semakin lama semakin besar, dan jumlah spotnya semakin banyak, terjadi inflamasi, gatal, digaruk atau dijilat, lecet, terjadi infeksi bakteri, bernanah.

Jamur Microsporum Canis akan berpendar berwarna hijau apel bila terkena sinar ultra violet. Bila penyebabnya adalah Thrycophyton atau Microsporum yg lain, TIDAK berpendar. Tp pada anjing dan kucing Microsporum Canis yg paling sering ada. Bawa anjing ketempat gelap, sinari dengan lampu ultra violet (biasa digunakan untuk mendeteksi uang palsu). Jika ada pendaran warna hijau apel, itu adalah ringworm. Jamur ini makanannya adalah keratin yg terdapat di bulu, kulit dan kuku.

Penanganan Ringworm

Bila anjing pasti terdeteksi ringworm, mengingat ringworm menular ke anjing dan ke manusia dan berkembang biak amat cepat, karantina anjing anda. Cuci semua peralatan groomer dengan cairan pemutih (seperti bayclin), biarkan sebentar, bilas dan jemur, vakum semua tempat yg biasa anjing anda kunjungi, strerilkan dengan bayclin. bila sering tidur di ranjang, ganti semua sprei dan sarung bantal, cuci dengan air panas.

Cukur bagian yg terkena ringworm.
Mandikan anjing dengan shampoo anti jamur (Ketaconazole atau Miconazole) seminggu dua kali atau seminggu sekali.
Setiap pagi oleskan salep anti jamur (Ketaconazole atau Miconazole).
Setiap sore oleskan salep antiseptik (Povidone Iodine/ Betadine).
3 hari kondisi akan membaik, teruskan sampai 2 minggu.

Pada 5 gambar anjing terinfeksi ringworm diatas, yg 3 pertama belum terjadi radang/inflamasi dan infeksi akibat bakteri. yg ke-4 sudah terjadi inflamasi, yg ke-5 sudah terjadi infeksi.


JANGAN mememberikan antibiotik (seperti Oxytetracyclin, Bacitracin, Neomycin, Polymyxin, dll) atau antihistamin (Hydrocortizone, Prednisone, dll) pada ringworm, hal ini tidak akan membantu mengeliminasi ringworm. Antibiotik adalah anti bakteri bukan anti jamur, membunuh hampir semua flora ditempat dia dioleskan, hal ini akan mengganggu keseimbangan flora kulit dan menganggu imune tubuh untuk melawan ringworm. Antihistamin adalah anti radang dengan cara menurunkan imune tubuh, dan mengganggu imune untuk melawan ringworm. Penggunaan antibiotik dan antihistamin inilah yg memperlama sembuhnya ringworm. Disinilah peran Betadine untuk membantu meredakan radang dan infeksi ringan.

Tapi bila radang sudah terlalu parah, terpaksa harus diredakan dulu dengan antihistamin. Bila sudah terjadi infeksi bakteri yg parah terpaksa harus diredakan dulu dengan antibiotik. Hentikan bila inflamasi atau infeksi sudah baik.

Biasanya kulit yg terkena ringworm akan botak, cukup lama rambut akan tumbuh kembali, bahkan bersifat permanen jika terjadi radang dan infeksi yg parah.

Banyak cara lain untuk melawan ringworm, tapi Ketoconazole/Miconazole dan Betadine adalah cara yang aman dan baik dan cepat.

Catatan: Bila terpaksa memperikan obat oral baik anti jamur, antihistamin, antibiotik. Mintalah bantuan vet. Efek samping ketiga obat2an tersebut sangat mengganggu bila tidak didosiskan dan diaplikasikan dengan benar.

Maaf apabila terlalu panjang dan membosankan  Saya ndak menjelaskan dosis, aplikasi, dan efek samping obat oral tersebut, nanti tambah bosen.
Last Edited : 25 Dec 2013 07:23:32
Melatih Anjing
10 Feb 2013 11:19:49 #2
Avatar 009136
009136
Total Post : 2
Terimakasih info nya
11 Feb 2013 12:03:51 #3
Avatar Diamond999
Diamond999
Total Post : 4
Apakah sama dengan penyakit Skabies (Kadasan)?. Anjing saya kulitnya merah2, kata Vet-nya terkena Skabies, gara2 grooming sendiri kurang kering. Terpaksa harus digundul.
11 Feb 2013 14:03:56 #4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Scabies tidak sama dengan Kadas!
Kadas disebabkan karena infeksi jamur seperti yg dijelaskan diatas, obatnya anti jamur.
Scabies atau Sarcoptic Mange disebabkan karena infeksi tungau jenis Sacroptes Scabie, obatnya anti tungau seperti Ivermectin atau Selamectin.

Semua infeksi kulit pada awalnya sama, tp kl dah agak parah, jejaknya bentolnya beda

Scabies:
a user uploaded image
Last Edited : 11 Feb 2013 14:12:53
11 Feb 2013 20:11:30 #5
Avatar JamesDeYans
JamesDeYans
Total Post : 8
mungkin Dogie gue kena Malassezia..neeh OOm ..obat nya apa donk yg Mujarab...Mohon pencerahan...hatur nuhun...
Last Edited : 11 Feb 2013 20:13:48
11 Feb 2013 20:27:30 #6
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Obatnya sama koq ama Ringworm (Tinea).
11 Feb 2013 21:13:46 #7
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Kl didalem kuping bersihkan dan tetesin pake tetes kuping yg mengandung acetic acid. Acetic acid bisa didapat dari cuka apel. Cuka apel biasa dijual dalam konsentrasi 5%. Cairkan dengan air 1:1, tetesin 2 a 3 tetes. Pijat2 kupingnya, biarin dikibas2in.

Lebih bagus lagi larutan yg mengandung 2% acetic acid + 2% boric acid
13 Feb 2013 14:45:18 #8
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 668
@Labslover: Nice Post bro
14 Feb 2013 19:44:52 #9
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45
share pengalaman pribadi.

klu anjing terkena jamur/ringworm ,beli septo skin callier ( ada di PS tertentu, harga kisaran 95.000 ), semprotkan ditempat yg terkena jamur ( diam kan selama 5menit.tunggu kering ), lakukan penyemprotan 2x se hari bila jamur/ringworm nya parah/cukup banyak; dijamin 2-3 hari perawatan, semua jamur/ringworm rontok kering.
saya sudah buktikan dengan siberian husky saya.

ps:HATI2 JGN KENA MATA !
15 Feb 2013 17:52:16 #10
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Hehe.. saya juga pake septoskin callier, tp kl udah terinfeksi bakteri. Bentol yg ada nanahnya. Praktis, membersihkan luka, menolak serangga seperti lalat atau yg lain menjauhi luka, mengeringkan dan melindungi luka. Tp kl pasti jamur.. hmm.. tidak seefektif  anti jamur golongan triazole (ketaconazole, miconazole, itraconazole, funginazole, dll). Tapi asal makanan baik, sebenarnya imun anjing jauh lebih dr cukup untuk mengatasi jamur. Mungkin aplikasi septoskin ke infeksi jamur, melindungi kulit supaya ga terinfeksi bakteri, dan imun tubuh anjinglah yg mengatasi jamur itu. Septoskin cenderung ke antibiotik, kandungan utamanya Oxytetracyclin membunuh bakteri dan protozoa, ada tuh daftar bisa dibunuh ama septoskin, dibotolnya. Tp septoskin tidak akan bisa membunuh thrycophyton, microsporum dan pytirosporum. Anyway bagus koq septoskin . Kalu infeksinya SUDAH PASTI jamur, dan tidak terjadi infeksi sekunder karena bakteri, antibiotik tidak akan membantu.
Last Edited : 15 Feb 2013 18:06:25
15 Feb 2013 19:22:53 #11
Avatar 006694
006694
Total Post : 6
tujuh bintang deh HEHEHE... sangat berguna!!!rugi kalau dilewatkan!!
17 Feb 2013 10:50:44 #12
Avatar 009115
009115
Total Post : 4
Gimana antisipasi buat anjing yg belum terinfeksi apa perlu vitamin/makanan tertentu..?dari faktor apa anjing bisa terkeba infeksi ini..?faktor lingkungan juga bisa ga?
17 Feb 2013 19:24:07 #13
Avatar Diah.Esthi
Diah.Esthi
Total Post : 1
kalo scabies obatnya apa yah? trus pantangannya apa? makasih banyak buat info nya...mantappp
17 Feb 2013 21:25:56 #14
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Scabies atau Sarcoptic Mange disebabkan karena infeksi tungau jenis Sacroptes Scabie, obatnya anti tungau seperti Ivermectin atau Selamectin atau Amitraz. Ivermectin (merk Ivomec) biasa disuntikkan. Selamectin (merk Revolution) biasa diteteskan ditengkuk. Amitraz bisa dioles atau dimandikan. Selamectin dalam merk Revolution bisa dibeli di petshop dan diaplikasikan sendiri. Pemakaian Ivermectin dan Amitraz lebih baik konsultasi dengan vet. Biasanya kl dah parah Scabies diikuti dengan infeksi sekunder karena bakteri. yg harus dihentikan dengan antibiotik oles atau spray seperti oxytetraciclyn dalam spray merk septoskin calier,  bacitracin+neomycin dalam salep merk nebacetin atau bacitracin+neomycin+polymyxin dalam merk tigalin atau oral kalau terpaksa seperti chepalexin dengan dosis 22sd30mg/kg setiap 12 jam selama 1minggu. Kadang juga diikuti infeksi sekunder jamur, nah kl sudah komplikasi ya cari vet yg bagus deh.
Last Edited : 17 Feb 2013 21:28:00
18 Feb 2013 08:40:34 #15
Avatar erna1
erna1
Total Post : 11
Mau Tanya dong Puppy saya 5 bulan, di bulu pendek, nah di bawah kalungnya sekarang ketombean, itu karena apa ya dan bagaimana solusi penyembuhannya ? apa karena pengaruh saya mandiin di air asin/laut ? karena sebelumnya dia berkutu
18 Feb 2013 09:25:16 #16
Avatar 007191
007191
Total Post : 11
Weh.... sangat berguna. Sampe bingung bacanya. Kayak kuliah kedokteran hewan. 
Dua jempol untuk Labslover.
18 Feb 2013 18:05:33 #17
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Erna1: alergi kalungnya tuh, lepas aja ga usah dipakein lagi, nti baik. Mandi air laut baik koq. Asal dibilas yg bersih. Air laut mengandung Sodium Chloride, baik untuk kulit anjing.

9115: Nutrisi dengan Omega6 dan Omega3 baik untuk kulit
http://anjingdijual.com/thread/619/nutrisi-kunci-kesehatan-kulit-dan-keindahan-bulu
Last Edited : 18 Feb 2013 18:08:54
19 Feb 2013 11:31:02 #18
Avatar ael.sihombing
ael.sihombing
Total Post : 3
anjingku dulu kena ringworm, dikarantina di klinik hewan dan digundul serta diobati.
tapi dia itu badannya selalu bau, kulitnya berminyak gitu, selalu berkutu (walaupun selalu dibersihkan) dan sering sekali bentol2 merah.
minggu lalu saya lihat ada luka akibat ringworm lagi. mau saya bawa lagi ke drh. tapi pertanyaan saya, kenapa ya anjing saya yg satu ini kulitnya bermasalah sekali? apakah dia alergi makanan atau sesuatu?
karena dua anjing saya yang lain tidak ada masalah sama sekali, bahkan tidak berkutu.
Last Edited : 19 Feb 2013 11:35:14
19 Feb 2013 17:43:57 #19
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Kayanya jenis penyakit kulit Canin Seborrhea (ada dua jenis, yg satu kering berketombe, yg satu berminyak dan bau). Shampoo dengan kandungan Coal Tar ampuh katanya untuk Seborrhea.

Disini dibahas cukup lengkap:
http://www.petmd.com/dog/conditions/skin/c_dg_canine_seborrhea?page=2#.USNWgx0sBjQ
Last Edited : 19 Feb 2013 17:46:10
18 Mar 2013 19:30:16 #20
Avatar KusumaKennel72
KusumaKennel72
Total Post : 1
kalo seperti yg difoto ini apa bisa diobati dg ketoconazole dan sejenisnya?, dan apakah pemberian vitamin E (yg nature) dosis tinggi (200 s/d 400 IU/day) bisa membantu penyembuhan dan menjaga agar kulit tak mudah terjangkiti lagi? a user uploaded image
30 Mar 2013 10:23:40 #21
Avatar luckiteo
luckiteo
Total Post : 1
anjing saya dibawah tubuhnya trdapat pustula kuning katanya mbah google pustula kuning itu tanda" infeksi bakteri kulit cara menghilangkannya gmna yaa gan ?
30 Mar 2013 21:51:44 #22
Avatar Herliana.Yohan
Herliana.Yohan
Total Post : 1
Anjing saya maltese..bagian perut dan kaki belakang merah2..
21 Apr 2013 18:00:20 #23
Avatar Anna.Ridzk
Anna.Ridzk
Total Post : 1
anjing saya dari kecil senang sekali menggaruk-garuk badannya. Sudah beberapa minggu ini sebelah dalam lembaran kupingnya luka kemerahan, sepertinya kebanyakan digaruk, sampai bernanah, beberapa hari lalu timbul di telapak kakinya lingkaran berisi nanah, jadi jalannya pun pincang. Saya sempat kasi arak
obat, jadi lukanya sudah agak kering. Tapi sekarang dia sepertinya lemas dan tidur terus. Kenapa ya kira2?

anjing yg satu lagi tidak apa2.

thanks atas jawabannya.
08 May 2013 10:54:00 #24
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Ini yg akan saya lakukan kl saya punya problem seperti itu:

KusumaKennel: Kl diliat dr pola lukanya itu bukan jamur. Coba beli obat2an yg mengandung sulfur, seperti Demodis. atau bisa buat sendiri dr minyak tawon (buang 1/2 dr botolnya, isi bubuk sulfur sampai penuh), oleskan sehari sekali di pagi hari. Kl takut ada infeksi akibat jamur menyusul, oleskan Ketaconazole tipis2 sehari sekali setiap sore, lakukan sampai 2 minggu (meski misal 1minggu sudah kelihatan membaik).Setiap pagi dibersihkan dengan larutan antiseptik pake Detol aja diencerkan, kira2 1detol:10air, dan keringkan sebelum dikasi obat.

Luckiteo: infeksi bakteri disembuhkan dengan antibiotik, bisa dengan salep Nebacetin yg mengandung bacitracin+neomycin, atau salep Tigalin yg mengandung bacitracin+neomycin+polimyxin, oleskan tipis2 sehari 2x. Setiap pagi dibersihkan dengan larutan antiseptik pake Detol aja diencerkan, kira2 1detol:10air, dan keringkan sebelum dikasi obat. Merk salep bisa diganti dengan yg lain dengan kandungan sama. Aplikasikan minimal 5hari dan maksimal 7hari.

Herliana: Pola merahnya gimana ya? kemungkinan alergi, kl nda bernanah, cukup oles Betadine salep yg mengandung povidone-iodine pagi hari, dan sore hari oles salep Hydrocortizon untuk meredakann inflamasi (kemerah2an). Setiap pagi dibersihkan dengan larutan antiseptik pake detol aja diencerkan, kira2 1detol:10air, dan keringkan sebelum dikasi obat. Sumber alergi juga harus dihilangkan, kemungkinan besar dr jenis protein yg dikonsumsi, dari gigitan serangga (kutu dll), bisa juga dr serbuk sari kl ditempat anda banyak bunga. Setiap pagi dibersihkan dengan larutan antiseptik pake Detol aja diencerkan, kira2 1detol:10air, dan keringkan sebelum dikasi obat.

Anna: Nanah mendandakan infeksi bakteri. Aplikasikan obat seperti yg aku sarankan sama Luckiteo diatas, kl dah sembuh infeksinya, salep antibiotik bisa diganti dengan salep Betadine. Setiap pagi dibersihkan dengan larutan antiseptik pake Detol aja diencerkan, kira2 1detol:10air, dan keringkan sebelum dikasi obat. Kl soal lemas yg berkepanjangan kudu diperiksa darah di vet. 

Semua obat2an yg aku sebut diatas bisa didapat di apotik, kecuali Demodis biasa dijual dipetshop, dan bubuk sulfur di toko kimia. Harganya murah.

Semoga membantu!
Last Edited : 08 May 2013 10:56:16
02 Aug 2013 18:44:40 #25
Avatar Chanthes.Wila
Chanthes.Wila
Total Post : 2
anjingku di salahsatu jari nya ada warna merah gitu tp tidak ada nanahnya,rambut di bagian yg merah itu juga botak. itu kenapa ya.? saya bingung apa dia alergi atau terkena jamur kuku.
saya pernah kasih dia salep jamur tapi tidak mempan, saya pernah coba pakai betadine tapi dijilat" terus, jadi saya menghentikan pemakaian betadine.
apa tidak apa" jika betadine dijilat oleh anjing.?
terimakasih
11 Aug 2013 22:19:12 #26
Avatar Adi.Adi
Adi.Adi
Total Post : 4
Anjing saya bentol merah di badan...kata.dokter jamur n demodex...sudah dsuntik...demodex dkepalana sudah keribg tp di badana msh bentol merah bentolna.gede kyk dgigit nyamuk....trus dgaruk jd berair....anjing.saya.jenis pitbull umur 3 bulan...makanan na.frimechiice...apa.alergi makanan ya?sya jd.bingunh
15 Aug 2013 16:56:38 #27
Avatar Melisa.Ursula
Melisa.Ursula
Total Post : 4
anjing saya lagi kena ringworm (tinea) dan itu karna di grooming ketularan dari anjing lain. Biasanya saya mandiin sendiri dan selama ini gak pernah ada masalah kulit. Jadi nyesel..gak lagi deh bawa mandiin ke salon..
Untuk perawatan "lukanya" dari vet suruh bersiin pake betadine dan diolesin salep (merk pipapet) dan juga mandi seminggu sekali pake shampoo anti jamur.
Sekarang sudah hampir 5 hari kulit yang terkena ringworm jadi bengkak gitu-tebel, trus kalo dipegak anjingnya kesakitan..kenapa ya?
23 Aug 2013 10:07:38 #28
Avatar rio.hermawan17
rio.hermawan17
Total Post : 1
Anjing beagle ku ketombean n bau badan, pagi dimandiin sore sdh bau lg. Tolong bantuannya. Thx
17 Sep 2013 20:19:15 #29
Avatar handra.hon
handra.hon
Total Post : 1
anjing apbt saya bentol2 byk di bdn..penyebabnya apa tu yaa??tq
26 Sep 2013 13:50:24 #30
Avatar Maria.Clara.Magdalena
Maria.Clara.Magdalena
Total Post : 1
kalau anjing betina disteril apakah masih bisa lup?
28 Sep 2013 14:23:23 #31
Avatar Mira.Asrikin
Mira.Asrikin
Total Post : 1
Penyakit kulit anjing saya berulang kali kambuh. di beberapa bgn kulitnya kering spt ketombe. Selalu disertai kuping bau congek, mata merah . Daun telinga jadi hitam dan kering. Sdh diberi itrakonazole, dexoryl kuping, shampo sebazole..dan sembuh. tp setelah 2 minggu kumat lg.. berulang terus sampe ini yg ke 5. Saya kuatir terlalu byk dexametazone . Penyakitnya krn apa dan bgmn menanganinya?
05 Oct 2013 10:50:56 #32
Avatar Tinus.Setiawan
Tinus.Setiawan
Total Post : 1
Anjing Saya Pom, sepertinya kena ringworm sudah sampai inflamasi di hidung & lehernya. Dari drh dikasih natural pet skin & coat antifungal lotion disuruh dioles 1x sehari dan gak disuruh dioles betadine. apakah itu udah cukup? kira2 berapa lama proses penyembuhannya?
gambarnya seperti ini :

a user uploaded image
Last Edited : 05 Oct 2013 10:53:25
08 Oct 2013 09:46:18 #33
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 391
Aduh, buat penanganan yg tepat perlu dilihat jejak lukanya sih. Jamur dan tungau udah saya sertakan gambarnya diatas, kl bakteri bentol seperti jerawat gitu, kalau alergi pertama2 kemerah2an trus baru bentol kaya jerawat (gara2 digaruk trus terinfeksi bakteri). 

Natural Pet Antifungal Lotion berisi Terbinafine yg sama ampuhnya dengan Ketaconazole, saya lebih memilih Ketaconazole karena harganya murah. Untuk telinga congek, bersihkan dulu pake cotton bath, buat larutan cuka apel 1:2 air, pegang kepalanya, tetesin di dinding telinga 2 sd 4 tetes, pijat bagian belakang telinga, lepaskan kepalanya dan biarkan dikibas2kan, 10 menit kemudian bersihkan lagi dengan cotton bath. Infeksi terlinga yg dibiarkan terlalu lama bisa membuat mata anjing menjadi merah dan droppy (turun kelopaknya). Bisa diaplikasikan 1x sehari 3 hari berturut2, kemudian seminggu sekali. Cuka apel bisa meredakan jamur, dan bakteri dan menghambat populasi tungau, sifatnya buka shooting (membunuh parasit dengan cepat). Kl udah parah kudu bawa ke vet, biar mereka memastikan apa penyebabnya dan memberi shoot yg tepat.
Last Edited : 08 Oct 2013 09:54:46
11 Oct 2013 18:23:07 #34
Avatar Rienu.Retang
Rienu.Retang
Total Post : 15
Selain usaha & upaya utk penyembuhannya,
Kita sebagai pemiliknya harus senantiasa bawa mereka dlm doa kita, juga 1 Hal yg paling penting adalah harus sabar & telaten merawatnya....
Aku pernah mengalaminya, saat pemilik sebelumnya tdk sanggup lg utk merawat Alexa Gold.retreiver (80% bulunya tdk ada).Puji Tuhan Alexa sembuh & dia benar2 anjing pintar yg tau cara berterimakasih dg sikapnya yg sangat pintar. Love U Alexa
11 Oct 2013 23:27:45 #35
Avatar QueenVirginSiwy
QueenVirginSiwy
Total Post : 1
anjing aku pitbull umr nya udah 3thn, udah seminggu dia sakit,di bagian punggungnya timbul benjolan2 kecil yang klo di garuk keluar darah yg banyak,kasian banget liatnya, dia jadi lemes dan maunya tidur terus,itu alergi atau apa yaa om? atau karna makanan nya? mohon bantuan nyaa yaa om.. terima kasih
24 Oct 2013 11:21:18 #36
Avatar dessyarinda
dessyarinda
Total Post : 1
husky saya sering gigitin ekor sampai bulunya hampir habis terus dibagian siku kaki dan telingan botak digaruk terus kulit memerah apakah itu jamur atau tungau..obatnya kira2 apa ya..


a user uploaded image" alt="a user uploaded image" />
28 Oct 2013 20:59:09 #37
Avatar onie.hpm
onie.hpm
Total Post : 1
saya baru pertama memelihara anjing2 ras belum lama ini, awalnya dari 3 bulan anjing doberman saya sepertinya tidak terkena penyakit namun setelah masuk 7 bulan hingga 8 bulan tampak rontok pada bulu2nya berbentuk bulat dan ada benjolan2 merah nya dan mulai bertambah banyak apakah itu terkena ringworm atau apa???
kemudian pada husky saya juga terkena bulu rontok pada telinganya dan siku2 kakinya hingga botak seperti yang di bilang pada mba dessy diatas.
oh iya satu lagi pada doberman saya mengeluarkan banyak banyak ketombe, untuk mengatasi bagaimana ya?? apa itu akibat salah penggunaan shampoo??
mohon pencerahannya. Thx
Last Edited : 28 Oct 2013 21:02:29
30 Oct 2013 18:55:48 #38
Avatar diahhz
diahhz
Total Post : 1
Anjing saya dibilang kena jamur gitu dan lumayan parah katanya. Sudah dikasi obat dan dimandikan dengan sebazol 3minggu sekali. tapi kok masih sama ya kondisinya? ;( bagaimana cara menghilangkan jamur yang ampuh? Susah bawa ke dokter nya lagi... ;(
05 Nov 2013 01:03:17 #39
Avatar toto
toto
Total Post : 35
diusahakan anjing bener2 kering setelah dimandikan.. karena kondisi kulit yang masih lembab justru memperburuk kulit anjing.. kalo jamurnya tidak terlalu merata bisa di  oles salep khusus jamur, tapi jika merata bisa diberi obat spray merk kutu dan jamur.. Good luck...
18 Nov 2013 22:58:56 #40
Avatar Franky.Shu
Franky.Shu
Total Post : 1
Misi..saya pemula melihara anjing ras jugaa..anjing saya pitbull jantan 4bulan...udah 2mingguan ini bulunya rontok..awalnya sih dari nanah gitu yang lengket dibadan..nanah itu seperti perontok bulunya..setelah lebar botaknya..kini timbul bintik merah...knapa ya itu ?? Dogfoodnya vitality high energy...thx sebelumnya
01 Dec 2013 12:12:28 #41
Avatar Kezia.Zhong
Kezia.Zhong
Total Post : 1
1 tahun lalu,guguk saya juga pernah sakit kulit di punggungnya sampai berdarah dan bernanah,ekornya jg, uda pake salep ga baik2, akhirnya ke dokter hewan Cucu di sunter, seminggu uda sembuh, tp botak punggungnya, sekarang uda cakep lagi, saran aku mending langsung ke dokter hewan d klo guguk mulai sakit sebelum tambah parah.
02 Dec 2013 02:18:25 #42
Avatar Lim.Phei.Ni
Lim.Phei.Ni
Total Post : 17
Thanks bgt labslover.. doggy.ku sdh sembuh berkat thread ini.. 1mg lalu cri2 thread penyakit kulit... nemu thread ini, pas baca.. gejala doggy sama dg yg malassezia... tak coba oles bersaman salep ketaconazole trus diikutin betadine, eh bru berapa hari lgs kering lecetnya n sembuh... tp akhir minggu tetap aku mandiin pake shampo ketaconazole, aku baru brani mandiin setelah lecet2nya kering bener... soale takut dia kesakitan kena air n shampo... trus pemakaian obatnya cuman 3 or 4 hari aja.. tidak apa2 kah? Soale aku kasian dia kayaknya tdk betah pake cone krn cone.nya di garuk2 biar lepas n lagi doggy uda sembuh n tdk gigit2, jilat dll lagi, kulit uda keliatan sehat n bersih... tp pas uda brenti jd kepikiran... bisa kambuh nggak krn ngobatnya bentar?
05 Dec 2013 14:11:35 #43
Avatar Antonius.Thio
Antonius.Thio
Total Post : 1
Dear LabsLover, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas saran yang ditulis dalam article ini. Anjing kesayangan saya, Goldenretrever sudah lebih dari 6 bulan terkena ring worm, sudah berkali- kali ke dokter, tetapi tidak sembuh. Setelah saya membaca acticle anda, dengan sangat terpaksa, saya menggunduli semua bulu nya yang begitu indah, dan memberikan saleb Ketaconazole+Baycuten N, setelah 2 minggu, saya sangat bersyukur, kalau jamur nya sudah sembuh. Pada waktu itu, dokter nya pernah menyarankan untuk tidak diberikan dogfood, karena dia bilang ada allergy . Tetapi untuk memperbaiki ketahanan tubuhnya, saya kembalikan mengggunakan dogfood +ester C+minyak ikan salmon. Sepertinya ada masalah baru yang baru, tanpak ada titik-titik/ bintil merah pada tubuhnya . Dan sepertinya dia ke gatelan. Apakah ada saran untuk saya. Salam, Antonius 
09 Dec 2013 17:53:10 #44
Avatar Andrena.Boni.Hartanto
Andrena.Boni.Hartanto
Total Post : 3
Puppy Gsd saya umur 8 bln bulu rontok ketombean parah banyak bentol bisul kecil dan badannya merah2 dan bau...sudah coba pakai shampoo ketaconazole, lidah buaya, shampoo jamur dan hasilnya ngak pengaruh, apa mgkn ada kutu tungau dibawah kulit?...makanan DFnya juga yg bagus... mgkn ada saran yg lain?
Last Edited : 09 Dec 2013 17:54:41
04 Jan 2014 11:18:23 #45
Avatar thrivena
thrivena
Total Post : 39
labslover, saya pake obat jamur nizoral ( dikasi doketr grace dr praktek dokter hewan bersama cucu sunter) ga sembuh2 udah 1 bulan...mahal pula biaya berobatnya 2 anjing 600rb...perhari ini,saya pakein BBS bikinan apotik Dr. cucu ( disarankan petinggi dunia doggy juga, Wisnu Sharpei)....jamurnya cuma di kuping doank...tp yorkir sy ngegaruk sampe nagis2, gentus2in kepala ke tembok.....sy pengen mati liatnya...cuma bisa nangis sambil doain dia....
15 Jan 2014 00:58:40 #46
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Total Post : 386
@lablover kamu drh yah? . kayaknya ahli banget sampe detik, 2 thumbs up
Last Edited : 29 Mar 2014 11:39:06
21 Jan 2014 10:26:54 #47
Avatar Bonzi.Bonzi
Bonzi.Bonzi
Total Post : 1
Mohon pencerahan nya mas.. Anjing saya french bulldog ..
Skr di bagian perut nya terdpat bercak2 merah agak lebar dan cukup banyak..
Kira2 ini apa yaa??
Pengobatan nya seperti apa.. Terimakasih.
03 Feb 2014 17:59:43 #48
Avatar Ame.Rouly
Ame.Rouly
Total Post : 1
Mas anjing ku di badan banyak bulat 2 hitam itu knp ya? Tiap disisir bukunya rontok. Dan cepat bau.dulu dia pernah kena scabies tp udh sembuh aku bawa k dokter,dulu jg ada bintik hitam jg,tp ilang pas ngobatin scabies dan kiranya.klo skrng kutu gk ada, merah bentol jg gk ada, hanya bulat hitam dan banyak bgt. Setiap hari anjing 2 ku makan bawang putih, tp hanya yg satu ini aja yg begitu. Tolong dibantu mas salep / obat nya. Terimakasih
10 Feb 2014 13:13:12 #49
Avatar Gizmonius
Gizmonius
Total Post : 1
Dear LabsLover, mohon bantuannya ... saya punya anjing mix pitbull dan bully usianya baru 8 bulan. 2 bulan lalu saya bawa dia ke vet karena ada bentol-bentol merah dikulitnya dan dia garuk-garuk terus. oleh vet dikasi obat oral "LEXIPRON" dan shampoo "KETOCLOR". Waktu itu sudah di test allergi dan test kulit hasilnya katanya anjing saya kena jamur dan bakteri tapi saya lupa namanya. Saat diberikan obat oral kelihatan kalau bentol-bentolnya mulai hilang , saya pikir sudah sembuh . tapi akhir-akhir ini saya perhatikan bulunya rontok, dan bentol-bentolnya muncul lagi. padahal anjingnya dikandangin di dalam rumah dan kandangnya setiap hari saya bersihkan. berikut ini saya sertakan foto kondisi kulitnya, mohon bantuannya apa benar ini penyakut karena jamur dan aapakah ada solusi lain untuk pengobatannya ? saya ngk tega liat dia garuk-garuk terus apalagi makin hari bulunya makin tipis. Terimakasih

a user uploaded image
a user uploaded image
a user uploaded image
Last Edited : 10 Feb 2014 13:14:29
11 Feb 2014 00:26:05 #50
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Total Post : 386
pusink deh, kayak belajar ujuan soal jamur hehehe
Last Edited : 29 Mar 2014 11:40:40
23 Feb 2014 14:47:15 #51
Avatar Theresa.Olivia
Theresa.Olivia
Total Post : 1
misi, mau nanya. Anjing ku shih tzu, awalnya kena jamur trs aku bawa ke vet, dikasih obat minum,vitamin,sama salepnya kan. Pas udh dikasih, seminggu kemudian jamurnya ilang tp malah tumbuh bentol-bentol merah disemua badannya. Aku olesin lg salepnya, eh skrg kulit bagian perutnya malah menghitam trs rontok bulunya, kira-kira itu kenapa ya? Trs gimana cara obatinnya? Thx before.
09 Mar 2014 20:31:18 #52
Avatar ShafarIbnu
ShafarIbnu
Total Post : 2
kasih aja salep MYCORAL beli di apotek terdekat..setiap hari diolesin tipis saja..
09 Mar 2014 21:27:14 #53
Avatar uthetyo
uthetyo
Total Post : 10
Labslover.....bagi no HPx dong...pengen konsul langsung neh...bs kah?.. dah 2 minggu ini goldenku jg kna ringworm...n udah aku ksh ketoconazole n otogenta cream bergantian tiap hari 1 kali..n lumayan menyebar spotnya. Awalnya di atas ekor ma di blakang telinga..tp trus ke bagian lainnya jg. Apa perlu aku cukur y bulunya? sebab ngolesi creamnya agak susah krena jd tidak bs langsung ke kulit yg terkena jamur (terhalang bulu)..
11 Mar 2014 16:16:46 #54
Avatar tofu
tofu
Total Post : 1
a user uploaded imagehallo all..need info nih buat lab saya...
lab saya skarang umur 4bln...
tiba" pas saya lagi elus" badan lab saya ada berupa luka seperti kulit kering gitu di punggungnya lalu saya kelupas tuh siluka tesebut...eh malah ngelupas ama bulunya...
skarang saya lg nyoba kasih amitraz buat mandinya..
ini penampakan luka/jamurnya,,,.kalo ada yg tau ini luka apa jamur ya...
mohon infonya ya buat yg bisa kasi rekomendasi buat puppy saya, klo bisa minta d email k
email: velvetphoto8raphy@gmail.com 
Last Edited : 11 Mar 2014 16:27:55
15 Mar 2014 16:59:00 #55
Avatar Nia.Chintyani
Nia.Chintyani
Total Post : 2
kemaren waktu memandikan sendiri anjing shih tzu-ku, aku lihat ada berccak-bercak hitam di kulit bagian dadanya..ada info itu kenapa ya? 
urgent..
29 Mar 2014 01:16:08 #56
Avatar vonny.indrawaty.1
vonny.indrawaty.1
Total Post : 1
dear temens.... anjung sitzuku bentol merah parah.... garuk2 terus, jd akhirnya kuputuskan digundul. trs pas digundul, ada kutunya juga... en tungau.... jadi sekarang mohon info dong utk cara ngerawatnya.... thx before
11 Apr 2014 20:29:07 #57
Avatar Madeline.Elena
Madeline.Elena
Total Post : 1
Dear all, Anjing pomku didiagnosa kena scabies dan sudah disuntik ivermectim 2x tapi setelah efek suntikan hilang kambuh lagi. Ini kena scabies atau jamur ya?
12 Apr 2014 19:11:36 #58
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Total Post : 386
ah enaknya jadi dokter pada konsul hehehe, untung aku cm iseng2 baca2. baiknya sih di hindari sebelum kena jamur, kebersihan kandang dan rumah dan jangan dikasih guling2 di tanah/rumput kelamaan, buat yg bulu panjang malah mending jangan sama sekali, di karpetin aja lantai buat dia maen dan guling2. Pencegahan selalu lebih bagus dr pengobatan
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Tinggal di Apartemen Gak Harus Pilih Anjing Kecil, berikut Top Listnya..
Thread IconAvatar User
Apakah Anjing Anda sering Ngompol atau Urin Menetes Sendiri? Bisa jadi itu Urinary Incontinence
Thread IconAvatar User
Jenis-Jenis Anjing yang Bulunya Tidak Rontok (Sedikit Rontok) / Non-Shedding
Thread IconAvatar User
Scabies (Sarcoptic Mange) Pada Anjing
Kembali ke atas

1.0371