Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
09 Feb 2013 22:46:50 #1
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Mengenali penyakit akibat jamur pada anjing.
Jamur ada dimana2 mereka selalu ada di kulit anjing, bila kondisi anjing baik dengan imune yg baik, jamur tidak akan bisa menginfeksi kulit anjing. Kulit anjing terinfeksi bila kondisi kulit buruk, imune belum mature (pada puppy) dan jumlah jamur yg ada sangat banyak.

Kondisi kulit yg buruk.

Kulit terlalu berminyak, atau terlalu kering, atau PH tidak balance adalah kondisi kulit yg buruk, yg menyebabkan banyak sel kulit yg mati.  Lepasnya sel kulit mati yg banyak dr tubuh anjing terlihat dalam wujud ketombe (dandruff). Jadi KETOMBE BUKAN JAMUR. Ketombe (Dandruff) adalah sel2 kulit mati yg menandakan kondisi kulit anjing anda buruk, sehingga mudah terinfeksi jamur, bakteri, atau tungau.

Imune yg belum mature

Pada puppy karena imune belum mature seperti anjing dewasa, apabila terpapar populasi jamur yg banyak, mungkin dari sisir atau lap atau handuk yg sebelumnya digunakan untuk anjing jamuran, kemudian digunakan untuk puppy anda. Puppy anda akan terserang jamur. Selalu gunakan alat2 grooming sendiri bila membawa puppy anda ke groomer. Saya ceroboh, membiarkan groomer memakai alat2nya seperti sisir lap dll pada puppy saya, dan mereka berdua terkena ringworm.

Infeksi jamur pada kulit anjing pada umumnya hanya ada 2 macam yaitu Malassezia dan Tinea.

Malassezia

Adalah infeksi kulit yg disebabkan oleh jamur bergenus Yeast, yg dinamakan Malassezia Pachydermatis atau Pytirosporum Canis, Tanda2 nya adalah kulit berkerak, kemudian berubah warna menjadi kehitaman.

a user uploaded image

Tinea (Ringworm)

Ringworm tidak ada hubungannya dengan cacing. Disebut demikian karena jejaknya melingkar seperti cacing. Adalah infeksi kulit yg disebabakan oleh jamur bergenus Thrycophyton atau bergenus Microsporum. Ada 3 macam Thrycophyton dan 6 macam Microsporum yg menyebabkan ringworm, 3 diantaranya menyerang anjing dan kucing. Yg menyerang anjing kebanyakanan adalah Microsporum Canis. Tanda2nya, bulu rontok berbentuk bulat, semakin lama semakin besar, dan jumlah spotnya semakin banyak.

a user uploaded image

Ringworm menular kemanusia terutama anak kecil dan bayi

a user uploaded image

Diagnosa Ringworm

Tanda2nya, bulu rontok berbentuk bulat, jika tidak ditangani dengan benar semakin lama semakin besar, dan jumlah spotnya semakin banyak, terjadi inflamasi, gatal, digaruk atau dijilat, lecet, terjadi infeksi bakteri, bernanah.

Jamur Microsporum Canis akan berpendar berwarna hijau apel bila terkena sinar ultra violet. Bila penyebabnya adalah Thrycophyton atau Microsporum yg lain, TIDAK berpendar. Tp pada anjing dan kucing Microsporum Canis yg paling sering ada. Bawa anjing ketempat gelap, sinari dengan lampu ultra violet (biasa digunakan untuk mendeteksi uang palsu). Jika ada pendaran warna hijau apel, itu adalah ringworm. Jamur ini makanannya adalah keratin yg terdapat di bulu, kulit dan kuku.

Penanganan Ringworm

Bila anjing pasti terdeteksi ringworm, mengingat ringworm menular ke anjing dan ke manusia dan berkembang biak amat cepat, karantina anjing anda. Cuci semua peralatan groomer dengan cairan pemutih (seperti bayclin), biarkan sebentar, bilas dan jemur, vakum semua tempat yg biasa anjing anda kunjungi, strerilkan dengan bayclin. bila sering tidur di ranjang, ganti semua sprei dan sarung bantal, cuci dengan air panas.

Cukur bagian yg terkena ringworm.
Mandikan anjing dengan shampoo anti jamur (Ketaconazole atau Miconazole) seminggu dua kali atau seminggu sekali.
Setiap pagi oleskan salep anti jamur (Ketaconazole atau Miconazole).
Setiap sore oleskan salep antiseptik (Povidone Iodine/ Betadine).
3 hari kondisi akan membaik, teruskan sampai 2 minggu.

Pada 5 gambar anjing terinfeksi ringworm diatas, yg 3 pertama belum terjadi radang/inflamasi dan infeksi akibat bakteri. yg ke-4 sudah terjadi inflamasi, yg ke-5 sudah terjadi infeksi.


JANGAN mememberikan antibiotik (seperti Oxytetracyclin, Bacitracin, Neomycin, Polymyxin, dll) atau antihistamin (Hydrocortizone, Prednisone, dll) pada ringworm, hal ini tidak akan membantu mengeliminasi ringworm. Antibiotik adalah anti bakteri bukan anti jamur, membunuh hampir semua flora ditempat dia dioleskan, hal ini akan mengganggu keseimbangan flora kulit dan menganggu imune tubuh untuk melawan ringworm. Antihistamin adalah anti radang dengan cara menurunkan imune tubuh, dan mengganggu imune untuk melawan ringworm. Penggunaan antibiotik dan antihistamin inilah yg memperlama sembuhnya ringworm. Disinilah peran Betadine untuk membantu meredakan radang dan infeksi ringan.

Tapi bila radang sudah terlalu parah, terpaksa harus diredakan dulu dengan antihistamin. Bila sudah terjadi infeksi bakteri yg parah terpaksa harus diredakan dulu dengan antibiotik. Hentikan bila inflamasi atau infeksi sudah baik.

Biasanya kulit yg terkena ringworm akan botak, cukup lama rambut akan tumbuh kembali, bahkan bersifat permanen jika terjadi radang dan infeksi yg parah.

Banyak cara lain untuk melawan ringworm, tapi Ketoconazole/Miconazole dan Betadine adalah cara yang aman dan baik dan cepat.

Catatan: Bila terpaksa memperikan obat oral baik anti jamur, antihistamin, antibiotik. Mintalah bantuan vet. Efek samping ketiga obat2an tersebut sangat mengganggu bila tidak didosiskan dan diaplikasikan dengan benar.

Maaf apabila terlalu panjang dan membosankan  Saya ndak menjelaskan dosis, aplikasi, dan efek samping obat oral tersebut, nanti tambah bosen.
Last Edited : 25 Dec 2013 07:23:32
10 Feb 2013 11:19:49 #2
Avatar 009136
009136
Total Post : 2
Terimakasih info nya
11 Feb 2013 12:03:51 #3
Avatar Diamond999
Diamond999
Total Post : 4
Apakah sama dengan penyakit Skabies (Kadasan)?. Anjing saya kulitnya merah2, kata Vet-nya terkena Skabies, gara2 grooming sendiri kurang kering. Terpaksa harus digundul.
11 Feb 2013 14:03:56 #4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Scabies tidak sama dengan Kadas!
Kadas disebabkan karena infeksi jamur seperti yg dijelaskan diatas, obatnya anti jamur.
Scabies atau Sarcoptic Mange disebabkan karena infeksi tungau jenis Sacroptes Scabie, obatnya anti tungau seperti Ivermectin atau Selamectin.

Semua infeksi kulit pada awalnya sama, tp kl dah agak parah, jejaknya bentolnya beda

Scabies:
a user uploaded image
Last Edited : 11 Feb 2013 14:12:53
11 Feb 2013 20:11:30 #5
Avatar JamesDeYans
JamesDeYans
Total Post : 8
mungkin Dogie gue kena Malassezia..neeh OOm ..obat nya apa donk yg Mujarab...Mohon pencerahan...hatur nuhun...
Last Edited : 11 Feb 2013 20:13:48
11 Feb 2013 20:27:30 #6
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Obatnya sama koq ama Ringworm (Tinea).
11 Feb 2013 21:13:46 #7
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Kl didalem kuping bersihkan dan tetesin pake tetes kuping yg mengandung acetic acid. Acetic acid bisa didapat dari cuka apel. Cuka apel biasa dijual dalam konsentrasi 5%. Cairkan dengan air 1:1, tetesin 2 a 3 tetes. Pijat2 kupingnya, biarin dikibas2in.

Lebih bagus lagi larutan yg mengandung 2% acetic acid + 2% boric acid
13 Feb 2013 14:45:18 #8
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 760
@Labslover: Nice Post bro
14 Feb 2013 19:44:52 #9
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45
share pengalaman pribadi.

klu anjing terkena jamur/ringworm ,beli septo skin callier ( ada di PS tertentu, harga kisaran 95.000 ), semprotkan ditempat yg terkena jamur ( diam kan selama 5menit.tunggu kering ), lakukan penyemprotan 2x se hari bila jamur/ringworm nya parah/cukup banyak; dijamin 2-3 hari perawatan, semua jamur/ringworm rontok kering.
saya sudah buktikan dengan siberian husky saya.

ps:HATI2 JGN KENA MATA !
15 Feb 2013 17:52:16 #10
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Hehe.. saya juga pake septoskin callier, tp kl udah terinfeksi bakteri. Bentol yg ada nanahnya. Praktis, membersihkan luka, menolak serangga seperti lalat atau yg lain menjauhi luka, mengeringkan dan melindungi luka. Tp kl pasti jamur.. hmm.. tidak seefektif  anti jamur golongan triazole (ketaconazole, miconazole, itraconazole, funginazole, dll). Tapi asal makanan baik, sebenarnya imun anjing jauh lebih dr cukup untuk mengatasi jamur. Mungkin aplikasi septoskin ke infeksi jamur, melindungi kulit supaya ga terinfeksi bakteri, dan imun tubuh anjinglah yg mengatasi jamur itu. Septoskin cenderung ke antibiotik, kandungan utamanya Oxytetracyclin membunuh bakteri dan protozoa, ada tuh daftar bisa dibunuh ama septoskin, dibotolnya. Tp septoskin tidak akan bisa membunuh thrycophyton, microsporum dan pytirosporum. Anyway bagus koq septoskin . Kalu infeksinya SUDAH PASTI jamur, dan tidak terjadi infeksi sekunder karena bakteri, antibiotik tidak akan membantu.
Last Edited : 15 Feb 2013 18:06:25
15 Feb 2013 19:22:53 #11
Avatar 006694
006694
Total Post : 6
tujuh bintang deh HEHEHE... sangat berguna!!!rugi kalau dilewatkan!!
17 Feb 2013 10:50:44 #12
Avatar 009115
009115
Total Post : 4
Gimana antisipasi buat anjing yg belum terinfeksi apa perlu vitamin/makanan tertentu..?dari faktor apa anjing bisa terkeba infeksi ini..?faktor lingkungan juga bisa ga?
17 Feb 2013 19:24:07 #13
Avatar Diah.Esthi
Diah.Esthi
Total Post : 1
kalo scabies obatnya apa yah? trus pantangannya apa? makasih banyak buat info nya...mantappp
17 Feb 2013 21:25:56 #14
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Scabies atau Sarcoptic Mange disebabkan karena infeksi tungau jenis Sacroptes Scabie, obatnya anti tungau seperti Ivermectin atau Selamectin atau Amitraz. Ivermectin (merk Ivomec) biasa disuntikkan. Selamectin (merk Revolution) biasa diteteskan ditengkuk. Amitraz bisa dioles atau dimandikan. Selamectin dalam merk Revolution bisa dibeli di petshop dan diaplikasikan sendiri. Pemakaian Ivermectin dan Amitraz lebih baik konsultasi dengan vet. Biasanya kl dah parah Scabies diikuti dengan infeksi sekunder karena bakteri. yg harus dihentikan dengan antibiotik oles atau spray seperti oxytetraciclyn dalam spray merk septoskin calier,  bacitracin+neomycin dalam salep merk nebacetin atau bacitracin+neomycin+polymyxin dalam merk tigalin atau oral kalau terpaksa seperti chepalexin dengan dosis 22sd30mg/kg setiap 12 jam selama 1minggu. Kadang juga diikuti infeksi sekunder jamur, nah kl sudah komplikasi ya cari vet yg bagus deh.
Last Edited : 17 Feb 2013 21:28:00
18 Feb 2013 08:40:34 #15
Avatar erna1
erna1
Total Post : 11
Mau Tanya dong Puppy saya 5 bulan, di bulu pendek, nah di bawah kalungnya sekarang ketombean, itu karena apa ya dan bagaimana solusi penyembuhannya ? apa karena pengaruh saya mandiin di air asin/laut ? karena sebelumnya dia berkutu
18 Feb 2013 09:25:16 #16
Avatar 007191
007191
Total Post : 11
Weh.... sangat berguna. Sampe bingung bacanya. Kayak kuliah kedokteran hewan. 
Dua jempol untuk Labslover.
18 Feb 2013 18:05:33 #17
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Erna1: alergi kalungnya tuh, lepas aja ga usah dipakein lagi, nti baik. Mandi air laut baik koq. Asal dibilas yg bersih. Air laut mengandung Sodium Chloride, baik untuk kulit anjing.

9115: Nutrisi dengan Omega6 dan Omega3 baik untuk kulit
http://anjingdijual.com/thread/619/nutrisi-kunci-kesehatan-kulit-dan-keindahan-bulu
Last Edited : 18 Feb 2013 18:08:54
19 Feb 2013 11:31:02 #18
Avatar ael.sihombing
ael.sihombing
Total Post : 3
anjingku dulu kena ringworm, dikarantina di klinik hewan dan digundul serta diobati.
tapi dia itu badannya selalu bau, kulitnya berminyak gitu, selalu berkutu (walaupun selalu dibersihkan) dan sering sekali bentol2 merah.
minggu lalu saya lihat ada luka akibat ringworm lagi. mau saya bawa lagi ke drh. tapi pertanyaan saya, kenapa ya anjing saya yg satu ini kulitnya bermasalah sekali? apakah dia alergi makanan atau sesuatu?
karena dua anjing saya yang lain tidak ada masalah sama sekali, bahkan tidak berkutu.
Last Edited : 19 Feb 2013 11:35:14
19 Feb 2013 17:43:57 #19
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Kayanya jenis penyakit kulit Canin Seborrhea (ada dua jenis, yg satu kering berketombe, yg satu berminyak dan bau). Shampoo dengan kandungan Coal Tar ampuh katanya untuk Seborrhea.

Disini dibahas cukup lengkap:
http://www.petmd.com/dog/conditions/skin/c_dg_canine_seborrhea?page=2#.USNWgx0sBjQ
Last Edited : 19 Feb 2013 17:46:10
18 Mar 2013 19:30:16 #20
Avatar KusumaKennel72
KusumaKennel72
Total Post : 1
kalo seperti yg difoto ini apa bisa diobati dg ketoconazole dan sejenisnya?, dan apakah pemberian vitamin E (yg nature) dosis tinggi (200 s/d 400 IU/day) bisa membantu penyembuhan dan menjaga agar kulit tak mudah terjangkiti lagi? a user uploaded image
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Wow! Anjing ini Memiliki Keseimbangan yang Tidak Biasa
Thread IconAvatar User
Vitamin dan Suplemen bagi Anjing: Temukan Faktanya Disini!
Thread IconAvatar User
Jenis anjing ras kecil apa yg cocok utk pemula ??? (yg tidak berisk spy tdk mengganggu tetangga)
Thread IconAvatar User
BigDog, si Robot Anjing yang sedang Dikembangkan Militer AS
Kembali ke atas

0.4681