Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
19 Sep 2012 09:41:30
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Pentingnya Mengenal Penyakit Distemper yang Mematikan pada Anjing

Apa itu Canine Distemper / Distemper anjing?

foto

Canine distemper / Distemper anjing adalah virus yang menyerang saluran pernafasan, pencernaan, sistem syaraf pusat, serta selaput konjungtiva mata pada anjing. Penyakit ini memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi pada anjing.

Apa saja gejala-gejala Distemper?

foto

Distemper menyebabkan gejala pada beberapa sistem tubuh, termasuk saluran pencernaan, saluran pernapasan, otak dan sumsum tulang belakang. Munculnya gejala dari distemper bisa bervariasi, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit yang sangat fatal.
Berikut gejala-gejalanya :
  • Demam
  • Cairan keluar dari mata dan hidung
  • Lesu, batuk, sesak nafas, kehilangan nafsu makan,muntah dan diare
  • Pengerasan tapak kaki dan hidung (distemper kadang-kadang disebut penyakit hardpad)
foto
  • Peradangan pada berbagai bagian mata
  • Rentan terserang infeksi sekunder oleh bakteri terutama pneumonia
  • gejala neurologis bervariasi seperti:
    - Otot berkedut
    - Kelemahan atau kelumpuhan
    - kejang tidak terkendali di beberapa bagian tubuh (kejang yang dicirikan dengan adanya pengeluaran liur tak terkendali dan gerakan mengunyah seperti sedang mengunyah permen karet)
    - gerakan yang tidak terkordinasi
    - peningkatan sensitivitas terhadap sentuhan atau rasa sakit
Bagaimana anjing bisa terkena Distemper?

foto

Virus ini ditularkan dari satu anjing ke anjing lain melalui kontak langsung dengan urin segar, darah atau air liur. Selain itu, bersin, batuk dan berbagi mangkuk makanan dan air pada anjing termasuk cara yang mungkin bagi virus untuk ditularkan.

Kapan waktu untuk memeriksakan anjing ke dokter hewan?

foto

Segera! Periksakan kepada dokter hewan segera jika Anda mencurigai anjing anda telah terinfeksi dengan virus distemper. Virus ini menyebar dengan cepat dan harus diobati secepat mungkin begitu ditemukan.

Bagaimana cara mendiagnosa distemper?

foto

Tes distemper memang ada, tetapi hasilnya tidak selalu dapat diandalkan. Dokter hewan harus melihat gambar secara keseluruhan termasuk gejala spesifik anjing dan riwayat kesehatannya. Hasil positif dapat membantu memastikan adanya infeksi virus ini, namun anjing dengan hasil tes negatif pun masih bisa terinfeksi.

Anjing apa yang rawan terhadap penyakit Distemper?

foto

Anak anjing dan anjing remaja yang belum divaksinasi paling rentan terhadap virus distemper. Anak anjing yang lebih muda dari usia tujuh minggu, lahir dari ibu yang belum divaksinasi terhadap virus distemper, sangatlah rentan. Setelah terinfeksi, anak anjing akan sangat lemah. Seringkali virus akan menjalar ke otak, menyebabkan kejang, gemetar dan menggigil. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa menyebabkan anjing yang terinfeksi memiliki kemungkinan terkena infeksi sekunder seperti pneumonia (radang paru-paru).

Bagaimana cara mencegah Distemper?

foto

Pastikan anjing Anda telah menyelesaikan seri vaksinasi Distemper. Jika Anda memiliki anak anjing, pastikan ia mendapatkan vaksinasi pertama di usia enam sampai delapan minggu. Pastikan untuk menjauhkannya dari setiap anjing atau lingkungan yang terinfeksi sampai dia selesai dengan vaksinasinya pada usia empat atau lima bulan. Juga, pembersihan secara rutin di rumah Anda (atau kandang) akan memastikan bahwa virus tidak berada dalam lingkungan tempat tinggal anjing Anda.

Bagaimana Distemper diobati?

foto

Saat ini tidak ada obat yang mampu menghancurkan virus distemper. Sebaliknya, cara utama mengobatinya adalah dengan perawatan yang mendukung. Dokter hewan dapat memberikan cairan infus untuk mencegah dehidrasi dan antibiotik untuk menangkal infeksi sekunder sementara lain, anjing yang terinfeksi sedang membangun respon kekebalan tubuhnya. Beberapa anjing mampu bertahan dari penyakit ini, sedangkan untuk anjing lainnya distemper bisa berakibat fatal.

Apakah ada masalah kesehatan yang akan timbul setelah sembuh dari distemper?

foto

Anjing yang sembuh dari distemper mungkin akan mengalami kejang atau gangguan sistem saraf pusat yang mungkin akan muncul setelah bertahun-tahun kemudian (kadang di usia tua mereka). Mereka juga dapat mengalami kerusakan otak dan saraf permanen, dan gejala-gejala ini juga mungkin tidak akan muncul sampai beberapa tahun kemudian.

Sumber :
aspca.org
vetmedicine.about.com

Last Edited : 19 Sep 2012 09:54:15
02 Nov 2012 09:54:11
#2
Avatar Chelzea25
Chelzea25
Total Post : 15
infonya berguna bgt.... smile
08 Nov 2012 00:53:58
#3
Avatar Riyanti.C
Riyanti.C
Total Post : 1
sorry,mau tanya... anjing saya shihtzu umur 2 bulan kena distemper. sekarang nafsu makan hilang,batuk,flu. dktambah ini pengalaman baru saya punya anjing. minta tolong petunjuk. klinik perawatan rawat inap di daerah jakarta barat atau tngerang dimana ya?? tolong infonya. Tq gan
13 Dec 2012 08:35:19
#4
Avatar Lianti.S
Lianti.S
Total Post : 1
anjingku juga kena distemper skrng sudah nga ada alias mati..... karna sudah fatal kena ke syaraf.... lalu anjingku yg 1 lagi juga ketularan distemper aku kasih obat china pien tze huang ... emang mahal tp gpp kasian ntar takut mati lagi..... sudah 1 mgg di opname di Gading Serpong Laras Satwa
08 Mar 2013 20:29:01
#5
Avatar mocca-lino
mocca-lino
Total Post : 1
saya punya anjing 2 ekor berumur 5bln saat ini terkena distemper dan sdh pada kondisi batuk berdahak,pilek dan lengan kirinya sudah terkena masih bisa tertolong dgn Pien zhe huang? mohon jwbannya thx sisi
14 Apr 2013 12:06:49
#6
Avatar monica.alusianakarisapoetrie
monica.alusianakarisapoetrie
Total Post : 1
saya mau tanya... kalo misalnya anjing saya makan... lha terus punya juga berupa makanan yang dia makan itu penyebabnya apa? dan bagaimana penanganannya?
09 Jul 2013 09:30:08
#7
Avatar nicolas.mauren
nicolas.mauren
Total Post : 3
Jenis makanan apa yg tdk boleh diberikan kpd anjing. Anjing saya makan apa yg saya makan. Tq buat jawabannya
09 Jul 2013 09:32:15
#8
Avatar nicolas.mauren
nicolas.mauren
Total Post : 3
Jenis makanan apa yg pantang di makan anjing. Apa yg saya makan itu yg di makan anjing kami. Tq buat infonya.
10 Jul 2013 22:44:48
#9
Avatar lid_han
lid_han
Total Post : 13
Setau sy anjing dilarang makan coklat, bawang, tulang ayam rebus, & makanan yg asin.
25 Aug 2013 13:38:17
#10
Avatar Kathleen.Suwito
Kathleen.Suwito
Total Post : 1
Saya mau nanya, sy punya anjing umur 2thn, campuran tekkel&shih tzu, kemarin tb2 kaki blkg lemas, tapi napsu makan tetap, trs masih mau jalan" meskipun cuma nyeret2 kaki. slain itu dia ga muntah, lemes, atau mengeras idung&tapaknya. kira2 ini penyakit apa ya? sy udah bawa ke dokter, katany mungkin keseleo biasa, atau bs jdi distemper krn sy blm bawa vaksin sejak kcl
29 Aug 2013 08:38:57
#11
Avatar toto
toto
Total Post : 38
Puji Tuhan, anjing saya sembuh dari penyakit mematikan ini.. setelah di vonis distemper, saya lgs panik dan sedih..bingung apa yang harus saya lakukan, anjing saya tidak bisa mengangkat kepala, apalagi jalan, dia gak mau makan,dan terus batuk+pilek, saran dokternya, saya yang harus telaten merawatnya, sambil diberi stimuno..tapi ternyata stimuno sangat membantu..tiap hari saya suapin dia makan, minum, obat, dan Puji Tuhan sampai sekarang dia suka bermain-main, lari-lari, dan melakukan aktifitas anjing pada umumnya..waktu kontrol lagi ke dokter, dokternya malah bingung kok bisa sembuh,karena menurutnya anjing saya terlalu kecil (2bulan) dan penyakitnya pun lumayan parah.. selain obat..kasih sayang dan ketelatenan kita juga penting lho.. dan semua kerepotan anda akan terbayar sudah ketika melihat mereka terlepas dari penyakitnya..dan melihat dia tumbuh besar.. itu akan menjadi hal yang sangat membahagiakan.. smga yang anjingnya lagi sakit cepet sembuh ya..GBu
Last Edited : 29 Aug 2013 08:41:36
30 Aug 2013 18:34:12
#12
Avatar kristiana.yuliantie
kristiana.yuliantie
Total Post : 1
tolong bantu jawab donk.. anjing aku kena distemper. udah 15 hari kenanya. anjing aku masih mau makan sedikit dan minum sedikit. kondisinya skg bersin2, batuk2, keluar air mata terus. kendalanya skg, anjing saya galak, kalo dikasih obat. dia masih bisa mencium aroma obat, jd klo saya dekati dg suntikanobat dia lari, klo terpojok, dia mau menggigit. padahal kalo dia mau diberi obat, skg anjing saya pasti sembuh. ada saran ga untuk anjing saya yg galak??? makasih banyak
17 Sep 2013 19:38:15
#13
Avatar Sarah.Wulansari
Sarah.Wulansari
Total Post : 2
Iya anjing Ku mini pom 2bln. Skrg di rawat udh 2hr sih. Tp Dr nya blg dia terkena distemper.. Jujur aq panik dan sedih bgt, krn aq pemula punya anjing, jd aq shock ngliat dia kejang2 dan mengeluarkan ingus di hidung itu sampe muncrat. Tp dia masih nafsu makan, masih lincah dan Lebai, masih lucu jg. Tp hidung dan mata nya ngluarin air trus , muntah2.. Hanya itu saja sampe saat ini.. Jd hrs bagaimana yah penanganan nya? Apakah masih rawat inap atau tidak? Thx
27 Sep 2013 20:00:33
#14
Avatar EvhaAdham
EvhaAdham
Total Post : 1
apakah distemper bisa menular pada manusia.soalnya anjingku kayae keba distemper tp sering tidur bareng saya dan saya baru tau kalau anjing saya terkena distemper...
10 Nov 2013 22:40:37
#15
Avatar taro.International
taro.International
Total Post : 1
Pengalaman saya sendiri anjing 3 bln yg gk di vaksin kena distemper ud di vonis mati sama dokter. Batuk,bersin,suhu panas tinggi sampe 42`,gk nafsu makan,mencret,hidung dan mata klr air. Saran saya di opname saja di kasi infus. Dokter pasti melkukan yg terbaik dan dirumah bersih kan kandang ato tmpat nya (bisa pake bayclin). Setelah opname 3 hari anjing saya sudah smbuh n nafsu makan nya banyak. Misalkan dirawat drumah sngat mustahil n bahaya bisa nular anjing2 lain nya. smile
17 Nov 2013 03:47:46
#16
Avatar susinatalia
susinatalia
Total Post : 1
Stimuno katanya bagus ya? Klo pun doggie kita ga distemper boleh kan dikasih stimuno?soalnya doggie ku beberapa minggu ini masalah sama saluran nafasnya. Mirip pilek,batuk atau Kayak astma jg. Dah ke drh,tapi tetep saja masih kambuh beberapa kali.drh nya pun kayaknya binggung bilang iu sakit apa? Ada yg bilang rhinitis ada yg bilang bronkhiis. Walaupun ga dibilang distemper.karna ga ditest. Tp aku was-was bgt. Soalnya klo dah ada tanda2 diatas kan dah bahaya. Jadi lebih baik mencegah. Mau divaksin,cuma klo kondisi nya masih sakit seperti itu mana bisa? Please yah sarannya. Dah binggung bgt.
21 Nov 2013 04:23:49
#17
Avatar Silvadiaz.Wardana
Silvadiaz.Wardana
Total Post : 3
mohon saran kawan.

saya baru punya puppy baru.
tapi dia gak mau makan.
kalau pun makan dia muntah.
trus kondisinya sekarang mencret2 dan lesu.

saya sudah bawa kedokter terus.
dari smpai disuntik infus.
dikasih obat mencret, obat antibiotik, vitamin.

tapi gak pengaruh..
mohon sarannya teman? plese!!!
29 Nov 2013 05:31:21
#18
Avatar lid_han
lid_han
Total Post : 13
Uda dites parvo sama dokternya?
02 Dec 2013 01:14:22
#19
Avatar Mery.Surjanah
Mery.Surjanah
Total Post : 1
@toto : hanya stimuno apa cmpr antibiotik ?
Doggy aq ada 3, mix, husky dan golden.
Yg mix n golden positif, aq ğáќ tega liatnya, bnr butuh perawatan telaten bgt, apa hy stimuno pak?
Mohon infonya, sblmnya makasi sekali
02 Dec 2013 14:17:11
#20
Avatar anthony.tangkriwangkwan
anthony.tangkriwangkwan
Total Post : 9
sore. nama sy anthony, py dogy jenis POM mohon bantuan infonya, dogy saya suka tiba2 kejang2 dan mulutnya berbusa, badannya mengeras, kyk ke kunci,, dlm sebulan bs 2-3x bgtu, mohon bantuan, ini penyakit apa? bgm cara mengobati dan pencegahan? T__T mohon infonya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.