AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
11 Nov 2013 15:05:48
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Bahan-Bahan (Ingredient) Dog Food yang Baik dan Buruk Bagi Anjing

foto


"Apa dog food yang paling bagus untuk anjing saya?" tentu banyak pemilik yang sering menanyakan hal itu dan itu wajar karena mereka ingin memberi yang terbaik untuk anjing mereka. Kesehatan yang baik bermula dari nutrisi yang tepat. Dan, cara terbaik untuk memilih dog food yang baik adalah memahami kandungan bahan apa yang harus dicari dan yang harus dihindari dalam bahan-bahan / ingredient pada label kemasan dog food. 

Sebelum membahas lebih jauh, perlu dicatat bahwa yang dibahas disini adalah mengacu pada anjing yang sehat tanpa memiliki riwayat penyakit ginjal, tiroid, alergi makanan atau kondisi abnormal lainnya. 

Protein adalah Bahan yang Paling Penting
foto

Protein harus menjadi bahan paling utama atau berada paling pertama dalam daftar bahan ingredient setiap dog food. Dan, tidak hanya jumlah kandungan protein, tetapi jenis protein juga penting diperhatikan. Protein yang baik berasal dari bahan daging, tetapi tidak sembarangan bahan daging. Dog food berkualitas memiliki sumber daging tertentu seperti daging sapi, ayam, domba atau turkey. Telur dan keju juga merupakan sumber protein yang baik. Beberapa protein nabati seperti buncis atau kacang polong, juga bahan-bahan yang berkualitas. Sebaliknya, bahan protein yang buruk meliputi produk buatan (by-product), seperti daging ayam buatan atau "daging misterius" seperti "meat meal" (tidak berarti semua) yang mungkin saja bisa terbuat dari daging hewan yang mati dijalan, hewan sakit dari tempat pemotongan hewan, dan bahkan mungkin dari hewan-hewan yang dieuthanasia atau lainnya. Makanan yang mengandalkan produk jagung sebagai sumber protein utama juga harus dihindari.

Tidak Semua Lemak Buruk
foto

Anjing membutuhkan lemak untuk sehat. Ketimbang menggunakan karbohidrat untuk energi, anjing Anda akan lebih memilih menggunakan lemak untuk energi. Lemak dalam dog food juga menyediakan sebagian besar asam lemak esensial, yang disebut juga omega. Namun, tidak semua lemak memiliki kebaikan yang sama. Pilih dog food yang memiliki kandungan sumber lemak dari hewan dan tumbuhan, termasuk minyak ikan, lemak ayam, biji rami/flaxseed atau minyak canola. Hindari lemak kualitas rendah seperti lemak babi (lard), lemak sapi/kambing (tallow), atau minyak biji kapas. Dan, minyak zaitun / olive oil yang meskipun sangat sehat bagi kita, bukanlah pilihan yang baik bagi anjing karena mengandung tingkat omega-3 dan omega-6 yang sangat rendah.

Karbohidrat - Gunakan atau Tinggalkan
foto


Anjing adalah omnivora dan bisa memakan hampir semuanya. Namun, itu bukan berarti semua yang bisa mereka makan adalah semua yang mereka butuhkan. Anjing sama sekali tidak membutuhkan nutrisi dari karbohidrat, meskipun banyak anjing yang bisa memakai biji-bijian (grain) dan karbohidrat lainnya dalam makanan mereka. Jika Anda memilih dog food dengan karbohidrat, pilih yang berkualitas tinggi. Carilah biji-bijian seperti brown rice (beras coklat) atau oatmeal, kentang (potato) atau sweet potato (ubi) dan peas (kacang polong). Hindari dog food yang menggunakan filler karbohidrat murah seperti wheat (gandum), soy flour (tepung kedelai) dan "mill runs" atau "middling" yang merupakan sisa dari proses penggilingan.

Bahan-bahan Kandungan yang Harus Selalu Dihindari
foto

Beberapa perusahaan dog food menambahkan zat pewarna makanan untuk membuat warna dog food terlihat lebih menarik, namun sayangnya, beberapa zat pewarna makanan berkaitan dengan masalah kesehatan. Produsen dog food juga kadang menambahkan garam atau pemanis untuk membuat makanannya lebih enak, namun penambahan ini bisa berbahaya bagi anjing. Saat memilih dog food, pastikan menghindari makanan dengan bahan pengawet buatan/ kimia seperti BHA, BHT, TBHQ, Propylene glycol, Propyl gallate dan ethoxyguin. Sebaliknya, carilah makanan yang diawetkan dengan bahan alami seperti mixed tocopherols, ascorbate atau rosemary.


artikel lainnya:
Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Tentang Pemberian Dog Food untuk Anjing

Pro dan Kontra Raw Food bagi Anjing

Bolehkah Anjing Memakan Leher, Hati dan Jantung Ayam?

Dog Food High Protein! Pro dan Kontra

Penyebab Anjing Tidak Mau Makan atau Susah Makan

makanan yang tidak boleh dimakan oleh anjing

Vitamin dan Suplemen Bagi Anjing, Temukan Faktanya disini!

Tidak semua makanan manusia berbahaya bagi anjing


Sumber:
dogcare.dailypuppy.com
dogfoodadvisor.com
petmd.com

Last Edited : 11 Nov 2013 15:52:50
12 Nov 2013 23:42:31
#2
Avatar r4tanca
r4tanca
Total Post : 3
Anjing imnivora??
Kalo dilihat dari bentuk gigi, bagian mana yg menunjukkan dia pemakan tumbuhan?
16 Nov 2013 08:52:45
#3
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Dogs are non-obligate carnivores. They are carnivores with opportunistic omnivorous tendencies.

Dogs have teeth (molars) with relatively flat surfaces designed to grind up bones as well as fibrous plant material.

Dogs can digest the carbohydrates.1

Dogs have a small intestine that occupies about 23 percent of the total gastrointestinal volume, which is consistent with other omnivores; the small intestine of cats occupies only 15 percent.2,3

Dogs can create vitamin A from betacarotene found in plants.

1 Walker J, Harmon D, Gross K, Collings G. Evaluation of nutrient utilization in the canine using the ileal cannulation technique. J Nutr. 1994; 124:2672S-2676S.
2 Morris JG, Rogers QR. Comparative aspects of nutrition and metabolism of dogs and cats, in: Nutrition of the dog and cat, eds. Burger IH, Rivers JPW, Cambridge, UK, Cambridge University Press, 1989;35-66.
3 Ruckebusch Y, Phaneuf L-Ph, Dunlop R. Feeding behavior in: Physiology of small and large animals, B.C. Decker, Inc. Philadelphia, PA, 1991;209-219
Last Edited : 16 Nov 2013 08:53:37
20 Feb 2014 11:57:07
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
yup, carnivora itu ususnya pendek, jadi cepat di poop. kelamaan di tubuh bisa beracun dan bahaya. Manusia sebenarnya herbivora. ususnya panjang dan kompleks. seharusnya manusia jangan sering2 makan daging, makin lama di tubuh bisa bikin penyakit

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.