INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
12 Jul 2013 11:00:34
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Tentang Pemberian Dog Food untuk Anjing

foto

Seberapa akurat panduan makan pada label dog food saya?
Panduan makan (feeding guidelines) yang direkomendasikan oleh produsen sebaiknya hanya digunakan sebagai gambaran kasar. Kebanyakan panduan sangat bervariasi tergantung pada produsen dan hanya sedikit yang sesuai diantara merek-merek tsb. Umur, kesehatan, status reproduksi dan tingkat latihan yang dimiliki anjing Anda akan berpengaruh pada jumlah makanan yang harus diterima oleh anjing Anda dan harus diperhitungkan ketika memutuskan untuk memberikan jumlah makanan yang harus diberi. Jika ragu, selalu konsultasikan dengan dokter hewan.

Bagaimana saya menentukan makanan apa yang seharusnya diberikan kepada anjing saya?
Pilih makanan yang berkualitas tinggi karena makanan yang berkualitas rendah banyak berisi bahan yang tidak berguna bagi tubuh anjing dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sangat penting untuk mengetahui berat badan anjing Anda dan kisaran berat badan yang ideal untuk jenis ras anjing Anda. Anda bisa selalu konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda tidak yakin mengenai berat badan ideal bagi anjing Anda.

Langkah selanjutnya adalah menentukan tingkat aktifitas, ukuran anjing, usia, termasuk setiap asupan tambahan kalori seperti treat (cemilan), dll. Jumlah makanan yang diberikan kemudian bisa mulai disesuaikan setahap demi setahap. Setelah Anda mulai memberikan jumlah makanan yang tepat, timbang berat badan anjing Anda setidaknya sebulan sekali untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang benar. Jika perlu, tambahkan atau kurangi jumlah makanan sedikit sampai anjing Anda berada pada berat badan yang ideal. Kebanyakan anjing kelebihan diberi makan dan juga kurang berolahraga. Jika awalnya ragu tentang berapa jumlah makanan yang harus diberikan, maka beri makanan dengan jumlah yang lebih sedikit.

Anjing lap dog yang biasa mendapat sedikit exercise mungkin membutuhkan 10% lebih sedikit dari yang direkomendasikan dalam label dogfood. Anjing aktif yang mendapat exercise outdoor mungkin memerlukan 20%-40% lebih banyak dari yang direkomendasikan. Anjing working dog, yang biasa mendapat exercise dengan intensitas tinggi, seperti sled dog atau police dog, mungkin membutuhkan dogfood yang khusus dibuat untuk anjing working atau performance dog.

Bagaimana cara menghentikan anjing saya yang terburu-buru saat waktu makan?
Anjing yang menelan makanannya terlalu cepat cenderung membuat banyak udara yang ikutan masuk saat makan sehingga menyebabkan perut dan sistem pencernaan terganggu. Hal ini bisa dicegah dengan menempatkan benda besar seperti bola yang ditaruh dalam mangkuk untuk membuatnya makan sedikit demi sedikit. Jika Anda memiliki lebih dari satu anjing, maka berikan makan secara terpisah untuk mencegah kompetisi saat makan.

Bagaimana seharusnya saya mengenalkan makanan baru (mengganti makanan lama) kepada anjing saya?
Anjing Anda perlu diperkenalkan kepada makanan baru secara bertahap karena jumlah dan jenis bakteri dalam usus yang membantu pencernaan bisa berubah dan kemampuan mereka untuk mencerna makanan mungkin bisa terpengaruh. Karena anjing sering sensitif dengan perubahan dalam makanan mereka, coba dan buatlah transisi ke makanan baru sehalus mungkin. Mulai mencampurkan makanan baru dengan makanan lama secara bertahap mulai dari sedikit kemudian perlahan tambahkan proporsinya setelah 7 sampai 10 hari sampai anjing Anda sudah bisa memakan makanan baru sepenuhnya. Jumlah makanan baru harus dikurangi jika anjing menunjukkan tanda muntah, mencret atau sembelit.

Apakah OK untuk memberikan sisa makanan meja makan kepada anjing saya?
Selalu yang paling baik adalah memberikan cemilan yang memang khusus untuk anjing dan dapat membantu saat melatih anjing. Namun, Anda hanya bisa memberikan cemilan tidak lebih dari 10% dari makanan anjing Anda setiap hari.

Meskipun banyak pemilik yang melakukannya, tidak dianjurkan untuk memberikan sisa makanan kepada anjing Anda, karena hampir mustahil untuk membuat diet seimbang dari ini. Jangan pernah memberi sisa makanan yang berlemak karena bisa menyebabkan berat badan anjing bertambah. Sayuran yang tidak dimasak juga umumnya bukan ide yang baik, karena bisa menyebabkan gangguan perut dimana anjing tidak dilengkapi dengan baik untuk mencerna banyak serat.

Memberi makanan sisa juga bisa mendorong kebiasaan buruk bagi anjing Anda untuk mengemis saat waktu Anda makan dan mencuri makanan dari meja makan, bahkan beberapa diantara makanan tsb bisa berbahaya bagi kesehatannya. Dan juga bisa membuat anjing Anda tidak lagi bernafsu dengan makanannya.

Haruskah saya memberikan anjing saya makanan khusus yang sesuai dengan jenisnya?
Kebutuhan nutrisi anjing tergantung pada banyak faktor seperti tingkat aktifitas, usia dan temperamen. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang sesuai dengan kesehatan dan kebutuhan nutrisi ketimbang disesuaikan dengan jenisnya. Jika ragu, minta saran dari dokter hewan Anda.

Apakah jumlah hitungan makanan yang ada dalam panduan makanan dalam dogfood untuk jumlah pemberian sekali makan atau dalam sehari?
Itu untuk total jumlah makanan dalam satu hari. Jika pemberian makanannya diberikan beberapa kali dalam sehari, maka jumlah makan sehari dibagi menjadi beberapa kali.

Seberapa sering anjing saya harus makan?
Untuk anak anjing harus makan 3x sehari dari saat masih menyusu dengan induknya sampai usia 4-6 bulan, jika dimungkinkan. Setelah 6 bulan, makan 2x sehari juga tidak apa. Untuk anjing dewasa, kebanyakan owner lebih memilih untuk memberi makan 2x sehari, meskipun sebenarnya anjing dewasa bisa makan hanya sekali dalam sehari. Memberi makan 2x sehari memang membuat anjing lebih mudah untuk mencerna makanannya dan membantu mengontrol rasa laparnya.

Kapan saya harus beralih dari dogfood puppy ke dogfood dewasa?
Begitu anak anjing sudah mencapai 90% dari berat badan anjing dewasa yang diperkirakan, mereka harus beralih dari makanan untuk pertumbuhan ke makanan yang cocok untuk anjing dewasa. Ras kecil mungkin selesai masa pertumbuhannya di usia 9-12 bulan, untuk ras besar sekitar 12-18 bulan.

Bagaimana dan mengapa anak anjing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan anjing dewasa?
Anak anjing berkembang dengan cepat, membangun tulang dan otot, dan mengembangkan organ-organ tubuh. Sedangkan anjing dewasa menjaga mempertahankan tubuhnya. Anak anjing Anda membutuhkan nutrisi tambahan untuk bahan bakar pertumbuhannya.

Kapan harusnya anak anjing mulai makan makanan yang padat?
Anak anjing harusnya mendapatkan makanan padat mulai dari sekitar usia 4 minggu, saat mereka tidak bisa mendapatkan semua kalori yang dibutuhkan dari susu ibu mereka. Kebanyakan anak anjing akan menyusu pada ibunya sampai usia 6 minggu. Untuk anak anjing masih dibawah usia 8 minggu, makanan padatnya perlu dicampurkan sedikit air agar lebih lunak.

Makanan apa yang harus dihindari/tidak boleh diberikan kepada anjing saya?
- Coklat, mengandung theobromine yang bisa menyebabkan peningkatan denyut jantung, gelisah dan muntah. Dalam dosis besar bisa berakibat fatal.
- Anggur dan kismis, beracun bagi anjing dan bisa menyebabkan gagal ginjal.
- Bawang bombay, bisa menyebabkan anemia
- Bawang putih, dalam dosis besar bisa menyebabkan infeksi kulit dan asma. Beberapa pemilik, menggunakan tablet bawang putih (garlic tablet) sebagai pengusir kutu alami. Selalu ikuti instruksi dosis dengan cermat.
- Laktosa, yang ditemukan dalam susu dan produk susu, tidak dapat dicerna oleh anjing
- Buah, bisa tinggi gula dan juga dapat asam. Hal ini bisa mengganggu pencernaan anjing dan baiknya dihindari.
- Memberi makan kentang tidak dianjurkan karena kadar pati yang tinggi, dimana tidak mudah dicerna anjing dan bisa menyebabkan masalah.
- Banyak tanaman dan bunga seperti salah satunya Daffodil bisa menjadi racun bagi anjing, menyebabkan berbagai hal mulai dari iritasi kulit, keracunan parah dan kematian.

Catatan: masih ada beberapa makanan lain yang berbahaya bagi anjing.
Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing
Makanan Manusia yang Tidak Berbahaya Bagi Anjing

Apa yang harus saya tahu tentang dog food kering, kaleng dan semi-moist?
Memutuskan dogfood mana yang terbaik untuk anjing Anda tergantung pada anjing Anda dan pilihan Anda. Dogfood kering menyediakan lebih banyak nutrisi dalam satu gigitan dibanding jenis dogfood lainnya karena kandungan air lebih sedikit. Itu berarti Anda tidak perlu memberi makan banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing Anda dan menjadi pilihan paling praktis untuk anjing besar.

Dogfood kering juga biayanya lebih murah dan bisa dibiarkan seharian dalam mangkuk makan anjing, tidak seperti dogfood kaleng. Anjing dengan masalah gigi mungkin lebih mendapat manfaat dari dogfood kering khusus yang diformulasikan untuk kesehatan gigi, yang bisa membantu mengurangi penyakit periodontal dengan memijat gigi dan gusi.

dogfood kaleng mengandung 68% sampai 78% air. Karena kadar air yang tinggi, dogfood ini biasanya berisi lebih banyak daging atau seafood ketimbang dogfood kering. Jenis ini juag mengandung protein bertekstur dari biji-bijan seperti gandum dan kedelai.

Anjing dengan masalah saluran kemih mungkin akan lebih baik jika diberikan dogfood kaleng karena kandungan air yang lebih tinggi. Dan jika anjing Anda suka makan banyak tetapi overweight/kelebihan berat badan, dogfood kaleng akan membantu mengisi dengan kalori yang lebih sedikit. Namun, dogfood kaleng akan menjadi cepat basi jika dibiarkan tanpa dimakan.

Dogfood semi-moist mengandung 25%-40% air. Untuk membantu makanan tetap lembut dan menjaga daya tahannya lebih lama, produsen menambahkan zat yang menjaga kelembabannya seperti gula, propylene,glycol dan garam.


Sumber:
medicanimal.com
pets.webmd.com

Last Edited : 12 Jul 2013 11:03:51
12 Jul 2013 11:52:56
#2
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
nice post Niki.. smile
12 Jul 2013 17:17:29
#3
Avatar adrian.fernady
adrian.fernady
Total Post : 1
Thank you info nya
12 Jul 2013 18:41:46
#4
Avatar andie.nawz
andie.nawz
Total Post : 1
Mantep
12 Jul 2013 20:03:20
#5
Avatar Kellyong
Kellyong
Total Post : 4
kalau si doggie gampang bosan terhadap dog foodnya, apa solusinya. thx.
12 Jul 2013 20:37:20
#6
Avatar gelvie
gelvie
Total Post : 56
@kellyong : ijinkan saya membantu sedikit
menurut saya tidak ada anjing yang bosan terhadap makanannya selama bau makanan tersebut masih "menarik" buat dia...karena prinsip makan anjing beda dengan manusia...kalo manusia dilihat-dicium-dimakan,kalo anjing dicium-dirasa-dilihat...jadi menurut saya kuncinya ada di aroma makanan itu sendiri.jika dogfood tersimpan dengan baik otomatis aromanya masi terjaga.kalaupun anjing tidak memakannya bisa di"tipu" dengan mencampurkan bahan yang berbau amis seperti kuning telur,kuah daging,ataupun didih...menurut pengalaman itu cukup manjur
semoga dapat membantugrin
15 Jul 2013 13:15:35
#7
Avatar Budi.Handoko
Budi.Handoko
Total Post : 51
Bagaimana dgn raw food? Ada kah yg bisa memberi informasi menu raw food untuk anjing? Saya kira raw food lebih baik dan terbaik utk anjing. Back to nature is the best.
15 Jul 2013 14:48:10
#8
Avatar bruno_the_dachshund
bruno_the_dachshund
Total Post : 18
Bener tuh,raw food is the best(y)!
15 Jul 2013 15:04:06
#9
Avatar Budi.Handoko
Budi.Handoko
Total Post : 51
Saya sdh coba berbagai df kering. Hasilnya tetap lbh bagus raw food. Anjing lbh bersemangat, tenaganya gak ad hbsnya, pup sedikit, nafas dan badan tdk bau, berat badan stabil dan padat. Klo df kering simple utk jangka pendek, efek.jangka panjang mengerikan..,,
19 Mar 2014 22:24:58
#10
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Bagaimana cara kalau anjing nggak mau makan doggie saya umur 3 bulan dah 2 hari ini nggak mau makan gimana ya tolong solusinya
23 Jun 2014 12:01:31
#11
Avatar cikishoponline
cikishoponline
Total Post : 1
berapa hari anjing bisa tahan tidak makan??
04 Aug 2014 21:25:17
#12
Avatar 013082
013082
Total Post : 1
Iya. Boleh di share informasi menu raw food buat doggy, krna doggy sy susah makan dan mnurut informsi memang raw food better than dry food.
Thx smile
28 Oct 2014 08:47:34
#13
Avatar Herni.Suhardi
Herni.Suhardi
Total Post : 5
Teman-teman, tolong bantu info nya mengenai raw food, dan umur berapa doogie dapat diberikan makanan raw food…? terima kasih smile
02 Nov 2015 13:34:55
#14
Avatar Stupid.Idiot
Stupid.Idiot
Total Post : 3
Boleh tolong infonya untuk merk dog food yg rendah kalori ? Apakah raw food lbh baik untuk doggy dibandingkan dengan dog food ? Mohon infonya yah...
13 Oct 2016 11:13:55
#15
Avatar aridermawan666
aridermawan666
Total Post : 1
apakah terjadi masalah jika siberian saya yang berumur 2 bulan diberikan adult dog food?
21 Oct 2016 16:39:36
#16
Avatar partiirawati
partiirawati
Total Post : 2
raw food yang dimaksud disini daging mentah kah?
27 Oct 2016 08:21:33
#17
Avatar mangdebecol87
mangdebecol87
Total Post : 1
Kalo dari umur 2bulan dikasih ketela sama ati ayam boleh apa tidak ya??
02 Feb 2017 07:58:54
#18
Avatar merry88163
merry88163
Total Post : 1
Permisi mau tanya ya ada yg tau ga ya waktu pemancakkan yg tepat untuk anjing ras kecil itu kapan ya ,di saat anjing lagi loops atau selepas loops? Boleh bagi info ga ya terima kasih
15 Sep 2017 05:09:24
#19
Avatar niels.andrew28
niels.andrew28
Total Post : 1
kalau anakan herder saya sih saya berikan daging sapi giling 250gr utk 3 kali makan di tumis sebentar lalu dicampur dengan telur, wortel, 1 sendok fish oil dan ditambahkan nasi putih sbg karbo. setiap malam saya selalu memberikan leher ayam tanpa lemak sbg kalsium, 1 potong kecil dada ayam, dan ati ayam. 3 kali seminggu saya selalu memberikan raw egg beserta kulit cangkangnya.
01 Oct 2017 22:32:45
#20
Avatar maulana201495
maulana201495
Total Post : 1
Apa bahaya nya bila makanan anjing d makan manusia

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.