Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Feb 2013 11:41:25
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Ulasan Lengkap mengenai Diare pada Anjing

Diare adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair dan biasanya terjadi dalam jumlah besar dan lebih dari 3 kali selama 24 jam. Dua penyebab paling umum diare pada anjing adalah karena salah makan dan parasit usus. Banyak penyakit anjing menular yang juga berhubungan dengan diare akut.

Makanan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk melewati usus kecil. Selama waktu tersebut, sebagian besar makanan dan 80% air akan terserap. Sisanya dikonsentrat oleh usus besar. Pada akhirnya, akan dikeluarkan feses dengan bentuk normal/baik. Feses yang normal adalah tidak mengandung lendir, darah atau makanan yang tidak tercerna.
foto
Diare bisa terjadi salah satunya karena adanya rapid transit, yaitu karena suatu hal, proses penyerapan makanan di usus kecil terganggu sehingga dampaknya makanan tidak dicerna kemudian segera masuk ke usus besar. Makanan yang tidak dicerna dan tidak diserap usus akan menarik air dari dinding usus. Di lain pihak, pada keadaan ini proses transit di usus menjadi sangat singkat sehingga air tidak sempat diserap oleh usus besar. Hal inilah yang menyebabkan tinja berair pada diare. Jenis rapid transit ini yang menjadi penyebab sebagian besar temporary diare pada anjing (diare yang terjadi hanya dalam satu atau beberapa hari).

Salah makan merupakan penyebab umum dari rapid transit. Anjing pada alaminya adalah 'pemulung' dan cenderung memakan zat-zat yang tidak dapat dicerna termasuk sampah dan makanan busuk, bangkai hewan, rumput, tanaman hias dan liar, potongan plastik, kayu, kertas, dan benda asing lainnya. Kebanyakan dari yang disebutkan tadi dapat mengiritasi lambung serta usus dan sebagian dikeluarkan melalui muntah.

foto


Makanan yang tidak dapat ditoleransi oleh pencernaan / intoleransi makanan juga dapat menyebabkan rapid transit. Makanan yang tampaknya tidak dapat ditoleransi dengan baik oleh sebagian anjing adalah sapi, babi, ayam, daging kuda, ikan, telur, rempah-rempah, jagung, gandum, gravy (saus yang digunakan pada masakan panggang), garam, lemak dan beberapa dogfood komersial.
Catatan: Intoleransi makanan berbeda dengan alergi makanan, dimana alergi makanan dapat menyebabkan infeksi kulit (dermatitis) dan mungkin muntah, tapi jarang menyebabkan diare.

Parasit usus merupakan penyebab umum dari diare akut dan kronis pada anak anjing dan anjing dewasa. Masalah terbesar disebabkan oleh cacing gelang (roundworms), cacing tambang (hookworms), whipworms, threadworms dan giardia.

foto
Diare bisa juga sebagai efek samping dari berbagai obat-obatan dan pengobatan, khususnya obat NSAID (Non Steroidal Anti-Inflammatory Drugs) atau obat anti radang non steroid, yang mengandung aspirin. Beberapa obat jantung, obat cacing dan kebanyakan antibiotik juga dapat menyebabkan diare.

Selain itu, anjing juga dapat mengalami diare saat mereka merasa gembira atau takut, sebagai contoh: saat mereka pergi ke dokter hewan atau acara dog show. Bahkan setiap perubahan mendadak dalam makanan mereka atau lingkungan hidupnya bisa menyebabkan diare karena emosional yang dirasakan anjing tersebut.

Mengobati Diare Di rumah

Diare Akut
Langkah yang paling penting dalam mengobati diare akut adalah tidak memberikan makanan apapun selama 24 jam untuk memberikan waktu istirahat bagi saluran pencernaannya. Anjing harus didorong untuk minum air sebanyak yang ia bisa untuk mengurangi dehidrasi. Untuk diare yang terus menerus, pertimbangkan untuk memberikan larutan elektrolit suplemen seperti Pedialyte (untuk mengobati dehidrasi). Meskipun Pedialyte adalah obat yang dibuat untuk manusia, tetapi juga aman digunakan untuk anjing dengan tentunya memperhatikan dosis dan aturan pakai yang diberikan. Encerkan dengan perbandingan 50% pedialyte dan 50% air dan tambahkan ke dalam tempat minum anjing. Hindari mencampurkan pedialyte dengan cairan lain khususnya yang mengandung penambah rasa manis karena hal ini hanya akan memperparah kondisi anjing. Untuk lebih amannya, konsultasikan dengan drh mengenai dosis yang benar.
foto
Anda bisa juga bisa gunakan minuman olahraga elektrolit untuk anjing, yaitu k9 Thirst Quencher yang memiliki rasa sehingga merangsang anjing untuk minum. Jika anjing tidak juga mau minum larutan elektrolit, makan cukup berikan air tawar. Sepotong kaldu rendah garam yang dilarutkan dalam air juga dapat mendorongnya untuk minum.

foto

Diare akut biasanya akan merespon dalam waktu 24 jam setelah usus istirahat. Mulai berikan makanan yang mudah dicerna, rendah lemak, dan tanpa perasa/hambar/plain. Contohnya ayam dada rebus tanpa kulit, nasi putih, oatmeal masak tawar, atau telur rebus, dll. Berikan makan 3 atau 4 kali sehari dalam porsi kecil untuk dua hari pertama. Lalu secara bertahap ganti makanan tadi dengan makanan sehari-harinya.

Bawa segera ke dokter hewan jika:
- Diare berlanjut lebih dari 24 jam
- Tinja atau feses mengandung darah atau berwarna hitam
- Diare disertai dengan muntah
- Anjing kelihatan lemah atau tertekan atau demam

Diare Kronis

Langkah pertama adalah menemukan dan mengobati penyebab yang mendasari. Diare yang muncul akibat perubahan dalam makanan bisa dikoreksi dengan kembali pada makanan lama dan kemudian perlahan-lahan mulai disisipi makanan baru untuk menemukan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah lactase deficiency (kondisi kurangnya enzim laktase pada usus kecil yang memicu munculnya diare), maka hilangkan produk susu dari makanan anjing anda, terutama karena produk ini juga tidak dibutuhkan untuk anjing dewasa.

foto
Diare yang disebabkan karena makan berlebihan (ciri-cirinya tinja besar dan tidak berbentuk) bisa diatasi dengan menyesuaikan makanan yang lebih tepat dengan kebutuhan kalori anjing dan berikan porsi makanan yang sama dalam 3x sehari.

Diare kronis yang berlangsung terus menerus selama lebih dari 3 minggu memerlukan perawatan dokter hewan.

Catatan:
Perbedaan Diare Akut dan Diare Kronis, adalah perbedaan utama terletak pada durasi/ lama terjadinya.
Diare Akut dapat berlangsung dari hanya beberapa jam sampai dua minggu. Sebagian besar kasus diare akut pada anjing dapat diatasi sendiri tanpa perlu perawatan dokter hewan, tetapi ada beberapa yang berpotensi sangat serius sehingga membutuhkan perawatan dokter hewan, lebih cepat lebih baik.
Saat gejala terus berlangsung lebih dari dua atau tiga minggu, maka ini mengarah kepada kasus diare kronis. Tergantung pada penyebabnya, diare kronis bisa sulit untuk diatasi.


Karakteristik Diare:

Berdasarkan warna

Warna: kekuning-kuningan atau kehijau-hijauan
Kemungkinan Penyebab : Rapid transit
Kemungkinan lokasi : Usus kecil

Warna: hitam
Kemungkinan Penyebab: saluran pencernaan atas berdarah
Kemungkinan lokasi: perut atau usus kecil

Warna: merah darah atau gumpalan
Kemungkinan Penyebab: saluran pencernaan bawah berdarah
Kemungkinan lokasi: gumpalan darah pada usus besar

Warna: Pucat, kuning muda
Kemungkinan Penyebab: kurangnya empedu
Kemungkinan lokasi: hati

Warna: abu-abu dan berbau menyengat
Kemungkinan Penyebab: pencernaan yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Berdasarkan konsistensi/kepadatan

Konsistensi: cair
Kemungkinan Penyebab: rapid transit
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Konsistensi: berbusa
Kemungkinan Penyebab: infeksi bakteri
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Konsistensi: Berminyak
Kemungkinan Penyebab: penyerapan dalam tubuh yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Konsistensi: mengkilap atau seperti selai
Kemungkinan Penyebab: mengandung lendir
Kemungkinan lokasi: usus besar

Berdasarkan bau

Bau: Seperti bau makanan atau bau susu asam
Kemungkinan Penyebab: rapid transit dan pencernaan atau penyerapan yang kurang baik (biasanya karena kelebihan makan, terutama pada anak anjing/puppies).
Kemungkinan lokasi: usus kecil

Bau: bau basi atau busuk
Kemungkinan Penyebab: pencernaan yang kurang baik dengan fermentasi
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Berdasarkan frekuensi

Frekuensi: Dalam sejam buang air besar dengan beberapa feses yang kecil dan mengejan
Kemungkinan Penyebab: radang usus besar (colitis)
Kemungkinan lokasi: usus besar

Frekuensi: tiga atau empat feses besar dalam sehari
Kemungkinan Penyebab: pencernaan atau penyerapan yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Berdasarkan kondisi anjing

Kondisi anjing: berat badan turun
Kemungkinan Penyebab: pencernaan atau penyerapan yang kurang baik
Kemungkinan lokasi: usus kecil, pankreas

Kondisi anjing: tidak turun berat badan, selera makan normal
Kemungkinan Penyebab: gangguan pada usus besar
Kemungkinan lokasi: usus besar

Kondisi anjing: muntah
Kemungkinan Penyebab: radang usus kecil
Kemungkinan lokasi: usus kecil, kadang usus besar tapi jarang


Sumber:
pets.webmd.com
canigivemydog.com/pedialyte
dog-nutrition-advice.com
medicastore.com

Last Edited : 19 Feb 2013 08:45:04
18 Feb 2013 17:08:34
#2
Avatar SIAHAAN
SIAHAAN
Total Post : 100
thanks info nya
22 Oct 2013 08:29:55
#3
Avatar Vera.Pardosi
Vera.Pardosi
Total Post : 2
Anak anjing saya sudah 2 hari ini tidak mau makan dan tinjanya cair bewarna merah pekat seperti darah yang disiram asam gitu. Sebelum sakit anak anjing saya masih lincah tapi sekarang bawaannya lemas dan mau tidur aja,saya udah coba saran yang diatas pada diare akut tapi masih seperti itu..kira-kira itu
kenapa,bagaimana cara menanggulanginya dan apa obatnya
22 Oct 2013 08:30:55
#4
Avatar Vera.Pardosi
Vera.Pardosi
Total Post : 2
Mohon bantuan ifonya ya..trima kasih
22 Oct 2013 09:57:50
#5
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
@Vera: seperti yang sudah disebutkan diatas,


Bawa segera ke dokter hewan jika:
- Diare berlanjut lebih dari 24 jam
- Tinja atau feses mengandung darah atau berwarna hitam
- Diare disertai dengan muntah
- Anjing kelihatan lemah atau tertekan atau demam


Jika melihat kondisi puppy kamu sebaiknya segera langsung periksakan ke dokter hewan.
22 Nov 2013 17:03:09
#6
Avatar Dayu.Ginanti87
Dayu.Ginanti87
Total Post : 1
Anjing pitbull aku nafsu makannya bertambah...
Tp tinjax lembek dan bau... frrkuensix juga lebih dari 3x dalam sehari...mojon bantuannya yah...
Trimakasi....
07 Dec 2013 13:23:51
#7
Avatar christine.manurung.524
christine.manurung.524
Total Post : 1
Anak anjing saya 2 hari ini tidak mau makan asal diberi makan pasti dimuntahkan,tinjanya juga cair badannya menggigil dan demam,dulunya dia lincah tapi sekarang jadi lemas dan tidur memululu,bagaimana menanggulangi penyakit anjing saya?
06 Mar 2014 20:09:23
#8
Avatar Merci
Merci
Total Post : 4
Kalau anjing sudah dipacak stlh 2 mingguan, trs mencret...dikasih apaa yah?
28 Jul 2014 08:01:31
#9
Avatar Jan.Hutomo
Jan.Hutomo
Total Post : 1
Puppy huskyku pup nya cair setelah di kasih dog food tp tetep aja lincah dan rakus 1 hari bisa makan 5x apakah dia diare? Atau emang dog food kyk gitu?
09 Aug 2014 18:23:12
#10
Avatar Irma.Ariyanti
Irma.Ariyanti
Total Post : 1
Anjing saya 2 hari yg lalu diare, dan tidak mau makan, trus besoknya diare udh berhenti,dan makan hanya sedikit, dan sekarang 1 hari full gak mau makan sama minum,, itu gimana ya?
10 Aug 2014 10:17:23
#11
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@Irma.Ariyanti udah cek ke drh? ada darahnya gak? bahkan bloody diare bisa apa aja. Saya rasa normal kalo gak mau makan minum, krn pastinya mengalami gangguan pencernaan kalo lebih dr sehari spt kata nikita cek ke drh. Kasih pocari sweat/pediolyte, lebih gampang dan cepat di serap tubuh, yg perlu di perhatikan air, jangan sampe dehidrasi, anjing bisa bertahan gak makan beberapa hari tp gak kalo gak minum.
kalo lebih dr sehari gak mau makan minum belum tentu diagnosa penyakit bisa aja stress. Tapi untuk amannya mending anda baca2 artikel di andi yg berhubungan dengan diare, terutama gejala2 gak mau makan/minum. smile good luck
Last Edited : 16 Aug 2014 13:07:27
11 Aug 2014 22:23:13
#12
Avatar tabita.daesy
tabita.daesy
Total Post : 1
Boleh minta tolong bantuan info nya,
Anjingku skrg sdg lemes banget,diare wrn item bau bgt, ngga bisa jalan..
Saya kurang perhatian, ternyata dr kemarin sudah tiduran saja, saya kira cuma. Sedang malas2an
Skrg saya sudah beri pocari sweat+air tapii muntah terus..
Apa yang harus saya lakukan ??

Trimakasih
21 Nov 2014 13:14:42
#13
Avatar eve2
eve2
Total Post : 4
sorry, numpan tanya.. saya baru adopsi puppy 1 bulan ini, dr awa; pup nya agak lembek berwarna kuning kejiauan.. awalnya saya pikir itu karena dia cuma konsumi susu saja jd tekstur nya lembek, tapi tmn saya bilang itu kategori mencret.. selama ini berat badan dan nafsu makan juga normat kok, apa saya hru ganti susu atau dogfood nya ? seinggu pertama say ksi morinaga child kid tapi stlah itu saya ksi susu SGM (0-6 bulan) karena saya baca itu boleh buat puppy jugaa.
mohon ifo nya.. thankss
25 Nov 2014 08:00:10
#14
Avatar anjing-dijual409
anjing-dijual409
Total Post : 1
anak anjing saya kemarin baik-baik saja, tapi pagi-pagi buta dia menggigil dan kejang, poopnya agak cair berwarna aak kekuning-kuningan baunya seperti susu busuk! saya beri dia minum air tapi dia malah tutup mulut, saya beri dia nasi tapi tidak dimakan! nafsu makannya berkurang! kira-kira penyakit apa yang sekarang dialaminya! saya takut nanti anak anjing saya MATI! tolong sarannya . . .!
21 Feb 2015 21:59:13
#15
Avatar 016768
016768
Total Post : 2
anjing minipom saya br genap dua bln, trus dia baru dia kasih minum susu.tapu beberapa hari yg lalu dia makan cicak trus bsknya lansung tidur terus ,lalu gg mau minum susu.skarg anjing saya setiap di kasih susu pake dot di lngsung mencret.. mau tanya kalo anjing sakit/diare blh gg di kasih susu
04 Mar 2015 12:47:49
#16
Avatar anjing-dijual158
anjing-dijual158
Total Post : 1
Mau tny, anjing saya maunya makan dogfood kering dicampur hati ayam. Tp pup nya jd berwarna kehitaman. Apa ada masalah dgn ususnya? Thanks
16 Apr 2015 12:06:19
#17
Avatar Bali.Amazing.Driver
Bali.Amazing.Driver
Total Post : 1
Saya mau nanya, anak anjing saya umur 2 bulan, gak mau makan, mencret warna hijau dan bau, tapi kalau dilepas dia mau bermain, kira2 sakit apa

Thanks
Bali Driver
Last Edited : 16 Apr 2015 12:08:23
30 Aug 2015 08:09:29
#18
Avatar anjing-dijual852352
anjing-dijual852352
Total Post : 1
Mau tanya.. anjing saya umur 3 bulan.. paginya baik" aja tp malam nya muntah 2x ada cacing nya.. selang 1 jam diare cair warna kuning pekat kecoklatan 2x.. mohon sarannya
28 Jan 2016 19:50:30
#19
Avatar anjing-dijual327425
anjing-dijual327425
Total Post : 1
Kalau penanganan anak anjing yg masih berusia 3 hari selalu rewel dan pup nya cair seperti air berwarna kuning muda bagaimana penanganannya?? Tp nafsu makan normal. Mohon bantuan sarannya saya bingung karena ibu anjing sudah meninggal saat melahirkan
09 Feb 2016 13:55:08
#20
Avatar 019932
019932
Total Post : 1
Mohon bantuannya anjing saya jenis corgi usia 2 bulan lebih dikit.. kemarin hari sabtu barusan saya ambil dari kennel..
Saya kasi makan alpo campur science diet.. ternyata pup nya mencret sudah 2 hari ini.. tapi napsu makan lancar dan anjing tetap bersemangat.. minum masih banyak. Tidak ada tanda tanda lemas atau lesu..
Memang saya ngasi makanannya jauh lebih banyak daripada anjuran kenel tempat saya ngambil anjing tersebut. Kira kira hampir 2 kali lipat dari anjuran kennel soalnya saya liat kurus banget dan tulang rusuknya kerasa banget kalo dipegang..
Apa yang harus saya lakukan ya??? Agar si anjing gak mencret lagi??

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.