AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
31 Jan 2013 09:49:48
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kenali Penyebab dan Pengobatan Demodex (Demodectic Mange) pada Anjing

Mange adalah penyakit kulit bersifat parasit yang disebabkan oleh tungau berbentuk mikroskopik (tidak bisa dilihat dengan kasat mata). Tungau mange memiliki dua jenis berbeda yang menyebabkan penyakit kulit pada anjing. Jenis yang satu hidup tepat di bawah permukaan kulit, sementara jenis lainnya hidup di dalam folikel rambut. Meskipun kedua jenis tungau ini memiliki karakteristik yang sama, ada juga perbedaan penting antara keduanya. Sangat penting untuk tidak bingung dengan dua jenis mange ini karena mereka memiliki penyebab, pengobatan dan prognosis (perkiraan gambaran hasil akhir dari penyakit tersebut) yang berbeda.

foto

Apa yang menyebabkan Demodectic Mange atau Demodex?

Demodectic Mange, kadang disebut dengan "Demodex" atau "Red Mange" adalah bentuk paling umum dari penyakit mange pada anjing. Demodex disebabkan oleh Demodex canis, yaitu parasit yang hidup di dalam folikel bulu anjing. Di bawah mikroskop, tungau ini berbentuk seperti cerutu dengan delapan kaki.

foto

Semua anjing normal (dan banyak manusia) memiliki sedikit tungau (mites) pada kulit mereka. Selama sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, tungau ini tidak menyebabkan bahaya.

Demodex paling sering terjadi ketika anjing memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang baik (immature), sehingga jumlah tungau kulit berkembang cepat. Akibatnya, penyakiy ini sering terjadi terutama pada anjing yang berusia kurang dari 12 sampai 18 bulan. Anjing dewasa memiliki sistem kekebalan tubuh yang sudah matang atau sudah berkembang baik. Anjing dewasa yang memiliki penyakit ini biasanya karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Demodex dapat dialami oleh anjing berusia tua karena fungsi sistem kekebalan tubuh sering kali menurun bersamaan dengan usia. Anjing yang mengalami penurunan sistem imun karena sakit atau pengobatan tertentu juga bisa mengalami demodex.

Apakah demodectic mange atau demodex menular?

Tidak, demodex tidak menular ke hewan lain atau manusia. Tungau demodex ditransmisikan ke anak anjing dari induk mereka selama beberapa hari usia pertama mereka. Karena tungau ditemukan pada hampir semua anjing, sentuhan langsung antara anjing normal dengan anjing yang mengalami demodex tidaklah berbahaya.

foto

Mengapa pada beberapa anjing, ada sistem kekebalan tubuh yang tidak berkembang dengan baik?

Perkembangan sistem imun berada di bawah kontrol genetik atau keturunan. Dengan demikian, anjing yang terkena demodex sering kali memiliki bayi-bayi anjing yang juga terkena. Pemilik dari bayi anjing yang terkena demodex harus waspada memperhatikan perkembangan tungau pada bayi anjing mereka. Karena penyakit ini disebabkan oleh cacat genetik, maka anjing yang memiliki penyakit demodex seharusnya tidak dikembangbiakan/diternakan, dan begitu juga orangtua dari anjing yang memiliki demodex tidak dikembangbiakan lagi.

Gejala-gejala demodectic mange atau demodex pada anjing?

Demodex memiliki dua jenis, yaitu localized demodectic mange (demodex lokal) dan generalized demodectic mange (demodex umum). Gejala-gejala yang umumnya muncul:

  • kerontokan bulu / kebotakan - kebanyakan terjadi disekitar mata, moncong dan berbagai area di kepala.
  • Area kulit yang botak akan kelihatan merah dan berkerak.
  • Localized demodectic mange biasanya muncul dengan sedikit pitak atau botak di sekitar area wajah dan kepala.
  • Generalized demodectic mange biasanya muncul dengan kondisi penyakit ini menyebar hampir di seluruh tubuh.

Demodex tidak menimbulkan gatal yang parah, meskipun ada luka. Anda mungkin tidak akan melihat anjing anda merasa gatal dan menggaruk dengan berlebihan.

foto

Bagaimana demodectic mange atau demodex didiagnosa?

Dokter hewan akan mengorek kulit dalam dan memeriksanya di bawah mikroskop untuk mendiagnosa penyakit ini. Jika ditemukan jumlah tungau demodex yang lebih besar daripada normal pada sampel kulit yang diambil tadi, maka hasil tersebut mengindikasikan adanya penyakit demodex.

Bagaimana cara mengobati demodectic mange atau demodex?
Pengobatan untuk Demodex lokal (localized demodectic mange) biasanya menggunakan obat topikal, shampo dan kadang-kadang dips (pengobatan dengan rendaman). Dalam beberapa kasus, area demodex lokal akan sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan yang lebih intensif. Sedangkan Demodex umum (generalized demodectic mange) memerlukan pengobatan dengan dipping (rendaman) yang mengandung Amitraz. Dip ini harus digunakan dengan ekstra hati-hati. Kebanyakan pengobatan dip ini dilakukan oleh dokter hewan. Jadwal dipping bisa bervariasi tergantung tingkat keparahan mange, tetapi biasanya berkisar antara 5 dan 15 kali dilakukan.

foto

Anda harus memotong pendek bulu anjing anda sebelum melakukan dipping dan mandikan anjing dengan shampo benzoyl peroxide untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada kulit. Dokter hewan anda akan mengulangi lagi pengambilan / pengorekan sampel kulit setelah 3 atau 4 kali dipping untuk mengetahui apakah populasi tungau berkurang dalam kulit anjing anda. Jika dua kali hasil negatif ditemukan saat pengorekan sampel kulit, maka pengobatan dipping bisa dihentikan.

Ivermectin juga salah satu obat yang biasa diresepkan oleh dokter hewan untuk mengatasi demodex. Keuntungan menggunakan Ivermectin adalah Obat ini mudah digunakan dan hasilnya biasa terlihat dalam waktu singkat. Namun, kelemahannya adalah Ivermectin mematikan populasi tungau demodex hanya bersifat sementara, kemungkinan bisa muncul kembali jika sistem imun lemah, ada efek samping yang bisa berakibat fatal jika digunakan dalam waktu jangka panjang, dan tidak boleh diberikan kepada anjing yang memiliki kemungkinan reaksi alergi, border collie dan jenis anjing herding lainnya biasanya sangat alergi terhadap Ivermectin (dosis yang rendah bagi anjing lain mungkin bisa menjadi dosis yang terlalu banyak bagi Collie dan bisa menyebabkan efek samping parah seperti lesu, dehidrasi, bahkan kematian.

Intinya Ivermectin tidak berbahaya jika digunakan dengan tepat dan bukan dalam jangka waktu yang panjang. Kunci dari penyembuhan Demodex adalah sistem imun yang baik karena jika sistem imun baik, maka tungau (mites) demodex tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

Anda bisa baca lebih lanjut tentang Ivermectin disini:
http://dogskintreatments.com/articles/demodectic-mange/ivermectin-for-demodectic-mange-explained/

Pencegahan demodectic mange atau demodex?

Demodex bukanlah kondisi yang bisa dicegah. Pada anak-anak anjing, tungau demodex ini didapatkan langsung dari induk ke anak anjing. Jika anak anjing memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang baik, maka populasi tungau akan semakin banyak dan menyebabkan infeksi. Pengobatan untuk demodex lokal dan demodex umum biasanya cukup berhasil namun jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi baik, maka pengobatan akan sulit dilakukan. Dalam kasus ini, anak anjing dan anjing dewasa akan membutuhkan diagnosa yang lebih jauh dan pengobatan yang lebih kompleks untuk mengatasi disfungsi sistem kekebalan tubuh yang mendasarinya. Jika sistem kekebalan tubuh anjing semakin membaik, maka mange yang dimiliki akan menjadi lebih sedikit.

Scabies (Sarcoptic Mange)

Sumber:
vcahospitals.com
pet360.com
dogskintreatment

Last Edited : 06 Jun 2014 10:03:06
31 Jan 2013 10:50:12
#2
Avatar dogsfan
dogsfan
Total Post : 101
serem ya blink
31 Jan 2013 22:49:03
#3
Avatar Jun.Chieko.Yamanouchi
Jun.Chieko.Yamanouchi
Total Post : 7
Ngeriii
01 Feb 2013 02:00:44
#4
Avatar Regina-D'-Sweet
Regina-D'-Sweet
Total Post : 72
jgn biarkan anjing piaraan tidur di lantai baik itu keramik/semen/tanah di area terbuka terutama pada malam hari karna akan menjadi mudah terserang penyakit kulit. biasakan masukin ke dalam kandang pada malam hari.
23 May 2013 15:31:31
#5
Avatar eni.kurniawati.52
eni.kurniawati.52
Total Post : 1
ngeri juga....
24 Jun 2013 11:56:25
#6
Avatar Monica.Siregar
Monica.Siregar
Total Post : 1
artikel ini ada benarnya. saya punya anjiing yang diberikan ke kami sewaktu dia berumur sekitar 2 bulan, he was little puppies, name's blacky. awalnya kami tidak mengerti. memang sudah terlihat dari awal sejak Blacky datang ada tanda2 Demodex, yang kami kira itu cuma bekas luka, dan ternyata berkembang di bagian jidatnya+beberapa daerah di badan. saat kami bawa Blacky ke dokter, baru kami mengerti bahwa dia terkena demodex, dan mendapat 2 suntikan dan bisa sembuh setelah bbrp hari. bulu2nya mulai tumbuh halus dan bagus. tetapi selang 2 bulan demodex itu berkembang lagi di bagian mulutnya, dan kembali kami bawa dia ke dokter. saya kasihan kalo begini terus, karena setiap pada waktu demodex itu berkembang Blacky pasti kurang nafsu makan sad
membaca artikel ini membuat saya sadar bahwa mungkin Blacky ternyata mempunyai demodex yang diturunkan dari induknya-genetis. jadi setiap dia mungkin lagi stress dan imunnya turun, demodex tsb berkembang lagi.
10 Nov 2013 15:02:39
#7
Avatar Honey.Bunny
Honey.Bunny
Total Post : 1
apakah anjing yang terlambat di vaksin juga dapat menyebabkan demodex?
25 Apr 2014 11:27:13
#8
Avatar Bayu.Indra
Bayu.Indra
Total Post : 1
Anjing ku terkena demodex dan diberi 2 suntikan dan aku kasi dia kalung untuk mengatasi demodex yang setiap 1 bulan harus diganti kalung itu sudah berisi obat yang langsung membunuh bakteri di bawah kulit (kata dokter hewan) pasti anjing anda yang terkena demodex akan menggaruk dan susah tidur,BAB,makan,ajak aja jalan jalan untuk mencegah stress,dia pasti susah tidur karena lehernya gatal,darah,nanah makanya cobak aja ke dokter hewan konsultasi disana pasti bisa dan ingat tidak bisa langsung sembuh BUTUH PROSSES Jangan putus asa untuk mengobati anjing mu,jangan beri AYAM,coba KAMBING,Anjingku sih masih dalam proses penyembuhan kira kira 4-6 bulan lagi semoga sembuh,DOG LOVER!
03 Jun 2014 10:18:26
#9
Avatar petra.napoleon
petra.napoleon
Total Post : 1
Anjingku jg demikian, kasian sdh 2 hari nafsu makan berkurang, maunya disuap. Tidurpun sambil duduk. kasian tidak tau yg dirasakannya,,
28 Jun 2014 15:18:08
#10
Avatar Oliviana.Yovita
Oliviana.Yovita
Total Post : 1
Anjingku sdh 2thun demodex. Udh sering ke dokter,pkai obat2 tradisional,mandi air asin ttp aja blm ada perubahan. Blkangan ini saya ksh vitamin yg mngandung vitamin A,D,È dan sdh mulai berangsur pulih.
12 Sep 2014 06:14:02
#11
Avatar Veronika.Siwi
Veronika.Siwi
Total Post : 1
Untuk vitamin A, D, E didapat dari makanan atau suplemen?mohon bantuannya, anjing saya sudah setahun terkena demodex
15 Oct 2014 14:39:56
#12
Avatar StevenAwa
StevenAwa
Total Post : 2
share pengalaman anjing saya kena demodex (foto bisa di share kalau mau dari baru beli pas kena demodex sampai sembuh total), coba bantu aja sesama pencinta anjing...
cara yang saya lakuin adalah :
mandiin anjing 2x dalam 1 minggu pakai sambun JF sulfur (beli di supermaket banyak dan murah)
setelah mandi oles pake minyak tawon (beli di toko obat cina/apotek banyak), kalau udah kering bulunya olesin lagi, semakin sering diolesin semakin baik, cuma pertama2 anjing akan merasa panas tapi lama2 terbiasa, minyak tawon gak masalah kalau kejilat...
anjing saya gak 2 bulan sembuh dari demodex alias sembuh total malah sekarang bulunya super lebat dan halus bulunya, mungkin efek dari minyak tawon bagus juga buat kulit...
makanan kasi makanan kering aja jgn makanan basah...
sekian tipsnya semoga bisa membantu...
oh iya anjing saya POM POM sekarang udah 9 bulan hehe...
kalau mau share bisa ke email saya : [email protected], nanti bisa tukeran no telpon atau pin BB
Last Edited : 15 Oct 2014 14:44:31
07 Dec 2014 08:53:32
#13
Avatar Ngatino.Kallam
Ngatino.Kallam
Total Post : 4
tips di atas benar. saya sebagai groomer, sering mendapatkan kasus seperti itu. dan saya sudah melakukan seperti tips di atas. hanya saja terkadang dari pemilik kurang bersabar, maunya instan langsung sembuh. padahal semua obat tidak ada yg instan langsung menyembuhkan penyakit. semua perlu proses, dan waktu. #suport# dari Mandiri Grooming Pets.
24 Dec 2014 07:53:57
#14
Avatar 016249
016249
Total Post : 17
Gan saya mau tanya anjing saya inih Kutuan bisa pake cara Inih Juga gak apa Hanya untuk penyakit kulit ajah ??
26 Dec 2014 23:33:46
#15
Avatar 016345
016345
Total Post : 2
Anjing aku jga kayak nya udh mulai2 kena jamur yg merah2 gtu dech,aku udh pake deo sulfur buat mandiin sama di rendam.aku jga udh coba pake minyak tawon utk daerah yg seperti luka merah2 gtu.tapi sebenernya apa sich vitamin yg bagus buat anjing supaya gak mudah terserang penyakit kulit.plz info ya guys mohon di share.thx bgt
06 Mar 2015 18:15:47
#16
Avatar aig.fhanani
aig.fhanani
Total Post : 1
mohon info untuk vitaminnya.. krna anjing sya ad demodex. trimakasih
19 Jun 2015 08:13:19
#17
Avatar StevenAwa
StevenAwa
Total Post : 2
coba share lagi buat temen-temen yang anjingnya kena demodex, bisa diliat pengalaman anjing saya kena demodex dan ada 4 anjing yang share via email lanjut ke bbm / telepon untuk share pengalamnnya dan syukur berhasil sembuh 4 anjing itu.
intinya proses yang pernah saya sharing kita harus teliti rajin mau sembuhin tuh anjing (kadang ada yang share udah tanya-tanya pasti bisa sembuh atau gak ??? belum juga coba...) kadang kita pemilik anjing maunya serba instan aja gak sabaran.
kalau memang sayang sama anjingnya yang sabar lakuinnya...
tips saya untuk kasus demodex coba di share lagi semoga bisa bermanfaat dan bantu sesama pecinta anjing
1. beli sabun JF surfur di mana aja banyak jual murah lagi
2. beli minyak tawon asli makassar yang bungkusnya putih pake kertas (awas banyak palsunya)
3. mandiin anjing 2x seminggu pake sabun JF sulfurnya gosok batang sabunnya lgs ke badannya (kalau anjingnya masih lebat bulunya lebih baik botakin dulu)
4. abis dimandiin keringin tuh badan anjing pake anduk. lebih baik di jemur pake sinar matahari pagi tapi jangan keringin pake hair dryer ya panas kasian
5. olesin secara balur siran sdikit sedikit minyak tawonnya olesin pake tangan kesemua badannya, terus ualngin dalam 1 hari bsia 3-5x kalau dirasa badannya udah kering (semakin dibalur semakin cepet sembuhnya)
6. tahap ini anjing pertama kali akan ngerasa gak nyaman karena mungkin panas dan bau dari efek minyak tawon tapi gak usah kuatir lama-lama anjing akan terbiasa, lagian minyak tawon lebih aman kalau kejilat dibanding obat2an rendem ato anti jamur
7. lakuin proses itu berulang-ulang setiap hari dan ingat harus sabar dan telaten, lihat progresnya pasti ada perubahan dalam 1-2 minggu kedepan yang biasanya jamur/luka/nanah demodex akan kering dan seterusnya sampai sembuh
8. buat mempercepat tumbuh bulunya bisa dikasi vit e / natur 3 beli di apotek banyak
9. kasi makanan kering dulu jangan basah dan jangan dikasi makanan yang rasa ayam tapi dikasi makanan yang rasa lamb lebih bagus
sekian tips saya share lagi semoga bermanfaar, kalau ada yang mau bagi share pengalaman sama saya silakan email ke [email protected] ntr kita bisa tukeran pin bbm / telepon biar sama2 mantau proses tips diatas.
anjing cowok pom saya yang kena demodex sekarang udah dikawinin dan udah beranak 5 ekor semua lucu2 hehe...
ntr bisa di share foto-foto anjing saya dari kena demodex-proses penyembuhan-sampe sembuh jadi foto model di handphone saya hehe...
Last Edited : 19 Jun 2015 08:21:12
02 Oct 2015 21:09:21
#18
Avatar anjing-dijual207835
anjing-dijual207835
Total Post : 1
Ko Steven awa, saya udah cb email kok ga bisa y.puppy saya lg gatal" n luka, kasian banget. Please help.....
09 Oct 2015 22:02:35
#19
Avatar anjing-dijual360
anjing-dijual360
Total Post : 18
Bailey saat umur 4 bulan pernah kena, baru tau dia kena pas saya cukur bulunya, karena bailey jenis yorkie,,,kecurigaan saya, kemungkinan dari kennel yang saya beli,,,kebersihan kandang/lingkungan kurang bersih, tp tidak apalah. Setelah tau kena demodex, saya ke dokter hewan di sarankan suntik ivermectin setiap minggu,,,tp biaya nya saat saya hitung2 mahal jg,,,soalnya minimal suntik selama 2 bulan dan suntik tiap minggu,,,pernah coba pakai sabun sulfur,,,tp progress perbaikannya terlalu lama,,,dan efek sabun sulfur bikin kulitnya terlalu kering dan bulunya kusut2,,,setelah cari2,,,akhirnya ketemu obat scabimite,,,oleh selama 2 -3 hari, setiap hari 1x, dan di ulang setiap minggu selama 2 minggu,,,dan syukurnya,,,sembuh total setelah 2 bulan,,,
25 Oct 2015 20:14:59
#20
Avatar anjing-dijual133
anjing-dijual133
Total Post : 3
makasih smua infonya sangat membantu sekali,krn sy baru pemula melihara anjig ras langsung kena si demodex...skli lagi makasih

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.