Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
18 Dec 2012 09:32:04
#1
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53

Gimana seh cara ngatasin anak anjing yang ketombean ?

permisi dog lover's
mau tanya dong, kalo anak anjing (husky) ketombean ngilangin nya pake apa ya ?
padahal udah dimandiin terus disisir tiap hari tapi masih aja ketombean
mohon infonya dong . Teng's b4

18 Dec 2012 11:07:50
#2
Avatar Hilda.Mutiara
Hilda.Mutiara
Total Post : 31
anjing pom saya juga pernah, oleh drh disuntik 3x tiap 2mgg atau sekarang sebagai pencegahan saya beri revolution
18 Dec 2012 20:03:45
#3
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
revolution bukannya buat kutu ?
18 Dec 2012 22:03:35
#4
Avatar Hilda.Mutiara
Hilda.Mutiara
Total Post : 31
revolution bisa buat scabies, kutu dll, kemungkinan puppies mu terkena scabies seperti pomku. sekitar 3 thn yg lalu aku beli 2 ekor puppies pom, tiap hari. keduanya garuk garuk dan bulunya rontok. kutanya ke penjualnya katanya karakter anjingnya,..akhirnya. ak1u ketemu drh yg menjelaskan anjingku kena scabies,
18 Dec 2012 22:04:59
#5
Avatar Hilda.Mutiara
Hilda.Mutiara
Total Post : 31
eh, aku bukan penjual revolution lho. mungkin puppies bw ke drh aja
19 Dec 2012 10:14:34
#6
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
kalo rontok seh ga ya cuma ketombean aja
iya ini juga mau dibawa ke drh tp kayaknya ini seh kena jamur
btw thank's infonya ya
Last Edited : 19 Dec 2012 10:15:22
20 Dec 2012 10:46:22
#7
Avatar yulyan
yulyan
Total Post : 4
Sekedar Tips : Anjing Ras Kulit nya Tdk Seperti Anjing Kampung.. Apabila Hbs Memandikan Anjing Ras Hrs Dikeringkan Sampai Benar2 Kering Bagian Kulitnya.. Dan Kandang Jg Hrs Kering (Tdk Lembab).. Dan Apabila Terkena Air Misalnya Pada Saat Dia Sdg Bermain / Duduk Dilantai Yg Ada Genangan Air Maka Hrs Segera Dikeringkan.. (Dikeringkan Dgn Handuk Bagian Bulunya & Blower Agar Bagian Dlm/Kulitnya Pun Benar2 Kering).. Terapkan Cara Ini Agar Anjing Ras Anda Tdk Jamuran (Ketombean)

Sekian & Trm Ksh.. Semoga Tips Ini Bermanfaat


Salam,


Yulyan (Dog Lover)
20 Dec 2012 18:23:28
#8
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
Terima Kasih banyak Yulyan untuk infonya
nah sekarang mau tanya, kalau ketombean gt cara ngobatin nya gimana ya ?
apa ketombean itu disebabkan karena jamur ?
20 Dec 2012 22:15:40
#9
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45
saya ikut sumbang pendapat..
klu sepintas penjelasan nya,kemungkinan husky nya kena seborhea/kulit yg berminyak dan menimbulkan ketombe/kerak.
sebab nya bisa karena alergi makanan atau kelainan hormon ( genetik = keturunan )
klu boleh tau, shampoo yg digunakan apakah shampoo khusus anjing ? sebaik nya jgn menggunakan shampoo buat manusia / krn pH nya beda

pendapat ini kurang lengkap,karena tidak dijelaskan secara detil tentang makanan apa yg diberikan, shampoo yg dipakai..
21 Dec 2012 17:43:33
#10
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
@andreas : saya pake shampoonya khusus untuk doggy dan makanan saya pake nutrisourse puppy
kulit berminyak sama ga dengan bulu yang berminyak ? karena puppy saya bulunya ga berminyak tp ga tau dengan kulitnya
21 Dec 2012 22:13:54
#11
Avatar fidyveli
fidyveli
Total Post : 4
foto

foto

foto
21 Dec 2012 22:15:52
#12
Avatar fidyveli
fidyveli
Total Post : 4
biasanya guk2 ketombean, bisa jadi sampo g cocok en bilas sampo nya kurang bersih.
21 Dec 2012 23:40:49
#13
Avatar yulyan
yulyan
Total Post : 4
Menjawab Pertanyaan Saudara Kevin Diatas.. Kulit Yg Terkena Jamur Itu Kulitnya Ngelupas Kering Sehingga Seperti Ketombe.. Jd Kesimpulannya Jamuran = Ketombean.. Cara Mengatasinya Bisa Dgn Memandikan Pakai Shampoo Pengobatan Kulit Yg Sdg Bermasalah / Jamuran Seminggu Sekali (Shampoo Tersbt Dpt Dibeli Di Pet Shop).. Apabila Jamurannya Sdkt / Tdk Parah Biasanya Bisa Sembuh Kulitnya Dari Jamuran Dgn Shampoo Tersbt.. Dan Jika Selama 1 Bulan Msh Blm Sembuh Jg Kulitnya Dari Jamuran Maka Perlu Disuntik Atau Konsultasi Dgn Dokter Hewan Kepercayaan Anda..


Yulyan (Dog Lover)
22 Dec 2012 09:36:40
#14
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
@fidyveli : justru sebelum dimandikan sudah ketombean makannya saya mandikan. awalnya seh hilang ketombenya paling 4 hari doang dah gt nongol lagi

@yulyan : ok sekali lagi makasih infonya yulyan wink
22 Dec 2012 15:51:15
#15
Avatar hanels
hanels
Total Post : 7
biasa nya dogie ketombean di sebabkan oleh beberapa hal..
kalu prediksi sy doogie nya ketombean di karenakan sering main air dan tidak langsung di keringkan, terutama pada seperti cuaca saat ini yg tiap hari hujan terus..

pengalaman sy ketika doogie sy (Golden Retreiver) ketombean, cara ngatasin nya di mandikan pakai obat Amitras (bisa beli di pet shop). obat nya itu khusus untuk kutu dan kulit. ampuh kok itu..
22 Dec 2012 19:16:14
#16
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
@hanels : sekali pun ga pernah main air karena taruhnya di kandang, keluar paling kalo jemur pagi doang dan kalau mau makan
23 Dec 2012 20:18:08
#17
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Ketombe tu sel2 kulit mati yg mengelupas. Kl kulit kurang sehat, banyak sel2 kulit yg mati, akibatnya timbul ketombe yang banyak, trus gatal, digaruk2 , lecet, trus timbul infeksi sekunder karena jamur, tungau atau bakteri.

Supaya kulit anjing sehat
1 Makanannya harus mengandung asam lemak esensial (omega6 dan omega3) yg seimbang. Dogfood yg baik biasanya sudah mengandung omega6 dan omega3 yg seimbang. Kl nda pake dogfood. Makanan yg banyak mengandung omega6 adalah daging, ikan banyak mengandung omega3. Atau bisa diganti dengan suplemen yg mengandung omega6 dan omega3. Kasi aja Linatone Shed Relief Plus atau Mirracoat sehari 2 x 1 sd 2 sendok teh (buat husky dewasa), dan minyak ikan 1000-1500mg. Minyak ikannya yg baik, paling tidak mengandung 30% Omega3 (Omega3=DHA+EPA), dan no mercury tested.
2 Grooming (disisir dan disikat) yang teratur paling tidak seminggu dua kali, untuk membuang kulit2 mati dan bulu2 mati. Dan merangsang timbulnya minyak alami serta meratakannya keseluruh tubuh.
3 Jangan terlalu sering dimandikan, kecuali kalau bau atau kotor. Grooming teratur cukup membuat anjing bersih. Terlalu sering dimandikan apalagi shampoonya tidak tepat, bisa mencuci minyak alami, kulit jd kering dan tidak sehat. Sebelum dimandikan digroom dulu, abis dimandikan dikeringkan sampe kering trus disisir.

Kl ketombenya dah banyak, coba dimandikan pake shampoo yg mengandung oatmeal seminggu sekali.
Kl dalam sebulan (dengan makanan yg baik dan grooming teratur) masih tidak baik. Ada kemungkinan dia terserang jamur. Coba dimandikan pake shampoo yg mengandung ketoconazole seperti ketomed, seminggu 2x. Atau shampoo yg mengandung sulfur dan asam salisilat.


Kalau point 1,2,3 diatas dijalankan, bulu dan kulit anjing pasti baik.

Semoga membantu.
23 Dec 2012 21:34:06
#18
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Soal penyakit kulit anjing yg umum, biasanya disebabkan
1 Alergi.
penyebab alergi yg umum adalah kutu (kutu kucing/flea, kutu anjing/caplak), serbuk sari (polen). shampoo (wangi2annya), makanan. Penyebab alergi harus dihilangkan
2 Jamur.
3 Tungau umumnya menyebabkan scabies atau demodex.
4 Bakteri umumnya menyebabkan folliculitis (jerawat) atau hotspot.

Gatal2nya didiagnosa atau lebih baik sample kulitnya di kirim ke laboratorium untuk diagnosa yg tepat. Disebabkan oleh apa, atau bisa juga komplikasi dari beberapa penyebab.

Obat2 Kulit
Untuk Alergi:
Kortikosteroid
Antihistamin
Untuk menghilangkan kutu:
Fipronil+Methoprene
Selamectin
Untuk Tungau
Ivermectin
Selamectin
Sulfur
Amitraz
Untuk Jamur
Ketoconazole
Miconazole
Sulfur
Amitraz
Untuk Bakteri
Chlorhexidin
Povidone Iodine
Antibiotic
Sulfur
Amitraz

Contoh merk obat:
Salep Generic Hydrocortisone = Hydrocortisone
Tetes Frontline = Fipronil+Methoprene
Tetes Revolution = Selamectin

Suntik Ivomec = Ivermectin
Salep Generic Ketoconazole = Ketoconazole
Salep Kalpanax = Miconazole
Malasep Shampoo = Miconazole + Chlorhexidine
DrFoster&Smith Shooting Shampoo = Chlorhexidine
Salep Savion = Chlorhexidine
Salep Betadine, Betadine cair, Betadioner shampoo = Povidone Iodine
Kapsul Chepalexin = Antibiotik
Sulfur bisa berupa shampoo, sabun yg mengandung sulfur, atau bubuk sulfur dicampur minyak tawon dioleskan (sulfur:minyak=1:15)
Amitraz biasanya oles

Nah kalau gatalnya disebabkan jamur trus disuntik Ivomec atau ditetes Revolution ya ga sembuh, karena itu untuk bunuh tungau (scabies, demodex) dan bunuh kutu.

Kalau gatalnya disebabkan tungau trus diminumin antibiotik, atau ketoconazole, atau dioles2 pake salep2 buat jamur ya ga sembuh.

Dokter hewan yg berpengalaman biasanya akan memberikan diagnosa dan obat2an dengan dosis yang tepat.
Soanya ada obat bila dipakai bersama nda boleh (kontra indikasi atau bisa menyebabkan rebound, seperti pemakaian ketoconazole berasamaan dengan kortikostreroid).

Semoga bermanfaat
24 Dec 2012 09:32:58
#19
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
wah sangat membantu sekali
Thank's KauNjan
24 Dec 2012 15:18:24
#20
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
barusan dibawa ke dokter hewan buat di cek + vaksin
katanya jamur nya diolesin pakai salep jamur aja
apa bener bisa hilang ?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.