Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
05 Nov 2012 13:45:37
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

10 Gejala Gangguan Kesehatan Anjing yang Memerlukan Bantuan Dokter SEGERA!

Gejala-gejala penyakit pada anjing dapat bervariari dari ringan sampai parah. Beberapa gejala mungkin menandakan ada penyakit tetapi bukan penyakit yang parah dan tidak membutuhkan penanganan segera, namun gejala lain seperti kehilangan kesadaran, kejang, kesulitan bernapas atau gejala lainnya bisa jadi indikasi bahwa anjing anda membutuhkan segera bantuan dokter hewan. Jika anda melihat salah satu dari tanda-tanda berikut, segera cari bantuan dokter hewan :
1. Pendarahan
foto

Pendarahan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan anjing hilang kesadaran dan bahkan kematian. Jika anjing mengalami pendarahan di bagian tubuhnya yang tidak dapat anda hentikan, tekan bagian tersebut dengan kain yang bersih dan kering serta bawa segera anjing ke dokter hewan.

2. Masalah Pernapasan
foto

Jika napas anjing sesak, terengah-engah dan suara napasnya kencang. Lidahnya mungkin bengkak dan/atau berubah warna kebiruan.

3. Perubahan Energi yang sangat mencolok
foto

Jika anjing anda tiba-tiba terlihat sangat lamban (jauh lebih lambat bergerak daripada biasanya) atau jika dia tidak ingin keluar dari kandangnya atau tidak mau datang saat anda panggil (meskipun anda membujuknya dengan mainan favorit atau makanan kesukaannya), hal ini bisa jadi adalah tanda adanya masalah serius pada sistem tubuhnya.

4. Perut Membesar/Bengkak
foto

Jika perut anjing anda membengkak dan dia tampak kesakitan (dia merengek atau menangis saat anda menyentuh perutnya), tapi dia tidak muntah. Ini bisa jadi tanda bahwa dia keracunan atau memiliki masalah ginjal yang serius.

5. Sesuatu yang Membuatnya Sangat Kesakitan
foto

Jika anjing anda merintih atau menangis dan tidak mau berhenti atau jika dia melompat, menangis, atau bahkan menggigit anda saat anda menyentuh bagian tubuhnya. Anjing anda sedang mencoba mengatakan kepada anda bahwa ada sesuatu yang salah.

6. Perubahan Suhu Tubuh
foto

Suhu tubuh normal anjing adalah antara 38-39 derajat Celcius. Jika suhu tubuhnya turun kurang dari 37 derajat (dia merasa sangat dingin) atau suhunya naik diatas 40 derajat (dia tidak akan berhenti terengah-engah), maka dia perlu dibawa ke dokter hewan.

7. Kejang
foto

Jika anjing anda mengalami kejang, dia pasti akan kelihatan ketakutan atau bingung tanpa alasan. Jika dia berdiri atau berjalan, dia mungkin bisa jatuh. Lalu, tubuhnya akan menggigil dan gemetar (kadang bisa gemetar hebat) selama beberapa menit. Dia akan menjadi tidak responsif selama waktu ini. Ketika sudah reda, dia akan tampak lesu, bingung dan kemungkinan besar takut karena tidak tahu apa yang baru saja terjadi padanya. JANGAN COBA untuk"menyadarkannya" di saat dia kejang. Cukup pastikan kepalanya berada pada posisi dimana dia tidak tersedak atau menggigit lidah sendiri, berbicara lembut padanya dan mengelusnya dengan lembut sampai dia sepenuhnya sadar dan bawa ke dokter hewan.

8. Kehilangan Kesadaran
foto

Perubahan kesadaran bisa tampak dari tanda-tanda seperti terhuyung-huyung atau jatuh tiba-tiba, gemetar, mendadak menarik diri, tidak responsif terhadap suara atau sentuhan, kebutaan tiba-tiba, atau bahkan koma. Kadang bisa terlihat juga dari sikap anjing yang memiringkan kepala atau menggigit hal-hal yang tidak ada/seolah sedang menggigit sesuatu.

9. Gejala-gejala yang tidak juga hilang
Jika hal-hal dalam daftar berikut tidak hilang setelah 2-3 hari, maka anjing anda perlu dibawa ke dokter hewan : bulu kusam, kering dan kulit terkelupas, sesak napas atau batuk, tidak nafsu makan, sembelit, diare, lumpuh, lemas, perubahan besar pada urin atau muntah.

foto

10. Hubungi Dokter Hewan Segera Jika...
Jika anda merasa anjing anda telah makan atau minum apapun yang mungkin beracun atau benda tajam. Jika anjing anda mengalami kecelakaan, jatuh atau terlibat dalam perkelahian, maka dia harus diperiksa oleh dokter hewan untuk tanda-tanda cedera,shock, atau trauma.

Sumber :
squidoo.com

Last Edited : 05 Nov 2012 13:59:09
25 Nov 2014 14:38:37
#2
Avatar eveline.damayantisuhendra
eveline.damayantisuhendra
Total Post : 1
anjing saya daschund warna coklat tua bulu pendek usia 7 tahun 11 bulan.

sejak usia 5 tahun suka kejang2 sendiri dan tidak bisa jalan spt penyakit epilepsi. tapi kira2 10 menit kemudian normal kembali. saya pernah bawa ke dokter ktnya bawaan dan perlu minum obat terus menerus sampai akhirnya berkurang jeda waktunya utk kambuh lagi.
tapi saya hanya kasih obat selama 1 bulan saja. dan selanjutnya berhenti sama sekali.

dan kemarin sore senin 24 nov pk 17.00 pas hujan gerimis sedang berjalan di depan rumah turun ke jalan secara tiba2 teriak kesakitan dan jatuh terduduk tidak bisa berdiri lagi kaki belakang lumpuh.
saya bawa ke dokter gunawan di klp gdg dan hasil daignosis dokter indah : penyakitnya kejang sdh parah . jadi diberi suntikan dan diberi obat utk membuat doggy saya tenang.

sampai rumah saya kasih makan minum dan minum obat. tapi sepanjang malam tidak pup dan kencing dan perutnya keras. hari ini saya balik lagi dan ditangani dokter Vimala untuk suntik kedua kali.
dan utk pispis pasang kateter dan pub nya via tangan dokter.

apakah ada yg pernah alami seperti ini. informasi balasan sangat kami tunggu sekarang.

terima kasih sebelumnya. Eveline DS 0815 8818 788

08 Jun 2015 13:54:12
#3
Avatar dewatamotor4
dewatamotor4
Total Post : 2
shih tzu saya kl tiap sore kakinya sebelah kanan selalu linu,,,,,,,,,,,,,knp ea?
16 Jun 2015 09:58:43
#4
Avatar davienpundhent4
davienpundhent4
Total Post : 1
Miu miu saya sudah 3 hari ini berjalan memutar ke arah sebelah kiri,,, dan dia sangat kelihatan lesu. Untuk berdiri dia tidak mampu, mohon bagi info nya ya,,,
25 Jun 2015 18:37:40
#5
Avatar kinandrea12345678910
kinandrea12345678910
Total Post : 1
Kalo anjing saya kalo tidurqn di lantain kok selalu bergetar yaa
29 Sep 2015 01:41:46
#6
Avatar oxy3731
oxy3731
Total Post : 1
Anjing saya tiba2 lumpuh, dan sering kejang..itu kenapa ya..?
03 Oct 2015 14:08:02
#7
Avatar novando
novando
Total Post : 1
Saya punya anjing umur 3 bulan 3 hri yng lalu jatuh dari lantai 2 ke lntai 1 dimeja yg ada kacanya sampai kacanya pecah udah dibawa ke dokter tapi gak ada yang patah udah dsuntik trauma jga nafsu mkn masih kyg biasanya tapi kok gak seaktif kmren sebelum jatuh.setiap ketinggian dia berhenti dan bengong knp ya?? Cara mengatasi traumanya dan aktif lg gimana ya tolong bntuannya
12 Oct 2015 16:49:20
#8
Avatar melisawijaya64
melisawijaya64
Total Post : 1
Anjing saya tiba" berjalan miring" seperti oyong kemudian terduduk lalu jatuh tertidur di lantai sambil menangis seperti ingin berdiri kembali pas saya tenangkan dia. Tiba" dia buang air kecil. Trus saya elus" gk lama kemudian dia bisa berjalan lgi seperti biasa. Itu kenapa yah?
Last Edited : 12 Oct 2015 16:50:41
02 Nov 2015 18:33:37
#9
Avatar flobebs
flobebs
Total Post : 1
Anjing say lemas, hanya tidur tidak nafsu makan, kakinya setiap 3 detik bergetar seperti manusia kalau meriang, kenapa ya? Bagaimana penanganan pertamanya? Tolong dijawab secepatnya ya sad
12 Jan 2016 01:03:47
#10
Avatar anjing-dijual867412
anjing-dijual867412
Total Post : 1
Saya mau bagi obat bila anjing anda sakit tidak nafsu makan, muntah, dan mencret, serta lemah, bahkan sampai mata menguning. Saya punya Siberian Husky, saat dia usia 1 thn lebih. Muncul gejala seperti diatas. Awalnya hanya tidak nafsu makan, sampai berhari2, puncaknya ya sprt gejala diatas. Dulu ada anjing gejala mirip, dibawa ke dokter akhirnya mati. Makanya x ini saya coba browsing dan tanya2. Akhirnya ada yg kasih saran minum obat cina Pian Tze wang. Harganya cukup mahal, bila 1 kapsul utuh harganya bisa 800rb sd 1jt lebih. Tapi di toko obat cina ada yg jual kapsul yg sudah dipecah jadi 8/10 butir dan di jual per butirnya 100rb lebih. 1 kapsul itu dicampur di air mineral takaran 3/4 Aqua gelas, aduk rata. Dan itu di berikan utk 6-8x pakai. 1 hari beri 4x. Jadi kurang lebih bs utk 2 hari obatnya. Saat anjing sakit dan tidak mau makan, kasih makan hafermut atau quaker oat. Dgn cara dibuat dahulu kemudian masukan ke kantong plastik bersih, kemudian bolongi bagian ujung lancip kantongnya, dan cekokin ke anjing kita sambil sesekali kasih minum air putih. Mudah2an membantu. Husky saya dlm 4 hari kondisinya membaik dan sehat sampai skr, sudah 1 tahun lebih.
15 Jan 2016 14:03:39
#11
Avatar hanhyuk5795
hanhyuk5795
Total Post : 2
Halo, anjing shih tzu saya umurnya 4 bulan, sejak kemarin dia seperti terkaget kaget hingga sampai sekarang belum tidur, itu kenapa ya? Kemarin juga dia baru saja di mandikan dan di cukur bulunya itu kenapa ya? Thanks
23 Mar 2016 16:01:00
#12
Avatar Yummie.Aja
Yummie.Aja
Total Post : 1
Sore saya mau tnya anjing saya jenis pitbul, kemarin saya bawa grooming ke petshop gajah mada tp setelah drumah anjing saya seperti mual2 mau muntah dan tersedak yg ga bs dkeluarkan smpe skr, ad yg tau itu knp? Trimakasih.
16 Apr 2016 07:10:29
#13
Avatar Daniel.Sibarani
Daniel.Sibarani
Total Post : 1
Selamat pagi, saya mau nanya saya punya anak anjing umurnya sekitar 2 bulan setengah, anak anjing saya jatuh dari jarak 1 meter dan kepalanya terbentur sampai lehernya seperti terlipat, sekitar 10 menit kemudian anak anjing saya langsung lemas, mohon info dan bantuannya. Terima kasih
04 May 2016 15:54:41
#14
Avatar anjing-dijual427
anjing-dijual427
Total Post : 1
kenapa ya anjing saya ngos ngosan seperti bernapas dari mulut dan lalu suaranya hilang
30 May 2016 14:02:22
#15
Avatar anjing-dijual985280
anjing-dijual985280
Total Post : 1
saya mau tanya, anjing saya sebulan ini sering jatuh dan kadang - kadang buang air kecil saat terjatuh. sekaranh anjing saya sudah mati, pada saat ditemukan mati dia muntah darah dan mulutnya berbuih serta matanya terbuka, kira - kira itu kena penyakit apa ya?
31 May 2016 22:43:41
#16
Avatar christin.nenotek
christin.nenotek
Total Post : 1
anjing kakak saya masih usia 1bln slalu gemeteran kalau dipegang bahkan sampai tidak bisa jalan, hal ini berlangsung sudah lebih dari 3hari, itu kenapa ya? makan juga tidak mau jadi harus disuapin...
03 Jun 2016 05:30:55
#17
Avatar myvr853
myvr853
Total Post : 1
Anjing shih tzu saya baru berumur 1th tiba2 kaki belakangnya ga ada tenaga agak pincang setelah esok harinya mahal ga bisa berdiri sama sekali, lemes kakinya ga ada tenaga, ngak pup dan pipis juga udah 24 jam kenapa ya??
24 Jul 2016 20:31:51
#18
Avatar anjing-dijual988883
anjing-dijual988883
Total Post : 1
Anak doggy saya saat umur 1 minggu terjatuh dgn ketinggian setegah meter.saat ini dia berusia 1 bln lbh baru kelihatan ternyata pergelangan kaki depan kananx yg bengkok atau terlipat.sy mohon pencerahaan apa yg harus saya perbuat biar anak doggy sy bs kembali normal seperti doggy2 lainnya?Thx
29 Sep 2016 22:05:44
#19
Avatar anjing-dijual776280
anjing-dijual776280
Total Post : 1
Kenapa anjing saya ketika diangkat bagian dada dia teriak teriak dan gemetaran
05 Nov 2016 22:32:15
#20
Avatar de.colour.new
de.colour.new
Total Post : 1
Anjing saya baru lahir 2 minggu lalu. skrg matanya baru buka sedikit. minggu saya perhatikan perut nya besar. saya pikir mgkn dia mulai gemuk dan banyak minum. saya hanya biarkan dia dikandang dengan induk nya. saya nggak tegaiat dia kecil bgitu perut nya besar. jadi maksud saya kalo uda 2 minggu uda buka mata biasanya badannya tambah gemuk jadi saya lebih berani untuk pegang2..
Tapi hari ini.. saya liat dia bukan hanya perut nya bengkak tapi sampe kaki kanan depan. saya bingung mo ngapain dengan anjing itu. mau bawa kedokter lagi ga ada uang lebih. sedih liat nya. minggu lalu itu suara nya masih nyaring, skrg seperti nya uda susah bersuara. tapi dia aktif berusaha menggerakkan kaki2 nya. Sedih liatnya.. apa yg harus saya lakukan yah..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.