AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
30 Oct 2014 10:43:31
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apakah Anjing Boleh Memakai Shampoo Manusia?

foto

Anda mungkin pernah mengalami ini, saat ingin memandikan anjing Anda ternyata stok shampoo anjing habis, dan kemudian terpikir untuk menggunakan shampoo Anda.

Ok, mungkin shampoo manusia memang bisa membersihkan tubuh anjing Anda, tapi pertanyaannya adalah apakah shampoo manusia baik untuk anjing Anda? Mungkin ini kedengarannya sepele, namun tahukah bahwa ada konsekuensi yang didapat ketika Anda menggunakan shampoo manusia kepada anjing Anda.

Sekarang kita akan mulai dari perbedaan antara kulit manusia dan kulit anjing. Ada sebuah komponen yang sangat penting pada kulit disebut acid mantle. Ini merupakan lapisan asam tipis yang menutupi kulit dan bertugas sebagai tameng untuk melindungi stratum korneum atau lapisan tanduk (lapisan kulit yang paling luar) dari kontaminasi lingkungan seperti bakteri dan virus. Stratum Korneum bertanggungjawab untuk menjaga tubuh bagian luar terhidrasi dengan baik, dengan cara menyerap air dan mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan.

Ketika kita mandi, menggunakan sabun dan shampoo, kita membuang lapisan acid mantle tadi. Inilah mengapa hampir semua shampoo dan sabun manusia diformulasikan dengan pelembab untuk menggantikan lapisan pelindung yang telah dibuang tadi, setidaknya sampai kulit mampu membentuk lapisan itu kembali sekitar 12 jam. Jika Stratum korneum dibiarkan tidak terlindungi, maka hal itu akan membuka kesempatan bagi berbagai microorganisme untuk masuk dan menghasilkan kulit yang kering bersisik, iritasi, mengelupas, atau membentuk ruam benjolan yang gatal.

Acid mantle ini bisa juga diartikan sebagai keseimbangan PH pada kulit. Kisaran skala PH relatif adalah 0 sampai 14, dengan tingkat kurang dari 6.4 dianggap sebagai keasaman tinggi, dan tingkat lebih dari 6.4 dianggap alkalinitas/basa yang tinggi. Kisaran normal tingkat PH untuk manusia adalah 5.2 - 6.2 yang berarti cenderung ke asam, dan shampoo serta produk kulit manusia diformulasikan secara khusus untuk menjaga keseimbangan ini.

Sekarang perhatikan keseimbangan PH relatif pada anjing. Tergantung pada jenis ras, kelamin, iklim dan ukuran anatomi anjing, tingkat PH berkisar dari 5.5 - 7.5 dimana cenderung ke arah basa (berbeda dengan manusia yang cenderung ke asam). Oleh karena itu, jika shampoo yang diformulasikan untuk kulit manusia digunakan pada anjing, maka lapisan pelindung/acid mantle anjing bisa terganggu dan menciptakan kondisi dimana bakteri, parasit, dan virus dapat merajalela. Tanpa sadar, banyak pemilik anjing yang akan mengulang memandikan anjing mereka karena bau yang muncul disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri, sehingga membuat masalah semakin parah karena acid mantle/tingkat pH kulit menjadi semakin tidak seimbang. Selain itu, jika shampoo membuat kulit terasa kering, anjing Anda akan menggaruk kulit tersebut, membuat kulit tergores dan memudahkan bagi bakteri untuk menyerang.

foto

Sebaiknya berikan shampoo dengan pH balance yang memang dikhususkan untuk kulit anjing. Shampoo anjing harus berada di kisaran netral, sekitar angka 7. Banyak produsen shampoo yang akan menyertakan level pH pada labelnya, atau setidaknya, ada tertulis bahwa shampoo tersebut memiliki pH balance untuk anjing.

foto

Selain masalah pH, perbedaan shampoo manusia dan shampoo anjing adalah shampoo anjing memiliki beragam shampoo khusus, seperti color-enhancing and whitening shampoos, texturizing shampoos, odor-control shampoos, conditioning shampoos dsbnya. Kebanyakan dari shampoo ini diformulasikan khusus untuk bulu anjing.

Hal lain yang Harus Diperhatikan
Seperti manusia, anjing juga kadang memiliki ketombe. Ketombe pada anjing bisa terjadi karena kulit yang kering, shampoo yang tidak dibilas dengan bersih, diet yang buruk atau kurangnya perawatan/grooming. Shampoo anti ketombe manusia tidak boleh digunakan untuk anjing karena mengandung zinc pyrithione, yang tidak biasa digunakan pada shampo anjing. Shampoo anti ketombe manusia juga mengandung coal tar yang bisa membuat iritasi kulit anjing Anda.

Saat memilih shampoo untuk anjing Anda, sebaiknya pastikan tidak ada pewangi buatan atau pewarna buatan yang ditambahkan dalam shampoo. Carilah pelembab kulit alami seperti Vit E, aloe vera, madu, dan tea tree oil. Pewangi alami seperti Chamomile, lavender, eucalyptus, dan citrus adalah beberapa contoh wewangian yang harum dan beberapa diantaranya bisa juga bekerja ganda sebagai penolak serangga.

Anjing Anda tidak perlu dimandikan shampoo secara rutin. Yang dibutuhkan anjing Anda adalah mandi yang bersih (dengan shampoo) setiap beberapa bulan sekali. Karena itu mengingat rentang jadwal mandi yang lumayan lama, rasanya worth it jika Anda menginvestasikan untuk membeli shampoo yang berkualitas bagi anjing Anda.

Seberapa Sering Anjing Harus Dimandikan
5 Langkah Mengurangi Kerontokan Bulu Anjing (Shedding)
Bolehkan Menggunakan Hairdryer Manusia pada Anjing
Tips Mengatasi Ketombe


Sumber:
http://www.petmd.com/dog/grooming/evr_dg_shampoo_for_dogs
http://dogcare.dailypuppy.com/differences-between-dog-shampoos-human-shampoos-1824.html

Last Edited : 30 Oct 2014 11:13:32
30 Oct 2014 18:11:06
#2
Avatar Can.Kris
Can.Kris
Total Post : 1
Gmn crnya biar anjing maltes sy mau dikndangin ya..anjing sy sll gongong ribut kalo sy mskin kandang jd dia sll dikmr.krn klo sepi dia sll gongong
31 Oct 2014 08:07:54
#3
Avatar Regina.Fortune
Regina.Fortune
Total Post : 2
@can.kris: mending kamu belikan dia mainan gigit2an, seperti tulang2an atau boneka, kalo anjing saya pertama di beli nangis minta keluar
sekarang udah d belikan mainan dan jgn lpa ksh makanan, dia gk ribut lagi, paling kalo mau ajak main, kalo dia gonggong terus diamkan saja jangan di perdulikan, semakin kita menengok dia ketika menggonggong, semakin jadi dia. jd coba untuk cuek, kalao mau kira2 masukkan kandang saat jam 8 malam, agar bila dia menggonggong tidak terlalu mengganggu tetangga karena masih belum jam tidur smile selamat mencoba
31 Oct 2014 11:00:48
#4
Avatar LieDaoMing
LieDaoMing
Total Post : 4
biasanya sih kesepian tu maltese nya, aq juga punya maltese kalau malam sering temenin main dulu aja biar tenang habis itu baru dikandang, betul itu belikan juga mainan biar bisa main sendiri kalau kita tidak besa temanin, kalau maltese q waktunya tidur dikandang dia lgs diam tidur, dibiasaan aja dimasukin kandang dan diajak ngomong suru tidur gt, kadang anjing kita ajak bicara tau.
23 Jul 2015 09:42:41
#5
Avatar faizahprawiro
faizahprawiro
Total Post : 1
Saya membuat natural shampoo untuk anjing dan kucing mudah kok cuma lebih mahal saya menggunakan avocado oil pure essential oil aloevera dan tanpa bahan pengawet
16 Jun 2016 08:46:04
#6
Avatar Renny.Lorika
Renny.Lorika
Total Post : 1
Bro, apa bisa anjing golden dimandikan pkai shanpo sunsilk?
21 Feb 2017 16:59:35
#7
Avatar anjing-dijual905124
anjing-dijual905124
Total Post : 1
Sebenarnya kulit hewan itu berbeda-beda jenisnya baik anjing, kucing, atau manusia. Jadi baiknya shamponya juga dibedakan, jangan asal shampo. Seperti contoh misalnya shampo untuk manusia pakai Clear, Sunsilk, Zink dll, untuk Anjing bisa pakai Trueiconic dan untuk Kucing pakai Chubbsbars. Memang agak mahal sih harganya tapi kalau untuk Pameran atau bagi orang yang mampu itu bukan masalah, karna sesuai dengan hasil yang akan didapatkan.
Last Edited : 21 Feb 2017 17:00:30
26 Feb 2017 09:42:53
#8
Avatar jlominetta
jlominetta
Total Post : 1
Klo shampoo anjing yg murah apa y
17 Sep 2017 10:01:56
#9
Avatar jessicanoelynpurba
jessicanoelynpurba
Total Post : 1
berapa kali anjing dimandikan ?
16 Feb 2018 10:11:26
#10
Avatar russetiagung
russetiagung
Total Post : 1
shampoo apa yg bagus untuk anjing jenis border collie?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.