AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Jul 2014 10:49:05
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Cara yang Tepat & Keliru Melepaskan Kutu dari Tubuh Anjing

foto

Karena kutu bisa membawa sejumlah penyakit, maka begitu Anda menemukannya ada pada anjing Anda segera ambil tindakan untuk menyingkirkannya sebelum bertambah parah.

Untuk melepaskan kutu yang menempel pada anjing, gunakan pinset (tweezers) atau alat khusus untuk mengambil kutu. Dengan menggunakan alat ini, kutu dapat diambil tanpa menekan bagian tubuh kutu. Hal ini sangat penting karena jika tubuh kutu tertekan atau pecah maka bakteri berbahaya di dalamnya akan meninggalkan kutu dan memasuki aliran darah anjing Anda.

1. Capit tepat pada bagian KEPALA atau MULUT kutu yang memasuki kulit anjing. Jangan mencapit pada bagian TUBUH kutu.

foto

2. Tarik keluar dengan tepat dan mantap. Jangan sambil memutar atau memelintir kutu saat menarik untuk menjaga agar tubuh kutu tidak pecah.

3. Menggunakan metode seperti mengoleskan petrolum jelly, menempelkan kepala korek api yang menyala, atau menggosokkan alkohol tidak akan membuat kutu keluar dari kulit. Malah, metode ini bisa menyebabkan kutu mengeluarkan lebih banyak liur pembawa penyakit ke dalam luka.

4. Setelah berhasil mengeluarkan kutu, taruh di sebuah wadah atau botol berisi alkohol untuk membunuhnya. Kutu tidak akan mati hanya dengan membuang mereka ke toilet dan memflushnya.

5. Bersihkan bekas luka gigitan kutu pada tubuh anjing dengan disinfektan.

6. Cuci tangan Anda sampai bersih.

Jangan menggunakan tangan untuk menarik atau melepaskan kutu. Karena Anda tentu tidak ingin bersentuhan dengan kutu yang berpotensi membawa penyakit. Jangan menekan atau menghancurkan kutu dengan tangan Anda. Isi di dalam tubuh kutu bisa menyebarkan penyakit.

Setelah kutu dilepaskan, tidak jarang muncul reaksi bengkak merah pada kulit. Sedikit semprotan hydrocortisone spray bisa membantu meringankan iritasi, tetapi mungkin butuh seminggu atau lebih untuk sembuh kembali. Pada beberapa kasus, bekas gigitan kutu bisa meninggalkan bekas kecil botak di area tsb. Iritasi kulit ini disebabkan karena reaksi terhadap liur kutu. Jangan khawatir dengan bekas kepala kutu yang tertinggal karena hal itu jarang terjadi.

Untuk jelasnya, lihat video berikut cara melepaskan kutu yang tepat:


Info yang lebih lengkap seputar kutu pada anjing:
Kenali Masalah Kutu Pada Anjing, Cara Pencegahan & Pemberantasannya

Sumber:
http://www.drsfostersmith.com/pic/article.cfm?aid=62
http://pets.webmd.com/ss/slideshow-flea-and-tick-overview
Foto dari berbagai sumber

Last Edited : 24 Jul 2014 11:00:46

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.