Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
  1. 1
  2. 2
07 Jul 2012 10:08:16 #1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 764
Kenali Masalah Kutu Anjing, Pencegahan dan Pemberantasannya
Kutu dan caplak yang hidup pada anjing
Bulu halus dan hangat yang dimiliki anjing merupakan lingkungan yang nyaman bagi kutu (flea) dan caplak (tick). Kedua serangga ini hidup dengan menghisap darah si anjing dan bisa menyebabkan masalah kesehatan mulai dari alergi sampai ke masalah yang serius seperti infeksi cacing pita. Kedua serangga ini biasanya muncul pada cuaca yang hangat.

493x335


Tanda peringatan adanya kutu (flea)
  • Kotoran kutu (bintik gelap) pada bulu
  • Telur kutu (bintik putih) pada bulu
  • Anjing sering menjilat atau menggaruk secara berlebihan
  • Bekas luka/koreng atau iritasi kulit/hot spot pada kulit anjing

493x335


Kutu dan Anemia
Karena kutu bisa membesar 15x lebih besar dari berat tubuh awalnya sejak menghisap darah anjing yang dihinggapinya, maka mereka dapat menguras banyak darah dari anjing tersebut. Anjing yang kehilangan banyak darah akan mengalami anemia terutama sangat rentan bagi anak anjing. Tanda adanya anemia tampak dari gusi pucat dan kekurangan energi.

Infeksi kulit akibat kutu
Kutu merupakan penyebab paling umum penyakit kulit pada anjing. Saat kutu mengigit, saat itu juga masuk air liur kutu ke dalam tubuh anjing. Hal ini yang memicu reaksi alergi seperti infeksi kulit (disebut juga flea allergy dermatitis). Tanda-tandanya infeksi kulit meliputi rasa gatal, bulu rontok (terutama di depan ekor), koreng, kulit merah-merah dan iritasi.

431x263


Bagaimana anjing bisa terkena kutu?
Anjing bisa dengan mudah terkena kutu saat mereka sedang di luar rumah. Kutu betina bisa bertelur setiap jam, yang menyebabkan jumlah kutu semakin bertambah dalam hitungan hari.

640x425


Kutu dan rumah Anda
Saat kutu bertelur pada anjing Anda, beberapa telurnya mungkin bisa jatuh dan menetas di karpet, ranjang, atau perabot lainnya. Kutu-kutu baru tersebut kemudian akan mengincar Anda dan anjing Anda, menghisap darah dan bertelur lagi.  Karpet dan daerah lembab adalah tempat favorit bagi kutu. Jadi, penggantian karpet dan menjaga rumah Anda sekering mungkin bisa membantu mencegah datangnya kutu.

493x335


Tanda peringatan adanya caplak (Tick)
Anda bisa merasakan caplak saat membelai anjing Anda dan bisa melihatnya secara jelas dengan mata telanjang. Caplak biasanya sering berada di dekat kepala, leher, telinga atau telapak kaki. Caplak bisa membawa penyakit yang berbahaya dan tidak butuh lama bagi anjing untuk terjangkit penyakit saat caplak sedang menghisap darahnya. Jika Anda menemukan caplak pada anjing Anda, cobalah untuk segera menghilangkannya secepat mungkin.

493x335


Cara aman dan efektif menghilangkan caplak (Tick)
Jangan menggunakan bensin, cat kuku, vaseline, atau alkohol. Metode-metode ini bisa mendorong cairan yang terinfeksi masuk kembali ke dalam bekas lubang gigitan caplak pada tubuh anjing. Sebagai gantinya:

  • Gunakan sarung tangan atau tisu untuk menutupi tangan Anda
  • Tarik caplaknya dengan menggunakan pinset dari samping melalui kepalanya yang dekat dengan kulit

  • Tarik lurus, jangan diputar
  • Jangan menekan bagian perut caplak yang besar ( pastikan jangan sampai bagian perutnya pecah)

Cuci area gigitan pada anjing Anda dan tangan Anda. Bagian mulut caplak yang tersisa biasanya jarang menimbulkan masalah yang serius. Namun jika Anda khawatir, hubungi dokter hewan.

493x335


Bagaimana Anjing bisa terkena caplak (Tick)
Caplak berada pada rumput yang tinggi atau semak-semak dan menunggu mangsanya lewat. Mereka bisa menunggu selama setahun tanpa makan. Anjing biasanya terkena caplak saat sedang berjalan di hutan atau rumput tinggi. Caplak umumnya ada pada cuaca yang hangat.

493x335


Caplak berwarna coklat (Brown Dog Tick)
Caplak coklat atau biasa disebut juga kennel tick adalah caplak yang unik diantara caplak lainnya karena bisa bertumbuh subur di dalam ruangan sehingga menjadi gangguan untuk kennel dan rumah dengan anjing banyak. Caplak dewasa berwarna coklat kemerahan dan biasanya berada disekitar telinga atau diantara jari kaki anjing. Jenis caplak ini jarang menggigit manusia, tapi dapat menjadi ancaman kesehatan bagi anjing Anda. Caplak ini membawa penyakit serius seperti ehrlichiosis dan penyakit serius lainnya bagi anjing.

493x335


Caplak Rusa (Deer Tick)
Caplak rusa hidup pada banyak jenis mamalia, termasuk manusia. Caplak jenis ini berbahaya karena mereka dapat menularkan penyakit Lyme untuk anjing dan manusia. Penyakit Lyme bisa menyebabkan demam dan nyeri sendi serta kadang-kadang bisa juga menyebabkan penyakit ginjal yang serius pada anjing.

493x335


Caplak Amerika (American Dog Tick)
Salah satu kutu yang paling umum adalah caplak jenis ini yang mana hidup pada manusia serta anjing. Mereka bisa menjadi sebesar anggur kecil setelah mengisap darah mangsanya. Caplak ini bisa menularkan penyakit Rocky Mountain Spotted Fever, namun hanya jika caplak ini berada dalam tubuh mangsanya 5-20 jam. Penyakit ini bisa berakibat fatal pada anjing dan menyebabkan gejala serius pada manusia.

493x335


Tanda -tanda adanya penyakit yang ditularkan caplak (Tick)
Penyakit lyme, Rocky Mountain Spotted Fever, dan ehrlichiosis menyebabkan gejala yang sama pada anjing, yaitu:
  • hilang selera makan
  • demam
  • pembengkakan kelenjar getah bening
  • pembengkakan sendi atau nyeri

Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan komplikasi serius, sehingga pengobatan yang cepat sangat penting. Penyakit lain yang juga bisa disebabkan oleh caplak adalah:
  • Kekurangan darah/anemia
  • Iritasi atau infeksi kulit- Paralysis / kelumpuhan

Kelumpuhan mengacu pada lemahnya otot yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh caplak tertentu. Kebanyakan anjing bisa cepat sembuh setelah caplaknya dihilangkan.

493x335


Caplak dan rumah Anda
Caplak biasanya lebih memilih tempat yang hangat, daerah berumput, dan bisa berkembang di area halaman Anda yang tidak terurus. Jenis caplak coklat bisa hidup dan berkembang biak di dalam rumah Anda. Tempat persembunyian favoritnya adalah celah-celah, tirai, bawah karpet atau furniture dan di belakang radiator.

493x335


Memerangi kutu (Flea) dan caplak (Tick)
  • Sampo
    Sampo untuk kutu dan caplak berguna untuk membunuh kutu dan caplak yang ada pada anjing Anda. Produk ini kurang efektif dalam pencegahan. Anda bisa membeli sampo tanpa resep dokter, tapi pastikan mengikuti petunjuk yang ada dengan cermat. Anda perlu menaruh samponya diseluruh tubuh anjing dan tunggu 10 menit sebelum dibilas.
  • Collar
    Flea Collar bisa efektif untuk mengusir kutu dan caplak, tetapi alat ini tidak boleh dipakai oleh anak anjing. The Natural Resources Defense Council menyuarakan kekhawatiran tentang adanya resiko kesehatan bagi manusia. Ada sebuah study yang menemukan bahwa sisa dari beberapa tipe flea collar mungkin dapat menimbulkan resiko bagi anak-anak dan orang dewasa yang menyentuh anjingnya. Organisasi ini menyarankan agar menggunakan pengobatan oral sebagai alternativenya.
  • Tablet
    Pengobatan kutu secara oral seperti tablet tersedia untuk anjing tetapi tidak bekerja melawan caplak. Salah satu tipe yang disebut Capstar adalah obat yang paling cepat membunuh kutu dewasa dalam waktu 24 jam. Obat lainnya menjaga agar telur kutu tidak menetas dan diberikan sebulan sekali. Beberapa obat kutu membutuhkan resep dokter. Periksakan dengan dokter hewan Anda untuk melihat pengobatan mana yang tepat untuk anjing Anda.
  • Obat Topical
    Obat topical digunakan pada punggung anjing Anda dan sangat efektif selama satu bulan. Beberapa obat topical membunuh kutu dan caplak, ada juga yang membunuh kutu dan telurnya. Beberapa merek obat topical adalah Advantage, Advantix, Revolution dan Frontline. Pastikan untuk membeli produk yang sesuai untuk anjing Anda dan ikuti petunjuk dengan seksama seperti dosis yang tepat sesuai ukuran anjing. Konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda masih bingung dengan dosis yang tepat untuk anjing Anda.
  • Pengobatan Alami
    Beberapa orang memberi makan anjing mereka dengan bawang putih atau ragi pembuat bir dengan harapan menghasilkan bau yang bisa mengusir kutu. Akan tetapi, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung praktek ini. Bahkan lebih buruk lagi, bawang putih bisa menjadi racun bagi anjing. Salah satu cara alamiah yang bekerja adalah sisir kutu. Sisir kutu sama sekali tidak beracun dan menawarkan cara yang efektif untuk menghilangkan kutu dari anjing yang tidak bisa minum obat.

Pengobatan alami yang berbahaya
Beberapa pengobatan alami untuk menghilangkan kutu dan caplak bisa menyebabkan beberapa reaksi yang berbahaya bagi anjing Anda. Beberapa diantaranya:
  • Geranium
  • Lavender
  • Eucalyptus
  • Pennyroyal oil
  • Bawang putih dan bawang merah

493x335


Apakah perlu menggunakan Fogger/penyemprotan serangga?
Penyemprotan serangga bisa membunuh banyak kutu dalam sekaligus. Alat ini menggunakan pestisida yang kuat dan hanya direkomendasikan jika kondisi kutu sudah sangat banyak. Anda dan anjing Anda harus meninggalkan rumah saat dilakukan penyemprotan tersebut. Ikuti petunjuk untuk menentukan kapan waktu yang aman untuk kembali. Menggunakan semprotan dalam jumlah yang sangat banyak atau pulang terlalu cepat bisa menimbulkan resiko kesehatan bagi Anda dan anjing Anda.

493x335


Menjaga rumah bebas hama
Pertahanan pertama adalah membuat halaman Anda tidak bersahabat bagi kutu dan caplak. Memotong rumput secara teratur, meratakan semak-semak, menyapu daun-daun, dan menjaga sampah tertutup. Di dalam rumah sering vakum karpet dengan sikat putar atau beater bar. Mengepel lantai kayu dengan deterjen setiap minggu dan cuci semua seprai sesering mungkin.
Last Edited : 07 Jul 2012 10:26:48
01 Oct 2012 11:59:29 #2
Avatar Sandy_Mohan
Sandy_Mohan
Total Post : 18
Thnx articelnya sangat berguna.
29 Nov 2012 11:27:05 #3
Avatar nina_momo
nina_momo
Total Post : 16
anjingq kutuan dan camplak. umur msh 1,5bln, blm mandi.. kutunya sampe q cari2in pake pinset, tp tdr dia tetep gelisah, ga tenang. sehari2 dia cm maen bntr, tdr, maen lg, tdr lg. kalo tdr suka nempel2in badanny k tembok, smbil garuk2. aku kasian, apa bisa ilang kalo d kasih shampo anti kutu?
20 Dec 2012 14:53:50 #4
Avatar nc.sumplak
nc.sumplak
Total Post : 1
thank's for the info
07 Jan 2013 17:47:02 #5
Avatar Christie
Christie
Total Post : 1
aduh anjing ku juga kutuan dan caplak,baru umur 3 bulan,belum mandi juga....
10 Jan 2013 23:10:52 #6
Avatar 009238
009238
Total Post : 1
anjingku kutuan juga  udah dipakein frontline tapi gabisa-bisa hilang kutunya. saya sampe pusing sendiri. gimana yah caranya?
15 Jan 2013 10:47:28 #7
Avatar tiaraoktaviani175
tiaraoktaviani175
Total Post : 1
aku baru beli beli anjing umur 3bulan dr temen aku. tp setelah tinggal di rumah dia jd sering garuk2, wktu d mandikan d petshop kta petugas anjing aku ada kutunya. trus aku liat waktu dia tidr ada kutu d badan'y trus aku ambil, kutu'y sebesar kutu manusia. minta info'y yg jelas dong biar anjingku ga kutuan lg soal'y udh dikasih bedak anti kutu jg masih ada aja.....
19 Jan 2013 19:06:47 #8
Avatar Evy.Kurniawan
Evy.Kurniawan
Total Post : 1
dapat dibeli dimana obat kutu anjing yg berbentuk tablet....tq
19 Jan 2013 23:19:03 #9
Avatar Hilda.Mutiara
Hilda.Mutiara
Total Post : 30
kutu nya jangan dipites, pakai frontline plus untuk sekalian telur kutunya. dan ngak bisa pakai frontline sekali langsung sembuh
23 Jan 2013 20:34:38 #10
Avatar sandrodanciki.karamoy
sandrodanciki.karamoy
Total Post : 2
semakin tua anjing , semakin susah dihilangkan dari caplak ..... kalau bisa , beri dia tempat bersih dan tempat makan bersih ... jika tadak di ganti , akan menjadi jamurann sehingga ada kutu di tempat itu . jadi , selalu dibersihkan tempatnya ya .... thx GBU all ...
16 Feb 2013 22:02:21 #11
Avatar princes.belle.39
princes.belle.39
Total Post : 1
anak anjing ku baru 2 minggu ada kutunya lontongin dong
26 Feb 2013 22:26:39 #12
Avatar NakBboy
NakBboy
Total Post : 2
gini gan.. gw ada cara buat hilangkan kutu.. ehm pakai saja kapur bagus "kapur pembasi kecoa and semut" bisa di beli di toko atau warung.. setelah ada kapurny,, kapurnya itu lu tumbuk sampai haluss.. abis itu lu taburin deh ke tubuh anjingny.. nah setelah di taburin tggu 15 menit.. setelah 15 menit dikasih bedak dorris.. naaahh tggu deh 20--30 menit.. setelah itu lu mandiin deh tuh anjiing.. lakukan ini setiap mau manddiin anjing.. kalo tiap hari kasih terus ja bedak dorris.. 
lakukan terus smpai benar2 kutuny hilang.. maksimal 1-3 bulan dapat bersih dari kutuan..

Nb: walaupun kapur bagus itu panas buat di kulit anjiing.. tetapi itu salah satu cara untuk membasmi kutu.. 

nah itu saja saran dari saya!!! 
08 Mar 2013 23:54:15 #13
Avatar Summas.Int
Summas.Int
Total Post : 1
Anjing saya ada kutu dan caplak, tapi saya bingung mana yang kutu, mana yang caplak. Kalau yang warna coklat, pipih, sulit dicabut dari anjing, merayap cepat sekali, itu kutu atau caplak? Sedangkan yang warna hitam, agak bulat, itu kutu atau caplak?
21 Apr 2013 03:27:13 #14
Avatar bastiandavid
bastiandavid
Total Post : 3
BISA JUGA PAKAI OBAT TETES "BISFRONT" SETELAH 3-5 HR KUTU MENGERING, BARU MANDIKAN...
 
YG LEBIH AMAN, LINGKUNGAN DIJAGA BEBAS DARI KUTU, ANJING KITA JAUHKAN DARI ANJING YG KUTU-AN.
30 May 2013 21:02:56 #15
Avatar 009784
009784
Total Post : 14
ada sebagian anjing bisa terkena caplak /Kutu karna disaat anjing mulai hamil sampai proses melahirkan &  menyusui memakan waktu 2 bulan.selama 2 bulan anjig anda tidak mandi biasanya penyakit kulit bisa datang ,misalnya : Caplak ,Kutu dll . menurut pengalaman saya obat untuk mengilangkan Caplak /Kutu yg paling bisa tutas adalah dengan memakai Obat Fogging . dosisnya : tuangkan obat fogging tsb ke dalam 1 tutup botol sirup abc / kecap dicampur air kira2 3 -5 liter air lalu disiramkan ke anjing secara merata kebagian yg ada Caplak/Kutu ,tidak usah dibilaskarna obat tsb akan menguap dan kering . semoga informasi ini bermanfaat bagi teman 2 thx.
03 Jul 2013 08:59:24 #16
Avatar esflo.wardhana
esflo.wardhana
Total Post : 2
apa kutu anjing boleh di pites? soalnya tetanggaku punya anjing ada kutunya terus di pites apa nggak tumbuh lg ya.... hi.. hi.. aku jadi geli deh
03 Jul 2013 09:05:30 #17
Avatar esflo.wardhana
esflo.wardhana
Total Post : 2
beli dimanaya buat kutu anjing?soalnya aku kasihan sama anjjing yang kutuan.sebenarnya belinya dimana sih aku pingin tahu aku takut kalau kutu nya tambah.
09 Jul 2013 19:46:22 #18
Avatar rizuka.lovalic
rizuka.lovalic
Total Post : 1
q punya pupi 2+mama na...
2 mggu stelah pupi bsa jalan+mata nya bisa leat lgsung dmandiin 1 mggu skali...kasian bauk+ad kutu na...
truz tiap sore dbersihin kutunya sambil maen...
skarang da hmpir 3 bulan...
10 Jul 2013 22:26:10 #19
Avatar lid_han
lid_han
Total Post : 13
Beli frontline di petshop. anjing ku dl kutuan stl hamil. Malam sebelum tdr sy tetesin frontline di lehernya. Jgn sampai kejilat si dogie. Skitar seminggu kutunya ky celeng jatuh, lama2 mating sendiri.
Kandang semua dibersihin. Tiap nemu kutu entah di lantai, dinding atau anjing lgsg aku cabut pakai pinset & aku bakar pakai korek gas. Jgn sampai kutu dipencet supaya ga ada telur yg keluar. Sekitar 3 minggu lebih rumah baru benar2 bersih dari kutu.
14 Jul 2013 13:45:58 #20
Avatar Birdyant.Goritman
Birdyant.Goritman
Total Post : 1
Ada yang punya kenalan dokter hewan di surabaya??? Anjing ku terkena kutu, udh stadium 4...hikssss
Thanks all
  1. 1
  2. 2
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Penyebab Anjing Suka Kentut atau Buang Angin
Thread IconAvatar User
Seekor Anjing Mengadopsi Bayi Singa Putih yang tidak diinginkan oleh Ibunya...
Thread IconAvatar User
Cara Melepaskan Plester/Perban pada Anjing
Thread IconAvatar User
Pertolongan Pertama untuk Anjing Tersedak
Kembali ke atas

0.4184