Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
06 Jun 2014 09:32:51
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kenapa Anjing Saya Bau Ketika Basah

foto

Anda pasti pernah mengalami saat berada dekat dengan anjing Anda yang basah, tercium bau menyengat yang membuat Anda tidak tahan untuk segera menutup hidung.

Tetapi kenapa yah anjing bau ketika tubuhnya basah?

Saat anjing Anda tidak dimandikan atau digrooming secara teratur, bulunya bisa mengumpulkan segala macam kotoran, termasuk sisa makanan kering yang menempel di bulu sekitar moncong atau sisa kotoran yang menempel di bawah ekornya. Sehingga kumpulan kotoran tadi yang kemudian bercampur dengan air, menyebabkan muncul bau yang menyengat.

Itulah mengapa adalah ide yang baik untuk memandikan anjing Anda secara berkala (akan lebih baik lagi jika collar dan tempat tidurnya juga dibersihkan). Anjing dengan bulu yang panjang seharusnya juga digroom secara teratur untuk membuang bulu mati dan bulu kusut yang membuat partikel-partikel yang menimbulkan bau terjebak didalamnya.

foto


Apakah ada alasan medis yang bisa menimbulkan bau tidak sedap ini?

Anjing dapat memiliki berbagai kondisi kulit, seperti infeksi parasit/kutu/tungau, serta infeksi sekunder bakteri dan jamur. Kondisi ini bisa mempengaruhi area tubuh manapun, tetapi ketika infeksi kulit terbentuk dalam kondisi lembab atau berada dalam lipatan kulit dalam, mereka bisa menjadi sangat bau.

Selain itu, beberapa anjing juga mengeluarkan lebih banyak minyak dari kelenjar sebaceous mereka dibandingkan anjing lain (kelenjar sebaceous adalah kelenjar dalam kulit yang menghasilkan minyak untuk melumasi kulit dan bulu). Kondisi ini bisa memancarkan bau khas ketika tubuh anjing kering dan akan lebih menonjol/menyengat baunya ketika tubuh anjing sedang basah.

Jika anjing Anda memiliki bau aneh/tidak biasa ketika bulunya kering, cobalah periksakan ke dokter hewan. Ini bisa jadi tanda dari infeksi kulit atau telinga, masalah kantung anal, penyakit periodontal atau masalah pencernaan.

Dan, apa pun yang Anda lakukan, hindari menyemprotkan parfum atau pewangi ke bulu anjing Anda untuk menghilangkan baunya. Produk-produk ini bisa mengiritasi dan mungkin malah membuat baunya lebih parah.

Penyebab lain yang membuat anjing bau, klik disini.

Sumber:
http://www.vetstreet.com/our-pet-experts/why-does-my-dog-smell-when-hes-wet

Last Edited : 06 Jun 2014 10:04:23

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.