Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 May 2014 11:24:10
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Suntik Mati (Euthanasia) : Apakah Itu adalah Sebuah Pilihan?

foto

Beberapa anjing mungkin dapat menghembuskan nafas terakhir dengan damai tanpa merasakan rasa sakit, namun sayangnya beberapa anjing lain harus berjuang karena mengalami sakit parah, terluka/cedera parah karena suatu hal, atau mengalami kualitas hidup yang menurun atau memburuk karena usia mereka yang sudah sangat tua. Saat berada dalam situasi ini, pemilik anjing mungkin dihadapkan dengan keputusan sulit yang menyakitkan, apakah ini saatnya untuk euthanasia?

Tentu saja tidak akan pernah menjadi hal yang mudah jika sudah menyangkut mengenai keputusan untuk 'menidurkan' anjing Anda. Anda mungkin khawatir apakah ini keputusan yang terlalu cepat. Apakah ini keputusan yang benar. Namun, pada akhirnya ini adalah keputusan yang harus kita hadapi.

"Kita semua berharap bahwa anjing peliharaan kita akan meninggalkan dunia ini tanpa merasakan rasa sakit, namun kenyataannya hal itu jarang terjadi," kata Carrie Damewood, DVM kepada WebMD. Dan, meskipun kebanyakan orang merasa bahwa hal yang benar adalah membiarkan alam yang bekerja, namun kematian secara alami bukan hal yang baik jika itu berarti memperpanjang rasa sakit atau penderitaan yang dirasakan anjing mereka.

Tetapi, bagaimana Anda tahu jika anjing Anda menderita, dan bagaimana Anda tahu waktu yang tepat untuk melakukannya?

Tanyakan Kepada Vet

Sebelum Anda berpikir untuk 'menidurkan' anjing Anda, sangat penting untuk meminta saran dari dokter hewan yang sudah mengenal baik Anda dan anjing Anda, kata drh onkologi Kelvin Kow, DVM, DACVIM, asisten profesor di University of Florida College of Veterinary Medicine.

Ceritakan pikiran dan ketakutan Anda kepada dokter hewan, dan dapatkan masukan dari mereka. Jangan ragu untuk mencari second opinion dari dokter hewan lain, saran drh Kelvin.

Cari tahu informasi lebih banyak tentang pilihan pengobatan anjing Anda dan pro dan kontra dari setiap pilihan. "Tujuan dari perawatan medis adalah untuk memberikan anjing peliharaan kita kesempatan terbaik untuk kualitas hidup yang baik" kata Kelvin.

Jujurlah dengan diri Anda. Apakah Anda ingin menjalankan operasi atau terapi yang disarankan, dan bagaimana dengan rasa sakit yang ditimbulkan atau berkepanjangan yang dirasakan anjing Anda?

Apakah Anjing Anda Menikmati Hidupnya?

Tidak ada yang mengenal anjing Anda sebaik Anda. Anda telah bersamanya selama bertahun-tahun berbagi cinta dan persahabatan.

Jadi, pikirkan 3 atau 4 hal yang benar-benar anjing Anda sukai, seperti mengambil bola, bermain dengan mainan tertentu, atau sekedar berada di dekat Anda. Apakah mereka masih melakukan dan menikmatinya?

Lalu tanyakan juga: apakah anjing Anda masih memiliki nafsu makan? apakah kandung kemih dan ususnya masih berfungsi baik? Apakah mereka masih tertarik melakukan hal-hal yang biasanya mereka lakukan?

Ketika sudah tidak ada pilihan pengobatan yang efektif, ketika tubuh mereka sudah berada dalam kondisi parah atau kesakitan, dan ketika sebagian besar kebahagiaan anjing Anda sudah terenggut, maka "mungkin itulah waktunya untuk mempertimbangkan euthanasia", kata Kelvin. "Saya sering mengatakan kepada klien bahwa 'hanya karena anjing Anda hidup, itu tidak berarti bahwa mereka hidup (dalam arti sebenarnya).'"

Melakukan euthanasia: apakah ini keputusan yang terlalu cepat?

Setiap hari yang kita miliki bersama anjing peliharaan kita sangat berharga. Tetapi pertimbangan untuk menunda waktu lebih lama, akan membuat kualitas hidup anjing peliharaan Anda semakin buruk.

"Dalam pekerjaan saya sebagai drh onkologi, seringkali saya bekerja dengan klien yang anjingnya memiliki kondisi penyakit kronis dan mematikan, sangat sedikit dari mereka yang mengatakan kepada saya bahwa mereka telah membuat keputusan yang terlalu cepat," ujar Kelvin. "Namun, saya malah sering mendengar bahwa mereka merasa telah menunda terlalu lama."

Rasa sakit kehilangan anjing peliharaan kita sudah cukup sulit belum ditambah dengan penyesalan atas penderitaan yang mereka lalui. "Saya sudah mengalaminya," Kata drh Carrie. "Saya pernah memiliki kucing sakit yang berusaha saya sembuhkan, karena tentu saja, saya seorang dokter hewan. Dan saya telah membiarkannya terlalu lama selama seminggu, dan saya menyesalinya selama 15 tahun sejak itu."

Ketika tiba waktunya untuk keputusan ini, Anda harus tahu bahwa Anda melakukannya untuk anjing Anda, kata drh Kelvin.

Mengatasi Kepergian Anjing Anda

Tidak ada shortcut untuk menghilangkan rasa duka Anda terhadap kepergian anjing Anda. Anda hanya harus membiarkan diri Anda berduka, berapa pun lamanya waktu yang dibutuhkan. "Tidak ada tabel waktu atau tolak ukur untuk bisa mengatasi rasa duka itu," kata drh Kelvin.

"Dan, jangan pernah biarkan orang mengatakan kepada Anda 'dia hanya hewan peliharaan,' karena ia bukan... ia adalah anggota keluarga," ujar Carry. "Berdukalah selama yang Anda perlukan, dengan cara apapun yang bisa membuat Anda merasa lebih baik. Saya memiliki potongan bulu yang saya simpan di laci lemari selama bertahun-tahun dari salah satu kucing saya."

Bahkan, meskipun Anda sudah merasa yakin dalam pilihan Anda untuk 'menidurkan' anjing Anda, Anda mungkin akan tetap merasakan kesedihan mendalam sebelum dan sesudahnya. Ingatlah saat-saat indah bersama anjing Anda, dan "ketahuilah bahwa kesedihan akan kepergian mereka adalah sebuah bayaran kecil untuk semua kebahagiaan dan kegembiraan yang telah diberikan oleh anjing Anda," ujar Kelvin.

Mengatasi Kesedihan Ditinggalkan Anjing Kesayangan

Sumber:
http://pets.webmd.com/features/pet-euthanasia-how-to-know-when-its-time

Last Edited : 20 May 2014 11:32:49
20 May 2014 18:47:09
#2
Avatar Christy.Theresia
Christy.Theresia
Total Post : 4
Sy tidak setuju dg pernyataan bahwa sy hrs menidurkan anjing sy ketika mrk menderita penyakit yg tdk bsa dsembuhkan. Walaupun kecil kemungkinan ia sembuh.
Anjing baru sj meninggal bbrp bln yg lalu. Sy tahu dy sgt menderita. Tp sy jg tahu bahwa dy tetap ingin hidup. Karena itu dy berusaha keras menunjukannya pd sy. Walaupun pd akhirnya ia pergi meninggalkan sy dan keluarga sy.
Bagaimanapun, jika kita tidak berusaha kita tdk akan mendapatkan apa yg kita inginkan. Meskipun resiko kegagalan itu ada. Dan siapa yg dpt mengetahui jika anjing ada dpt sembuh?
21 May 2014 09:15:00
#3
Avatar Putri_Nandini22
Putri_Nandini22
Total Post : 57
saya setuju dengan
Christy.Theresia
Last Edited : 21 May 2014 09:56:34
21 May 2014 11:16:22
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Sy jg setuju. Amggap aja anjing itu anggota keluarga, kalo udah sedekat itu, kayak pelihara sejak puppy. Kalo manusia dalam keadaan koma, keputusan untuk mencabut life support berdasar surat wasiat atau permintaan dia sebelumnya. Apapun mungkin terjadi. Satu2nya anjing yg perlu di suntik mati anjing rabies.
Sesakit apapun sy rasa gak ada anjing yg pgn di suntik mati, sm spt manusia mereka gak tahu apa yg menanti aetelah mati. Kecuali dalam keadaan kesakitanmenunggu ajal menjemput itu juga tergantung situasi. Eutanasia itu artinya mercy killing, jadi harus disesuaikan dengan arti kata itu.
21 May 2014 14:26:03
#5
Avatar Aji.Gileys
Aji.Gileys
Total Post : 34
untuk keadaan tertentu mungkin harus di tidurin/euthanasia, seperti coment rottfan diatas anjing rabies
Last Edited : 21 May 2014 16:44:15
21 May 2014 15:52:32
#6
Avatar ning.santji.1
ning.santji.1
Total Post : 3
anjing saya hip dysplasia grade 4 diagnosa dr vet tp saya tdk memutuskan euthanasia,dia bs berjalan dan berlari. Saya tdk menemukan dia mengalami kesakitan. Saya tdk setuju utk kasus hypdysplasia dieuthanasia.
21 May 2014 16:22:24
#7
Avatar Aji.Gileys
Aji.Gileys
Total Post : 34
Turut prihatin @ning.santji, emang anjing jenis apa yang kena sis, umur berapa?
mohon maaf coment saya diatas. kalau anjingnya gak kesakitan dan tersiksa setiap hari sih gapa2, emang sudah ada terapi untuk hyp dysplasia di indonesia ya sis?
sekali lagi mohon maaf cuma gak tega aja liat anjing tersiksa kena hyp dysplasia
26 May 2014 13:25:15
#8
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
hi aji smile
@ning.santji1 sis itu hd genetik atau krn salah penanganan? hd cm di eutanasia sm breeder yg mau cari untung doank. bahkan sy gak pernah dengar eutanasia ke hd (walau siapa yg tahu di pintu tertutup breeder hehehe)
Kalo tidak di ketemukan doggynya kesakitan yah gak masalah, hd gak ada hub sm eutanasia, siapapun yg menyebutkan itu mesti dieutanasia (hehehe just kidding).
Aku kurang ngerti penaganan hd. Labslover pernah post anjingnya kena hd, dia lebih tahu soal ini. coba minta pendapat ke dua (dokter lain) belum tentu dokter pertama benar, kadang2 dok di sini suka salah diagnosa, permisi
05 Aug 2014 09:49:30
#9
Avatar tujung.desy
tujung.desy
Total Post : 1
Anjing saya sudah tua sekali, umurnya 12tahun, sudah dari 3bulan lalu dia kesusahan makan(harus disuapin), susah berdiri, karena kakinya ditarik-tarik menyebabkan bnyk luka ditubuhnya. Wlpun luka itu sudah kering, dia juga sempat mengalami infeksi saluran kemih, tp sudah sembuh. Dan hari ini dia benar-benar tdk bisa makan, setiap kali berdiri pasti jatuh lagi. Kondisi tubuhnya semakin hari semakin menurun. Saya tidak tega melihatnya seperti mayat hidup. Menurut anda apa yg harus saya lakukan?
08 Aug 2014 03:58:05
#10
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@tujung.desy : terapi berenang
03 Jan 2015 04:31:01
#11
Avatar Queen.Dee
Queen.Dee
Total Post : 1
Nama saya Dee... Saya juga amat sangat ga setuju dengan cara "menidurkan anjing" smua hewan peliharaan ingin hidup... Ga ada yang mau mati. Kita sebagai sahabat dan keluarganya seharusnya bisa mempertahankan dan mengupayakan segala cara agar mereka tetap bisa terus bertahan hidup... Ingat... Kita punya keluarga, teman, pacar atau bahkan siapapun... Tapi kalo anjing mereka hanya punya kita.
07 Jan 2015 21:19:49
#12
Avatar Lim.Phei.Ni
Lim.Phei.Ni
Total Post : 25
@tujung.desy... kt drh.nya kenapa? apakah dri drh.nya tdk ada anjuran?
anjing aku jug hip dyp... menurut drh.nya sih tdk bisa d obatin paling d ksi obat supaya tdk terlalu sakit, tdk usah d bawa jalan tp berenang dan mandi.nya pake air anget aja... skrg usia.nya uda sekitar 12thn lebih, sakitnya kek.nya bru2 ini mulai kerasa sakit sama dia shg tiap mo kluar rmh ntah pup, pee or berjemur, dia saya angkat kluar (soale klo d gendong saya takut kena pinggulnya... klo kesentuh dia bisa jerit2 sakit)... sempet terlintas d pikiran saya.... raut sakit dia saat level sakit.nya naik (kt drh.nya cuman bisa nunggu ketika mkn tua, sakitnya mkn jadi) tp saya tetap tdk tega dan bisa utk meng-eutanasia dia... saya hanya berdoa kiranya dia beruntung bisa "pergi" sebelum sampai level yg menyakitkan.nya dan "pergi" tanpa menderita
21 Apr 2015 10:13:09
#13
Avatar antonia.nani.5
antonia.nani.5
Total Post : 1
Anjing saya campuran anjing lokal sdh berumur 15 thn.Waktu yg cukup lama buat nemani keluarga saya.Skrg makan minum hrs dsuapin.3 minggu yg lalu msh bisa jln makan pup pipis sdiri.walaupun ptama hrs dbantuin angkat pantatny.Skrg kondisiny smuanya hrs dbantu dr makan minum pipis dtempat.Tiap pagi sore saya lap mukanya pk air hangat dg cairan anti septik dikit.biar agak segeran,lap badannya biar bersih.Tiap sabtu mandiin pk air hangat dcampur cairan antiseptik,abs itu djemur.Bdn skrg mengurus krn susah makan.sdh panggil dokter di infus biar kuat..Yg saya lakukan skrg hanya max merawat Poni,nama anjingku.Bingung & sedih sekali liat kondisi dia.Sdh ga bs liat,pendengarannya berkurang.cwy.Poni dl suka nemeni belanja ke warung,nungguin saya dpn kmr tdr.Camilan dia plg suka tempe grg msh panas & roti bakar.Skrg Poni susqh sekali makan semua itucwy. Keluarga menyarankan suntikan itu,krn kasian melihatnya.Tp saya sendiri tidak tega melakukanya.Bingung & sedih....sad
Last Edited : 21 Apr 2015 10:27:18
19 Aug 2015 23:33:04
#14
Avatar anjing-dijual853640
anjing-dijual853640
Total Post : 1
Sy punya anjing jenis campuran kampung berusia 16 th, kami beri nama jack. Thn lalu dia sakit krn tidak mau makan. Drh memberikan infus dan obat obatan. Kemudian sembuh dan kembali normal. Kali ini kondisinya sangat memprihatinkan, udah 3 minggu ini tidak mau makan. Disuapin, dicecok/dipaksa makan akan tetapi semua makanan dan minuman yg masuk selalu keluar lagi (muntah). Thn lalu drh hanya memberi saran "buat jack selalu happy". Drh sendiri cukup terkejut bahwa jack bisa sampai usia 15 th. Kali ini sy mulai terpikir untuk lakukan euthanasia pada jack. Sangat berat dan sangat tak fair buat jack tapi sy benar2 tak tega melihat kondisi sekarang. Mata sudah rabun, pendengaran tuli, tak mau makan, bangkit berdiri pun tak sanggup.
Semangat masih ada sehingga jack terlihat kesal dan marah saat berusaha berdiri. Hanya semangat yg tersisa walaupun secara fisik sudah tak memungkinkan.
Sy mau tanya berapakah biasa euthanasia? Terimakasih atas kawabannya.
20 Jul 2016 17:59:49
#15
Avatar ddjapar10
ddjapar10
Total Post : 1
Apakah anjingnya akan merasakan sakit ? bagaimana proses nya ? saya sering baca kalau di luar negeri di shelter sering ada kata2 to be destroyed.
Last Edited : 20 Jul 2016 18:00:13
07 Aug 2016 09:56:57
#16
Avatar Kartika.Dhady
Kartika.Dhady
Total Post : 1
sedih....saya akan melakukannya esuk pagi...
17 Aug 2016 05:35:22
#17
Avatar stefan.anderson.t
stefan.anderson.t
Total Post : 1
Anjingku kena tumor ganas kelenjar mamae.. Umur sekitar 10 tahun..
sempat dipilih opsi operasi, tetapi stelah x ray dilihat paru2nya juga sudah terkena kanker.. dokter mengatakan resiko sngat besar dan tkut gk selamat pas dan pasca operasi.
Kita memutuskan untuk merawatnya d rmh, tetapi melihatnya sangat kesakitan setiap hari saya merasa sngat kasihan.
Kami sekeluarga sangat dilemma untuk melakukan euthanasia atau tidak
18 Mar 2017 01:59:22
#18
Avatar anjing-dijual800369
anjing-dijual800369
Total Post : 3
jika memang diperlukan saya setuju krn beberapa kali saya melihat anjing usia tua mati normal dengan tersiksa berhari2...lbh baik kita ucapkan selamat tinggal dan biarkan mereka ke surga
29 Mar 2017 10:13:59
#19
Avatar windyazah65
windyazah65
Total Post : 1
anjing sy sdh sakit"an dan sdh lama.
terkadang sedang sy manjakan tiba" kesakitan. kasian bgt dgn penderitaannya. kesukaan bobby nama anjing sy itu bermain bola.
skrg sy jrg mau bermain bola jika bobby memberikan isarat ingin bermain bola dgn gayanya yg sgt lucu. karena setiap hbs main bola kakinya kesakitan.
mungkin karena badannya terlalu gemuk jadi kekuatan tulangnya tdk mampu menahan berat beban.
yg sy kawatirkan klw kesakitan bobby sepertinya mengira sy yg membuat dia kesakitan. sehingga sering menyerang tiba"
sampai" bobby skrg sy rantai dgn rantai yg panjang. ditempatkan disatu ruangan yg tdk terlalu dkt dgn org rumah karena kawatir gigit.
soalnya dari dulupun anjingnya mmg galak tapi hanya sama org lain.
cuma semenjak sakit"an ini sifatnya jadi berubah kdg baik kadang galak. seperti sdh stres. padahal tiap hari kuputarkan music dgn suara yg disesuaikan. untuk membuatnya tidur dan menenangkan pikirannya diruangan yg ber AC karena anjingku itu tdk tahan dgn panas udara. tapi ttp seperti yg sdh stres. mungkin stres akibat penyakitnya.
klw keadaannya begini kira" sy hrs bagaimana?
sedangkan sy punya anak berumur 2 thn 6 bulan yg tentu hrs sgt berhati hati menjaganya. kawatir di gigit anjing. sedangkan dirantaipun terkadang bobby bisa lepas.
mohon sarannya
01 May 2017 07:21:25
#20
Avatar winter.polaris882
winter.polaris882
Total Post : 1
Memang sangat sulit di hadapkan dengan pilihan hs menidurkan anjing kita. Tp terkadang di saat tertentu kita terpaksa hs memilih pilihan itu. Anjing sy sudah sangat tua umur 17th. Dan dia terkena tumor di mulut dan samp membusuk. Awalnya bs makan dan minum. Drh sudah menyarankan untuk menidurkannya. Tp sy msh tak tega. Sy hanya menyuruh drh menyuntiknya biar tumor yg membusuk itu tdh di cari ulat saja. Tp dari kemarin kondisinya sdh tambah parah. Sudah tak bs makan, minum dan kencing ngengek pun di temp. Jd sptnya hari ini sy memutuskan untuk menidurkan dia. Ini menjadi pilihan yg sgt sulit. Tp lebih sakit lagi melihat penderitaannya selama berbulan2. Dengan luka membusuk di mukanya dan dgn tubuh yg semakin lemah. Smg ini menjadi pilihan yg tepat.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.