Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Apr 2014 12:37:42
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

5 Cara untuk Berkenalan Dengan Anjing yang Tidak Dikenal

foto

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara berkenalan dengan anjing yang baru pertama kali mereka temui. Mungkin tidak masalah jika anjing yang ditemui adalah anjing yang friendly atau sudah terbiasa dengan manusia, namun bagaimana jika anjing yang ditemui adalah anjing yang penakut atau kurang bersahabat dengan orang asing? Tidak heran jika kadang cara berkenalan yang salah malah mendapat sambutan yang tidak menyenangkan atau bahkan berakhir dengan digigit oleh anjing. Yang kemudian malah anjing yang disalahkan dan dijadikan pemberitaan seolah anjing menjadi masalahnya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya baca cara atau aturan berkenalan dengan anjing yang benar seperti dibawah ini :

Rule #1 - Tetap Pada Posisi Anda dan Biarkan Anjing Mendekati Anda
Selalu biarkan anjing yang mendekati Anda, tidak peduli walaupun anjing terlihat bersahabat. Kenapa? Karena hal ini memungkinkan anjing untuk berinteraksi dengan Anda dengan caranya, dan memutuskan apakah Anda aman atau tidak baginya.

Rule #2 - Menghormati Ruangnya
Bagi pecinta anjing biasanya memiliki kecenderungan ingin berada sedekat mungkin ketika sedang mengelus anjing. Tapi bayangkan jika Anda menjadi mereka: bertemu orang baru yang kemudian segera membungkuk di atas Anda, dan menaruh tangannya di kepala Anda dan mendekatkan wajah mereka sangat dekat dengan Anda. Apa yang akan Anda lakukan?

foto

- JANGAN MEMBUNGKUK DIATAS ANJING. Daripada melakukan itu, akan jauh lebih baik jika Anda berlutut sehingga lebih hampir sama setingkat tingginya dengan si anjing dan arahkan tubuh Anda sedikit ke samping dari posisi anjing sehingga membuat Anda berada pada posisi yang tidak mengancam baginya. Anda akan kagum ketika melihat ternyata banyak anjing yang berhasil "ditaklukan"" ketika Anda melakukan sambutan sopan dengan cara ini.

- JAGA TANGAN ANDA TETAP PADA POSISI. Anda mungkin pernah mendengar bahwa ada saran yang menyarankan untuk mengulurkan tangan Anda ke arah anjing sehingga mereka dapat mengendusnya. Untuk anjing yang pemalu atau penakut, uluran tangan tersebut bisa terlihat seperti Anda hendak meraih/menggapai mereka, yang malah membuat mereka jadi tidak percaya dengan Anda. Anjing memiliki 250 juta reseptor bau dibandingkan dengan kita manusia yang hanya memiliki 5 juta, yang membuat mereka mampu mengendus bau Anda dengan sangat baik tanpa Anda harus mengulurkan tangan ke arahnya.

foto

- JANGAN MENGELUS ATAS KEPALA. Mengelus atas kepala anjing merupakan intimidasi bagi mereka. Anjing lebih suka ketika tindakan mengelus datang dari arah bawah, seperti mengelus bagian bawah dagu atau pipi mereka.

- MENJAUH DARI WAJAH SAYA! Apa yang membuat kita berpikir bahwa anjing suka ada orang asing yang benar-benar dekat dengan wajah mereka? Apakah kita sendiri suka seperti itu? Tentu saja tidak. Tidak hanya berlaku bagi anak kecil bahkan orang dewasa juga: Jaga jarak kira-kira 1/2 meter dapat menyelamatkan wajah Anda (Dari digigit atau dicakar).

Membiarkan anjing yang memutuskan bagaimana dan kapan untuk mendekati Anda dapat membuat perbedaan yang besar.

Rule #3 - It's Ok Jika Anjing Tidak Menyukai Anda
Kadang ada orang yang mungkin penasaran mengapa anjing ia temui tidak menyukainya dan terus melakukan usaha agar si anjing menyukai mereka. Tetapi kenyataannya, semakin Anda mencoba mengejar seekor anjing yang penakut, maka malah semakin meyakinkan mereka bahwa Anda menakutkan dan cukup kasar. Cara yang lebih baik adalah, mundur, hentikan kontak mata, dan berikan kesempatan baginya untuk mengenal Anda dengan caranya sendiri.

Jika ia tidak mendatangi Anda, that's okay. Dengan memberikan ruang baginya, Anda baru saja mengajarkan kepadanya bahwa tidak semua manusia menakutkan dan kasar.

Rule #4 - Mengendus Bukan Undangan untuk Anda Mengelus
Mengendus adalah cara anjing untuk mendapatkan informasi lebih mengenai Anda. Biarkan anjing mengendus Anda dan lalu lihat kemana ia pergi setelah itu. Apakah ia mengendus Anda dan kemudian kembali pergi atau ia mengendus Anda dan mulai menggoyangkan ekornya.

foto

Anjing yang benar-benar suka dielus biasanya bisa terlihat. Mereka akan mendekat sangat dekat dan bersandar kepada Anda. Mata mereka terlihat "lembut" dan Anda mungkin bisa melihat ada senyuman manis kecil di wajahnya.

Rule #5 Lihat Reaksi Anjing
Ketika Anda mengelus anjing, elus dia sekali atau dua kali (dibawah dagu, tidak di atas kepala), lalu berhenti dan lihat apa yang terjadi. Jika ia benar-benar menikmati apa yang baru saja Anda lakukan, ia akan bergerak lebih dekat atau memberikan beberapa indikasi lain yang menunjukkan bahwa elusan Anda diterima. Jika ia bergerak menjauh dan tidak kembali, maka itu berarti sudah cukup.

Pedoman Dasar
Saat menghadapi anjing yang tidak dikenal, ikuti aturan-aturan di bawah ini untuk menghindari penyebab umum anjing menggigit:
- Jangan mengelus anjing yang diikat, dirantai, di kandang atau di balik pagar
- Jangan mengelus anjing ketika pemilik anjing tidak ada
- Jangan mencoba untuk memeluk atau mencium anjing yang tidak dikenal
- Jangan mengelus anjing yang sedang makan atau sedang memegang atau mengunyah tulang atau mainan.

Tips untuk Pemilik yang Memiliki Anjing Pemalu/Penakut
Jika Anda memiliki anjing yang pemalu atau agak tidak bersahabat dengan orang asing, maka tugas Anda untuk melindunginya dari orang-orang yang terlalu bersemangat menyapa anjing Anda. Jangan takut untuk memberitahu mereka karena semakin banyak interaksi negatif yang dialami anjing Anda dengan manusia, maka semakin memperparah masalah perilaku yang dimilikinya. Selain itu, juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.


Sumber:
http://www.4pawsu.com/pet.htm
http://www.vetstreet.com/our-pet-experts/how-to-pet-a-dog
http://drsophiayin.com/blog/entry/how-to-greet-a-dog

Last Edited : 08 Apr 2014 09:31:10
07 Apr 2014 22:20:31
#2
Avatar Tri.Handoko
Tri.Handoko
Total Post : 6
Info yg bermanfaat. Trims
07 Apr 2014 23:44:25
#3
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
it's so stupid, sejauh ini cuma 1 anjing yang kalo aku kasih tangan boro2 mau jilat atau dibelai tp gonggong2 ketakutan, krn kuper dan penakut sm manusia dan anjing lain.Aku milih ikutin instink aku drpd teori2 manusia. aku udah melakukan semua itu, di ikat, di kandang, di balik pagar, pemilik gak ada, dengan hasil yg sama.
08 Apr 2014 09:45:11
#4
Avatar Yayuk.Mts
Yayuk.Mts
Total Post : 7
ente yg kurang bergaul sama anjing. artikel diatas sangat bermanfaat. menurutku itu bukan teori tetapi hasil dari banyak pengalaman orang,dirangkum jadi satu.
09 Apr 2014 00:53:50
#5
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
edit mbak yayuk :-) hasil yg sama maksusnya tangan dijilatin dan bs di belai2. artikel di atas hanya untuk pemula, kalo sy bukan cm lahir sebagai pencinta binatang tp sy ngerti mereka. artikel dia atas spt posisi dll gak terlalu pengaruh krn anjing bs baca dan merasakan apa yg manusia rasakan saat itu. spt kata cesar, anjing gak mikir besok kemaren dll, anjing mikir saat ini (present time). org yang gak yakin dan merasa takut tp masih nekad deketin hm. yg paling penting anjing nya gak takut dan orangnya juga, bagian paling suka dipijat itu pundak dan lehernya, biasa kalo udah mau dielus gt anjing bakal jadi jinak. kalo menhadapin anjing takut, jangan samperin terlalu dekat, biar dia perhatiin dulu dan lihat perkembangannya sampe dia yakin anda bukan ancaman dan gak takut lagi. cara aku emang beda dikit, tp selama ini jauh lebih efektif dibanding kebanyakan info.
Kalo pitbull laen lagi, breed ini menunjukan kemampuan fisik dan mental yang luar biasa, gak gampang takut, jadi gak gt agresiv. bahkan yang pernah di adu juga bisa bounce back. Byk kok yang punya pitbull di forum ini, aku juga comot sana comot sini info, selain google youtube dll. Trending pitbull malah bikin anjing luar biasa ini bernasib sial. mayoritas anjing2 yg di selamatkan itu pitbull. Klo ada duit pengen tuh 1 hehehe.
aku sendiri sering di tanya pas lari sm rottku, anjing galak yah? bisa gigit/nyerang gak? padahal ada 1 orang yg aku tahu punya rott di komplekku, aku tahu krn tadinya tetanggaku mau kawinin anjing mixnya yg udah 2 tahun dan mulai destructive dengan rott itu. Tp katanya rottnya takut abis anjing betina yg mix husky ini suka lompat2 dll, jadi batal lol. aku belum pernah lihat tuh org ajak rottnya lari gak tahu orangnya dan tempat tinggalnya cm di bilang deket sm tetanggaku itu. Yah walau aku punya rott bukan di bilang dia temperamennya galak di banding pitbull yg lebih stabil. Malah anteng, cm org gak ngerti karakter trah ini.
aku sering lihat di youtube, yang paling sial itu apbt, rott nasibnya gak lebih bagus, cuma buat jaga rumah/kebun/gudang, diikat terus di kasih makan asal, kayak di negara mana gt. bahkan penanganannya di pukul dan di setrum listrik sampe nangis2. pas mati beli rott baru lagi buat jaga. ada yg di taruh di ruang kecil di belakang gudang, gak pernah di bersihin poopnya selama 12 tahun, dan abis mati beli baru. ada yg di rante di kandang di luar padahal panas bgt setelah di protes tetangga dan dilaporin ke social service,satu2nya perubahan cuma 1 bowl air putih yg sering tumpah krn rottnya lompat2 bagi social service animal, selama ada shelter dan dikasih makan bukan animanl abused, jadi mereka gak bisa melakukan apa2
Last Edited : 27 May 2014 18:55:18
09 Apr 2014 01:06:16
#6
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
kalo aku boleh koreksi, anjinf tidak sk dll, terutama mengendus salah besar, anjing tidak berkenalan dgn cara gt terhadap manusia, anjing merasakan emosi manusia lgs gak ada hub dgn mengendus dll, itu cara anjing mengenali lingkungan dll spt manusia menggunakan tgn untuk merasa, tips jgn ksh tgn dr balik pagar, sy gak pernah ksh lwt pgr, walau sy tahu sy ngerti psikologi binatang belum pernah dijilat2.pomerian dan belai2 satu yg seneng bgt sebelumnya, sejak kecil sy udah tahu bahaya apa gak masukin tg n ke kandang dobbermen di peternakan dobbermen, bg sy cm perlu kurang dr sedetik untuk memahami anjing dan mengambl tindakan. org yg mengandalkan tips di atas masih pemula yg bakal dpt byk kesulitan krn mereka di pandu pengalaman org laen bukan kemampuan pribadi dlm interaksi antar spesies
10 Apr 2014 17:40:25
#7
Avatar adi_swr
adi_swr
Total Post : 7
Yaeelaahh..secara naluri anjing akan mengendus ketika pertama kali mengenal objek yg mereka blm kenal, lu kira anjing sama ama manusia yg mau pacaran pake pendekatan emosi??
10 Apr 2014 21:46:52
#8
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Menurut saya tips2 di atas adalah rambu2 bagi pemula bila berhadapan dengan anjing yang bukan miliknya, memang harus hati2 karena kita tidak dapat menduga reaksi anjing terhadap aksi yang kita lakukan. Lain halnya kalau kita menghadapi anjing kita sendiri yang kita sdh tahu karakternya.
13 Apr 2014 08:31:28
#9
Avatar 009452
009452
Total Post : 4
Sy setuju dgn mbak yayuk bahwa ini bukan hanya sekedar teori aja tp rangkuman dari pengalaman para pakar di bidangnya dan bermanfaat bagi para pemula tapi kalo buat pakar seperti Om Cesar "Rottfan1" Millan tulisan tntang 5 Cara untuk Berkenalan Dengan Anjing yang Tidak Dikenal pasti udah basi buangeeeettt yuaaa...
13 Apr 2014 14:05:29
#10
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
hehehe @009452 bukan gt, aku mah jauh dr pakar, emang kesannya post aku somse bgt kayak org yg argue soal raw food di artikel laen. Kalo aku gak pernah pelajari itu semua. Boro2 mau baca2, kalo aku harus hapalin susah. Aku gak suka baca buku, buku yg terakhir aku baca harry potter ke 7 yg ribuan kali aku baca, sm kayak husky aku cepat bosan gak suka belajar, di andi aku cuma baca2 artikel penyakit anjing dll bukan psikology anjing, tp mengetahui karakter trah sgt membantu. aku gak pernah mikirin soal binatang pas ketemu binatang, cukup dilihat sekali ketahuan, dan sama anjing, tunjukan respek bahwa anda bukan ancaman, sama kyk manusia, rasa takut dan ketidak tahuan berakibat fatal. aku gak pernah pelajari jadi mana bisa jadi pakar? aku cuma berdasar naluri sejak aku lahir, aku bahkan gak sadar sebelumnya. ada beberapa di atas yg aku gak setuju ada yg setuju and bro and sis kalo aku blg boring artikel sorry yah smile. Pointnya jangan sembarangan megang anjing, kecuali puppy, jenis rott apalagi, mesti ada pemiliknya, dan kesan pertama itu segalanya, anjing bisa merasakan rasa takut dll, jadi gak bisa bohong lha, pura2 senyum kalo merasa takut, deketin ehh takut jauhin deketin lagi, ketawa atau apapun yg menganggu, ini yg bikin pitbull dan rott dpt bad rep. nanti dikira macem2, cukup sekali, kalo gak yakin jangan lakukan gitu aja simple. Gak bisa bohong sama anjing deh soal emosi. semua pengalaman aku sejak lahir menunjukan itu semua. kalo aku lihat anjingnya takut2 jangan asal deketin, kalo, aku lihat matanya kyk stress krn di kandangin terus, kasihan, ehh di pegang jadi super manja, padahal bukan anjing aku. aku pernah gak sengaja pas masukin tgn ke kandang rott dewasa yg lagi gonggong2 masuk kepalan, sama sang anjing cuma di geleng keluar, kerasa tajamnya giginya tp sm sekali gak bergaret. mereka pada gonggong krn yg satu di keluarin, pada pengen keluar stress di kandangin terus. Kalo aku harus hapain artikel di atas dan mikir dulu pas berhadapan dengan anjing, udah terlambat, gak perlu mikir pas ketemu anjing baru, ikutin naluri anda, tp emang kemampuan org di bidang psikology beda2.
astaga, cesar milan khan master bro, masa di samain sm aku? lol, jauh lha. Kita semua sebenarnya bisa do the cesar way, tp kadang2 kemapuan ini gak di gunakan. Aku belum pernah ngelatih anjingku, cm ngelarang aja, paling yg basic, cesar milan yg bikin aku tertarik sm pitbull, selain berbagai info ttg breed luar biasa ini, menggunakan daddy dan junior sebagai pack leader (syg daddy udah meninggal, rekor sih bisa sampe umur 16 tahun)
Last Edited : 13 Apr 2014 16:15:51
13 Apr 2014 15:26:51
#11
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@013409 baca artikel ttg emosi anjing di sini. maksud aku. ada di andi ada di youtube dll, penelitian di london menunjukan emosi anjing mirip manusia, tp dalam hal pengamatan, mereka lebih cermat dan akurat. anjing juga highly social ini yang kadang menyebabkan separation anxiety. Tujuan mengendus sm kayak manusia pake tangan, indra perasa anjing ada di situ, anjing bisa tahu kalo orang pernah megang sst misalnya kaca lebih sape lebih dr dua hari dgn mengendusnya krn scentnya msh ada. untuk kenalan sm anjing aku setuju sama mas zasky dan artikel di atas, jangan pernah tanpa pemiliknya kecuali yakin. coba deh kamu takut2 di depan anjing blm kenal, maju mundur cekikikan akibatnya apa, apalagi rame2, bisa takut anjingnya. begitu anjing jilatin tangan dengan jinak pas baru ketemu dia bakal ngendus untuk merasai, bukan sebelumnya. udah kebukti kok, pas di luar pagar tetanggaku kasih tangannya di balik pagar bilang khan biar dicium, tetap aja di gonggogin terus sampe tuh org pergi, sekali udah cukup besoknya dia tahu itu org emang di tgl di sana, gak pernah gonggong lagi, apa anjing belum kenal bakal ngendus2 km? kecuali ada pemiliknya baru dia lakukan itu, itu bukan tahap pertama kenalan anjing baru, spt kata km, secara naluri khan anjing mengendus. apa hubungannya dengan pengenalan? itu tahap sesudah itu. anjing bakal ngendus2 ke org yg udah di kenalin atau ada pemiliknya, kalo orgnya takut2 deketin ehh jauhin lagi pasti di gonggongin. anjing bakal terus2 mengendus2 terus seumur hidupnya sebagaimana manusia make tangan dan kakinya buat tahu yg dipegang itu telor apa ayam
sebetulnya paling enak aku supercuek sih, abis dikira sok tahu. tp coba deh praktekin, krn aku udah praktekin seumur hidup aku. gmn cara cesar milan dateng ke rumah orang? apa dia menunjukan karakter tegas pack leader atau kasih endus2 dirinya ke anjing? gak perlu jadi pakar untuk tahu ini. dan ngapain coba kasih tangan ke anjing yg ketakutan gonggong2 sebelumnya? jangan perhatiin sang anjing, semakin di paksa semakin takut. untuk lihat tuh anjing gmn, manusia make emosinya juga, kelihatan dr mata sang anjing, lagi marah, takut stress, selain dr tingkahnya. Apa hub sm pacaran lagi? ada ce yg suka co alphamale ada yg suka semi dominan ada yg suka co tipe yg nurut, tergantung ce/co nya. ce lebih suka co yg perhatian, punya kemampuan ngurus diri sendiri dan ce nya, yg bisa bikin sang ce merasa aman dan nyaman, dan yang bisa ngurus sang ce dan punya quality bagus buat punya anak gak harus cakep bgt. co yg cakep dianggap cm buat fun, co/ce yg cakep gak perlu bersusah payah in bed krn mereka gampang dptnya, dan ini jadi pertimbangan juga buat co/ce maunya apa. emosi beda sama perasaan tp berhubungan. kalo gak percaya praktekin aja deh jgn dengerin aku smile peace out
13 Apr 2014 16:00:51
#12
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
aduh sorry sis nikita (nanti gw dimarahin lagi) hehehe, aku cm setuju jangan bikin anjing takut pedekatenya dan jangan tanpa pemilik kecuali yakin. Kecuali di kasih makanan, pelan2 , anjingnya mau deketin, tp kalo anjing mau dikasih makanan sama sembarang orang apalagi yg gak kenal dan gak ada pemiliknya gmn kalo ada org jahat yg kasih makanan isinya ..... (aku gak berani lanjutin isinya apa hehehe). Makanan emang sgt efektif buat pendekatan ke anjing dan juga manusia lol, tp baiknya di latih jangan terima makanan, makan dr bowlnya sendiri. Bisa aja dikasih makanan yg isinya racun atau coklat kalo terbiasa begitu. Ini cm pendapat aku lho. semua org berhak punya pendapat yg berbeda dan itu tujuan diskusi. bukan blg gw yg bener lo yg salah vice versa dlm argument, aku kalo salah pasti ngaku kok alien hehehe. Dlm diskusi pasti ada perbedaan pendapat, dan itu sebab saling koreksi sm kayak sharing, asal bukan insult atau asbun devil
Last Edited : 13 Apr 2014 16:07:55
13 Apr 2014 16:27:44
#13
Avatar Penta.Warih
Penta.Warih
Total Post : 8
Tips dikit aja. Kalau kita ingin beljar anjing. Kita harus cintai anjing. Karna tuhan menciptakan mahluk untuk saling mengenal. Jadi belajar anjing praktek langsung dari anjing yg tidak galak terus dipahami hingga sampai anjing yg galak. Secara bertahap. Karna anjing mahluk yg punya naluri dan rasa seperti manusia. Salam dog lover..
16 Apr 2014 16:23:24
#14
Avatar DonElFuegO81
DonElFuegO81
Total Post : 2
nih pendapat pribadi gue aja yaa,,pendapat broo dan sista masuk smua deh dikepalaku,,yg terpenting emang kestabilan diri kita dengan emosi dan rasa takut pada anjing yg baru,,jujur aku baru2 ini mulai berani ama anjing,mulai kecil yg namanya hewan berbulu aja aku ndak berani jgnkan anjing,kucing bahkan kelincipun aku ndak berani,pengalamanku berani mulai muncul disaat persis jam 12 malam didepan rumah ada anjing kampung kabur yg punya dari desa sebelah,bayangkan perasaan takut,ngeri dan kakiku lemas campur jadi satu,,aku coba dekati persis disini sesuai dgn saran dari om Rottfan1 nyatanya dogie malah gerakkan ekor dgn senangnya,aku mulai pelihara dia slama 1 bulan,dia nurut banget ujung2nya yg punya tahu dan diambil,lanjut skrng aku malah tergila-gila ama anjing...salut buat broo dan sista masukannya dapet banget bagi aku..
27 Nov 2014 19:43:35
#15
Avatar PITPUG
PITPUG
Total Post : 27
sedikit nambahin...di beberapa cesar millan shows...pernah di ajarkan cara medekati anjing yg blm kita kenal...bahkan di ajarkan cara utk memilih ato mengadopsi anjing yg sesuai ama energy kita....dan semua yg di terangkan di artikel ini pernah jg di terangkan oleh cesar millan di beberapa dog show nya....pendekatan menggunakan aura ato energy itu jg bener...karna klo org udah takut duluan ama anjing itu anjing itu udah langsng tau dan anjing akan lebih dominan...tp klo kita tenang, percaya diri, think positif, sama anjing yg kita br kenal pst anjing itu akan summit ama kita....tp body language manusia jg perlu di perhatikan seperti yg di terangkan di artikel ini dan hal itu jg di katakan sama cesar millan....walau enegy udah calm & assertive tp klo body language kita salah, anjing akan lbh dominan dan mungkin kita akan di gigit....inti nya enegy dan body language adalah cara terbaik manusia utk berinteraksi dengan anjing...
23 Jan 2015 00:49:42
#16
Avatar 016592
016592
Total Post : 4
Lumayan paham dengan info nya...
Soalnya saya pernah main ke rumah teman, dengan semangatnya dia minta saya mengelus dalmatian nya yang berumur 6tahunan.
Saya udah ngga mau, tapi dipaksa....saya hanya mengucap "hallo" dengan posisi tangan saya tetap berada disamping pinggang saya, alhasil tangan saya masuk ke mulutnya karena dia tiba2 mendekat, untungnya saya refleks menarik tangan saya....dan ketika saya bicara dengan teman saya yang lain saya baru tau jika dalmatian itu jenis anjing "one man dog"...

Pengalaman yang tak terlupakan smile
Last Edited : 23 Jan 2015 00:50:21
24 Jun 2015 22:19:36
#17
Avatar javierqaedi
javierqaedi
Total Post : 1
izin copas yaa
16 Jul 2016 21:33:05
#18
Avatar hidupkudusselalu
hidupkudusselalu
Total Post : 2
Makasih infonya
16 Jul 2016 21:34:21
#19
Avatar hidupkudusselalu
hidupkudusselalu
Total Post : 2
grinMakasih infonya ya
09 Oct 2016 06:10:30
#20
Avatar joycahyo9
joycahyo9
Total Post : 1
Ini tips yang berguna. Pertanyaan saya adalah bagaimana cara mendekatkan/mengakrabkan anjing saya yang dirumah dengan anjing baru saya. Kelamin sama2 betina makasih

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.