INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
06 Dec 2013 13:34:57
#1
Avatar Kirensoo
Kirensoo
Total Post : 2

muntah terus-menerus dan tidak mau makan

ada yang bisa bantu? dari semalam kondisi anjingku memburuk. Umurnya sekitar 6/7 bulan. Biasanya beberapa jam setelah makan dia bisa memuntahkan kembali makanannya dan masih berbentuk padat, mungkin belum dicerna. setelahnya dia baik-baik saja dan bisa makan kembali. Namun semalam setelah memuntahkan, tak lama dia kembali muntah namun teksturnya berlendir dan putih seperti susu. terulang terus sampai pagi harinya, bahkan siang tadi juga dia masih muntah. Pertolongan pertama yang saya berikan cuma sebatas cairan semacam oralit untuk anak2. Tapi setelahnya muntah masih terjadi. Saya bingung apalagi ini pertama kalinya memelihara anjing, dia tidak mau makan apapun dan hanya bisa meminum sedikit air atau susu kalau ditaruh ditelapak tangan. Apakah ada jenis pertolongan lain yang tidak melibatkan penanganan dokter hewan? kalo aja ada askes hewan T^T
tolongin aku dong, saran dari yang berpengalaman, aku takut dia dehidrasi parah.
banyak artikel yang aku baca menyebutkan itu ciri2 penyakit serius atau diracun, dan obatnya ada yang mengatakan diberi air kelapa, norit, atau obat muntah. Tapi masih bingung gimana cara penanganan yang tepat, takut salah menangani dan bisa jadi lebih complicated ;___;
thanks~

06 Dec 2013 14:10:35
#2
Avatar Teodorus
Teodorus
Total Post : 14
Di Kasih Obat Anti Muntah aja, siapa tau kondisinya membaik dn mau makan lg.
06 Dec 2013 15:23:57
#3
Avatar Sandi.S.S
Sandi.S.S
Total Post : 19
Hati2 itu,,anjing ku banyak yang sperti itu,katanya dokter lagi musim hujan jadi banyak anjing yang muntah2,,obat nya cukup mylanta tablet (besar 1 tablet,kecil 1/2 tablet) sehari 2x..

Kalau sudah gak mau makan harus di bawa ke dokter hewan karena bisa saja keserang penyakit lain,,salah satu anjing ku skrng positif distemper

Good luck
06 Dec 2013 21:00:41
#4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Kl dah begitu dr pd ambil resiko, kalau saya ya langsung diinfus ke vet untuk menghindari dehidrasi. Sembari dicari penyebabnya, mulai dr tes darah lengkap, rontgen dan usg kalau perlu.

Penyebab muntah yg berhubungan dgn perut dan usus, pada umumnya:

Isi lambung/usus yg cenderung statis: Isi lambung yg cenderung diam menyebabkan mual dan muntah, diperlukan obat untuk merangsang pergerakan lambung dan usus.
Obat Metoclopramide dosis 0,2-0,5mg/kg setiap 6 jam, 30 menit sebelum makan atau minum obat yg lain, 30 menit sebelum tidur. Kl tidak mempan, bisa diberi obat Domperidone (merk Vometa) dosis 0,5-1mg/kg, 2x sehari, 30 menit sebelum makan atau minum obat yg lain. Obat2 diatas tidak dianjurkan bila anjing diare, apalagi kl ada diare berdarah.

Iritasi lambung/usus, diperlukan obat untuk melapisi dinding lambung yg teriritasi.
Obat Mylanta bisa dipakai, tapi saya cenderung memilih Sucralfate (merk Neciblok) dosis untuk anjing kecil 0,25 sd 0,5gram/kg, untuk anjing besar 0,5 sd 1gram/kg setiap 6 atau 8 jam, sebelum makan.

Jadi berikan Metoclopramide dulu, tunggu 15 sd 30 menit berikan Sucralfate, kalau jam makan tunggu 15 menit baru diberi makan yg halus dan mudah dicerna (bubur nasi putih+daging ayam tanpa lemak/dada yg dicacah halus).

Tapi muntah juga dapat disebabkan adanya gangguan liver atau ginjal, atau gangguan lain yg tidak dapat diatasai dengan obat2 diatas. Untuk mencegah dehidrasi yg akan membunuh anjing dengan cepat, paling aman ya diinfus, sambil dicari penyebabnya dan diobati. Kl nda mau ke vet, beli cairan infus dan peralatannya, belajar cara masukin jarum infus ke pembuluh vena smile Lakukan sendiri di rumah.
Last Edited : 06 Dec 2013 21:13:29
07 Dec 2013 06:55:00
#5
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Saya setuju dengan LabsLover, namun maaf ya kalau untuk infus sendiri di rumah sepertinya sulit dilakukan
oleh orang awam ( kecuali ada paramedis yang berpengalaman di rumah Kirenso, apalagi doggy banyak bulunya dan resiko bila doggy berontak ketika akan diinfus atau ketika infus tengah berjalan, bisa difiksasi tapi apa cukup perlengkapan untuk itu ? ), dan tidak dapat mengontrol sampai seberapa banyak volume cairan yang akan diinfuskan, khawatir akan OVERLOAD, ini juga berbahaya bagi doggy. Saran saya kalau mau infus dilakukan oleh dokter hewan atau di rumah sakit hewan kalau ada.
08 Dec 2013 10:06:54
#6
Avatar Fitria.Puji.Lestari
Fitria.Puji.Lestari
Total Post : 2
trus itu ngasih obatnya gmna? kan kalau kemasukan air aja dia muntah. thank's
08 Dec 2013 19:30:45
#7
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Untuk obat mual/muntah Metoclopramide diberikan 30 menit sebelum makan dengan dosis 0,5 mg/Kg BB doggy, misalnya BB doggy 15 Kg, sehari perlu dosis 15 x 0,5 mg = 7,5 mg/hari, karena sehari dosisnya dibagi 3, maka setiap minum 2,5 mg. Satu tablet Metoclopramide ( banyak obat Branded dengan komponen Metoclopramide ini ) beratnya 10 mg, maka setiap minum 0,25 tablet. Untuk meminumkan 0.25 tablet sangat mudah karena tabletnya berukuran kecil, caranya mulut doggy dibuka, tahan dengan tangan kiri, tangan kanan memegang tablet dengan jari telunjuk dan ibujari masukkan tablet ke dalam kerongkongan doggy ( bukan ditaruh di mulut karena akan dilepeh ). Nggak perlu diberi minum ( karena kalau kemasukkan minum akan muntah lagi ). Nah selamat mencoba semoga berhasil dan sembuh. Jalan terakhir, bila masih muntah juga, periksakan saja ke dokter hewan.
09 Dec 2013 11:30:21
#8
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Yup.. kl masih muntah setelah diberi Metoclopramide, obat berarti harus dimasukkan lewat injeksi, atau lewat infus, lebih baik dilakukan oleh vet atau paramedis. Tp kl penyebab muntahnya tidak diatasi, ya nda sembuh.

Eh, maaf bung Zasky, untuk doggie dosisnya 0,2 sd 0,5mg/kg untuk sekali minum lho, bukan per hari.
Last Edited : 09 Dec 2013 11:37:06
09 Dec 2013 19:00:06
#9
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Terima kasih koreksinya Bung Labs, saya tidak ingin berpolemik soal dosis Metoclopramide namun dari referensi beberapa literatur dosisnya memang 0,5 mg/Kg BB/hari dibagi dalam 3 dosis. Kelebihan dosis/over dosis banyak Efek Sampingnya bahkan bisa fatal akibatnya.
10 Dec 2013 09:58:26
#10
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
No no offense bung Zasky, maaf! Pemberian obat under dosis, tidak akan menghasilkan efek yg diinginkan. Dosis yg bung Zasky berikan itu adalah dosis untuk manusia. Sebagian besar obat memang memakai dosis dengan hitungan sama untuk animal dan human. Tapi Metoclopramide punya dosis yg berbeda.

http://www.1800petmeds.com/Metoclopramide-prod10210.html
Metoclopramide is available as 5mg and 10mg scored tablets. The usual dose for dogs and cats is 0.1-0.2mg/pound every 6-8 hours.

http://www.petplace.com/drug-library/metoclopramide-hcl-reglan/page1.aspx
Metoclopramide is most often prescribed to treat or prevent vomiting in dogs ... The typical dose administered to animals is 0.1 to 0.2 mg per pound every six to eight hours orally

http://www.medi-vet.com/Metoclopramide-Oral-Solution-p/10446.htm
Metoclopramide is a anti-vomiting drug commonly used ifor management of ... Dosage dogs and Cats: 0.2-0.5 mg/kg every 6-8 hours orally

http://www.petcarerx.com/article/using-metoclopramide-tablets-as-vomiting-treatment/1051
Metoclopramide Tablets (generic to Reglan) are for treating gastrointestinal disorders, reflux diseases, and managing vomiting in dogs and cats. ...The ideal dosage usually administered in animals is 0.1 to 0.2 mg per pound (0,2 to 0.5 mg per kg) every six to eight hours.

Kl boleh saya tau literatur mana yg bung Zasky baca? Saya akan coba mempelajarinya, Kl memang 0,5mg/kg dibagi 3x dan diberikan hanya 3x sehari memang bisa efektif untuk dogs, saya lebih baik memakai dosis yg Bung Zasky pakai. Karena saya juga selalu memakai dosis terendah yg memungkinkan asal tetap bekerja efektif. Obat yg harusnya diberkan 6x sehari, tp hanya diberikan 3x, kadang tetap menimbulkan muntah pada anjing, karena cara kerja obat ini bekerja tidak hanya pas obat masuk, tp juga bekerja sepanjang hari. Bila aktifitas bowel yg diharapkan dicapai untuk mencegah muntah harus diberi obat 6x, bila cuma diberikan 3x, ada tempo efek obat berhenti, bowel pun menjadi pasif kembali dan akibatnya menimbulkan mual kemudian muntah.
Last Edited : 10 Dec 2013 12:41:00
10 Dec 2013 12:36:07
#11
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Ah sudahlah, itu sebenarnya urusan vet untuk menentukan obat dan dosis. Untuk bung Kirensoo mengapa nda mau ke vet? Bila udah muntah2 ga terkontrol yg paling berbahaya tu ya dehidrasi yg bisa membunuh anjing dgn cepat dibanding kerusakan organ karena parasit/kuman. Penyebab muntah banyak sekali lho. Dan tidak selalu bijaksana memberi obat anti muntah yg sifatnya meningkatkan aktifitas bowel. Kl penyebabnya iritasi usus, obat2 itu bisa memperparah iritasinya. Di vet setelah mendapat cairan infus berarti kita sudah meniadakan resiko dehidrasi. Vet bisa menentukan aktifitas bowel dengan mendengarnya melalui stetoskop. Vet bisa meraba2 dan menentukan terjadi inflamasi di liver atau ginjal yg biasanya diringi dengan pembengkakan (gangguan di hati dan ginjal juga menyebabkan muntah). Vet bisa melihat warna mata dan gusi anjing untuk melihat apakan anjing terkena penyakit tertentu seperti hepatitis yg menyebabkan mata cenderung kuning. Vet bisa mengambil sample darah untuk memastikan anjing terkena kuman atau karena kerusakan organ saja. Vet bisa melihat isi perut melalui rontgen atau usg. Setelah semua diagnosa selesai, vet dpt menentukan obat yg tepat dengan dosis yg benar.
Last Edited : 10 Dec 2013 12:39:43
18 Dec 2013 17:42:51
#12
Avatar Kirensoo
Kirensoo
Total Post : 2
haloooo makasih buat saran teman2 >O<wink/
ini sangat membantu dalam kepanikan yang lalu
sekarang anjingku udah sehat dan kembali hyperaktif seperti semula

sewaktu dia masih muntah terus-menerus aku ngikutin saran ini ngasih dia obat muntah (merk vometa) dan mylanta tablet karena dia masih gak mau makan apapun kan
tapi sumpah susaaaaaah banget ngasih makan obatnya. Kalo dia ngerasa terancam gegara mulutnya ditahan2 dia malah menggigit -_-
dan akhirnya obat tabletnya dihancurin, dipaksa buka mulutnya lagi supaya bisa tertelan langsung ke kerongkongannya (yah penuh perjuangan juga T,T)

besoknya dia juga masih belum mau makan, tapi sudah lumayan ceria
di depan rumah ada beberapa tanaman (katanya kan kalau keadaan perut mereka memburuk mereka suka makan rumput) jadi dibiarin dia main2 dulu disitu sampai ngunyah2 tanaman tsb.
gak lama dia mmg agak baikan, dan udah mau makan lagi, tapi yah porsinya sangat sedikit.
beberapa jam setelahnya dia kembali muntah, akhirnya mau gak mau harus ke Drh juga
setelah kesana, dia disuntik dan Drhnya memberi 3 macam obat tablet (termasuk obat muntah dan ada juga obat cacing namun khusus obat cacingnya gak bisa ditemukan di apotek manapun di Kota Medan sad)
obatnya: primperan 5mg (Metoclopramide) , Flagyl Forte 500mg dengan dosis yang sama 2x1 setengah tablet 1 jam sebelum makan.

dan juga yang terpenting, Drh menyarankan agar diberikan dog food saja, karena mengandung nutrisi yang lengkap untuk pembentukan imunnya supaya gak gampang sakit (termasuk saran vaksin, karena telat dan kurangnya kesadaran akan vaksinasi). Sebelumnya memang diberi makanan rumah grin
yah akhirnya dibeli juga dog food, tapi anjingnya males mau makan dry food, akhirnya setelah seminggu dicoba ganti juga dengan yang kalengan.
yah sekarang udah baik2 aja sih, tapi untuk mencegah kebosanan, aku kombinasikan makanan rumah sama dog food.
Segini aja deh curhatannya ahahaha blush

oh iya, apa perbedaan vet dengan klinik Drh?
kalo seperti yang dijelaskan di atas, vet bisa melakukan diagnosa lengkap ya
kata Drh kemaren, di Medan dulu ada yang begini, tapi karena alasan izin tempat itu tidak diizinkan beroperasi (gak tau sekarang sih)

sekali lagi makasih banget atas saran teman2
lengkap dan sangat berpengalaman wink
aku bakalan sering nanya2 happy
24 Dec 2013 07:35:12
#13
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
rs lebih akurat krn fasilitasnya dan pengalaman dan kemampuan, mereka sering menangani mslh2 yang direkomendasi dibawa ke rs oleh vet, tentu aja cari rs yg okay smile. drh gak semua, ada yg memang bagus, dan tahu percis, dan biasanya kalo dia tahu jenis penyakitnya perlu ke rs, dia kasih tahu. byk vet yg sok tahu. parvo dikira cacingan dll. cari drh yang ok, kayaknya dokter cucu di sunter terkenal bagus sekali smile
Last Edited : 24 Dec 2013 07:37:55
08 Jan 2014 17:00:59
#14
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Dokter berusaha mencegah mutah dengan Metoclropramide (merk Primperan), dan mengeliminasi parasit di bowel. Bakteri dan Amoeba dieliminasi dengan antibiotik Metronidazole (merk Flagyl), dan mengeliminasi cacing dengn obat cacing. Biasanya sih merk Drontal, apotik ga jual, yg jual petshop, terlalu kuat kl buat manusia. Sukur deh kl dogienya sudah sembuh.

Kl boleh saran laen kali belinya Metoclopramide aja, lebih murah dr Primperan, isinya sama. Dan belinya Metronidazole aja, lebih murah dari Flagyl, isinya juga sama. Hidup obat generic haha..
16 Nov 2014 11:58:18
#15
Avatar maringanfransisko
maringanfransisko
Total Post : 5
kakak kirensoo, saya orang medan juga . dan anjing saya mempunyai gejala yang sama dengan anjing kakak. dimana alamat Drh yang kakak maksud itu kak dan biaya nya berapa? dan siapa nama dokter nya. cwy
16 Nov 2014 11:59:18
#16
Avatar maringanfransisko
maringanfransisko
Total Post : 5
tolong ya bantuann nya para dog lovers cwy
16 Nov 2014 12:04:48
#17
Avatar maringanfransisko
maringanfransisko
Total Post : 5
pertolongan sementaraa yang saya kasih susu kental manis tambah gula, setelah saya kasih, dia tidak muntah. setelah itu karena saya kira perut nya cacingan, jadi saya kasih obat cacing sirup, tapi setelah itu muntah-muntah. tolong bantuan nya ya AnDi
27 Nov 2014 10:52:07
#18
Avatar Sutarno.S
Sutarno.S
Total Post : 1
anjing saya masih kecil.tapi kalau di beri makan mintah serta diare.apa penyebabnya.dan penyembuhannya bagaimana.tlong di jwb
27 Mar 2015 21:25:19
#19
Avatar black.side.395
black.side.395
Total Post : 1
Anjing q berumur 2 bulan dia muntah" dan gk mau mkn,,,dan buang air besarnya pun cair..tolong bantuantuan nya..cwy
05 Jun 2015 15:35:55
#20
Avatar anjing-dijual396
anjing-dijual396
Total Post : 1
Anjingku ni umurnya jalan 2 bulan.. pertama baik aja trus aku beliin susu..ku minumin tp dia malah mencret..akhirnya susunya gak tak minumin lagi.. makannya aku kasih sun sereal minumnya air putih tp kok masih mencret ya? Dan eeknya keluar kaya cacing gitu.. dah aku kasih obat cacing tp diaa muntah.. kalo makan selalu muntah itu kenapa ya sad tolong sarannya teman*

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.