Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
08 Nov 2013 10:19:49
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Menaruh Anjing di Dalam Kandang Sepanjang Hari BUKAN Ide yang Baik

foto

Banyak pemilik anjing yang kurang memahami atau tidak menerima informasi yang jelas tentang bagaimana menggunakan kandang yang tepat dan baik untuk anjing mereka. Banyak diantaranya yang menaruh anjing peliharaannya seharian di kandang setiap hari (terutama mereka yang bekerja di kantor). Bayangkan berada di dalam kandang 8 jam sehari, 5 hari setiap minggu dan terus berlangsung hingga 10 tahun atau lebih tentunya itu bukan kualitas hidup yang layak bagi anjing Anda.

Dengan keterbatasan ruang dan gerak, tidak heran jika kita sering melihat anjing mengembangkan masalah perilaku, sulit untuk dilatih, menjadi posesif atau memperlihatkan prilaku abnormal seperti pica (memakan sesuatu yang non makanan).

Teori kandang
foto

Serigala di alam liar memiliki insting alami untuk membangun sarang, tempat untuk tidur, makan, membesarkan anak, bersembunyi dari predator dan merasa aman. Di waktu modern sekarang ini, anjing-anjing peliharaan tidak membutuhkan kandang, karena mereka sudah merasa cukup berada di dalam rumah, apartemen, dan dimana saja tempat mereka bisa hidup harmonis dengan manusia. Kandang disini lebih sebagai tempat privasi bagi anjing saat mereka ingin melakukan urusannya sendiri dan tidak ingin diganggu. Kandang bisa menjadi alat yang hebat jika digunakan secara tepat. Namun harus ada batasan berapa lama anjing berada di dalam kandang agar anjing tidak merasa kandangnya sebagai penjara baginya. Serigala di dunia liar bisa datang dan pergi dari sarang mereka. Jadi, kandang harusnya bersifat seperti sarang, yaitu anjing bisa datang dan pergi juga.

Pelatihan kandang (Crate training)
foto

Karena anjing tidak akan mengotori sarangnya sendiri, maka kandang bisa digunakan sebagai pengganti sarang dimana Anda bisa menempatkan anjing Anda dan cukup yakin dia tidak akan buang air di dalamnya sampai Anda membawanya keluar untuk buang air. Saat menggunakan kandang untuk tujuan melatih toilet training, jangan membiarkannya terlalu lama di dalam kandang atau Anda akan menggagalkan latihan Anda. Itu karena mereka tidak dapat menahan terlalu lama sehingga terpaksa buang air di dalam kandang. Anak anjing memiliki ketahanan yang berbeda dengan anjing dewasa dalam hal waktu buang air. Namun, anjing dewasa juga tidak boleh berada di dalam kandang selama lebih dari 4-5 jam sekali waktu. Ini berarti, jika Anda bekerja, Anda harus meminta seseorang mengeluarkan anjing dari kandang untuk buang air.

Tips Cara Mengetahui Kapan Anjing Ingin Pipis atau Buang Air Kecil
Cara Melatih Anjing Agar tidak Pee/Poop Sembarangan di Rumah

"Penyiksaan" kandang
foto

Meninggalkan anjing dalam kandang selama 8,10 atau 12 jam setiap hari adalah tindakan yang kejam dan sama saja dengan penyiksaan. Beberapa anjing bahkan setelah seharian dikandang saat pemiliknya pergi bekerja, kembali ditaruh kandang saat tidur malam. Ini berarti mereka hanya memiliki 5 jam bebas setiap hari. Itu hampir sama seperti saat kita harus duduk seharian bekerja di depan komputer berjam-jam tanpa ada waktu untuk bisa meregangkan otot-otot kita, dan terbatas pada kursi komputer sepanjang hari tentu rasanya akan sangat tidak menyenangkan.

Anjing adalah hewan sosial. Terkunci di kandang untuk jangka waktu yang lama tidak kondusif untuk membangun ikatan yang baik dengan Anda, yang selalu melihat Anda dengan curiga setiap kali Anda bergerak untuk memasukkannya ke kandang. Kandang seharusnya adalah tempat dimana anjing bisa keluar masuk secara sukarela, kecuali memang digunakan untuk tujuan tertentu. Dan, sebaiknya jangan digunakan untuk menghukum anjing dan memasukkannya saat sedang marah.

Kegunaan kandang
foto

Kandang bisa digunakan untuk berbagai tujuan selain untuk pelatihan toilet training.
- Sebagai tempat untuk anjing pasca operasi atau saat masa penyembuhan anggota tubuh yang luka.
- Menjadi tempat yang aman dan nyaman saat anjing diberikan chew bones atau treat karena anjing bisa menikmatinya tanpa harus takut direbut oleh anjing lain.
- Sebagai tempat yang nyaman bagi beberapa anjing saat ada petir atau anak-anak kecil berisik yang datang kerumah yang biasanya tenang
- Sebagai alat untuk membawa anjing berkendaraan dengan aman saat berada di dalam mobil atau untuk traveling.

Tidak semua anjing suka dengan kandang. Beberapa anjing memiliki fobia atau kecemasan yang diperparah saat berada di kandang. Menempatkan anjing seperti ini ke dalam kandang bahkan hanya untuk beberapa menit bisa menjadi tindakan yang tidak manusiawi dan harus dihindari. Anda akan tahu dari reaksi anjing Anda jika ia salah satu anjing yang tidak suka berada di kandang. Ia akan gemetar, menangis atau muntah saat dimasukkan ke kandang.

Bagaimana Melatih agar Anjing Tidak Merengek dan Menggonggong Saat Berada di Kandang

Kesimpulan
Gunakan kandang untuk pelatihan, sebagai sarang baginya, dan kegunaan lain yang telah disebutkan tadi namun BUKAN sebagai cara hidup atau penjara baginya.

Sumber:
dogcare.dailypuppy.com
animalbehavior.org

Last Edited : 08 Nov 2013 11:44:05
08 Nov 2013 18:09:22
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Ya setuju banget. Its Oke !
16 Nov 2013 16:46:52
#3
Avatar Bayumurti.Haryokusumo
Bayumurti.Haryokusumo
Total Post : 2
Mindset yang keliru dan harap Anda koreksi, sebelum membuat para doglover menjadi berpikir salah kaprah seperi Anda.
16 Nov 2013 16:59:25
#4
Avatar Bayumurti.Haryokusumo
Bayumurti.Haryokusumo
Total Post : 2
Bila Anda membayangkan kandang hanya sebagai deretan jeruji berdimensi kecil yg membatasi gerak anjing, YA saya setuju. Kandang yg saya maksud adalah benarĀ² tempat tinggal yang layak buatnya, sekaligus menjadi tempat yg paling aman baginya dan bagi semua.

Kandang selain digunakan utk melatih disiplin, juga utk kebaikan semua (anjing + majikan + tamu) sekaligus mendisiplinkan kita. Dgn kandang berari kita pun harus disiplin. Saya berpikir secara ideal bahwa memelihaa anjing atau apapun, kita punya kewajiban utk disiplin juga.

Anjing kita semua tau bahwa dia adalah mahluk teritorial. Dia akan selalu berusaha mendominasi dgn menandai batas teritorialnya dgn kencing. Anjig kencing bukan semata krn kebelet pipis tp naluri teritorial juga. Itulah kenapa harus diberi batasan.

Ya memang, justru dgn adanya kandang, seolah kita mengekang hidupnya. (ya kalau yg Anda bayangkan cuma kandang ukuran sempit dan kumuh spt gambar di atas,,, wajar!).

Dgn kandang, kita mengajar anjing disiplin dan tau batasan. Kita pun belajar disiplin dgn harus ruin membersihkan kandang dan mengeluarkannya utk exercise / jalanĀ². Itu positifnya.
10 Mar 2014 12:40:57
#5
Avatar robert.sukarno
robert.sukarno
Total Post : 4
Bener, saya melatih anjing saya untuk buang hajat di dalam kandang, setelah itu dia bebas berkeliaran di rumah jd kandang hanya dijadikan toilet utk anjing
21 Oct 2014 12:04:55
#6
Avatar farida.ariani.3511
farida.ariani.3511
Total Post : 36
My tekel yg almh merasa nyaman dikandang,klau pintunya dah dibuka,dia langsung msk tanpa dipaksa n ga minta keluar tuh he he he apalagi klau dpt tulang kesukaannya,wah betah banget ( takut direbut induknya ngkali )
07 Nov 2014 23:08:55
#7
Avatar Arri.Ballan
Arri.Ballan
Total Post : 1
tetap anjing perlu dilatih disiplin karena qta adalah pack leader. sy punya seekor anjing jenis american pitbull terrier, disiplin yg sy terapkan sore hari latihan fisik biasanya lompat2an, malam hari sy masukkan ke kandang, sabtu jalan pagi sekitar 30 menit hasilnya baik untuk anjing saya. tetap bagi sy anjing harus disiplin dan ada batasannya. manusia adalah pemimpin kawanan, aturan harus qta yg buat tetapi harus dengan rasa tanggung jawab, kasih sayang, dan koreksi apabila ada kesalahan. anjing agresif saran sy dibuat lelah agar mudah diatur.
26 Apr 2016 22:57:10
#8
Avatar anjing-dijual999385
anjing-dijual999385
Total Post : 1
Saya punya puppy dan masih sekitar 2 bulan. Karena saya muslim, maka anjing tdk boleh didalam rumah. Maka saya buatkan kandang 2x3meter tepat didepan rumah. Dan saya hanya menempatkan puppy sama disana pada malam hari untuk tidur, pada siang hari ia dibebaskan diluar seharian. Apa ini benar? Soalnya pada malam hari puppy saya menangis/merengek sekitar 3-5x, dan saya sering terbangun dan dtg utk menemani. Baiknya bagaimana? Apa didatangi saja setiap menangis di malam hari, atau datangi saja? Saya takut dia stress kalau dicuekin, tapi saya jg takut dia ga disiplin&ga terbiasa sama kandangnya
12 May 2016 10:12:10
#9
Avatar putriemaliahanum
putriemaliahanum
Total Post : 1
Anjing sy umur 2 blan , dy awalnya buang air kecil n besar d tmptnya n suka menggonggong ? Tp smkin hari tmpt buang air nya di obrak abrik n pipis kmna2, pup ga d temptnya ? Tp sudah jarang menggonggong? Bgimna solusinya ? Dy sy tmptnya d dlam kandang krena msh dlam proses penyembuhan kudis ?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.