Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
04 Sep 2012 14:14:29
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Alasan Anjing Menggonggong dan Solusinya..

Semua anjing pada dasarnya akan menggonggong, mengaing dan melolong sesekali, ini adalah hal yang alami. Anjing bersuara untuk berkomunikasi dengan manusia dan untuk mengekspresikan dirinya. Terkadang kita ingin agar anjing kita menggonggong untuk memperingatkan kita saat ada sesuatu yang bahaya atau melindungi kita dari bahaya. Bagaimanapun, anjing yang menggonggong secara berlebihan bisa disebabkan karena masalah prilaku.

Bagaimana solusinya? anjing Anda perlu memahami kapan harus menggonggong dan kapan harus diam, dan itu menjadi tugas Anda untuk mengajarkan kepadanya. Mulailah untuk mengatasi masalah gonggongan ini secepat anda bisa. Semakin lama anda menunggu, semakin sulit untuk memperbaiki perilaku ini. Ide yang baik adalah mengajarkan anjing Anda perintah berbicara atau diam. Hal ini mungkin lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Namun, dengan dedikasi dan konsisten, Anda dapat mengajarkan anjing Anda untuk menggonggong dan diam saat diperintahkan.

Mengapa Anjing Menggonggong?
Merupakan hal yang penting memahami bahwa anjing menggonggong karena berbagai alasan. Mereka tidak menggonggong hanya untuk mengganggu Anda dan tetangga Anda, bukan juga karena dengki atau dendam. Anjing tidak hanya menggonggong karena ada alasan dibaliknya. Beberapa jenis anjing tertentu menggonggong lebih sering daripada jenis lainnya dan ada beberapa jenis anjing lainnya benar-benar dibiakkan untuk menjadi Barkers (Penggonggong). Namun sebaliknya, ada juga seperti ras Basenji tidak menggonggong sama sekali (meskipun ras ini bisa bersuara dengan cara lain). Jika Anda mendengarkan secara dekat, Anda akhirnya akan belajar gonggongan yang berbeda dari anjing Anda.

Memahami alasan mengapa anjing Anda menggonggong adalah langkah pertama untuk mengontrol perilaku ini. Pada umumnya, anjing akan menggonggong karena beberapa alasan dibawah ini:
  • Peringatan
    foto
    merupakan hal yang alami bagi seekor anjing mengonggong saat seseorang berada di depan pintu, saat orang asing melewati rumah atau ada mobil lewat. Kebanyakan anjing akan menggonggong apabila merasa adanya bahaya / ancaman, seolah menyatakan "Saya di sini melindungi tempat ini, jadi jangan macam-macam dengan saya." Suara gonggongan ini biasanya tajam, keras, dan otoriter. Asah insting ini dengan latihan karena akan berguna untuk membantu melindungi rumah Anda dan keluarga.

  • Kecemasan / separation anxiety
    foto
    menggonggong karena rasa cemas seringkali tampaknya menjadi suatu tindakan menenangkan diri bagi kebanyakan anjing. Biasanya diiringi dengan nada yang tinggi dan kadang-kadang disertai dengan mengaing (whining). Jenis gonggongan ini biasanya untuk anjing yang mengalami separation anxiety.

  • Ungkapan rasa senang bermain atau semangat
    foto
    jenis gonggongan ini biasanya terjadi pada anak anjing dan anjing usia muda. Kebanyakan anjing akan menggonggong saat bermain dengan orang atau anjing lain. Bahkan suara gonggongannya cenderung terdengar ceria dan bernada. Beberapa anjing akan menggonggong penuh semangat saat mereka tahu bahwa mereka akan dibawa pergi berjalan kaki atau naik mobil.

  • Menarik perhatian
    foto
    saat Anda mendengar gonggongan ini, Anda biasanya akan tahu apa artinya. Gonggongan ini seperti mengatakan " Hei!hei! liat! saya disini!". Anjing lain mungkin menggonggong dan melolong secara bersamaan untuk mendapatkan perhatian, hampir terdengar seperti suara anak kecil merengek.

  • Bosan
    foto
    Gonggongan dari anjing yang merasa bosan terdengar seperti anjing tersebut menggonggong hanya untuk mendengar suaranya sendiri. Walaupun cenderung menganggu, tapi hal ini adalah salah satu ungkapan kesedihannya. Anjing yang bosan biasanya menggonggong untuk melepaskan kelebihan energi mereka dan kadang-kadang untuk keluar dari rasa kesepiannya. Mereka biasanya membutuhkan aktifitas dan bahkan mungkin teman.

  • Menanggapi anjing lain
    foto
    Hal ini mungkin keadaan yang biasa terjadi saat satu anjing mulai menggonggong dan satu per satu anjing lain dari blok rumah yang sama akan ikut menggonggong.
Cara Mencegah dan Menghentikan Gonggongan yang Berlebihan
  1. Setelah Anda menemukan penyebabnya, Anda dapat mulai untuk mengontrol sikap tersebut. Cara yang terbaik untuk mencegahnya adalah pertama dengan mencoba dan menghilangkan sumber penyebab dari perilaku tersebut. Anda juga harus pastikan tidak dengan sengaja mendorong anjing Anda untuk menggonggong. Pada akhirnya, berikan dia kegiatan yang bisa dilakukan selain menggonggong.

  2. Pastikan anjing Anda mempunyai banyak latihan fisik sehingga tidak ada energi yang terpendam.

  3. Sebisa mungkin hindari meninggalkan anjing Anda sendiri dalam waktu yang lama.

  4. Jangan pernah memeluk, memberi makanan kepada anjing saat dia mengonggong kepada anda untuk mencari perhatian atau ingin menghilangkan kekhawatirannya karena dia akan menganggap hal itu sebagai balasan/respon dari gonggongannya sehingga malah akan semakin mendorongnya untuk melakukan itu.

  5. Berteriak pada anjing Anda untuk membuatnya berhenti menggonggong tidak akan membantu. Hal ini malah akan lebih membuat semakin mengonggong.


Sumber: dogs.about.com

Last Edited : 04 Sep 2012 14:31:55
22 Oct 2012 11:17:39
#2
Avatar Oeban
Oeban
Total Post : 2
klo anjing golden saya seringnya bunyinya nguik2.... piwit2... gitu dan tidak menggonggong. dlm 1/2 taon bisa di hitung dgn jari dia menggonggong or melolong.... adakah cara biar dia bs sering menggonggong?
10 Jan 2013 20:26:22
#3
Avatar echa.kezia
echa.kezia
Total Post : 1
hahahhhaha gitu ya ooo saya baru tau
27 Jan 2013 23:56:05
#4
Avatar Melisa.Ursula
Melisa.Ursula
Total Post : 4
puppy chihuahua saya 4 bulan, kalo ditinggal pergi dan dia sendirian dia gonggong dan nangis sekenceng2nya..gimana ya, harus ditinggal ke kantor..gak tega kalo kluar pintu denger dia nangis..weekend pertama ini saya latih tinggalin 2-3 jam ditinggal...

apa bakal terus-terusan begini...(maklum baru pertama kali punya puppy) dan gak enak ma sekitaran kalo dia berisik terus (sy tinggal di apartement, walaupun gak jauh dr unit sy ada yg punya shitzu,tp gak berisik kayak ini hiks....)
untuk tempatnya udah disiapin yg nyaman..bed, mainan, makanan dan minum...
ada yang bisa bantu saran...atau share pengalaman...
Last Edited : 27 Jan 2013 23:59:07
28 Jan 2013 08:16:01
#5
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
namanya juga anak kecil..wajar anak kecil bersifat seperti itu..diemin aja biarin teriak2 sampe serak..ntr juga diem sendiri.

itu adalah resiko anda piara puppy, walau ada jenis ras anjing yg walau masih puppy tidak cengeng kek anjing2 ras laennya.
01 Mar 2013 07:38:53
#6
Avatar ketut.primantara.58
ketut.primantara.58
Total Post : 1
kenapa ya anjing saya selalu menggonggong
13 May 2013 01:48:32
#7
Avatar Edi.Alfidian
Edi.Alfidian
Total Post : 1
puppy husky saya umur 5 bulan menggonggong setaip saya pergi, maunya ditemenin terus..kalao udah mlm saya bisa duduk berjam2 didekatnya agar dia tdk menggonggonng, begitu saya pergi dia menggonggong lagi...bagaimana cara mengatasinya sad
02 Jun 2013 15:07:44
#8
Avatar Sarah.Febriani
Sarah.Febriani
Total Post : 1
Duh saya juga lagi mumet ama anjing titipannya teman, ngegonggong mulu. Ga bisa ditinggal, padahal saya juga punya anjing jenis yang sama (shihtzu) 2 ekor tapi santai2 aja mereka. Please help me.. sad
02 Jun 2013 16:53:00
#9
Avatar Ayik.Pastrana
Ayik.Pastrana
Total Post : 2
anjing saya maltise umur 5bln.. klo di tinggal pergi pasti gonggong... bingung gimna untuk ngadepin nya.. saya jga hrus ke kantor... tp kasian ninggalin.. gmn yasolusi nya ...????? tolong di bantu ...

email: ayik.pastrana@gmail.com

thankz
12 Jul 2013 23:12:22
#10
Avatar antony.pringgorahardjo
antony.pringgorahardjo
Total Post : 1
Kalo setiap kali ada anjing yg sy lewati selalu menggonggong ke saya tp kalo sy deketin antara malah kabur ato sy iseng ajak maen malah jd keasikan.... Itu knp ya??? Masa bs begitu terus tiap kali ketemu anjing??
28 Jul 2013 21:12:03
#11
Avatar Gita.Gitaaa
Gita.Gitaaa
Total Post : 2
Anjing sy umurnya 1thn, biasanya anteng\" aja kalo ada yg lewat, tp semenjak pindah kerumah yg baru malah jadi sering ngegonggong apa lg kalo ada anak kecil lewat..itu knp ya?? Ngatasinnya gmn?? ga enak sm tetangga kalo kelamaan gini
20 Aug 2013 11:59:46
#12
Avatar Fransisca.Lia
Fransisca.Lia
Total Post : 1
Aku punya shih ztu umur 3 bulan, sama ma husky punya mas edy. Maonya ditemenin mulu...bener2 ga mao ditinggal. Sampe" dia bakal tidur nimpak kaki saya atau ga jagain depan pintu belakangin aku supaya ga pergi. Aku mao berangkat ke kantor juga d bakal mengonggong habis2an. Please help me...
23 Sep 2013 14:32:32
#13
Avatar FranSiskus.h
FranSiskus.h
Total Post : 15
saya juga kesal kalau anjiing saya gonggong
11 Dec 2013 01:07:21
#14
Avatar Anggia.Safira
Anggia.Safira
Total Post : 1
Saya punya 2 anjing.. Golden dan labrador.. Tp yg golden tuh terlalu sensitif.. Kalo ada org lewat dpn rmh pasti digonggong.. Truss klo malem gonggong mlu.. Jadi nya mama kesel
02 Jan 2014 23:15:36
#15
Avatar Agung.Idayanni
Agung.Idayanni
Total Post : 4
gw punya anjing jenis Beagle, klo tinggal bentar doang aja, langsung gonggong nya minta ampun, pdhl cuma ke toilet doang and pdhl di kandangnya udh byk mainansad, abis liat gw langsung diem dia and lanjut main lagi, Beagle gw bandel, stuborn, suka gigit tangan tapi menggemaskan smile
04 Feb 2014 15:52:06
#16
Avatar cynthia.widjaja1
cynthia.widjaja1
Total Post : 4
wah ternyata banyak yang senasib dengan saya. Anjing saya suka gonggong tiap ada yang lewat dpn rumah ataupun berkunjung. Disuruh diam susah banget. Kayaknya anjing saya ada kepuasan tersendiri kalau sudah gonggong. Anjing saya juga suka gonggong kalau saya mau berangkat kerja, tapi kalau saya hanya mau keluar rumah buat jalan2 tidak pernah digonggongin. Aneh.. smile
18 Feb 2014 19:56:39
#17
Avatar Letstrian.Titian
Letstrian.Titian
Total Post : 3
Kok sm ya nasibnya kaya saya, sy jg punya puppy shih tzu umur 5 bln tp manjanya minta ampun ga mau ditinggal sdkitpun mau ke kantor aja dia ngrengek ky anak kecil trus trus terkadang nangis ga tega liatnya dan klo di tinggal sendirian dia gonggong ga brenti2 sad gmn ya solusinya supaya puppy sy ini ga ngegonggong klo sndirian? dan satu lg dia ga bs diem maunya lompat sana sini tp klo sy lihat anjing tetangga jenis yg sama dia diem aja dikandang dan asik2 aja tidurnya..help mecwy
19 Feb 2014 14:15:19
#18
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
kok rott baru ku gak pernah gonggong, gimana caranya yah? biar bisa? terlalu jinak menurutku
23 Feb 2014 21:49:04
#19
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Anjing gua mix golden kampung nggak mau gonggong sama orang dia cuma gonggong kalau lapar and mau pup ada solusi nggak ngajarin dia menjadi anjing penjaga
11 Apr 2014 11:18:20
#20
Avatar senja.merona.737
senja.merona.737
Total Post : 3
anjing ku klu dengar suara mesin cuci kok kaya ketakutan dia mengong terus
dan klu di suruh masuk kandang dia malah marah kaya mau gigit gitu
apakah sejenis anjing maltese itu suka menggonggo

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.