Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
  1. 1
  2. 2
01 Aug 2012 17:39:01 #1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 750
12 Penyakit Kulit Anjing Terpopuler
Allergic Dermatitis / Infeksi kulit Akibat Alergi
a user uploaded image
Anjing dapat memiliki reaksi alergi terhadap produk grooming, makanan dan iritasi akibat lingkungan seperti serbuk sari pada bunga atau gigitan serangga. Anjing yang alergi bisa menggaruk tanpa henti dan menyebabkan kulit menjadi infeksi. Korticosteroid bisa membantu mengatasi gatal pada luka, namun yang paling efektif adalah mengidentifikasi dan menghindari pencetus alergi pada anjing.


Infeksi Jamur
a user uploaded image
Jika anjing anda kelihatannya tidak bisa berhenti menggaruk telinga atau menjilati jari-jari kakinya, maka mintalah dokter hewan anda untuk memeriksa apakah ada infeksi jamur. Gejalanya termasuk iritasi, gatal atau kulit berubah warna. Infeksi ini biasanya menyerang telapak kaki atau telinga, dimana jamur memiliki tempat yang nyaman untuk tumbuh. Infeksi jamur mudah untuk dikenali dan kebanyakan bisa diatasi dengan krim Topical. Dalam beberapa kasus, dokter hewan mungkin akan meresepkan obat oral atau obat mandi.


Folliculitis
a user uploaded image
Superficial bacterial folliculitis adalah infeksi yang menyebabkan luka, benjolan dan koreng pada kulit. Kelainan kulit ini mudah dilihat pada jenis anjing berbulu pendek/short-hair. Pada anjing berbulu panjang/long-hair, gejala yang paling jelas adalah bulu yang kusam dan rontok dengan bagian bawah kulit yang kasar. Folliculitis sering terjadi bersamaan dengan masalah kulit lainnya seperti mange/kudis, alergi atau luka. Pengobatannya bisa dengan oral antibiotic dan salep atau shampoo antibakteri.


Impetigo
a user uploaded image
Tipe lain infeksi bakteri, Impetigo adalah yang paling umum terjadi pada anak anjing. Infeksi ini menyebabkan ada gelembung berisi nanah yang bisa pecah dan berkerak. Gelembung ini biasanya tumbuh pada bagian perut yang tidak berbulu. Impetigo tidak begitu serius (jarang sekali yang menjadi serius) dan bisa diobati dengan larutan topical. Dalam sejumlah kasus kecil, infeksi bisa menyebar atau bertahan.


Seborrhea
a user uploaded image
Seborrhea menyebabkan kulit anjing menjadi berminyak dan menumbuhkan ketombe. Pada beberapa kasus, ini adalah penyakit genetik yang dimulai sejak anjing masih muda dan berlangsung seumur hidupnya. Namun, sebagian besar anjing dengan seborrhea, menumbuhkan ketombe sebagai komplikasi dari masalah medis lainnya, seperti alergi atau kelainan hormon. Pada kasus ini, sangat penting untuk mengobati penyebabnya sehingga tidak akan terulang lagi.


Ringworm
a user uploaded image
Walaupun namanya menggunakan kata “cacing/worm”, penyakit ini bukan disebabkan oleh cacing tetapi oleh jamur. Istilah “ring” berasal dari bercak melingkar yang dapat membentuk di mana saja, namun sering kali ditemukan pada kepala, telapak kaki, telinga dan kaki depan anjing. Peradangan, bercak kasar dan bulu rontok sering mengelilingi bagian infeksi. Puppies yang berumur kurang dari satu tahun adalah yang paling rentan dan infeksi ini bisa menular dengan cepat di antara anjing. Tersedia berbagai pengobatan anti jamur. 


Alopecia/Bulu Rontok
a user uploaded image

Siapapun yang memiliki anjing di rumah, tahu bahwa buluanjing bisa rontok. Besarnya kerontokan tergantung pada jenis anjing, umur dan lingkungan. Namun, kadang-kadang stress, nutrisi buruk, atau sakit bisa menyebabkan bulu anjing rontok lebih dari biasanya. Jika ada kerontokan yang abnormal atau berlebihan selama lebih dari satu minggu atau anda menemukan ada bagian yang botak, hubungi dokter hewan segera.


Mange / Kurap
a user uploaded image
Mange adalah gangguan kulit yang disebabkan oleh parasit kecil disebut tungau/mites. Sarcoptic Mange atau dikenal juga dengan canine scabies/kurap anjing, mudah menular di antara anjing dan juga dapat ditularkan ke manusia, namun parasit tidak dapat bertahan dalam tubuh manusia. Gejalanya adalah rasa gatal terus menerus, kulit merah, luka dan rambut rontok. Telinga, muka dan kaki adalah daerah yang paling sering diinfeksi. Demodectic Mange bisa menyebabkan botak, koreng dan luka, tetapi tidak menular antara hewan atau manusia. Pengobatannya tergantung pada jenis mange itu sendiri.


Perubahan Warna/Tekstur Kulit
a user uploaded image
Perubahan warna atau tekstur bulu pada kulit anjing bisa menjadi tanda peringatan adanya beberapa masalah umum pada metabolisme atau hormon. Pastikan untuk menanyakan dokter hewan anda mengenai perubahan yang signifikan pada bulu anjing anda.


Acral Lick Granuloma
a user uploaded image
Juga disebut sebagai acral lick dermatitis, adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh jilatan anjing pada satu area tanpa henti atau berlebihan. Paling sering terjadi pada bagian depan bawah kaki. Area ini sulit untuk sembuh dan menyebabkan luka serta gatal yang bisa menyebabkan anjing terus menjilati spot/area yang sama. Pengobatan dengan mencari cara bagaimana menahan agar anjing tidak terus menjilat, bisa dengan menggunakan topical solution atau Elizabeth collar.


Tumor Kulit
a user uploaded image
Jika anda menemukan benjolan keras pada kulit anjing anda, segera periksakan ke dokter hewan. Anjing bisa mengembangkan tumor ganas dalam kulit mereka. Satu-satunya cara adalah untuk memastikan adanya kanker adalah dengan membiopsi tumor. Jika benjolan tersebut cukup kecil, dokter hewan mungkin akan menyarankan untuk mengeluarkan seluruhnya. Untuk tumor yang belum menyebar, ini mungkin satu-satunya pengobatan yang dibutuhkan.


Gangguan Kekebalan Tubuh / Immune Disorders
a user uploaded image
Dalam sedikit kasus, luka atau infeksi kulit yang tidak bisa sembuh bisa menunjukkan adanya gangguan kekebalan tubuh pada anjing. Salah satu yang paling dikenal adalah Lupus, sebuah penyakit yang menyerang anjing dan manusia. Lupus adalah sebuah gangguan autoimun yang berarti sistem kekebalan tubuh melawan/ menyerang selnya sendiri. Gejalanya termasuk kelainan kulit dan masalah ginjal. Hal ini bisa berakibat fatal jika tidak diobati.


Sumber: pets.webmd.com
Last Edited : 01 Aug 2012 18:15:37
09 Oct 2012 14:08:08 #2
Avatar maria.flora.92
maria.flora.92
Total Post : 6
anjing sy terserang penyakit kurap/mange, apa obatnya?
11 Jan 2013 14:26:04 #3
Avatar patricia.l.halim
patricia.l.halim
Total Post : 10
impetigo disembuhinnya gimana caranya?
18 Jan 2013 10:22:23 #4
Avatar lukman.tjung
lukman.tjung
Total Post : 1
Teman2 dog lovers, sy mau tanya untuk pengobatan Folliculitis pada labrador bagaimana ?? 
obatnya apa ???
28 Jan 2013 17:14:07 #5
Avatar whitez
whitez
Total Post : 6
wahhh anjing beagle saya kayanya kena penyakit kulit kaya yang digbr pertama...obatin nya pake apa yah?
01 Feb 2013 18:10:48 #6
Avatar Michelle.Brigitta.Putri
Michelle.Brigitta.Putri
Total Post : 35
Mau tanya nih, kalo penyakit kulit impetigo bisa sembuh sendiri gak, kalo gak dipakein obat?
02 Feb 2013 07:47:52 #7
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
impetigo bisa disembuhin dgn larutan benzoyl peroxide atau bisa di coba septo skin callier
pada umumnya kasus2 permasalah kulit bisa sembuh oleh pengobatan septo tp juga di bantu dgn kebersihan si anjing itu sendiri, sering2 dijemur di pagi hari supaya kulit ga lembab
02 Feb 2013 08:14:29 #8
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
tambahin juga bisa cari salep benzoyl peroxide di apotik.
kalo septo skin calier di petshop carinya
Impetigo terutama disebabkan oleh dua jenis bakteri, yaitu staphylococcus dan streptococcus

@lukman tjung dan michelle dan yg nanya diatas lainnya :beli septo skin calier
Last Edited : 02 Feb 2013 08:17:07
25 Feb 2013 11:47:05 #9
Avatar andreas08
andreas08
Total Post : 1
Mau tabya dong
Anjing dogo saya terdapat benjol benjol di sekitar tulang punggung dan selalu dihinggapi lalat
Itu penyakit apa y ? Bagaimana perawataany
Thx
28 Feb 2013 14:30:05 #10
Avatar Refin.Firmansyah
Refin.Firmansyah
Total Post : 1
Shihtzu saya kena impetigo, kira2 dikasi obat or salep apa yg cocok buat nyembuhin?
20 Mar 2013 23:46:44 #11
Avatar stephanie.c.suwita
stephanie.c.suwita
Total Post : 1
Mau nanya dong, anjing saya berubah warna bulunya dari hitam jd agak kecoklatan tp hanya di bagian leher saja. Apakah itu termasuk kena penyakit? Terima kasih
24 Mar 2013 22:35:27 #12
Avatar susi.benny.1
susi.benny.1
Total Post : 3
Mau tanya donk apa penyebab follicilitis? apakah karena cuaca, makanan, shampoo? lalu bagaimana caranya supaya tidak timbul lagi?
terima kasih sebelumnya...
08 Apr 2013 19:19:56 #13
Avatar Christian.Silitonga
Christian.Silitonga
Total Post : 3
Anjing Rotweiller anak sy usia 1 thn waktu baru beli 5 bln lalu anjing bagus skali skrg kena sakit kulit spt digambar ada kutu CAPLAK, krn sy tdk tahu sy rajin ambil/cariin kutunya lalu sy pencet dikandang anjing tsb bbrp sy buang keparit. Rupanya sy salah kalo menurut info di Anjingk***.com. boleh diktkan 98% kutu CAPLAK nya sdh hilang skrng dia msh suka garuk-3. Pertanyaan apa obatnya?
25 Apr 2013 10:06:31 #14
Avatar chelsea.quatro.9
chelsea.quatro.9
Total Post : 1
anjing saya ada benjolan tapi lembek .itu apa ya?,apakah itu kelenjar atau tumor?
25 Apr 2013 22:19:08 #15
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 750
@Christian:
untuk masalah kutu dan caplak pada anjing, coba baca disini yah untuk pengobatannya:
http://anjingdijual.com/thread/4/kenali-masalah-kutu-anjing-pencegahan-dan-pemberantasannya

@Chelsea:
coba segera cek ke dokter hewan utk benjolan tsb, takutnya masalah yang serius.
25 May 2013 20:56:24 #16
Avatar Agnes.Winarti
Agnes.Winarti
Total Post : 1
Terimakasih atas penjelasannya di atas soal penyakit kulit pada anjing.
Anjing saya mengalami seperti pada gambar kedua (infeksi jamur). Mohon saran apa obatnya? Krim topicalnya mesti ada kandungan apa saja? Apakah penyakit ini bisa menular ke manusia? Terimakasih banyak atas info.  
Salam, 
Agnes
07 Jun 2013 08:10:25 #17
Avatar mitchellia.sandra
mitchellia.sandra
Total Post : 1
Anjing saya di sekitar pinggulnya ada benjolan keras warna merah, dan di sekitar benjolan itu bulunya rontok... itu termasuk tumor atau ringworm yaa??... bagaimana cara penyembuhannya??... terima kasih...
14 Jun 2013 21:55:23 #18
Avatar Ine.Arlene
Ine.Arlene
Total Post : 3
Mau tanya nih. Anjing saya udah 3 bln ini sakit kulit. Tadinya di bag punggung kaya bisul2. Udah dibw ke 3 dr hewan. Ada yg bilang karena parasit. Dr yg ke 2 bilang alergi krn setelah diperiksa mikroskop ga ada parasit or jamur. Dr ke 3 bilang alergi. Sudah disuntik. Sekrg cuma makan nasi+hati sapi+daging sapi. Tp masih bisul2, bernanah dan kalo kering baunya khas. Sekarang tambah parah. Udah sebadan. Please, kalo ada yg tau, gimana ngobatinnya
02 Jul 2013 19:57:50 #19
Avatar sien
sien
Total Post : 35
@Ine......shihtzu ku juga sakit kulit awalnya juga punggung, lalu muka.
Mukanya udah sembuh, skrg kaki n ekor jg punggung luka luka berdarah n bernanah
Aq sdh coba banyak obat tp ngga sembuh
Bs minta email utk sharing.....
03 Jul 2013 05:09:55 #20
Avatar sien
sien
Total Post : 35
@Ine :
email saya ferikasien@gmail.com
  1. 1
  2. 2
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
IGSC DKI Ujian BH (Begleithundprüfung) Dan IPO
Thread IconAvatar User
Ingin memelihara anjing?
Thread IconAvatar User
Video Lucu Obrolan Anjing Dengan Pemiliknya (Kebayang gak tuh..)
Thread IconAvatar User
Berawal dari Modal Nekat, Kini Animal Defender Menjadi Penyelamat Bagi Banyak Anjing Terlantar
Kembali ke atas

0.4623