Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
  1. 1
  2. 2
06 Jan 2013 21:06:37 #1
Avatar Acakadoel94
Acakadoel94
Total Post : 15
Kutu Pada Anjing
Hallo Dog Lovers dimna pun kalian berada...!
saya mau tnya nihh...
bagaimana cara menghilangkan kutu pada anjing..
bentuk kutu sperti laba laba warna merah..
aneh sudah di mandikan dengan air dettol dan shamppo khusus..
tetap saja masih ada kutu nya...
Trims ...salam Dog Lovers
06 Jan 2013 21:09:19 #2
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
pake revolution gan beli di petshop
Last Edited : 06 Jan 2013 21:09:48
06 Jan 2013 22:10:21 #3
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Itu namanya caplak (tick) Gan 
Buat tick ama flea (biasanya disebut kutu kucing tp bisa ada di anjing), Ada 4 yg umum dipake Gan.
1. Suntik Ivomec (kandungannya invermectin). 2x suntik biar efektif, selang 2 minggu. Buat dosis ama frekuensi jelasnya ke dokter hewan. Juga berguna untuk basmi tungau penyebab penyakit kulit macam scabies, juga berguna untuk basmi beberapa jenis cacing pencernaan dan pencegahan infeksi cacing jantung, juga berguna untuk basmi tungau penyebab penyakit pada kuping anjing.
2. Revolution (kandungannya selamictin), ditetesin ditengkuk, jangan kejilat, ada cara pakainya dikemasan, fungsinya sama dengan invermectin.
3. Frontline (kandungannya fipronil dan methoprene) ada yg semprot dan ada yg tetes seperti revolution, ditetesin ditengkuk, jangan kejilat, ada cara pakainya dikemasan.
4. Bayticol (kandungannya flumethrin), dicampur air (0,6ml buat 1lt air), trus diusap2kan.

Revolution, Frontline, dan Bayticol bisa didapat di pet shop

Catatan: Tick sekali bertelur ribuan. jadi telurnya nanti akan tersebar kemana2, termasuk dirumah dan mereka lebih suka disemak2 yg lembab. Setelah menetas, kl ada binatang yg mendekat, mereka akan masuk ke bulu binatang trus ngisep darah, selama anjing dalam perlindungan obat2 diatas, kutu2nya mati kl ngisep darah anjing tsb. Tp kl khasiat obatnya sudah abis ya kutuan lagi. Jadi semua kutu yg diluar anjing juga kudu dibasmi. Susah ngebasminya. Obat2 kutu diatas cuma tahan sekitar 1 sd 2 bulan. Sedangkan kutu yg diluar tu tahan hidup sampe 6bulan. Jadi semua anjing Agan kudu tahan kutu selama 6 bulan, nanti abis semua.

Kl saya menganjurkan Frontline plus yg tetes Gan. Invermectin dan Selamictin kalau keseringan bisa mengganggu fungsi hati. Bayticol terlalu pendek khasiatnya, tp paling murah.
Last Edited : 06 Jan 2013 22:21:07
07 Jan 2013 10:03:38 #4
Avatar Hilda.Mutiara
Hilda.Mutiara
Total Post : 30
wah, saya tiap bulan atau 2 bulan, semua minipom saya tetes revolution, soalnya bisa buat scabies, cacing hati, saya baru tau dari labslover kalau selamictin bisa menganggu fungsi hati. thanks ya. sering sering aja tulis artikel kesehatan anjing
07 Jan 2013 12:43:18 #5
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
@Hilda: Revolution relatif aman sih, tetes soalnya. Yg bahaya tu oral ama inject invermectin ma selamictin terlalu sering. Keuntungan Revolution fungsinya banyak, basmi kutu, cacing, tungau sekaligus Tp kl kutunya banyak, frontline plus lebih ampuh deh, cuma ga bisa buat cacing ma tungau.
08 Jan 2013 01:10:53 #6
Avatar Lim_93
Lim_93
Total Post : 8
bro labslover, sorry numpang tnya
d telinga pommie saya ad caplak'a n besar", 2 hri lalu saya pkein frontline n memang brkurang si, tp td pas d liat kutu yg telinga msh ad , cukup besar
mw d cabut susah krna letak'a cukup dlm, ap nnti bakal kluar sndri ya ?
n efek dr pmkaian frontline itu sndri brpa lama, thnks
08 Jan 2013 07:48:10 #7
Avatar Nenahutabarat
Nenahutabarat
Total Post : 1
Untuk basmi kutu yg ada di tanah atw rumput gimana caranya ya?
08 Jan 2013 09:57:08 #8
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Setelah ditetesi Frontline PLUS atau Revolution atau inject Ivomec, dengan dosis benar, biasanya kutu2 itu mati dan kering. Tp ada beberapa yg emang kudu diambil. Kl ditelinga ambil pake pinset, ga bisa keluar sendiri. Yg dibulu disisir pake flea comb (sisir yg rapat sekali), sebelum itu disisir dulu pake wide comb (sisir yg renggang).
Untuk flea (kutu kecil yg bisa loncat) bisa tahan 3 bulan. Untuk tick (caplak) bisa sampai 2 bulan.
Anjing nda boleh basah apalagi mandi selama 48jam (2hari) setelah ditetesin, dan pas ditetesin juga sebaiknya dlm kondisi kering sempurna.

Kutu yg berkeliaran dirumah susah dibasmi, apalagi yg dirumput. Cara membasminya dengan memutus jalur perkembangbiakannya. Kalau nda dapat nutrisi (darah) yg diperlukan, maksimal umur caplak adalah 6bulan. Selama dia tidak mendapat nutrisi yg diperlukan caplak tidak akan bertelur dan berkembang biak. Jadi buatlah semua peliharaan (anjing, kucing, kambing, sapi, babi, dll haha..) menjadi "anti kutu" selama 6bulan.

Kl beli frontline kan isinya 3. Tetesin aja tiap 2 bulan. Genap 6 bulan, semua kutu yg beredar dirumah mustinya akan musnah

Biasanya kl pergi berlibur dan anjing aku titipin ke penitipan anjing, aku tetesin frontline dulu. Kalau sudah bawa kutu kerumah, trus kutunya bertelur di rumah, jadi nambah biaya buat basmi tu kutu kutu jahanam haha..
Last Edited : 08 Jan 2013 10:04:06
08 Jan 2013 22:23:05 #9
Avatar Acakadoel94
Acakadoel94
Total Post : 15
Memang kutu kutu jahanamm..susahh basmi nya ..
dlu ane pernah pake baygon buat basmi di rumahh..
untuk pada dogi nya pake pinset manual trus lama lama hilang..

ehh udah 4 taun kutu nya ada lagi..
ini pasti kutu dari luar ..
09 Jan 2013 09:38:21 #10
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 758
@Acakadoel94: bisa dibaca juga artikel dibwh ini mengenai kutu secara lengkapnya:
Kenali Masalah Kutu Anjing, Pencegahan dan Pemberantasannya
10 Jan 2013 19:15:44 #11
Avatar dewa1901
dewa1901
Total Post : 31
anjing ku jg kutuan....gara2 ttp di petshop....caplak..ksian...digigit sampe ada bekasnya gt..mana cabutnya susah lg...skrg msh mandi kutu utk terapi ilangin kutu...s4 diksh obat tetes jg
11 Jan 2013 07:59:21 #12
Avatar jeanne85_chen
jeanne85_chen
Total Post : 7
hemmm......usul donk.
Dari kecil aku n keluargaku piara anjing, bahkan sampe 7 ekor. Kalau ada yang kena kutu, sama mamaku dikasih bawang putih di makanannya. Memang lama sekitar 3 bulanan baru sukses menghilangkan kutu. Anjingku yang sekarang sejak dikasih makan makanan yang mengandung bawang putih (start Januari 2009) sampe sekarang gk kutuan lagi, kutu juga gk mau balik.

Ternyata dokter anjingku jg nyaranin pake bawang putih kalo gk mau pake obat2an. Coz bawang putih selain menambah nafsu makan, baunya itu juga mengusir kutu. Sari bawang yang masuk ke badan anjing dan meresap ke darah dipercaya bikin rasa darah jadi gk enak buat si kutu.

*) Note : plus mandi 2 minggu sekali.
11 Jan 2013 14:03:25 #13
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Banyak juga sih cara2 yg "Holistic" biar kutu nda mampir. Tu dikasi tips ama Jeanne haha.. Salah satunya pake bawang putih (garlic) bagus buat cegah kutu terutama flea. Tp kaga boleh banyak2 bisa menyebabkan anemia. Ada dosisnya di http://www.natural-dog-health-remedies.com/garlic-for-dogs.html

Caesar ma Moli ga ada kutu satupun, tp aku ga pake garlic, tp pake cuka apel kepekatan 5%. 1/2 sendok teh cuka apel 2x sehari, campur di air minum, selesai makan. Dilap cuka apel diencerkan, 1cukaApel:15air, 2x seminggu. Tp mereka jd bau asem, kaya yg punya haha.. Nda denk, baunya seger koq, kaya bau salad, ga kecut.
24 Apr 2013 18:48:05 #14
Avatar Yuliana.Haslim
Yuliana.Haslim
Total Post : 1
Halo pet lover... Mau tanya cara menghilangkan caplak untuk anjing pom yg sementara nyusui, gimana yaaa???? Need help, thx gan
27 May 2013 09:59:39 #15
Avatar wiwinjo.wiiebie
wiwinjo.wiiebie
Total Post : 1
Mw nnya .. Gimana cranya ngilangin kutu anjing ... Paling susah nya di telinga lumayan banyak tapi susah ngambil kutu nya di telinga kira2 gmana ya...??? Obat herbal sma non herbal dan ksi tw dosisnya... Terimakasih
08 Sep 2013 17:18:15 #16
Avatar Arti.Kata
Arti.Kata
Total Post : 1
malam dok....numpang nanya nih saya punya anjing yg baru sekali kutuan dan kutunya banyak sekali ada yg seperti laba* merah dan yg hitam gede/kecil jg ada , sudah dicaiin dokter hewan dan diberi kalung yg kuat sampai 3 bulan tetapi  kok ngak sembuh* juga malah kutunya sekarang merambat ke tembok dan masuk kamarku juga ampe aku kena gigitannya ...udah kusemprotin baygon/kapur ajaib juga ngak hilang* tu kutu * nya dirumah ...tolong dok minta penjelasannya gimana nih basminya kutu* yg bikin pusing n gatal* juga nih ...sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih ya dokter.
07 Oct 2013 12:09:27 #17
Avatar Mr.Tan
Mr.Tan
Total Post : 3
Siang para pet lovers.. Anjing kecil memang suka kutuan, karena jarang mandi. anyway, untuk caplak seperti yang dialami oleh Ms. Arti, kasih tetesin obat anti kutu aja seperti yg disarankan oleh para petlovers diatas. karena kutunya akan mati sndiri. Pake Revolution atau Frontline Plus (recommended)

Untuk AGAN Lablovers: obat tetes Revolution yg murah belinya dimana ya? (area Jkrta) karena kmrn saya cari dibberapa petshop, namun mereka tdk jual. Alhasil saya beli di Dokter Gunawan (roxy) harganya 90rb/tube. (hehe.. pengennya dpt hrg yg lebih murah lg)
Last Edited : 07 Oct 2013 12:10:04
08 Oct 2013 09:30:44 #18
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 410
Aku Jakarta ga tau haha.. Taunya di Semarang. Mestinya di Jkt lebih murah deh, soalnya di Semarang juga ga sampai segitu. Coba survey di petshop2 aja.
17 Jul 2014 14:10:41 #19
Avatar oden
oden
Total Post : 2
halo LabsLover... di semarang biasa beli df dimana? df yg bagus utk pom 3 bln apa ya? sy jg lokasi di semarang nih.. agak kesulitan cari df... thx a lot
Last Edited : 17 Jul 2014 14:11:02
28 Jul 2014 18:34:55 #20
Avatar ReyhanGSD
ReyhanGSD
Total Post : 3
permisi suhu2, saya punya sedikit cerita nih
saya beli pom umur 3bulan pada hari kamis, ternyata pom itu kutuan (tanpa sepengetahuan saya karena penjual tidak memberi tahu) baru ketauan nya pada hari jumat sore setelah saya cek2 ternyata ketemu 2-3 ekor, ada yg sudah gendut 1 ekor
jadi singkat cerita itu pom udah dirumah saya sekitar 3 harian, lalu hari jumat datang herder saya umur 4 bulanan tanpa kutu.. Jadi si herder sudah bergabung sama si pom selama 1 hari (karena pada hari senin siang saya kembalikan si pom)
pertanyaan penting nya : apakah si herder akan ketularan kutu dari si pom? sempat beberapa kali tersentuh bulu si pom jg tapi ga sering karena letak herder di luar halaman tp pom nya kan d dalem rumah
saya takut herder saya kena caplak dari si pom, jadi bagusnya di gimana ya suhu biar herder saya ga ketularan? soalnya kalo herder ketularan kan susah banget dia besar
terus kalo misalkan positif ny herder saya msh sehat bersih, apakah halaman saya terkontaminasi dengan kutu yg ada? cara menghilangkan nya gmana?
saya skrg setiap pagi sama sore si herder selalu di lap detol sih di seka, kemarin baru d seka pake dalmat jg sedikit, sampe skrg saya blm nemu kutu nya tp takut
tolong bantuan nya suhu maap kalo panjang
  1. 1
  2. 2
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Perusahaan Korea Menawarkan Jasa Kloning Anjing
Thread IconAvatar User
Masalah Kesehatan yang Umum Terjadi pada Jenis Anjing Kecil
Thread IconAvatar User
Anjing juga Punya Perasaan Lho Seperti Manusia
Thread IconAvatar User
Xander, Anjing Buta yang Memiliki Tugas Mulia
Kembali ke atas

0.3556