AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
23 May 2013 12:05:07
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Menyembuhkan Demodex Dengan Membangun Sistem Kekebalan Tubuh Anjing

foto

Pada dasarnya semua anjing memiliki sedikit tungau pada kulit mereka, namun selama sistem kekebalan tubuh berfungsi baik, tungau ini tidak akan menyebabkan bahaya. Anjing yang terkena Demodex berarti memiliki masalah dalam sistem kekebalan tubuhnya karena itu pemilik harus berupaya untuk membangun sistem kekebalan tubuh mereka dan biarkan tubuh anjing yang bekerja untuk melawan tungau-tungau tersebut. Inilah yang akan kita lakukan:

- Mandi. Mandikan anjing setiap 3x seminggu (tergantung dari tingkat keparahan Demodex). Gunakan shampoo seperti Masaleb dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas. Ini akan membantu mengurangi jumlah tungau. Jika anjing semakin membaik, maka secara bertahap kurangi waktu mandinya (misalnya menjadi seminggu sekali, dua minggu sekali) sampai kondisi benar2 sembuh. Gunakan kain bersih untuk melapisi tempat tidurnya.

- Pola makan. Berikan makanan yang berkualitas tinggi yang tidak mengandung gandum, jagung atau telur. Dan juga tidak boleh mengandung bahan pengawet yang beracun. Makanan yang diberikan harus mengandung protein tinggi seperti ayam atau bebek. Ada beberapa orang yang juga menggunakan raw food/makanan alami yang mungkin butuh sedikit waktu untuk belajar, namun sangat membantu untuk penyembuhan anjing.

- Suplemen. Anjing sebaiknya dilengkapi dengan suplemen, bisa diberikan vitamin untuk manusia seperti zat zinc/seng, ester C dan vitamin B sekali dalam sehari (bukan berarti semua vitamin dan obat manusia bisa untuk anjing ya). Juga yang sangat penting adalah memberikan omega oil seperti minyak rami atau minyak salmon.

- Olahraga/latihan dan bebas stres. Anjing anda harus tinggal di lingkungan yang bersih dan berada dalam kondisi yang bebas dari stres. Setiap hari, pastikan anda meluangkan waktu untuk bermain dengan anjing anda dan membawanya jalan setidaknya setengah sampai satu jam sehari. Sebagian besar anjing, terutama jenis ras anjing tertentu yang kuat dan dikhususkan untuk untuk berburu atau mengembala (spt herder) membutuhkan latihan yang cukup untuk mengeluarkan energi mereka. Anjing yang lelah (dalam arti mendapat latihan/olahraga yang cukup) adalah anjing yang bahagia dan bebas stres. Dan sebagai bonus, kebanyakan anjing yang bahagia akan hidup dengan pemilik yang lebih bahagia dan lebih sehat (karena mau tidak mau pemiliknya ikut berolahraga juga smile )

- Ivermectin. Sebagai usaha terakhir pada anjing yang tidak bisa sembuh dengan sistem kekebalan tubuhnya sendiri, bisa diberikan ORAL Ivermectin (obat minum). Tidak perlu dips (pengobatan dengan rendaman). Obat suntik Ivomec (Ivermectin) 1% cc, dimasukkan dalam suntikan dengan jarum suntik yang dilepas dan masukkan ke bagian belakang tenggorokan anjing (karena rasanya sangat mengerikan!). Anjing seberat 3 kg harus diberikan 1cc sekali dalam sehari (hati-hati dalam memberikan dosis!). Dosis yang diberikan ini lebih sedikit dari yang dokter hewan anjurkan, namun tetap bisa bekerja karena ini hanya bagian dari rencana untuk membangun sistem kekebalan tubuhnya.

- Menyembuhkan infeksi kulit sekunder yang ada. Jika anjing kamu memiliki infeksi sekunder akibat Demodex (disebut Pioderma), maka kamu perlu memberikan antibiotik. Tergantung pada kondisi anjing, kamu bisa mulai memberikan antibiotik yang diberikan oleh dokter hewan. Jika infeksi kulit sekunder ini bisa disembuhkan, maka tubuh anjing pun bisa lebih membaik dan bisa fokus ke penyembuhan Demodexnya.

Perlu diketahui meskipun sebagian besar anjing bisa mengatasi Demodex, namun beberapa anjing akan memerlukan pemilik untuk terus waspada terhadap penyakit ini selama hidup mereka. Sebagian besar anjing memiliki kemungkinan terkena penyakit ini namun dengan adanya sistem imun yang baik, disertai dengan bantuan dari pemilik, akan mengalahkan tungau yang ada sepenuhnya. Beberapa anjing mungkin akan membutuhkan perawatan yang berkelanjutan dan perhatian ketat dari pemiliknya untuk menjaga kondisinya.

Apa itu Demodex dan penjelasan lengkapnya bisa klik disini:
Demodex pada anjing


Sumber:
socalrescue.org

Last Edited : 23 May 2013 15:02:42
27 May 2013 04:08:13
#2
Avatar deeandra.feminggai
deeandra.feminggai
Total Post : 110
sis nikita, boleh tolong dibantu yah, soalnya aku lg bermasalah sm demodex.
vitamin yang aku pake buat anjingku itu vitamin IPI boleh ga ?
trus untuk vitamin penambah imun aku pake propolis nd scot emulsion karna ku liat dokterku jg pake scot,,
untuk gatal"nya ada suggest obat apa gitu biar dia ga gtu garuk karna badannya udah luka".
antibiotik yg harus dipake yg merk apa dan brapa dosisnya ?
thank you sis sebelomnya
31 May 2013 12:03:19
#3
Avatar yanti.chandrawijaya
yanti.chandrawijaya
Total Post : 1
Halo.
Shampo nya bisa beli dimana? Merk apa ya?

Mau tau jg jawaban pertanyaan Deeandra.

Thank you smile
15 Jun 2013 16:15:03
#4
Avatar abigail
abigail
Total Post : 3
@deeandra ane juga bermasalah ma demodex karna pitt ane emang udah dapet bawaan dari jantannya, kalo perawatan yang paling simple ya gini :
1. minumkan ivermectin dgn dosis 0,1 cc/3kg berat anjing (bisa dibeli di toko pakan ternak gede gitu, biasanya yang merek Ivervet per bottle (50 ml) nya 125k)
2. bersihin lukanya pake dettol cair, abis itu dijemur, lama njemurnya tergantung besar/kecil anjing.
3. setelah dibersihkan,olesin olive oil. prinsipnya, untuk hidup di dalem lapisan kulit anjing, demodex tu tetep butuh udara buat bernafas, nah kalo pori2 anjing kita tutup pake olive oil, si demodex bakal mati keabisan nafas
4. mandiin 3hr sekali, kaya mandi biasanya gitu trus bilasan terakhir pake aer rebusan brotowali yang anget aja. kalo emng demodexnya parah, bisa dicoba paling maximal 2hr sekali mandiin aer brotowalinya.

CMIIW
27 Dec 2015 11:29:53
#5
Avatar anjing-dijual734
anjing-dijual734
Total Post : 1
minta petunjuk donk dog lovers apa nama shampo buat anjing yg kena demodex
22 Jun 2016 18:44:01
#6
Avatar anjing-dijual698720
anjing-dijual698720
Total Post : 1
Sama ni pug ku juga kena demodek awal nya di mata.skg di lipatan mulut nya.lg coba ku kasi vitamin e dan minyak ikan.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.