Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
13 May 2013 11:52:21
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Pilih Anjing Ras (Purebred) atau Anjing Campuran (Mixed Breed) ?

foto

Saat anda yakin telah siap untuk mengadopsi anak anjing, maka salah satu yang mungkin dipertimbangkan adalah apakah ingin membeli anjing purebred atau mixed breed. Well, setiap anjing layak mendapatkan rumah yang baik dan entah itu purebred, cross breed, mixed breed, semuanya bisa menjadi sahabat yang baik dan salah satu dari jenis tersebut mungkin lebih cocok dengan anda daripada yang lainnya.

Purebred (Anjing ras murni)
Setiap jenis anjing ras/trah diciptakan untuk suatu tujuan tertentu dan saat ini masing-masing ras sudah bisa dikenali dari bentuk fisik dan temperamen secara umum. Jika anda berpikir untuk memilih anak anjing ras, anda harus mempertimbangkan latar belakang tujuan dari masing-masing anjing ras tersebut dibiakkan daripada memutuskan hanya karena penampilannya saja. Contohnya jenis Scottish Terrier mungkin akan membuat anda tertarik secara fisik, tetapi anda harus tahu bahwa mereka dibiakkan untuk memburu binatang seperti tikus dan mereka adalah 'penggali' sejati. Anda mungkin akan mengadopsi puppy dengan kebiasaan suka menggali tanah di halaman rumah. Perilaku anjing bisa diubah, namun perlu diingat bahwa setiap anjing kemungkinan akan berperilaku sesuai dengan gen yang telah diwariskan.

Keuntungan
Dengan memilih anak anjing ras, anda bisa memprediksi karakteristik dan temperamen ketika anjing dewasa. Jika anak anjing dibesarkan dengan benar dan bertanggung jawab, maka dia akan tumbuh dan terlihat sama seperti orangtuanya dan anjing lainnya dengan ras yang sama.

Kekurangan
Mungkin agak sulit untuk menemukan breeder yang benar-benar mementingkan kualitas dari ras tersebut dan anak anjing ras murni kebanyakan mahal. Tentu saja, mereka mahal karena suatu alasan. Breeder yang baik akan menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk memastikan anak anjing mereka berkualitas dan mereka biasanya memiliki silsilah, riwayat medis, dan piala juara kompetisi untuk membuktikannya.

Cross dan Mixed Breed (Anjing Campuran/Mongrel)
Crossbreed adalah turunan dari orangtua yang memiliki ras murni berbeda (misalnya, anjing pom ras murni dikawinkan dengan anjing shih tzu ras murni). Sedangkan Mixed Breed berasal dari orangtua yang lebih dari dua jenis ras yang berbeda atau hasil dari crossbreed yang dikawinkan dengan crossbreed. Jika anda mengetahui apa yang tepat anda inginkan dalam seekor anjing, maka crossbreed mungkin bisa sesuai dengan kantong anda. Dengan mengawinkan dua jenis ras yang berbeda dan dengan ciri-ciri yang anda inginkan, maka anda mungkin bisa menemukan jenis anjing yang memenuhi keinginan anda. Misalnya: goldendoodle (dari perkawinan golden retriever dan poodle) mungkin bisa cocok bagi anda yang menginginkan golden retriever dengan tingkat kerontokan bulu yang sangat sedikit dan juga cocok untuk anda yang memiliki alergi jika anak anjing tersebut menurunkan sifat hypoallergenic dari orangtuanya, yaitu poodle.

Keuntungan
Anjing Cross breed atau Mixed Breed cenderung mirip dengan salah satu dari jenis yang dimilikinya. Secara harga, lebih murah jika dibandingkan dengan purebred dan mereka juga bisa diadopsi dari tempat penampungan hewan, selama anda memilih anjing yang sehat.

Kekurangan
Tidak ada jaminan anak anjing cross breed atau mixed breed akan berkembang dewasa seperti apa nantinya secara fisik maupun temperamen. Anda mungkin perlu mengetahui sejarah dan jenis-jenis keturunan yang dimiliki oleh anak anjing yang anda pilih. Jika anda menemukan ada darah Great Dane dalam sejarah keturunannya, maka anjing kecil anda mungkin bisa menjadi kejutan besar saat besar nanti.

Apakah anjing campuran lebih sehat daripada anjing ras murni?
Adalah sebuah kesalahpahaman yang umum banyak yang berpikir bahwa anjing campuran lebih sehat, mungkin karena anjing campuran berasal dari keturunan yang bervariasi. Baik campuran maupun ras murni rentan terhadap penyakit genetik. Anjing campuran memiliki potensi untuk mewarisi penyakit genetik dari setiap jenis ras yang ada dalam darahnya.

Jenis ras tertentu dikenal memiliki penyakit genetik (misalnya: hip dysplasia pada german shepherd). Breeder yang bertanggungjawab seharusnya tidak akan membiakkan dengan sembarangan dan menghindari perkawinan anjing yang memiliki penyakit genetik.

Jadi, jenis anjing apa yang cocok untuk saya?
Dengan pelatihan yang tepat, setiap anak anjing bisa tumbuh menjadi seorang teman yang hebat. Tidak ada jenis anjing yang lebih baik daripada yang lainnya.

* Semoga pembahasan diatas bisa membantu memberikan gambaran untuk anda yang ingin mengadopsi anak anjing. Pilihan ada ditangan anda smile


Sumber:
raisingspot.com

Last Edited : 13 May 2013 11:55:30
13 May 2013 13:21:37
#2
Avatar Regina-D'-Sweet
Regina-D'-Sweet
Total Post : 72
Always PURE BREED!!
13 May 2013 23:40:39
#3
Avatar adrianhartanto.sasmita
adrianhartanto.sasmita
Total Post : 19
Yeah always pure breed..

Alaskan malamute loverssmile..
14 May 2013 00:10:11
#4
Avatar donnydwiwibowo
donnydwiwibowo
Total Post : 2
Mending Purebreed dah Selain Kita tau Karakter Sifat Dan Tempramen Anjing Kita juga Kita Piara Anjing ada Nilai Pricetice
14 May 2013 06:03:03
#5
Avatar Triyuh.Hendra
Triyuh.Hendra
Total Post : 20
i have a crossbreed one. and he is the best ever!
14 May 2013 15:08:35
#6
Avatar BUZZ
BUZZ
Total Post : 88
Anjing mix cat keren kali ya?????
14 May 2013 15:51:38
#7
Avatar justsha
justsha
Total Post : 8
Kl doglover sejati harusnya bisa sayang sm semua jenis anjing, pure maupun mix

Pemilih purebreed sbnrnya cm krna keegoisan kita aja kan? Mau anjing friendly, beli golden, mau yg lincah n aktif buat nemenin jogging, beli fox terrier, anak alergi bulu beli poodle, yg plg parah beli purebreed krna anaknya ntar bersertifikat n bsa d jual lg dgn hrga mahal.....trs anjing2 d penampungan gmn nasibnya?

Poor dogs...
14 May 2013 19:38:20
#8
Avatar DogsLover_Jesse
DogsLover_Jesse
Auto Banned
Total Post : 53
pure breed untuk sesuain energi anjing yang cocok buat kita
14 May 2013 21:39:54
#9
Avatar Minecraft13
Minecraft13
Total Post : 7
Love 2 of them!
15 May 2013 23:09:25
#10
Avatar rottie_rottrott
rottie_rottrott
Total Post : 24
@justsha situ punya anjing apa? mix atau pure?

bukannya egois bro, tapi tidak semua orang bisa cocok dengan mixed breed karena kurang tau temperamen, karakter dan fisik nya..

karakter dan fisik anjing sebagian besar adalah genetik atau diturunkan dari orang tua.. pure breed dipilih karena lebih gampang untuk memprediksi bakal jadi apa tu doggie besarnya nanti,, tapi klo mixed breed itu lebih susah, contohnya anjing Herder mix Kampung, belum tentu puppy nya bakal dapat fisik dan karakter galak dari si Herder,

Nah terus gimana klo udah kayak gitu? pasti orang berpikir mendingan ngadopsi yang asli herder apalagi klo tujuan orang melihara anjing untuk jaga rumah atau jaga hewan ternak..
Nah terus klo orang2 pada ngadopsi asli Herder semua, yang puppy2 ras campuran tadi di gimana in? pasti ditelantarin di jalan2 gak ada yang mau ngurus.. devil

Contoh lain nya : anjing rottweiler mix kampung.. klo misalnya besar nanti si puppy lebih dominan ke rottweiler dan sang pemilik adalah orang yang sibuk, gak bisa ngajak jalan2 atau cuma punya rumah yang kecil, gimana mau ngurus seekor rottweiler yang terkenal aktif dan badan nya gede?? kan kasihan ama anjingnya juga..sad

Itulah alasan kenapa ada orang yang lebih milih pure breed daripada mixed breed..
Last Edited : 15 May 2013 23:38:39
16 May 2013 08:40:16
#11
Avatar Geoffrey.Lyc
Geoffrey.Lyc
Total Post : 18
setuju ama agan rottie. memang lebih sulit mengetahui temperamen mixed breed apalagi kalo uda lebih dari 2 ras yg berbeda. krn akan semakin bnyk kombinasi temperamennya. yg penting kita harus siap dgn kombinasi temperamennya dan memperlakukan mereka dgn sepantasnya.
17 May 2013 15:38:47
#12
Avatar chiqi.reggie
chiqi.reggie
Total Post : 4
Mixed breed
19 May 2013 18:34:32
#13
Avatar Ch0coBo
Ch0coBo
Total Post : 7
IMHO, kalau pelihara anjing lebih baik untuk disayang, walaupun mau untuk jaga rumah, etc.
Anjing layaknya sahabat.. lantas kenapa kamu memilih sahabat berdasarkan darahnya ? smile

semua anjing jika dirawat dan diperlakukan dengan benar, karakteristiknya akan dekat dengan pemiliknya. Apalagi anjing kampung / anjing mongrel.

kalau boleh comment dengan sedikit egois, manusia yang memilih PURE BREED!! dengan lantang dan bangga saya yakin karena dia belum pernah memelihara anjing campuran dengan benar.

Saya tidak bilang memelihara anjing ras salah loh ya =)

Yang saya tekankan coba lihat artikel ini dari sisi lain, bahwa anjing jenis dan keturunan apapun tidak salah. Jika ada yang salah, salahkan pemiliknya smile
20 May 2013 14:46:35
#14
Avatar rottie_rottrott
rottie_rottrott
Total Post : 24
@Ch0coBo lu punya anjing apa?
20 May 2013 19:41:46
#15
Avatar Michelle.Hoe
Michelle.Hoe
Total Post : 28
MIXED BREED, Sangat flexibel, seru, cocok untuk anjing rumah/ jadi "adik"

Rottie mix Basset hound ROCKS!!!!grin
22 May 2013 10:29:58
#16
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
menurut saya, mau purebreed, mix breed atau crossbreed ga ada masalah, selama kita pelihara mereka dengan sepenuh hati, dirumah saya ada 4 ekor : 3 months pure rotty, 18 months herder x golden, 12 months apbt x american bulldog n 14 years party colour pure pom.. semua aman2 saja, sekarang tujuan pelihara anjing untuk apa? whistling jadi sahabat, jaga rumah atau buat ngerampok? ninja
10 Jul 2013 02:31:53
#17
Avatar Beverly14
Beverly14
Total Post : 73
every dog is a good dog, klo ad kesalahan salahkan ownerny..
sy puny 2 mongrel, tekel mix gatau dan pom mix gatau,,,,, 2 shihtzu pure breed,, 1 husky pure breed, 1 kucing anggora, 1 kucing kmpung..
smua akur, pinter, sehat, nurut..
pernah kutuan / jamuran tp bukanny itu hal umum?
yg penting di rawat, vaksin, d ajak olahraga, dan di sayang..

tdk ad salah ny milih pure atau mix..
smua anjing sama..
cuma, klo mmg g feel sm mix jgn d paksa, drpd nnti di telantarin, d ksh org, dll..

melihara anjing itu komitmen seumur hidup mereka..
sama sprti adopsi bayi..
klo sdh bosan atau jengkel krn repot dll, masa mau d buang.
be a good owner..

choose wise n think before u act..

jgn merendahkan apapun jenisny.. mix or pure, tetap anjing..
Last Edited : 10 Jul 2013 02:36:58
10 Jul 2013 02:35:42
#18
Avatar Beverly14
Beverly14
Total Post : 73
oh iya, 2 mongrel itu sy adopsi dr shelter, shihtzu 1 beli 1 dikasih temen ( dy awalny ngebet bgt, tp krn merasa ternyata repot jdny d hibahkan gratis pdhl turunan induk chmp. ) , husky beli , kucing adopsi..

begitulah history mereka grin
29 Jul 2013 00:05:11
#19
Avatar mongrel
mongrel
Total Post : 3
Saya penggemar anjing, bro! Anjing apa saja...pernah punya yang pure, mix dan mongrel...Sama saja... Anjing tetap saja anjing...seperti nenek moyangnya Srigala, sekecil apapun bentuknya, dia masih punya naluri memburu dan membunuh mangsa. Tergantung seperi apa kita menyikapinya. Anjing gak akan bisa dijadikan manusia, meskipun makanannya rendang padang, minumannya STMJ...he..he...he..Jujur, gw rada kecewa dengan komunitas anjing ini, anjing itu....Pada dasarnya cuman gengsi....Harganya selangit, bilang import....Padahal lahirnya di bumi Indonesia...ah, semua kecap memang nomor satu kan? btw....anjing tetap The Human Best Friend....Terkadang yang kurang friendly malah yang punya anjing. Pesan gw satu : Awas kejebak iklan! thanks AnDismile
02 Aug 2013 22:34:52
#20
Avatar Budi.Handoko
Budi.Handoko
Total Post : 51
Hahahaha....

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.