AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
26 Apr 2013 20:44:34
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Melatih Anjing Untuk Menggonggong dan Diam Sesuai dengan Perintah Anda

foto
Anda mungkin akan mengatakan "anjing saya sudah menggonggong terlalu SERING, mengapa saya harus mengajarinya menggonggong?". Ketimbang anda membiarkannya mengonggong tidak karuan/tidak sesuai pada tempatnya, maka akan lebih baik jika anda bisa membuat anjing menggonggong hanya pada saat anda memberikan isyarat kepadanya sehingga anda bisa mengontrol kapan saatnya anjing anda harus menggonggong. Hal ini akan membantu menghilangkan gonggongan yang terlalu berlebihan.

Selain mengajarkan command untuk menggonggong, anda juga tentunya harus mengajarkan command untuk diam/tenang. Ada banyak cara berbeda dan bervariasi yang mungkin digunakan oleh para dog trainer dan pemilik anjing, namun berikut teknik dasar yang biasanya berhasil digunakan pada kebanyakan anjing:

Waktu yang dibutuhkan: 10-15 menit, 1-2 kali dalam sehari (mungkin membutuhkan berminggu-minggu untuk sampai anjing bisa mengerti)

Berikut tekniknya:
1. Pilih salah satu kata sederhana untuk command "menggonggong". Kata yang digunakan harus mudah diingat dan digunakan secara konsisten. Pilihan yang bagus adalah: "speak", "bark", atau "talk".

2. Pilih salah satu kata sederhana untuk command "diam/tenang". Kata yang digunakan harus mudah diingat dan digunakan secara konsisten. Pilihan yang bagus adalah: "enough", "quiet",atau "hush".

3. Pertama kita ajarkan dulu command "diam/tenang". Ketika anjing anda menggonggong, cobalah untuk mencari tahu kira-kira apa sumber yang bisa membuatnya menggonggong. Kemudian, tangkap perhatiannya dengan bertepuk tangan, membunyikan peluit atau suara yang mirip dengan itu.

4. Segera setelah anjing berhenti menggonggong, ucapkan command yang anda pilih untuk "diam" misalnya "quiet" dengan suara yang tegas dan terdengar jelas. Kemudian segera berikan treat dengan suara yang menyenangkan dan berikan pujian.

5. Praktekkan command "diam" sesering mungkin. Anda bisa melakukannya setiap kali anjing anda menggonggong, tapi ingat harus dalam sesi yang singkat.

6. Setelah anjing anda terlihat sudah memahami command "diam", maka anda bisa mulai mengajarkan command "mengonggong".

7. Buatlah situasi yang bisa membuat anjing anda menggonggong. Metode terbaik adalah meminta teman anda membunyikan bel pintu atau mengetuk pintu. Kemudian, saat anjing anda menggonggong, segera katakan command "menggonggong" sebagai contoh "speak" dengan suara yang jelas dan bersemangat.

8. Setelah anjing anda menggonggong 2-3 kali dalam satu waktu, katakan "good speak" dengan suara jelas dan semangat sambil memberikan treat.

9. Ulangi metode ini beberapa kali sampai anjing anda terlihat sudah mengerti.

10. Setelah anjing anda belajar "menggonggong" dan "diam" secara terpisah, sekarang anda bisa menggunakannya secara bersama-sama, yaitu beberapa kali perintahkan untuk menggonggong, kemudian perintahkan untuk diam.

Tips:
1. Treat/reward harus diberikan segera tepat saat anjing melakukan tindakannya dengan benar dan harus sangat lezat. Anda harus membuat anjing anda merasa bahwa "worth it" mematuhi anda. Treat bisa berupa potongan kecil berupa hati ayam atau makanan lezat bagi anjing anda.

2. Sebagian orang memilih untuk mengajarkan command "menggonggong" dulu baru "diam". Sedangkan sebagian lainnya suka mengajarkan keduanya secara bersamaan. Ini adalah pilihan anda, ini tentang tingkat kenyamanan anda, kepercayaan diri dan kemampuan anjing anda untuk belajar. Anjing dengan kecenderungan suka menggonggong berlebihan, mungkin perlu belajar command "diam" terlebih dulu.

3. Bersabar dan konsisten. Mengajarkan command ini mungkin bisa membutuhkan beberapa minggu untuk dikuasai bagi beberapa anjing.

4. Jika anda mengajarkan anjing yang masih berusia puppy tunggu sampai dia mengembangkan kemampuan dan keinginannya untuk menggonggong, atau jika tidak dia akan menjadi bingung.

5. Melatih dengan menggunakan Clicker biasanya lebih efektif saat mengajarkan command "menggonggong"/"diam".





Sumber:
dogs.about.com
howdini.com

Last Edited : 26 Apr 2013 20:56:38

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.