Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
15 Apr 2013 11:11:56
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Bagaimana Melatih agar Anjing Tidak Merengek dan Menggonggong Saat Berada di Kandang

foto
Perilaku anjing merengek dan menggonggong ketika dikandang adalah tanda-tanda dari separation anxiety (gangguan kecemasan berpisah), yang merupakan reaksi umum anjing saat merasa terisolasi/terpisah. Instingnya yang membuat anjing merasa harus memberitahukan anda saat dia terpisah dari pack/kelompok (disini anda sebagai pemilik dianggap sebagai bagian pack bagi anjing anda). Trik untuk menghentikan perilaku ini adalah mengajarkan kepadanya bahwa berada di kandang hanya untuk sementara dan anda akan selalu kembali padanya.

1. Buka pintu kandang dan menaruh beberapa mainan dan treat/makanan kecil di dalamnya. Biarkan anjing anda masuk untuk menginvestigasi kandang. Dia kemungkinan besar akan masuk ke dalam kandang karena ada mainan dan treat. Triknya disini adalah untuk membuatnya membangun asosiasi positif dengan kandang.

2. Berikan elusan dan pujian saat dia berada di dalam kandang. Jangan MENUTUP pintu kandang, biarkan dia mengeksplorasi kandang. Dengan mengelus dan memujinya, anda memperkuat asosiasi positif yang dibangunnya.

3. Berjalan menjauh dari kandang. Kemungkinan dia akan mengikuti anda pertama kali, terutama jika dia termasuk anjing yang cukup lengket dengan anda. Hal ini tidak masalah.

4. Ulangi pengenalan kandang seperti diatas sekali dalam setiap hari. Saat anda merasa bahwa anjing anda telah membangun hubungan yang positif dengan kandang, cobalah menutup pintu kandang saat dia di dalam, tapi anda tetap berada di dekat kandang.

5. Bicaralah dengan anjing anda dan berikan pujian kepadanya. Dia kemungkinan besar tidak akan melihat anda telah menutup pintu, terutama jika dia sedang terpaku pada mainannya.

6. Buka pintu kandang dan berikan pujian serta suara yang menyenangkan. Anda menunjukkan kepada anjing anda bahwa saat berada dalam kandang selalu memberikan hasil positif baginya.

7. Ulangi sesi menutup pintu kandang secara singkat seperti tadi, secara bertahap tambahkan waktu anda menutup pintu kandang saat dia masuk. Begitu dia senang walaupun saat pintu ditutup, mulailah untuk menambah jarak antara anda dan kandang anda, namun tetap pada posisi terlihat.

Mencegah Anjing Merengek dan Menggonggong

1. Berikan pujian saat anjing berada dalam kandang. Jika dia merengek atau menggonggong, berhenti memujinya dan membelakangi kandang selama 5 detik. Hal ini akan mengajarkannya bahwa stimulus positif berupa pujian akan berakhir segera begitu dia merengek, menggonggong atau merintih. Dengan pengulangan yang cukup, dia akan belajar bahwa perilakunya sendiri yang menyebabkan hal ini dan dia akan berhenti melakukannya.

2. Tinggalkan ruangan tempat kandang berada, tetapi dengarkan apakah ada suara merengek atau menggonggong. Hitung sampai 30 dan kemudian kembali ke kandang dan biarkan dia keluar. Ini penting agar saat anda datang kembali menghampiri tidak terjadi saat dia sedang merengek atau menggonggong. Jika anda langsung kembali begitu dia melakukannya, maka anda menunjukkan kepadanya bahwa dengan merengek dan menggonggong bisa membuatnya keluar dari kandang, jadi dia akan selalu melakukannya setiap waktu. Jika anda mendengar dia merengek atau menggonggong, tunggu sampai dia berhenti baru kembali padanya.

3. Ulangi proses ini setiap hari, secara bertahap tambahkan jumlah waktu anda untuk meninggalkan kandang atau berada di tempat dimana anda tidak terlihat.

Tips:
- Nyalakan TV atau radio saat anda meninggalkannya berada dalam kandang. Hal ini akan membantu menjaga suasana menjadi normal.
- Saat jadwal makan harian, anda juga bisa menaruh makanannya ke dalam kandang.
- Ingatlah jangan pernah menggunakan kandang sebagai hukuman anjing anda karena dia akan mengaitkan kandang dengan hukuman.
- Jika anjing anda masih berumur dibawah 6 bulan, jangan tinggalkan dalam kandang lebih dari 3 jam. Dia perlu buang air karena kandung kemihnya belum bisa menahan lama seperti saat usia dewasa, dan dia bisa bosan serta dia tidak akan mengerti mengapa dia ditinggalkan sendiri dalam suasana yang tidak nyaman.

Berikut video cara melatih kandang bagi anak anjing:




Sumber:
dogcare.dailypuppy.com
howdini.com

Last Edited : 15 Apr 2013 11:22:21
16 Apr 2013 10:13:08
#2
Avatar dogsfan
dogsfan
Total Post : 101
nice info..smile
13 May 2013 13:02:57
#3
Avatar Bagong
Bagong
Total Post : 2
nice inpoh gan... tp yg gw mau tanya lg... klo cara ngelatihnya klo pd anjing usia 1thn...??
14 May 2013 09:57:53
#4
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
@Bagong: cara latihnya sama, yang terpenting konsisten dan kesabaran karena waktu yang diperlukan tidak bisa instan smile
14 Mar 2014 11:10:50
#5
Avatar deba
deba
Total Post : 2
Mau tanya nih...aq br bli anjing siberian husky usianya 2 bulan jlan 3 bulan. Klo di taruh kandang dia sll menggonggong n merengek2.klo aq hampiri dy bs diem..klo aq tingggal dy gt lagi...aq sampe stres rasanya krn dy g bisa diem.tiap pagi ma sore udah aq kluarin dr kandang..dy lari2an kmana2.gmn ya caranya dy bisa tenang klo d taruh kandang?aq br prtama kali ini piara anjing.jadi belum tw banyak apa yg harus aq lakukan..mohon bantuannya ya...pliissss
24 Apr 2014 09:30:32
#6
Avatar sonny.darmawan3
sonny.darmawan3
Total Post : 2
Good tip. Thx smile
10 Nov 2014 05:03:07
#7
Avatar joana
joana
Total Post : 9
@deba
sepertinya husky sis deba sukses melatih manusianya buat datang saat dia merengek. hehe. Saya juga perna ngalamin yang seperti itu sis. Menurut hemat saya, ada baiknya tiap pagi sama sore pas dikeluarkan tadi, doginya di ajak main atau jalan2 sampai dia benar2 capek, keliatan dari lidahnya kalo sudah benar2 capek. Husky adalah tipe anjing yang sangat2 aktif. makanya jika mau memelihara anjing ini harus rela keluar tenaga ekstra.

cara lainnya, coba tes mainan kong yg kong biasa atau yg tipe genius.. kalo yg biasa, cukup olesin selai peanut butter ke dalam kong itu lalu berikan ke dogi nya. Husky nya pasti sibuk jiletin sampe lupa diri. Atau pake yang tipe genius, ambil treat kue atau buah dan masukkan kedalem, huskynya pasti bkalan sibuk juga ama itu mainan.

semoga membantu
25 Apr 2015 07:38:35
#8
Avatar 017465
017465
Total Post : 1
aq pnya anjing kampung. manja nya minta ampun. usianya baru satu bulan. tidak bisa di tinggal dan sllu menangis. dia juga penakut. apa aku bisa membuat nya jdi energik dan pemberani?
14 Oct 2015 21:38:24
#9
Avatar krnwidi
krnwidi
Total Post : 1
Apa sisi positif dan negatif anjing selalu dicencang??
01 Dec 2015 16:16:20
#10
Avatar anjing-dijual492
anjing-dijual492
Total Post : 1
kalau sudah dilatih seperti itu tapi tetap menggonggong apa yang harus dilakukan? karena salah dari awal dia selalu digendong dan dibelai jadi ketika ditinggal menggonggong terus. terima kasih
26 May 2016 23:30:18
#11
Avatar anjing-dijual883
anjing-dijual883
Total Post : 1
Aku punya minipom aduh bawel nya bkn mjnta ampin deh ditinggal sebentar aja dah gonggong nya parah bnget.mhn solusi nya dong...thx
17 Jul 2017 18:27:57
#12
Avatar Fenny.Giovannii
Fenny.Giovannii
Total Post : 1
mau tanya.. aku punya anjing pitbul umurnya baru 1,5 bln tiap hari aku taro diluar tpi menggonggong trs klo ditinggal gonggongannya smakin keras apalgi klo mlm hari mau gak mau hrs ditemenin trs stiap kali menggonggong baru bisa diem. ada solusinya gak biar anjingku bisa diem tnpa hrs ditemenin tiap kali gonggong. mohon dibantu. thx
31 Oct 2017 20:12:44
#13
Avatar eria8625
eria8625
Total Post : 1
Saya punya ajing jenis toy poodele usia nya sudah 9 bulan dari awal beli memang anjing saya tidak pernah di kurung tapi lamalama anjing saya nakal pipis dan pupup sembarangan akhir nya saya taro di kandang tapi anjing saya malah menggonggong dan ngerengek yang harus saya lakukan apa ya supaya anjing saya tidak merengek saat di kandang mohon bantuan nya..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.