AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
14 Aug 2012 15:58:46
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

3 Perintah Dasar Penting dan Mudah untuk Diajarkan Kepada Anjing (Sit, Stay, Lie Down)

Perintah SIT

foto

Command "Sit" (duduk) adalah salah satu hal yang paling penting diajarkan kepada anjing anda. Jika anjing anda diajari duduk, maka dia tidak akan melompat pada seseorang atau ketika teman anda datang, dia bisa duduk dengan tenang.

Berikut cara mengajarkan anjing anda untuk "Sit" (duduk) :
  • Bersiaplah dengan potongan kecil makanan favorit anjing anda.
  • Berdiri menghadap anjing anda. Pegang treat/makanan di depan hidung anjing, arahkan tangan anda yang berisi makanan ke arah atas kepalanya dengan jarak tinggi kira-kira anjing anda hampir bisa mencapainya.
  • Jika anjing anda sampai mengangkat kaki depannya, berarti tangan anda terlalu tinggi. Ketika anjing anda mengangkat kepala dan bahunya untuk mengambil makanan, bagian bokong harusnya turun.
  • Segera setelah anjing berada dalam posisi duduk, pujilah dia dengan mengatakan "Sit. Good boy,sit." Langsung berikan makanannya.
  • Jika perlu, sentuh bagian belakang anjing anda secara lembut untuk memberinya isyarat bahwa anda ingin dia duduk. Jangan mendorong terlalu keras punggung atau bagian belakangnya.
  • Praktekkan hal ini beberapa kali, ada juga yang mungkin bisa memerlukan latihan 10x sampai anjing mengerti. Saat anda melihat sepertinya anjing anda sudah mengerti, maka cobalah untuk melakukannya tanpa treat. Jika ternyata dia tidak duduk, jangan katakan apapun namun coba lagi dengan memberikannya treat. Selalu berikan pujian saat dia melakukan hal yang benar.

Tips :
  • Anda bisa mengajari anjing anda "Sit" saat dia berada di samping anda, di depan anda atau saat sedang berjalan bersama anda dengan leash/tali anjing. Ulangi langkah di atas dengan
  • posisi dan tempat yang berbeda. Sekali anjing anda mengerti arti "Sit", dia akan senang melakukannya untuk menyenangkan anda.
  • Saat anda memberikannya command "Sit", katakan sekali saja. Jangan mengatakannya berulang-ulang karena anjing anda akan belajar bahwa dia tidak perlu duduk saat ucapan "Sit" pertama dari anda. Jika dia tidak duduk saat anda memberikan command, cukup mengulangnya lagi dengan memberikan treat.

Perintah STAY

foto

"Stay" juga salah satu perintah yang penting untuk diajarkan kepada anjing anda karena ada saat dimana anda ingin agar anjing anda tetap berada ditempatnya, seperti saat tamu datang atau bahkan saat berada di situasi yang dapat mencelakakan nyawa anjing anda seperti saat anda sedang berjalan bersama anjing anda di jalan.

Berikut cara mengajarkan anjing anda untuk "Stay" :
  • Bisa dimulai dari posisi anjing anda duduk, berdiri, atau berbaring, pastikan ia sedang berada dalam posisi yang nyaman.
  • Berdiri atau duduk di depannya, arahkan telapak tangan anda ke depan wajahnya dan katakan "Stay".
  • Kemudian menjauh dengan melangkah menggunakan kaki kanan. Anda harus selalu menjauh dengan menggunakan kaki kanan.
  • Ambil satu atau dua langkah saja, berbalik dan berdiri tepat di depan anjing anda.
  • Anda bisa mengulang kata "Stay" beberapa kali. Tunggu beberapa detik dan lalu kembali ke sisi anjing anda.
  • Setelah selesai, katakan "OK!". Lalu buatlah dia bergerak dan katakan "Good boy".
  • Lakukan beberapa kali selama beberapa hari. Saat anjing anda tampak stabil, anda bisa menambah waktu berdiri di depannya.
  • Lalu anda juga bisa menambah jaraknya, namun hanya dalam waktu yang tidak lama.
  • Jika anda ingin memberikan treat, berilah sepotong kecil treat saat dia sedang berada dalam posisi "Stay". Jangan berikan treat setelah dia bergerak atau dia akan berpikir bahwa dia mendapatkan treat karena bergerak. Anda juga bisa mengatakan,"good stay" saat dia sedang posisi stay.

Perintah LIE DOWN

foto

"Lie Down" (berbaring) juga merupakan salah satu perintah yang tidak kalah pentingnya untuk diajarkan kepada anjing anda. Perintah ini bisa membuatnya tenang dan bersantai setelah bermain atau saat anda sedang membaca atau menonton TV, anjing anda dapat berbaring di sebelah anda.

foto

Berikut cara mengajarkan anjing anda untuk "Lie Down" :
  • Mulai dengan posisi anjing duduk atau berdiri. Dekatkan tangan anda yang berisi treat dan biarkan dia mengendusnya, namun jangan berikan kepadanya.
  • Saat dia sedang mengendus, turunkan tangan berisi treat tersebut dan saat anda melakukannya, anjing anda akan mengikutinya ke bawah.
  • Pastikan untuk mengatakan "Lie Down" segera setelah anjing anda mulai turun ke bawah.
  • Anjing anda akan menurunkan tubuhnya sendiri ke lantai. Di saat itu, anda harus menaruh tangan berisi treat di antara kaki depannya.
  • Hanya berikan treat saat si anjing sudah berbaring di lantai. Ulangi kata "Lie Down" beberapa kali katakan "Good boy, lie down. Lie down you good boy."
  • Praktekkan ini beberapa kali dalam satu hari dan selama beberapa hari.

Tips:
  • Berikan treat hanya saat anjing anda sudah berbaring, jadi dia tahu bahwa dia melakukannya dengan benar. Jika anjing anda tahu bahwa treat akan datang, dia mungkin akan melihat anda dan mulai bangun. Ulangi perintah "Lie Down". Arahkan kembali tangan anda dan turunkan lagi diantara kaki depannya. Hanya berikan saat seluruh badannya sudah berada di lantai atau tanah. Jika sudah selesai, katakan "OK" atau katakan kepadanya dia sudah bisa bangun sekarang dan katakan "Good boy".
  • Saat anjing anda sudah mengerti "Lie Down", apakah anda yakin dia juga bisa melakukannya di berbagai tempat? coba praktekkan di kamar tidur, ruang tamu, di dapur, halaman belakang atau di manapun anda inginkan. Jika diluar rumah, pastikan anjing anda memakai leash/tali anjing.
  • Setelah anjing anda belajar perintah "Lie Down", anda bisa juga menggabungkannya dengan perintah "Stay". Tidak apa jika anjing anda berbaring dan stay dalam waktu 15,20 atau bahkan 30 menit. Tidak apa-apa juga jika anjing anda jadi mengantuk saat dia sedang melakukan itu. Sesekali hal ini mungkin akan membantu saat dia perlu untuk tenang.

foto

  • Anda kadang mungkin ingin agar anjing anda berbaring di tempat tidurnya, maka anda bisa memerintahnya dengan perintah yang berbeda seperti "pergilah tidur." lalu arahkan anjing anda untuk pergi ke tempat tidurnya setelah anda mengatakan "pergilah tidur" dan katakan "lie down" saat dia sudah berada ditempat tidurnya. Selalu katakan "pergilah tidur" dan secara bertahap hilangkan kata "lie down".

foto

Hal-hal yang harus diperhatikan:

* Jangan pernah memarahi atau bahkan meneriaki anjing anda saat dia melakukan kesalahan. Anjing anda bukan sedang melakukan hal yang buruk tapi dia hanya sedang belajar.
* Buatlah suasana yang menyenangkan dan positif saat latihan. Selalu berikan pujian saat dia berhasil melakukannya dengan benar.


Sumber:
loveyourdog.com

Last Edited : 14 Aug 2012 16:09:35
22 Aug 2012 00:05:39
#2
Avatar Yungfa
Yungfa
Total Post : 1
Great idea
07 Sep 2012 16:10:15
#3
Avatar michael.vidy3
michael.vidy3
Total Post : 1
thanks foy information smile

wink
05 Oct 2012 15:19:06
#4
Avatar 008083
008083
Total Post : 13
treat itu apa
06 Oct 2012 08:14:03
#5
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
@ 0000008083 : Treat itu adalah makanan untuk anjingnya biasanya berupa makanan favorit si anjing smile
19 Dec 2012 15:12:45
#6
Avatar riezky.alwayztogetheer1
riezky.alwayztogetheer1
Total Post : 1
aku pengin punya anjjing siberian husky dan herder.. hargane berapa yaaa?
21 Dec 2012 20:34:06
#7
Avatar andrew.sinaga2
andrew.sinaga2
Total Post : 9
Paling kalo herder paling pintar aku denger 15 jt kalo husky 8 jt
21 Jan 2013 15:58:29
#8
Avatar Robin.Hamonangan
Robin.Hamonangan
Total Post : 4
Thanks for great idea. Tpi klo anjing kita mau di perintahkan hanya karena makanan saja bagaimana? Soalnya anjing saya klo diperintahkan utk duduk dan salaman hanya mau apabila ada makanan saja
11 Aug 2013 02:01:49
#9
Avatar hendr@
[email protected]
Total Post : 1
aku punya anjing shit zhu usianya baru 7 bulan dia sangat super aktif bagaimana cara melatihnya ya

sit,stay,lie down, mohon infonya, thank's
31 Oct 2014 21:53:12
#10
Avatar Pinondang.Sitompul
Pinondang.Sitompul
Total Post : 4
Wah,saya baru 2 Jam melatih anjing saya sudah bisa melakukan 2 Perintah,
Sit dan Down.ternyata gampang melatih anjing ya,padahal hampir mau saya masukin sekolah anjing.
31 Oct 2014 22:02:31
#11
Avatar Pinondang.Sitompul
Pinondang.Sitompul
Total Post : 4
[justify]Sit (duduk)[/justify]
Langkah awal agar dapat duduk adalah dalam posisi diam, kita katakana “Sit” sambil sedikit di tekan bagian belakang anjing kita. Setelah beberapa kali ulangan, maka ketika kita katakana “Sit” anjing harus ke dalam posisi duduk, dengan kepala melihat ke atas (tidak boleh menunduk).dan kalau anjing berhasil melakukannya,maka berikan ia makanan pemancing dan berikan juga ia pujian Good.
dengan mengulangi beberapa kali saja,saya yakin anjing anda pasti mengerti.


Usahakan melatih anjing 1 Perintah dulu dalam beberapa hari dan klu sudah mahir baru ke perintah lainnya.Selamat mencoba
Last Edited : 31 Oct 2014 22:05:33
31 Oct 2014 22:04:48
#12
Avatar Pinondang.Sitompul
Pinondang.Sitompul
Total Post : 4
[justify]Down(rebah)[/justify]
[justify]Posisi down di ajarkan mulai dari posisi “Sit”, setelah anjing dalam posisi duduk tenang, kita katakana “Down” dan kita bantu dengan telapak tangan kita yang memegang makanan menyentuh lantai. Setelah posisi rebah, jangan lupa kita beri pujian kepada anjing kita, atau makanan.[/justify]
Last Edited : 31 Oct 2014 22:06:07
23 Jan 2015 00:56:32
#13
Avatar 016592
016592
Total Post : 4
Nice info .....
Butuh extra untuk melatih anjing saya yang super duper usil ...
09 Dec 2015 01:49:55
#14
Avatar dr.amatlim
dr.amatlim
Total Post : 1
Saya baru membeli poodle betina usia 4 bulan. Setiap hari jika saya keluarkan dari kandangnya, dia akan berlari dan mengigit mainannya. Saya sampai kesulitan untuk menangkapnya. Bagaimana cara menenangkannya? Sehingga saya bisa mulai melatihnya untuk sit, stay dll. Terima kasih
27 Feb 2016 13:50:58
#15
Avatar anjing-dijual832675
anjing-dijual832675
Total Post : 1
Kirakira makanan ug disukai anjing apa ya saat kita mengajarkannya??
16 Apr 2016 14:23:46
#16
Avatar anjing-dijual823
anjing-dijual823
Total Post : 1
Terbaik!
11 Jun 2017 17:17:20
#17
Avatar vinantiusisaac
vinantiusisaac
Total Post : 1
Golden saya dah bs stay,sit,shakehand sama no tanpa dkasih makanan,utk latian yg lain waktu dia kcil ssya sudah cpk mengajari yg lain karna sbuk kerja dll...sampe skrg sudah umur 6 taun dia..sesekali saya command dia msh patuh bgt..saran pengalaman saya klo latih anjing dr umur 7 bulan..tp klo soal pup dan pipis hrs dari kecil...
Last Edited : 11 Jun 2017 17:17:55

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.