Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
25 Mar 2013 13:55:32
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Scabies (Sarcoptic Mange) Pada Anjing

foto

Penyakit Scabies pada anjing, yang dikenal juga dengan Sarcoptic Mange atau Canine Scabies disebabkan oleh parasit yang disebut tungau sarcoptic (sarcoptic mites). Jenis tungau mikroskopis ini biasanya selalu menyerang area kulit pada anjing dewasa dan anak anjing sehat dan menimbulkan berbagai jenis masalah kulit. Jenis masalah yang paling umum terkait dengan parasit ini adalah bulu rontok dan gatal parah.

foto
Meskipun parasit ini juga menyerang hewan lain dan kadang bahkan manusia, mereka biasanya lebih umum menyerang anjing. Untungnya, ada beberapa jenis pengobatan yang efektif untuk mengatasi penyakit ini dan biasanya dapat dengan mudah dikontrol.

Gejala-gejala Penyakit Scabies

Meskipun gejalanya bervariasi, namun yang paling umum adalah bulu rontok dan rasa gatal yang sangat parah pada anjing anda. Sebagian besar tungau ini menyerang telinga, ketiak, lutut, dada dan perut anjing dan juga lebih memilih area tubuh anjing yang memiliki sedikit bulu. Namun, karena infeksi bertumbuh, bisa menyebar ke seluruh tubuh anjing. Seringkali, akan muncul bintil kecil merah bernanah (pustule) yang muncul bersama dengan kerak kuning pada kulit.

foto
Karena anjing suka menggaruk area-area yang infeksi sehingga kulit menjadi semakin luka dan terinfeksi. Anjing yang berada di cuaca panas tampaknya lebih mudah terkena dibandingkan anjing yang berada di tempat yang lebih dingin. Jika dibiarkan tanpa diobati, kulit akan menjadi lebih gelap secara permanen karena iritasi yang konstan dan kelenjar getah bening / limfe di area tersebut mungkin jadi membesar.

Pengobatan yang umum untuk Penyakit Scabies

Ada banyak metode dan cara yang berbeda untuk mengobati scabies. Di masa lalu, banyak orang yang merasa cukup efektif hanya dengan memotong atau memangkas bulu anjing jika berbulu panjang dan memandikan anjing dengan shampo benzoyl peroxide atau pembersih lainnya untuk membersihkan kulit. Setelah itu, anjing diberikan pengobatan dengan pencelupan (dip) menggunakan organophosphate atau sulfat alkali.

Pengobatan ini biasanya dengan mencelupkan anjing yang dilakukan sekali dalam 2 minggu atau lebih bisa dua atau 3 kali. Pengobatan jenis ini sangat efektif, NAMUN bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi pemilik dan anjing. Dan juga, larutan pencelup yang digunakan harus bersentuhan dengan wajah dan telinga anjing sehingga harus ekstra HATI-HATI saat digunakan sekitar wajah dan telinga anjing. Dan lagi, jenis pengobatan celup ini bisa menjadi racun bagi manusia dan tidak selalu cocok dengan anak anjing atau anjing yang sedang menderita penyakit lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada beberapa produk lain yang dikembangkan yang terbukti sangat efektif, aman dan nyaman dalam mengobati penyakit scabies anjing. Produk seperti Revolution adalah salah satunya. Revolution adalah obat yang biasa digunakan sekali dalam sebulan dan juga memberikan pencegahan yang baik terhadap heartworm dan mengatasi kutu.

foto
Selain itu, produk seperti Revolution dan Frontline Plus juga membantu mengontrol caplak (ticks). Kedua produk ini sudah terbukti sangat efektif dalam membantu mengatasi banyak penyakit kulit yang umum terjadi pada anjing termasuk penyakit scabies.

Sebagai tambahan, untuk mengobati anjing anda yang terkena scabies, anda juga harus membasmi sisa-sisa tungau/parasit yang ada pada tempat seperti area tempat tidur anjing. Tungau Sarcoptic sangat mudah menyebar di antara semua jenis anjing, sehingga anda harus memastikan area-area dimana anjing anda sering berbaring atau tidur siang ditempat itu. Anda harus terus membersihkan tempat tersebut dalam jangka waktu 4 minggu atau lebih untuk memastikan bahwa semua tungau sudah mati.

Sumber:
Vetinfo.com

Last Edited : 25 Mar 2013 14:12:07
25 Mar 2013 19:50:29
#2
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Untuk melengkapi: Ada beberapa sumber yg mengatakan kalau Frontline efektif mengatasi scabies. Ada sumber yg mengatakan kl Frontline tidak bisa menuntaskan scabies dengan baik. Kl dilihat cara kerja Fipronil dalam Frontline drop maupu spray, sepertinya emang tidak seefektif Selamectin dalam Revolution. Karena Fipronil diserap kulit, kemudian tinggal dalam kelenjar minyak. Begitu kelenjar minyak bekerja mengeluarkan minyak untuk kulit dan bulu anjing, serangga2 yg ada disitu mati. Tapi sarcoptic mites, kadang menggali sampai dalam, dan tidak tersentuh oleh minyak yg sudah mengandung Friponil. Berbeda dengan Selamectin yg terserap melalui kulit sampai ke peredaran darah.
26 Mar 2013 08:50:12
#3
Avatar M_10031991
M_10031991
Total Post : 46
jadi lebih baik direndam dengan amitraz? menggunakan revolution? atau disuntikkan ivermectin oleh vet?
apakah revolution boleh digunakan untuk puppy dibawah 6 bulan?
apakah ada min berat puppy atau min usia puppy untuk menggunakan revolution?
thank you
26 Mar 2013 19:28:22
#4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Semuanya bisa menyembuhkan scabies. Tapi perendaman amitraz harus hati2 terutama didaerah wajah. Dan tidak boleh terjilat dan terminum oleh doggie. Revolution dan invermectin ada dosisnya menurut berat anjing. Boleh untuk puppy mulai usia 1,5bulan. Kondisi anjing tidak boleh lemah, sedang sakit, atau anjing yg underweight (kekurangan berat badan). Kl saya lebih suka pergi ke vet dan menyuntiknya dengan invermectin.
26 Mar 2013 21:10:00
#5
Avatar M_10031991
M_10031991
Total Post : 46
Tingkat efektifitas nya bagaimana? Lebih efektif disuntik invermectin atau pakai revolution ya?
Lalu yg saya binggung, apakah dalam keadaan ini anjing saya boleh mandi? Karena pemakaian salep membuat anjing saya lengket.
Padahal disatu sisi dokter menyatakan anjing saya dilarang mandi karena akan mengikis lapisan minyak di kulit yang menjaga kesehatan kulitny.
Mohon petunjuk nya. Terimakasih.
27 Mar 2013 01:33:39
#6
Avatar allaboutdogs
allaboutdogs
Total Post : 63
bersihin pake alkohol tunggu kering baru obatin. bs juga salep scabisist
27 Mar 2013 07:02:00
#7
Avatar M_10031991
M_10031991
Total Post : 46
@allaboutdogs: saya sudah ada salep dr vet sh, apakah berbeda dengan salep scabies yg dijual d petshop?
Apakah kandungan selamectin dlm revolution lebih baik dari invermectin yang disuntikkan oleh vet?thanks
30 Mar 2013 17:58:19
#8
Avatar 010067
010067
Total Post : 2
kmaren anakan golden ku jg kena scabies,makan ny jg susah. pake obat apa aja g sembuh2 ampe kira2 1,5-2bln. iseng2 ane mandi'in pake cuka apel (1liter air + satu tutup cuka apel) (mandi 1minggu 2x) sabun ny pake sabun Jf.sulfur, abis kering olesin cuka apel ke tempat scabies, trs selang 10mnit baru ane kasih salem scabbiemite. dan akhir ny selama 2-3minggu kering & nglupas sndiri tu luka2 scabies. & tiap 2-3minggu skali ane mandi'in pake itu.
~Ini kisah ku - mana kisah mu~ grin
31 Mar 2013 11:36:01
#9
Avatar M_10031991
M_10031991
Total Post : 46
Sekarang udh gk kumat lg bro?
Nh udh mendingan sh scabiesnya
20 Jul 2013 00:57:06
#10
Avatar Budi.Handoko
Budi.Handoko
Total Post : 51
urusan gatal-gatal pakai cuka apel memang bisa. anjingku jg ak semprot cuka apel. dijilat aman, jamur kabur, tp kutu terkadang gak mempan. bagusnya utk usir kutu memang pakai yg ditetes di tengkuk seperti merk fr**tl**n atau apalah merknya + cuka apel disemprotkan di seluruh tubuh, 5 hari sekali dimandikan pakai shampoo, tempat tidur dogy disemprot pestisida. setiap pagi jemur dogy setengah jam. makan yg bergizi + ksh multyvitamin. repot? ya emang begitu lah...hehehehehe
16 Aug 2013 12:22:31
#11
Avatar _alionganong
_alionganong
Total Post : 1
Chow2 saya kulitnya berminyak,pake shampo apa? Seakarang ini saya pake sabun asepso boleh hak ya tq
12 Sep 2013 01:54:28
#12
Avatar Sharon.Josafet
Sharon.Josafet
Total Post : 2
Anjing shitsu aq bermasalah nih
Kutunya gede-gede bgt, ada yg bilang pake bawang putih, tp ada yg bilang bs jd racun bawang putih\'y. Kebetulan di daerah rumah ga ada dokter hewan, apa ada obat yg bs dibeli diapotik?
14 Mar 2014 19:51:06
#13
Avatar wahyu.tambunan
wahyu.tambunan
Total Post : 2
Kulit dan bulu anjing yg pernah scabies bisa normal lagi nga ya?
11 Jul 2014 20:33:33
#14
Avatar Risma.Dewi
Risma.Dewi
Total Post : 1
Mohon infonya, anjing golden saya gatal" sudah lebih dri 4 bulan
2 bulan trakhir ini smakin parah bahkan sampe berdarah darah d sluruh tubuh nya
Sluruh tubuhnya bengkak sampai ke mata bahkan kulit nya sperti melepuh
Berkali-kali bolak-balik k dokter namun blum jga membaik
Sya bingung hrus d apain lgi, karna dokter hanya bsa menyarankan utk bersabar sja
Bagi yg pernah punya pengalamn serupa mohon bagi tips dan informasi nya ya....
15 Jul 2014 09:17:18
#15
Avatar Nindia.Kartika
Nindia.Kartika
Total Post : 1
@Mba Risma, coba ganti dokter deh, kasian doggie nya. Doggie ku juga lagi kena gatal2, kata dokter pertama alergi makanan, tapi sudah seminggu ga sembuh2. Akhirnya saya ganti dokter, katanya kemungkinan kena scabies & demodex. Jadi hari ini mau dicukur bulu & mulai pengobatannya (mandi, scrub, suntik + obat minum --- antibiotik anti radang & vitamin).
Ga bisa dibawa sabar mba, karena sepertinya kondisi doggie mba sudah parah.
semoga doggie nya cepat sembuh ya ,, smile
15 Jul 2014 18:56:20
#16
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
klu scabies guaatel banget, sampai nangis nangis.. digigit gigit kulitnya.
anjing saya yg baru beli kena scabies..
pertama kali drh nya bilang alergi makanan, diganti df yg lamb untuk sensitip skin tetep saja guatel smp nangis
dateng yg ke 2 drh saya bilang ,scabies .
di tetesi revolution...tiap 2 minggu se x ,,,sampai 3x
sekarang sudah tidak garuk garuk.
scabies sangat menular
15 Jul 2014 19:02:31
#17
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
oh ya,, luka nya saya olesi salep nebacetin,,,6 hari sembuh
19 Feb 2015 00:17:16
#18
Avatar Daud.Susanto
Daud.Susanto
Total Post : 1
yg punya masalah perkutuan dan luka akibat kutu pada anjing kesayangan bisa pakai campuran oli bekas dicampur bubuk sulfur perbandingan 8:1 (8 sendok oli 2 sendok bubuk sulfur)... sebelumnya panasin dulu olinya trus campurin bubuknya... oleskan kondisi campuran tsb masih hangat... aplikasikan 10 hari sekali... sebelumnya boleh dimandikan pake sabun yg mengandung sulfur... cara ini sering dipakai para peternak sapi, domba... sy pernah coba ke anjing husky sy, efeknya bagus, termasuk anjing kampung yg scabieanya udah 1 badan sampai hitam juga hasilnya bagus sempurna seperti tidak pernah kena scabies sama sekali (NB: aplikasi tiap hari)... silahkan dicoba, kalo ragu lebih baik konsultasikan dulu atau jangan sama sekali...
15 Jun 2015 16:09:38
#19
Avatar gocak27
gocak27
Total Post : 1
kalau kutunya menulari manusia bagaimana pengobatannya.. sad
12 Sep 2015 18:53:09
#20
Avatar kusdiyanto.drh
kusdiyanto.drh
Total Post : 1
Ada pengalaman anjing kena scabies ga sembuh2. Sdh perawatan drh berbulan2. Akhirnya bikin ramuan sendiri tembakau, daun serai sama bawang putih direbus. Airnya buat mandi. Sebulan sembuh dan tumbuh bulu normal lg

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.