Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 Mar 2013 12:29:40
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kenapa Anjing Saya Bau?? Yuk Kenali Penyebabnya..

foto
Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk menyingkirkan bau yang muncul dari anjing anda? Hal ini mungkin tidak sesederhana dengan mengubah shampoo yang dipakai. Berbagai kondisi kulit, bulu, dan kondisi kesehatan bisa menyebabkan bau busuk yang mungkin bisa atau mungkin juga tidak bisa dibantu dengan hanya memandikan anjing peliharaan anda. Berikut beberapa penyebab umum yang membuat anjing anda memiliki bau tidak sedap:

- Bau napas tidak sedap
Beberapa penyakit, seperti gagal ginjal dan diabetes, bisa menyebabkan perubahan pada bau napas.

foto

- Penyakit gigi dan gusi
Penyakit gigi dan infeksi gusi bisa menghasilkan bau yang sangat busuk. Selain itu, luka pada mulut bisa menyebabkan anjing berliur lebih banyak. Air liur yang berbau tidak sedap bisa mengenai bulu anjing tersebut, perabotan rumah anda, dll yang mungkin anda tidak menyadari bahwa bau tersebut berasal dari mulut anjing anda.

foto
- Infeksi telinga
Bakteri infeksi pada telinga seringkali sangat bau. Dokter hewan biasanya sudah bisa mendiagnosa jenis infeksi ini dengan bau yang muncul saat anjing memasuki ruangan dokter. Anjing anda biasanya akan menggaruk atau menggoyangkan kepalanya, tapi tidak selalu. Mandi mungkin bisa membuat telinga anjing yang sudah terinfeksi menjadi lebih buruk jika air masuk dan terperangkap dalam saluran telinga.

foto
- Buang gas
Buang gas pada anjing menunjukkan adanya masalah pada pola makan atau masalah pencernaan. Beberapa kali buang gas adalah normal, namun jika hal ini terjadi secara rutin, periksakan ke dokter hewan.

foto
- Badan anjing basah
Apakah anjing anda suka bermain air atau tidak dikeringkan dengan baik setelah mandi? kondisi anjing basah juga bisa menyebabkan bau pada anjing.

foto
- Anjing menggulingkan badannya pada kotoran/sesuatu yang bau
Apakah anjing anda menggulingkan badannya pada sesuatu seperti kotoran/feses atau bangkai binatang busuk? jika iya, hal ini tentunya pasti menyebabkan bau pada anjing anda.
Mengapa anjing suka menggulingkan badannya pada sesuatu yang bau? Mereka melakukannya sebagai "kamuflase bau" bagi mereka sendiri (berasal dari kebiasaan nenek moyang mereka dulu saat di alam liar). Dengan menggulingkan pada sesuatu yang bau, maka mereka tidak akan terdeteksi.

- Penyakit Anal gland/sac (Penyakit kelenjar/kantung anus)
Ini mungkin merupakan penyebab paling umum bau pada anjing yang tidak akan hilang. Kantung anus adalah dua kantung yang berada tepat di kedua sisi bawah anus. Pada normalnya, saat anjing buang air besar, kantung anus biasanya akan menekan dan sekresi yang sangat berbau dan berminyak akan dikeluarkan bersama dengan feses.

foto
Jika kantung anus ini terinfeksi maka sekresi yang dikeluarkan tadi akan lebih tebal daripada normalnya dan tidak dapat dikosongkan dengan baik sehingga menghasilkan masalah. Kondisi kantung yang terinfeksi ini bisa menjadi situasi yang sangat menyakitkan bagi anjing. Jika mereka takut atau terlalu bersemangat, maka kantung ini bisa mengeluarkan zat yang bau dan berminyak pada sekitar bulu anjing yang menyebabkan bau tidak sedap. Jika hal ini terjadi pada anjing anda, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter hewan.

Apapun kasus dan penyebabnya, selalu ada solusinya. Ini mungkin termasuk mandi teratur, perubahan pola makan, memeriksakan gigi, mengobati telinga yang terinfeksi dan untuk lebih amannya, selalu konsultasikan dengan dokter hewan jika anda menemukan bau yang aneh atau sesuatu yang tidak wajar dengan anjing peliharaan anda. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Sumber:
vetmedicine.about.com
vetstreet.com

Last Edited : 20 Mar 2013 12:37:17
20 Mar 2013 16:55:48
#2
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Another great info sis....thanks
20 Mar 2013 17:34:26
#3
Avatar dogsfan
dogsfan
Total Post : 101
info yang sangat berguna, terima kasih
21 Mar 2013 08:59:29
#4
Avatar M_10031991
M_10031991
Total Post : 46
nicesmile
19 Aug 2013 16:34:31
#5
Avatar Ardellia.Swift
Ardellia.Swift
Total Post : 1
thank you for the great information! smile
26 Nov 2013 07:51:33
#6
Avatar 3LyS
3LyS
Total Post : 99
Thanks infonyasmile
24 Feb 2014 10:40:49
#7
Avatar Harry_Dexter
Harry_Dexter
Total Post : 20
Informasi yang sangat bermanfaat bagi para Dog"s Lover dan masyarakat awam…Thx a lot and Matur nuwun
09 Jun 2014 06:41:04
#8
Avatar 014132
014132
Total Post : 1
Trims....
12 Jun 2014 21:23:41
#9
Avatar Ferdian_Chrysta
Ferdian_Chrysta
Total Post : 1
Wahh Jadi tau anjingku bau gara2 apa,Thanks infonya..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.