Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
26 Feb 2013 22:54:51
#1
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45

Etika bagi Anjing ( dengan gambar )

Ternyata seekor anjing juga harus dilatih mempunyai "etika",seperti hal nya manusia, seekor anjing pun ternyata ingin punya "daerah privasi", bayangkan diri Anda ketika tiba2 didatangi seseorang yang tidak dikenal, lalu tiba-tiba orang tersebut langsung memeluk Anda, tentu Anda akan melangkah mundur serta mendorong nya bukan ? Anjing-anjing juga menerapkan batas teritori mereka. Beberapa anjing tertentu menyebut nya sebagai sebuah reaksi ,karena ada jenis tertentu yang sensitif terhadap anjing jenis lain.

Anjing yang langsung reaksi adalah anjing yang baik,namun mereka perlu dilatih untuk menjaga jarak serta menjadi 'penyayang' .
Cara melakukan pelatihan ini dengan benar, dilukiskan/digambar oleh Lili Chen .

foto


sumber:doggiedrawing.net

Last Edited : 26 Feb 2013 22:55:52
28 Feb 2013 15:46:05
#2
Avatar erna1
erna1
Total Post : 11
Bagaimana ya pak ngajarin Puppy 5 bulan yang selalu excited bila bertemu anjing lain di arena terbuka, karena jika saya larang, anjingnya akan menarik2 leashnya seperti kesal.. mohon bantuan masukkannya...
28 Feb 2013 19:20:59
#3
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45
coba menjawab berdasar pengalaman pribadi.

saya memiliki seekor siberian husky, banyak pemilik anjing jenis ini mengatakan kalau husky adalah anjing yang paling susah diatur , terutama yg masih puppy.
Husky saya sudah bersama saya selama hampir 3 tahun, pada dasar nya ketika dia saya adopsi beberapa waktu lalu, dia sudah mempunya sifat dasar patuh/ basic obedience training; seperti perintah dasar yang paling sederhana " Sit " Stay"Down" Come" No ".

Semua perintah itu harus kita lakukan dengan nada suara tegas / tapi jangan membentak.
Berikan dia pujian bila dia melakukan / patuh dengan apa kita perintahkan ( dulu ketika melatih awal, saya menggunakan "treat" / biskuit dogie, tapi lama2 treat sudah tidak dipergunakan lagi ketika dia sudah patuh/mengerti perintah.

Ber jalan2 / mengajal keluar anjing piaraan terutama puppy, seperti nya gampang2 susah, semua berawal dari leash/tali.

Bagi husky saya, leash / tali adalah waktu dia untuk jalan2 atau waktu untuk diajak mandi.
koq bisa ?
jawaban nya : mulai dari disiplin memakai tali/leash, tidak perlu langsung keluar halaman rumah, tapi anda bisa memulai dari pekarangan rumah terlebih dahulu.ingat untuk selalu memberikan dia hadiah/treat bila dia patuh / terbiasa memakai leash/tali.

yang kedua yg perlu diperhatikan setelah leash/tali terpasang, perhatikan puppy anda apakah dia terlalu excited ? bila ia, jangan pernah langsung membawa nya keluar rumah.
Anda tahu berapa besar kekuatan husky saya, bila saya tidak mengajarkan kepatuhan ? Anda bisa diseret saking kuat nya dia ( maklum anjing penarik sled kereta)...trust me !

Jadi lakukan dengan smart, bila dia menunjukkan gejala over excited, berhenti/diam ditempat, lalu koreksi dengan mengatakan " NO ". lakukan ini terus berulang kali sampai dia mengerti "kalau saya menarik narik tali/leash berarti saya tidak bisa mengajak majikan saya jalan2 "

Nah..bila saat nya dia sudah patuh, langkah selanjut nya adalah : jangan pernah membiarkan puppy Anda berjalan di depan /menarik Anda.
Cara mengatasi hal ini adalah , Anda langsung berhenti dan berbalik arah sehingga posisi yg tadi nya puppy berada didepan, karena Anda berbalik arah, maka dia sekarang akan berada dibelakang Anda,

Sebagai referensi bahan bacaan, Anda bisa membaca thread ini
http://anjingdijual.com/thread/648/pentingnya-sosialisasi-pada-anjing

http://anjingdijual.com/thread/643/cara-melatih-anak-anjing-berjalan-menggunakan-leash-tali-anjing

semoga bermanfaat.
Last Edited : 02 Mar 2013 14:12:42

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.