AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
26 Feb 2013 09:42:11
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Cara Melatih Anak Anjing Berjalan Menggunakan Leash/Tali Anjing

Langkah 1
langkah pertama dapat dimulai segera setelah anak anjing anda tiba di rumah. pertama yang harus anda lakukan adalah membuat anak anjing anda terbiasa dan nyaman memakai collar. Sebaiknya menggunakan collar kulit yang ringan.

foto
Pakaikan collar pada anak anjing saat anda memberi mereka makan atau saat bermain, saat-saat tadi bisa sedikit mengalihkan perhatian mereka dan memudahkan anda memakaikan collar. Dia mungkin akan mencoba untuk mencabutnya dan ketika dia melakukan itu, anda jangan melepaskan collar darinya. Tunggu sampai ia sudah tenang dan lupa tentang collar itu sebelum anda melepasnya.

Langkah 2
Setelah anak anjing anda terbiasa menggunakan collarnya, saatnya mengenalkan leash (tali penuntun anjing). Sama halnya seperti saat mengenalkan collar tadi, anda hanya perlu membuatnya nyaman dengan leash dan menunjukkan kepadanya bahwa leash tidak perlu ditakuti. Sebaiknya menggunakan leash yang tipis dan ringan. Yang perlu anda lakukan adalah menjepitkan leash ke dalam collarnya, biarkan dia mengenal leash tersebut dan menyeretnya dengan bebas di sekitar rumah (selalu di bawah pengawasan anda). Setelah beberapa saat, dia akan lupa tentang itu.

foto
Langkah 3
Sekarang saat anak anjing sudah nyaman dengan collar dan leashnya, saatnya anda mulai untuk memegang leashnya. Buatlah sesi latihan pertama menggunakan leash secara singkat, jelas dan menyenangkan. Pada tahap awal ini, anda mungkin akan menemukan anak anjing anda suka mengikuti anda, gunakan kesempatan ini sebagai keuntungan anda untuk mengajarkannya.

Mulailah dengan hanya berjalan di sekitar rumah dengan leash dipegang anda dan puppy anda berlari disepanjang sisi anda. Saat dia berjalan tanpa menarik leash, berikan dia pujian, belaian dan treat/potongan makanan. Saat dia menarik leash, segera berhenti. Jangan menyeret puppy untuk kembali ke anda dengan menarik leash, cukup memanggilnya untuk datang kepada anda dan saat dia datang ke anda langsung berikan pujian/treat. Jangan pernah terus melanjutkan berjalan saat dia menarik leash, karena hal ini hanya akan memperkuat perilaku tersebut.

foto

Puppy anda harus belajar bahwa saat dia menarik tali, dia tidak akan bisa kemana-mana. Jika dia ingin melanjutkan berjalan, maka dia harus berada di sisi anda dengan leash yang longgar. Aturan yang sama juga berlaku jika puppy anda duduk/tidak mau berjalan saat anda berjalan. Jangan menyeretnya untuk kembali pada anda, cukup panggil dia dan berikan reward saat dia datang kepada anda. Lalu kembali berjalan lagi dengan puppy di samping anda.

foto


Metode latihan ini cocok untuk puppy yang masih sangat kecil (bukan untuk anjing dewasa) dan tidak membutuhkan tarikan (leash) dari anda ataupun puppy anda. Hasil yang diinginkan adalah leash yang longgar menggantung antara anda dan puppy anda (loose leash). Semua yang diperlukan untuk mencapai hal ini adalah dengan mengikuti langkah diatas dengan menerapkan kesabaran dan ketekunan.

Berikut video panduan bagaimana melatih anjing anda untuk tidak menarik saat berjalan dengan leash:




Cara untuk mengatasi anak anjing tidak mau jalan


foto
Ketika anda berjalan dan anak anjing anda tiba-tiba berhenti atau tidak mau jalan, jangan membuat kesalahan dengan menyentak leash atau mencoba menyeretnya. Hal ini hanya akan membuatnya ingin menjauh dari anda dan tidak ingin berjalan dengan anda.

Kesalahan lain yang sering pemilik anjing lakukan adalah dengan memberikan perhatian saat anjing mereka berhenti tiba-tiba. Ini malah memperkuat perilakunya.

Cara terbaik untuk mengatasi saat dia tidak bekerjasama untuk berjalan adalah anda berdiri diam, menghadap jauh dari anjing anda. Berikan tekanan lembut pada leashnya dan menunggu. Jika anjing mulai bergerak bahkan hanya satu inci ke arah anda, mulailah memuji dia. Anjing belajar dengan baik oleh penguatan positif.

Cara lainnya adalah dengan memegang ujung leash dan berlutut, menghadap jauh darinya. Tunggu dia datang kepada anda dan memuji setiap langkah dia berjalan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk anjing anda mulai berjalan tidak terlalu penting, tetapi juga tidak sampai memakan waktu satu atau dua menit. Pada akhirnya dia akan melanjutkan berjalan. Jika dia berhenti lagi, anda melangkah beberapa meter darinya dan ulangi proses.

Sumber:
dog-obedience-training-review.com
en.allexperts.com

Last Edited : 26 Feb 2013 10:00:42
01 Mar 2013 06:54:07
#2
Avatar 009305
009305
Total Post : 2
Wah,nyesal saya telat ajarin anjing pitbull saya. Skarang usianya 1thn,dan amat sangat sulit untk diajak keluar rumah..sad
16 Apr 2013 17:03:43
#3
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
puppy rotty saya usia 7 minggu, sudah mau dibawa jalan.. hehehe..
03 May 2013 15:57:35
#4
Avatar ichito
ichito
Total Post : 103
@0000009305: tenang bro/sis ga ad kata terlambat kok.... skrng tinggal sberapa sering kita melakukan komunikasi sm anjiing kita, that's all...
03 Nov 2013 18:05:51
#5
Avatar Otto2013
Otto2013
Total Post : 43
Saya ingin pasang collar u puppy saya umur 3.5 bulan. Masalahnya skrg dia itu lagi dyan2nya menggigit dan setiap saya pasang collar pasti dia akan berusaha menggigitnya. Karena kasihan jadi saya selalu lepas lagi collarnya.

Enaknya gmana ya? Apa tetap dibiasakan saja atau tunggu sampai fase menggigitnya bekurang dulu?
Terima kasih!
06 Nov 2013 11:52:01
#6
Avatar wisnu
wisnu
Total Post : 24
@0000009305: belum terlambat... Sepakat dengan @ichito, semua bisa diatur. Tinggal bgaimana kita ke anjingnya. Beberapa hal yang sering terlupakan memang yaitu komunikasi dengan anjing tersebut. Kerrap kita menganggap anjing kita bego, bodo dsb, ngga bisa diajak kerjasama... Padahal kesalahan utama biasa malah terjadi didalam kita sebagai owner. Kurang perhatian, kurang latihan, kurang disiplin dll...
Seperti @Otto2013, karena kasihan maka sering kali usaha kita gagal.. Macam kita ajarin anak untuk tidak membeli mainan. Ketika anak nangis didepan toko atau merengek dengan berguling-guling dilantai, karena malu atau kasihan kemudian kita belikan. Hasilnya adalah anak tersebut menggunakan cara yang sama untuk mendapatkan apa yang dia mau..
Dan memang manusia adalah mahkluk paling tidak konsisten di dunia... Sedangkan anjing jika sudah diberi program dalam otaknya hanya ada program kita tersebut.
Jadi? Silahkan mencobanya..
Jika memang masih ada kesulitan, silahkan telpon saya di 087882987681 atau add pin saya di 239A04F8. Dengan senang hati saya akan membantu...


Last Edited : 06 Nov 2013 11:55:03
28 Nov 2013 23:07:12
#7
Avatar Otto2013
Otto2013
Total Post : 43
Terima kasih sekali @wisnu! Sekarang puppy saya sudah bisa memakai collar walau kadang masih suka digaruk2 smile
03 Jan 2014 12:31:20
#8
Avatar thrivena
thrivena
Total Post : 78
wisnuuu,saya ad  pin bb kamu yah.....biar bisa nanya2 langsung seputar doggy...
doggy saya juga ga mao dpkaein rante...dipakein kalung seh dia kaga berontak..tp begitu dbawa jalan, dia membatu kaya monumen....yg satu lagi, mao jalan, ngikutin....tp sambil ngegigit rantainya....sepanjang jalan/ lari dia sambil gigit rantai...
03 Jan 2014 19:54:46
#9
Avatar Ervy.Rahadyan
Ervy.Rahadyan
Total Post : 13
Untung anak gret dane saya umur 4 bulan dah bisa d ajak jalan, pertama susah dan ga mau. Tp saya pake tips yg di atas dan hasilnya lanccarrr
27 Jan 2014 11:03:24
#10
Avatar 012632
012632
Total Post : 3
Puppy beagle gua mah diajak pertama jalan udh kesenangan lari sana lari sini, tp susahnya ya sering jg sih bgitu nemu barang2 wrna mencolok/sampah gitu bawaanya mau ngendus aja bahkan smpe digigit ma dia.. Gmn ya tuh? Trs jg klo puppy kita lari nih.. Gmn caranya supaya kita di posisi depannya ya? Kan klo kita d dpn trs smbil lari tiba2 puppy nya berhenti tiba2 kan kita bs ketarik dia tuh, kdg bs smpe jatoh gt dia kasian kan.. Hehe
29 Jan 2014 22:16:28
#11
Avatar Supri.Yono
Supri.Yono
Total Post : 21
info tentang pelatihan dogy 081382850492/29fea1e3
30 Jan 2014 09:28:42
#12
Avatar Agung.Idayanni
Agung.Idayanni
Total Post : 4
klo beagle gw mah hobby nya banget klo di ajak jalan2, lari2 kecil sambil main, sebelum dia jalan2, beagle gw harus minum air dulu biar ga haus tapi tetep gw bawaiin botol minum biar dia ga kecapean smile)
30 Jan 2014 22:42:04
#13
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Edit, sekarang aku udah beli rottie jantan dewasa umur setahun, dan @009305 gak ada kata terlambat.Anda melihara sejak kecil sedang sy beli beberapa minggu lalu. Sy bisa bawa dia jalan2 artinya anda juga bisa smile cuma perlu dibiasain aja.
Last Edited : 20 Mar 2014 16:17:44
04 Feb 2014 16:41:13
#14
Avatar cynthia.widjaja1
cynthia.widjaja1
Total Post : 4
kalau anjingku sih paling senang kalau mau dipakai kalung, karena dia tahu waktunya jalan2. Biasanya aku cuma bilang tali dia langsung excited banget untuk ambil kalungnya. Cuma permasalahannya kalau sudah di luar, susah dikontrol maunya lari2 ga karuan, jarang banget mau nurut.
19 Mar 2014 16:39:15
#15
Avatar gagah.pemalupalangkaraya
gagah.pemalupalangkaraya
Total Post : 1
Kepintaran anjing itu semua tergantung dari majikanya .melatih anjing itu mudah kok
22 Mar 2014 16:10:10
#16
Avatar arimex
arimex
Total Post : 2
OK,Sip.
29 Mar 2014 08:06:31
#17
Avatar yudi.trimurti
yudi.trimurti
Total Post : 1
Saya punya anjing mix bred sudah campuran apakah bisa di ajar seperti itu TRim*
01 Apr 2014 17:20:07
#18
Avatar sonny.darmawan3
sonny.darmawan3
Total Post : 2
Saya punya maltese baru umur 2bln. Mendingan collar dipake ke dia terus atau dipake pd saat mau prgi jalan ya? Makasih.
03 Apr 2014 12:42:54
#19
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@sonny.darmawan3 mending gitu, kalo di jalan khan biasanya aning ngendus2, bisa gak sengaja kecelakaan, kalo motor mobil atau anjing laen yg kao anjing sama anjing bisa aja gak suka. Anjing aku aja luar biasa jinak, dia jalan tanpa tali ehh gak tahunya di ujung gang yg seharusnya gak boleh jualan di dalam perumahan ada byk yang makan siang pada ketakutan dan hush2. gak sadar anjingku emang suka jalan di atas trotoar yang sama ngendus2, dia cuma lihatin doank terus lari ke arah lain. superjinak krn merasa aman kalo ada aku, gak kayak anjing agresiv yg kebanyakan gonggong krn takut. Anggap aja helm kalo naik motor, hanya pencegahan smile
17 May 2014 21:04:55
#20
Avatar Yogi.Antara
Yogi.Antara
Total Post : 1
brow nie saya yogi dari bali pendatang baru , mau nanya nie ...saya punya anjing pitbull udah 5 bulan, waktu pasangin coral dia gpp tapi waktu ajak jlan dia gx mau dan si dogi berontak dengan berjalan mundur , sudah saya panggil namanya dia tetap diam brow , trus bagaimana caranya mengatasinya brow , minta solusinya dong ....

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.