Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 Feb 2013 10:49:03
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

7 Tahapan Perkembangan Anak Anjing yang Wajib Diketahui oleh Pemilik Anjing

Waktu yang paling penting dalam perkembangan anak anjing adalah selama usia tahun pertama, terutama selama usia 3 bulan pertama dalam hidupnya. Dengan memahami tahap perkembangan mereka, kita bisa menyediakan apa yang mereka butuhkan dan pada waktu kapan mereka sangat membutuhkannya sehingga perkembangannya menjadi optimal.

Mari kita lihat tahapan apa saja yang mereka lalui, tetapi sebelumnya ingatlah bahwa tahap-tahap yang akan dibahas berikut ini adalah tahapan anjing secara umum. Setiap anjing mungkin dapat berbeda, ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat.

Tahap 1: Tahap Transisi (usia 2-3 minggu)

foto
Tahap transisi umumnya berlangsung dari usia dua sampai tiga minggu. Pada tahap ini, mata puppy anda akan terbuka dan mereka perlahan-lahan akan mulai merespon terhadap cahaya, gerakan, dan suara disekitarnya. Mereka akan mulai sedikit bergerak, berusaha untuk menggerakkan kakinya dan merangkak. Mereka juga akan mulai mengenali induk dan saudaranya serta setiap benda yang anda tempatkan didekatnya.

Tahap 2: Tahap "hampir" siap melihat dunia (usia 3-4 minggu)

foto

Puppy anda akan mulai mengalami perkembangan indera yang cepat selama tahap ini dan penuh waspada terhadap lingkungannya. Mereka akan mulai mengenali anda dan anggota keluarga lainnya. Selama tahap ini, sebaiknya hindari suara keras atau perubahan mendadak karena peristiwa negatif bisa memiliki pengaruh serius pada kepribadian dan perkembangannya. Puppy belajar bagaimana menjadi anjing selama tahap ini, sehingga sangatlah penting bagi mereka untuk tinggal bersama dengan induk dan saudaranya.

Tahap 3: Tahap perkembangan sosial (usia 4-7 minggu)
Dari usia 3-4 minggu, puppy anda akan mulai masa perkembangan sosial paling penting dalam hidupnya. Mereka belajar berinteraksi sosial dengan saudara-saudaranya, belajar bagaimana untuk bermain dan belajar mengendalikan gigitan / menggigit halus tanpa menyakiti (bite inhibition).

foto
Bite inhibition adalah sebuah faktor penting dalam sosialisasi anjing dan biasanya dipelajari sebagai bagian dari perilaku bermain pada anak anjing saat mereka masih bersama induk dan saudaranya. Dengan menggigit satu sama lain selama bermain, anak anjing akan belajar bahwa jika menggigit teman bermainnya terlalu kuat maka akan menghentikan kegiatan bermain mereka.

Pada tahap ini, anak anjing juga akan belajar disiplin. Induk anjing akan menyusui anak-anak anjing dan mulai mengajarkan mereka tentang kepatuhan dasar, termasuk menerima dirinya (si induk) sebagai pack leader.

foto
Anda bisa mulai mengenalkan makanan padat kepada anak anjing mulai dari usia sekitar 4 minggu secara bertahap untuk peralihan dari asi induknya. Terus menangani anak anjing setiap hari, tetapi jangan memisahkan mereka baik dari induk atau saudaranya untuk waktu lebih dari 10 menit per hari. Anak-anak anjing yang dipisahkan dari sarangnya terlalu dini (tempat induk dan saudaranya berada) biasanya akan mengakibatkan anak anjing menjadi gugup, cenderung menggonggong dan menggigit serta lebih sulit untuk disosialisasi dan dilatih. Anak-anak anjing harus bersama induk dan saudaranya setidaknya sampai usia 7 minggu dan lebih bagus lagi jika lebih lama dari itu untuk perkembangan sosial yang optimal dan stabil.

foto
Para ahli mengatakan bahwa waktu terbaik dalam kehidupan anak anjing untuk belajar kemampuan bersosialisasi adalah antara usia 3 dan 16 minggu. Disinilah kesempatan anda untuk memastikan bahwa anak anjing anda tumbuh menjadi anjing dengan kepribadian yang baik. Sangat penting sekali untuk membiarkan anak anjing anda bersama dengan induk dan saudaranya selama mungkin pada tahap ini. Jangan memarahi anak anjing yang main berantem-beranteman, kesalahan pee/pup sembarangan atau mouthing (gigit ringan) karena itu adalah perilaku normal untuk anak anjing pada tahap ini.

Tahap 4: Tahap "Saya takut segalanya" (usia 8 minggu-3 bulan)

foto
Tahap ini berlangsung dari usia 8 sampai 3 bulan, dan dicirikan dengan mudah belajar dengan cepat dan juga "periode ketakutan" yang biasa muncul di sekitar usia 8 sampai 10 minggu. Tidak semua, tetapi kebanyakan anjing mengalaminya dan mereka akan terlihat ketakutan akan segala hal yang belum dikenalnya. Pada tahap ini sebaiknya anjing tidak diberikan disiplin yang keras, suara keras atau kejadian yang bisa membuatnya trauma.

Pada tahap ini, kandung kemih dan usus anak anjing anda sudah mulai dapat dikontrol dengan baik dan dia sudah mampu tidur sepanjang malam (akhirnya, anda bisa beristirahat). Anda bisa mulai mengajarinya perintah sederhana seperti: come, sit, stay, down, dll. Leash training bisa dimulai. Sangat penting untuk tidak menjauhkan anak anjing anda dari kontak manusia pada tahap ini, karena dia akan terus belajar perilaku dan tata cara yang akan mempengaruhinya dalam tahun-tahun mendatang.

Tahap 5: Tahap Balita (usia 3-4 bulan)
Pada masa ini anak anjing anda sebagian besar akan bersikap seperti balita. Mereka akan menjadi sedikit lebih mandiri, mungkin akan mulai mengabaikan perintah anda yang baru saja dia pelajari seperti anak kecil yang sedang mencoba untuk menikmati kebebasannya. Hal ini seperti "saya tidak harus mendengarkan anda!". Yang diperlukan disini adalah penguatan yang tegas dan lembut pada perintah dan pelatihan yang diberikan.

Dia mungkin akan mulai menggigit anda, mulai dari menggigit main-main atau bahkan menggigit sebagai upayanya untuk menantang otoritas anda. Sebuah perintah tajam "NO!" atau "No bite!" diikuti dengan beberapa menit mengabaikannya, seharusnya bisa mengatasi masalah ini.

foto
Terus bermain dengannya dan mengurusi kebutuhannya setiap hari, tetapi jangan bermain permainan seperti tug of war atau gulat dengannya. Sejalan dengan kekuatannya yang semakin bertumbuh, dia akan berjuang melawan anda untuk melihat siapa yang lebih kuat dan meskipun anda yang menang, pesan yang diterima oleh anjing anda adalah bahwa berkelahi dengan anda adalah sesuatu yang wajar. Dan itu tentu saja bukan hal yang wajar!

Tahap 6: Tahap sedang nakal-nakalnya (usia 4-6 bulan)
Pada tahap ini, anak anjing anda akan lebih menunjukkan kemandirian dan hasrat kemauannya. Anda mungkin akan melihat keinginan untuk menyenangkan anda berkurang dan melihat perilaku-perilaku nakal yang mungkin bisa menguji batas kesabaran anda.

foto
Pada tahap ini juga, anak anjing akan mengalami siklus tumbuh gigi dan akan mulai mencari sesuatu untuk digigit/dikunyah untuk meringankan rasa sakit dan tekanan yang dirasakannya. Tulang-tulangan anjing beku bisa membantunya menenangkannya selama periode ini.

Anak anjing akan mencoba untuk menegaskan "dominasi" atas anggota keluarga lainnya terutama anak-anak. Teruskan melatih kepatuhan dan perintah dasar kepada anak anjing anda namun pastikan untuk tidak pernah melepaskan leash/tali anjing selama waktu tersebut kecuali anda berada di area yang aman. Kebanyakan anak anjing akan mengabaikan perintah untuk kembali atau datang kepada pemiliknya, yang mana hal ini bisa berbahaya. Jika anda membebaskannya di tempat umum tanpa leash kemungkinan cedera atau bahkan bisa berakibat pada kematian pada anak anjing anda, salah satu contoh ditabrak mobil.

Mereka juga akan mulai mengalami perubahan hormon seiring pertumbuhannya menjadi dewasa dan anda mungkin akan melihat tanda-tanda pemberontakan (bayangkan seperti anak remaja).

Tahap 7: Tahap Remaja (usia 6-18 bulan)
Tahap ini biasanya adalah masa yang menyenangkan dalam hidup anjing anda. Mereka muda, penuh semangat, energik dan dia akan belajar semua hal yang dibutuhkan untuk menjadi seekor anjing sejati.

foto
Pada tahap ini, secara bertahap tambahkan aktifitas anjing anda dan pelatihan. Anda bisa mulai pelatihan yang lebih sulit selama periode ini, seperti herding atau agility training (jika hal ini yang anda dan anjing anda gemari) atau bisa pelatihan lainnya. Jika tidak, perluas aktifitas anjing anda yang melibatkan lebih banyak orang dan binatang lain. Dan juga, memungkinkannya untuk berinteraksi dengan anjing lain yang tidak agresif dan tidak mengancam.

foto
Selamat! Anda telah membesarkan anak anjing anda melalui 7 tahap masa perkembangannya dan sekarang anda sudah memiliki anjing dewasa! Hampir terasa seperti membesarkan seorang anak, bukan?


Sumber:
dogbreedz.com

Last Edited : 20 Feb 2013 16:23:02
20 Feb 2013 22:09:41
#2
Avatar gelvie
gelvie
Total Post : 56
masi dalam fase pertama untuk kesekian kalinya...sangat bermanfaat artikelnya...
24 Feb 2013 11:43:56
#3
Avatar 005576
005576
Total Post : 1
anjing Pugku melahirkan utk yg ke 2 kalinya... artikel ini sgt bermanfaat....
17 Mar 2014 00:29:08
#4
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Anjing gua mix golden dah 7 bulan kalau udah keluar dari rumah di suruh kembali susah banget padahal udah di ajarin sit down and stay tapi kalau di luar susah aturnya soalnya makannya gua nggak kasih dog food tapi makan sisa makan kami jadi kalau keluar maunya cari di tong sampah gimana cara ngajarnya ya
26 Jul 2014 00:45:04
#5
Avatar Armando.Eye
Armando.Eye
Total Post : 2
Anjing tekel ku masih 2bulan dan sudah mulai gigit2 apa aja. Saya akan coba artikel ini thanks ya.
12 Sep 2014 12:04:24
#6
Avatar martha.eva.39
martha.eva.39
Total Post : 1
Saya punyya husky umur 1,5tahun dan barusan Saya beli lagi masih berumuur 3 Bulan. di rumah, ketika tidak dikandang mereka pasti Akan gulat. ketika husky senior mendekkatinya, si junior mulai menggeram bahkan menggigit seniornya. jadi sekarang ketiika mereka dilepas dr kandang mereka Akan gulat sampai si junior kaing2.. bagaimana caranya biar akur ya?
15 Sep 2014 16:58:52
#7
Avatar 012305
012305
Total Post : 15
Ada baiknya dijelaskan juga tahapan saat anak anjing berumur 1 hari - 2 minggu. Karena saat tersebut adalah saat paling kritis dimana sang induk sendiri adalah hal yang paling berbahaya bagi anak2 yang baru lahir hingga mereka berumur 2 minggu. Karna selain adanya kemungkinan si induk memakan anaknya sendiri yg biasanya terjadi pada indukan yg masih terlalu muda atau menggigit terlalu kencang saat induk memindahkan anak2nya bagi indukan yg rempong yg selalu mengumpulkan anak2nya mulai anak tsb lahir sampai beberapa saat kedepan, dan yang terkadang paling tidak terpikirkan atau bahkan terlewat oleh kita adalah saat ada anaknya yang tertimpa induknya tanpa menyadari anaknya akan mati karna tidak bisa bernafas dan biasanya saat kita dapati anak yang mati tersebut, kita dengan sedikit sedih dan kecewa langsung menduga bahwa anakannya lemah atau gagal beradaptasi dengan keadaan sekitar.

@ martha.eva.39... Itu adalah sifat anjing Husky yang harus dikendalikan secara rutin dan perlahan karna itu bisa dibilang salah satu sifat bawaan dari anjing Husky itu sendiri. Dan hal tersebut bisa kita lihat juga dengan jenis APBT yg punya karakter "Clown Dog" dimana mereka sangat suka bermain dan cenderung puny sifat iseng atau usil. Intinya sebisa mungkin perhatikan setiap mereka sedang bermain agar tidak terjadi hal2 yang menjadi serius saat bermain. Semoga bermamfaat. Thanx wink
17 Oct 2014 22:02:43
#8
Avatar devris.brigel
devris.brigel
Total Post : 3
Dibahas juga dong soal mengurus baby english bulldog, karena english bulldog saya ga bisa urus anaknya dari kelahiran 6 ekor sekarang tinggal 1 yg bertahan, karena terpaksa dikasi susu secara manual.
11 Nov 2014 14:40:28
#9
Avatar kristianbima.aryayudha
kristianbima.aryayudha
Total Post : 2
Kapan vaksin pertama diberikan kepada anak anjing?
Last Edited : 11 Nov 2014 14:42:05
09 Mar 2015 16:37:11
#10
Avatar Sie.Santri
Sie.Santri
Total Post : 1
anjing ku sudah mau 10 bulan.. tapi masih suka menggigit. itu kenapa ya? bisa tolong di bantu? thx.
28 Jul 2015 21:58:36
#11
Avatar ignatiusmico
ignatiusmico
Total Post : 1
Asupan makanan apa yah yg baik buat pertumbuhan puppy? Mulai dr tahapan usia paling kecil nya hingga satu tahun, thanks
20 Nov 2015 22:57:36
#12
Avatar darrenrenaldy293
darrenrenaldy293
Total Post : 1
Anak anjing saya terpisahkan dr induknya
Apakah baik utk si anak anjing?
Karena induknya sdh meninggall
Apa yg harus saya lakukan?
Tolong dijawab
24 Nov 2015 09:53:26
#13
Avatar 019054
019054
Total Post : 6
Anjing sy sdh 2 bln setengah, hyper aktif bgt.
selalu gigit semua org, memang pertama tdk sakit gigitannya tp lama2 jadi sakit juga.
sdh sy perintahkan No, tetap saja gigit mala jd galak ketika dilarang. ada solusi kah?
anjing sy jenis Maltese, tdk dikandang dilepas saja di dalam rumah.
16 Dec 2015 14:45:03
#14
Avatar anita.siagian.773
anita.siagian.773
Total Post : 5
Kelainan apa nama nya jika anak anjing baru lahir diantara saudara2 nya cmn dia saja yang slalu digigit n disembunyikan induknya.dan si induk tdk mau menyusui.sampai usia hampir 2 bln kondisi tempurung kepala nya masih empuk/blm keras,di perut ada seperti lebam.mata nya jika mengeluarkan kotoran spt berbau anyir darah.ini anjing shitzhu.skrng saudara2 nya sdh bs mkn n mnm sendiri sedang kan dia msh blm bs minum air putih ataupun susu,hanya bs saya suapin bubur bayi pisang itu pun encer.tolong dibantu utk skt anjing spt ini.
06 Apr 2016 11:42:01
#15
Avatar anarinanda3
anarinanda3
Total Post : 1
anjingku rottweiler 5 bulan suka ngejar dan bantai ayam ... dan bang air masih sembarangan.
21 Jun 2016 15:44:19
#16
Avatar anjing-dijual653
anjing-dijual653
Total Post : 1
Thks buat info nya mudah2han anjing q dogi bisa hidup tanpa induk nya,soal nya s dogi masi brumur 1 minggu
26 Oct 2016 15:18:15
#17
Avatar selvyramu23
selvyramu23
Total Post : 1
anjng saya baru mulai buka mata, tapi sudah bisa gerak''..
02 Jan 2017 13:21:50
#18
Avatar Destari.Lindjen
Destari.Lindjen
Total Post : 14
anjing saya golden baru 5 bulan 28 des 2016 kmren,nakal banget cwy,sy smpe menangis sking cape nya.suka gigit2 smpe biru2 badan,huh smpe umur berapa ga nakal lagi??
04 Feb 2017 14:14:10
#19
Avatar anjing-dijual130450
anjing-dijual130450
Total Post : 1
boleh tau, kalau usia 7 bulan brarti masuk tahap remaja ya ?
18 Feb 2017 09:36:33
#20
Avatar lusilukiana15
lusilukiana15
Total Post : 1
Anak anjing ku usia nya sudah masuk 2 minggu lebih 1 hari tp belum bs membuka mata juga kenapa ya? ._.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.