Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Aug 2012 20:38:53
#1
Avatar shiroi05
shiroi05
Total Post : 67

berpikir untuk mengawinkan anjing anda?

Kepercayaan bahwa semua anjing harus dikawinkan berakar begitu kuat dalam masyarakat kita, sampai-sampai muncul mitos bahwa anjing yang tidak dikawinkan akan menjadi "gila". Apakah anda juga mempercayai mitos tersebut? Apakah anda berpikir untuk mengawinkan anjing anda? Kalau ya, cobalah untuk membaca beberapa paragraf di bawah ini

ALASAN-ALASAN UTAMA PEMILIK ANJING MEMUTUSKAN UNTUK MENGAWINKAN ANJINGNYA
1) Saya ingin tahu anak-anak anjing saya seperti apa rupanya
-- Tetapi anjing anda tidak ingin. Apabila anjing anda betina, maka ia akan dipaksa merasakan repotnya dan sakitnya melahirkan hanya supaya anda bisa "melihat anak-anaknya". Lagipula, bisa saja anjing anda malah mati saat melahirkan. Atau bisa saja anak-anaknya yang mati. Kemungkinan-kemungkinan ini akan selalu ada dan harus anda perhitungkan. Siapkah anda menghadapi konsekuensi ini? Apakah anak-anak anjing yang lucu benar-benar setimpal dengan resiko ini?
2) Anjing saya jantan. Kalau tidak dikawinkan nanti dia menjadi "gila"
-- Apabila yang anda sebut "gila" adalah perilaku hiperaktif, itu karena pengaruh hormon dan bukan kejiwaan. Tidak ada yang salah dengan anjing anda. Malahan, breeding akan memperparah perilaku ini ditambah kemungkinan munculnya agresi terhadap sesama pejantan. Kalau tidak ingin anjing anda menjadi hiperaktif dan terus menerus berusaha kabur dari rumah agar bisa mencari anjing betina, sebaiknya disterilkan saja.
3) Saya ingin punya anjing lagi, dan saya rasa breeding adalah cara mendapatkan anjing baru yang paling praktis dan murah
-- Apabila anjing anda betina, statement ini salah besar. Kalau anda benar-benar ingin anjing anda berikut anak-anaknya selamat anda pasti sering berkunjung ke dokter hewan. Entah untuk sekadar check-up atau karena ada sesuatu yang salah dalam proses kehamilan. Belum lagi nanti apabila anjing anda mulai mencari tempat melahirkan yang tepat. Dia bisa merusak sofa anda yang mahal karena instingnya mengatakan tempat itu tempat yang paling cocok untuk melahirkan. Apabila anjing anda jantan, mungkin dampaknya kurang terasa tetapi anda harus ingat bahwa breeding malah akan meningkatkan keinginan anjing anda untuk kawin lagi dan dia akan semakin sering kabur dari rumah untuk mencari betina atau untuk bertarung dengan pejantan lain. Dengan kondisi jalan raya pada zaman sekarang ini, rasanya tidak bertanggung jawab untuk melepas seekor anjing begitu saja di tengah jalan. Apa yang akan anda lakukan kalau anjing kesayangan anda tidak akan pernah pulang lagi?
4) Saya ingin menjadi breeder supaya bisa mendapat untung
-- Breeding bukanlah bisnis yang menguntungkan. Total biaya yang anda keluarkan untuk memonitor kehamilan sang betina, membayar stud fee pejantannya, dan merawat 8+ ekor anak anjingnya tidak akan lebih murah dari jumlah yang anda terima saat anak-anak anjing itu siap pergi ke rumah baru mereka. Selain itu, anda harus ingat bahwa yang anda perdagangkan adalah makhluk hidup. Apabila anda ingin menekan pengeluaran dan memaksimalkan pemasukan, berarti anda harus mengorbankan kesehatan dan bahkan keselamatan anjing-anjing anda. Kalau anda sudah pernah mendengar istilah "back yard breeder" atau BYB, itulah istilah paling tepat untuk menggambarkan orang-orang yang membiakkan anjingnya demi uang semata. Kecuali anda menjadi breeder untuk meningkatkan kualitas trah dan memang aktif dalam dunia showing atau working, sebaiknya urungkan niat anda.
5) Saya ingin anak-anak saya menyaksikan keajaiban kehidupan
-- Segalanya bisa terjadi dalam proses kelahiran. Bisa saja yang lahir adalah seekor anak anjing yang cacat. Atau bisa saja semua anak anjing yang lahir mati. Atau lebih parah lagi, malah betina-nya yang mati. Anak anda bisa saja malah menyaksikan keajaiban kematian. Apakah anda benar-benar bersedia bertaruh dengan segala kemungkinan ini?
6) Anjing saya adalah keturunan champion dan bersurat lengkap. Sayang sekali jika anjing sebagus dia tidak dikawinkan.
-- Dari bloodline manapun anjing anda berasal, kalau tidak pernah mendapat gelar apapun berarti dia tidak terbukti sebagai contoh yang baik dari trahnya. Surat stambum hanyalah sebuah surat yang membuktikan bahwa anjing anda dilahirkan dari sepasang orangtua yang stambum. Tidak membuktikan bahwa anjing anda adalah champion apapun. Seperti yang sudah saya nyatakan sebelumnya, trah anjing anda memiliki standard-nya tersendiri dan dengan memperbanyak jumlah spesimen yang tidak memenuhi standard berarti anda memperburuk kualitas trah anjing anda dan sekaligus menambah jumlah populasi hewan piaraan di dunia yang sudah membludak. Sebaiknya keputusan ini dipikirkan kembali.


Dan untuk menambah informasi yang belum sempat saya sampaikan di atas, saya cantumkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
UNTUK PEMILIK ANJING BETINA

1) Siapkah anda berurusan dengan 5-8 ekor (atau lebih) anak anjing yang berisik itu apabila anjing anda tiba-tiba memutuskan untuk "menelantarkan" anak-anaknya? Kejadian ini tidak jarang, dan tentunya andalah satu-satunya orang yang tersisa untuk merawat anak-anak anjing itu apabila betina-nya tiba-tiba tidak mau merawat. Anak anjing yang masih sangat kecil tidak bisa minum susu sendiri, jadi harus diberi minum dari dot bayi setiap beberapa jam sekali termasuk saat tengah malam. Mereka juga tidak bisa buang air sendiri jadi anda harus memijat perutnya dengan pelan agar si anak anjing bisa buang air. Maukah anda berurusan dengan pekerjaan-pekerjaan merepotkan ini?
2) Selama menjaga anak-anaknya yang masih kecil anjing kesayangan anda akan berubah protektif dan tidak akan segan-segan memperingatkan orang-orang yang mendekati anak-anaknya. Kalau anda terlalu lama memegang anak-anaknya, anjing anda bisa merasa tidak nyaman dan akhirnya menggigit anda. Siapkah dengan perubahan temperamen yang drastis ini?

UNTUK PEMILIK ANJING JANTAN

1) Pernahkah mendengar tentang marking behavior? Perilaku mengencingi benda-benda vertikal untuk mengklaim teritori ini akan semakin sulit dihilangkan setelah anjing anda dikawinkan. Setiap ada bau anjing betina yang sedang masa subur anjing anda akan menandai wilayahnya---yang tidak lain adalah tembok atau pintu rumah anda. Siapkah dengan tugas membersihkan rumah yang akan makin menumpuk?

2) Anjing jantan yang terus menerus dikawinkan tentu akan sering kabur dari rumah untuk mencari anjing betina. Apa yang akan anda lakukan kalau anjing anda kawin dengan anjing tetangga anda? Lebih parah lagi kalau anjing tetangga anda belum berusia dua tahun (struktur tulang belum cukup kuat untuk mengandung) dan berpotensi mengalami serangkaian penyakit setelah melahirkan. Anda bisa saja disuruh mengganti rugi dengan membiayai seluruh kebutuhan anjing tetangga anda berikut anak-anaknya. Kalau kejadian ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi anda dan tidak pernah dimintai ganti rugi oleh pemilik anjing betina, tidak berarti anda dibenarkan membiarkan anjing anda berjalan-jalan sendirian di jalan raya. Selain karena besarnya kemungkinan pencurian atau kecelakaan (ditabrak mobil), perilaku ini juga menunjukkan bahwa anda pemilik anjing yang kurang bertanggung jawab. Bagaimana kalau anjing anda merusak halaman orang atau bertengkar dan melukai anjing orang lain? Bagaimana kalau anjing anda memakan sampah yang bisa saja membahayakan dirinya? Sekarang ini sudah bukan lagi zamannya membiarkan anjing berburu sendiri mencari makanannya di sembarang tempat.

FAKTA-FAKTA TENTANG WORLD PET OVERPOPULATION
http://www.aspca.org/about-us/faq/pet-statistics.aspx

LEBIH JAUH MENGENAI STERILISASI
http://www.aspca.org/pet-care/spayneuter/spay-neuter-top-ten.aspx

http://www.veterinarypartner.com/Content.plx?P=A&A=1570

sekian yang hendak saya sampaikan kepada saudara sekalian hari ini. Akhir kata saya ingin menegaskan bahwa saya tidak mengatakan bahwa breeding itu buruk. Tanpa breeding, kita tidak akan punya hewan piaraan. Hanya saja saya kurang apresiatif dengan sikap masyarakat umum yang memperlakukan anjingnya seperti mesin uang atau bersikap seolah-olah breeding adalah permainan anak kecil. Tolong diingat bahwa anjing anda juga adalah makhluk hidup yang punya perasaan dan nyawa. Tidak adil memperlakukan anjing anda yang setia itu seperti aksesori fashion apa lagi barang koleksi. Saya harap artikel pendek yang saya tulis ini tidak menyinggung perasaan siapa pun, tetapi dengan segala hormat: kalau anda tidak setuju dengan statement bahwa breeding untuk profit semata adalah tidak manusiawi, anda seharusnya tidak memelihara hewan

12 Aug 2012 20:42:02
#2
Avatar izonk.gealent
izonk.gealent
Total Post : 3
kereeeeeen...setuju...
saya mau tanya saat anjing jantan saya siap kawin dan menginginkan perkawinan tidakan apa yg harus saya ambil??
18 Jan 2013 23:04:24
#3
Avatar Limelda.Susanto
Limelda.Susanto
Total Post : 1
jgn biarkan dia keluar rumah tanpa di rantai untuk menghindari anjing kamu ilang krn sibuk mencari sang betina (or even worst, kena tabrak mobil)

setelah rasa ingin kawin nya telah berlalu, bawalah ke dokter hewan sekitar untuk di steril/ kebiri.
smile
26 Jan 2013 11:59:05
#4
Avatar 009397
009397
Total Post : 10
Lalu anjing tidak boleh dikawini?
17 Apr 2013 00:31:08
#5
Avatar Beverly14
Beverly14
Total Post : 73
tujuan dikawini ny apa dulu..
meskipun d steril, anjing msh bisa kawin kok.
cm g bisa beranak pinak aja..

anjingku d steril ttp mau numpak aja tuh yg jantan. kakakakak. grin
13 Jan 2014 18:46:09
#6
Avatar Roymichael
Roymichael
Total Post : 5
sob boleh nanya gak..?

Stambun artinya apa sih ..?
25 Jan 2014 21:49:09
#7
Avatar utomo.prawiro
utomo.prawiro
Total Post : 1
[justify]Apa itu stambum? [/justify]

[justify]Stambum berasal dari bahasa Belanda, stamboom, artinya silsilah. Dalam bahasa Inggris disebut family tree atau pedigree.[/justify]

foto

[justify]Stambum adalah akte atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan olehPerkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia)untuk anakan anjing yang dilahirkan dari induk dan pejantan yang memiliki jenis trah yang sama dan keduanya pun memiliki stambum (terdaftar). Kita bisa mengetahui silsilah lengkap seekor anjing dari stambumnya. Silsilah itu tidak hanya untuk mengetahui siapa bapak dan ibunya tapi silsilah lengkap empat generasi sebelumnya. [/justify]

[justify]Apa saja syarat supaya anak anjing bisa didaftarkan dan mempunyai stambum?[/justify]

[justify]Yang paling penting tentu saja kedua orangtuanya juga terdaftar (di Perkin) dan memiliki stambum.[/justify]

[justify]Proses pendaftaran dan pembuatan stambum.[/justify]



  • Lapor Pacak dilakukan 1 s.d. 7 hari setelah pemacakan di Perkin wilayah keanggotaan pemilik pejantan dan menjadi tanggung jawab pemilik jantan. Biaya lapor pacak untuk anggota adalah Rp 10.000,00 dan non anggota Rp 40.000,00.(th.2012). Lapor pacak di hari ke-8, untuk anak anjing yang berumur maksimal 3 bulan, dikenai denda keterlambatan sebesar Rp 100.000,00 untuk anggota, non anggota Rp 400.000,00 (th.2012). Apabila anda baru melaporkan pemacakan setelah anak anjing anda berumur 3 bulan, maka lapor pacak akan ditolak. Setelah lapor pacak, pemilik jantan wajib memberikan fotocopy laporan pemacakan dan nota pembayaran kepada pemilik betina untuk proses administrasi selanjutnya.



  • Lapor Lahir, harus segera dilakukan 1 s.d. 7 hari setelah anak anjing lahir di perkin wilayah keanggotaan pembiak (pemilik indukan/betina). Biaya gratis, kecuali anda terlambat dan baru melapor di hari ke-8 sampai anak anjing berumur maksimal 3 bulan, anda dikenai denda. Besarnya sama dengan denda terlambat lapor pacak. Begitupun bila anda baru lapor lahir setelah anak anjing berumur 3 bulan, laporan anda akan ditolak. Untuk lapor lahir, anjing betina anda sudah harus terdaftar atas nama anda. Apabila masih terdaftar atas nama pemilik sebelumnya, anda harus mengajukan balik nama pemilik terlebih dahulu sebelum lapor lahir. Biaya balik nama Rp 20.000,00 untuk anggota, Rp 80.000,00 untuk non anggota. Karena perbedaan biaya yang cukup besar antara anggota dan non anggota, saya sarankan sih anda mendaftar jadi anggota. Biayanya hanya Rp 50.000,00. Setelah menjadi anggota anda juga bisa mendaftarkan nama kandang (kennel) dengan biaya Rp 25.000,00 (th. 2012).



  • Permohonan Silsilah Sepenganakan dilakukan minimal sejak anak anjing lahir sampai umur anjing maksimal 3 bulan. Biayanya Rp 50.000,00 (anggota), Rp 200.000,00 (non anggota). Apabila permohonan slsilah ini dilakukan setelah anak anjing berumur 3 bulan, permohonan ditolak dan otomatis lapor pacak dan lapor lahir yang sudah anda lakukan, gugur. Permohonan silsilah ini biasanya dilakukan berbarengan dengan pentatoan.



  • Pentatoan dilakukan setelah surat permohonan silsilah sepenganakan disetujui dan ditandatangani Biro Silsilah Perkin Wilayah/Himpunan Trah. Anak anjing bisa ditato setelah umrnya minimal 6 minggu. Biaya tato untuk satu ekor anak anjing adalah Rp 10.000,00 (anggota) atau Rp 40.000,00 (non anggota). Tato berupa nomor diberikan di telinga anak anjing dan harus sama dengan nomor tato yang tercantum di stambumnya.



[justify]Stambum penting gak sih?[/justify]

[justify]Tergantung bagaimana anda sebagai pemilik menyikapinya. Yang paling penting adalah anjing-anjing anda terawat dengan baik, mendapat pemeriksaan kesehatan secara teratur dan hidup bersama keluarga anda sesuai dengan haknya sebagai hewan peliharaan.[/justify]
26 Jan 2014 18:59:39
#8
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Setuju banget.
Last Edited : 07 Apr 2014 12:12:07
26 Jan 2014 19:15:08
#9
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
ohh di atas ada yg komen info stambun, makasih yah smile. Sy udah tahu dikit2, kayaknya jadi anggota perkin sekarang 100 rb, benar?
17 Mar 2014 01:04:05
#10
Avatar ichito
ichito
Total Post : 103
Anjing saya betina, saya pertemukan dengan pejantan yg menurut saya baik untuk anjing berina saya, kemudian mereka tidak dipaksa kawin mereka sama2 suka dan terjadilah perkawinan itu apakah itu salah ?
24 Mar 2014 14:50:05
#11
Avatar vicky.victoriamarchelladarmanto.9
vicky.victoriamarchelladarmanto.9
Total Post : 3
Emangnya apa masalah nya kalo anjing betina hamil pada umur kurang dari 2 tahun? Kalo 1 tahun bukannya udh siap kawin ya?
07 Apr 2014 09:40:42
#12
Avatar Anie.Hombings
Anie.Hombings
Total Post : 91
anjingku malah aneh, dy betina, waktu umur 6 bulan loop pertama, trus banyak jantan yg mw kawinin dy, tp ak larang, ak usir semua pejantan2 yg dtg, gegara itu sampe sekarang (guguk ku sudah 2 tahun) ga mw kawin, setiap kali dtg pejantan (kali ini ak ga campur tangan) n mw kawinin dy, gugukku kadang marah, dan lebih seringan dy lgsung duduk....ini kelainan atw gmana ya?
07 Apr 2014 12:25:52
#13
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@ichito itu bukan salah benar, tp siap gak? coba lihat manusia yg kawin sk sama suka pada usia dini gimana smile
@vicky.victoriamarchelladarmanto. anjing udah bisa di kawinin pas loop. tp komplikasi komplikasi komplikasi selain keterunannya gak bagus di banding kalo di kawin pas umur 3 tahun ke atas. Berdasar perkin, untuk trah aku, min 20 bulan betina 24 bulan jantan.
@Anie.Hombings maksudnya anjingnya mau sm pejantan terakhir? yah selama gak hamil sih masih gak masalah, untuk pada di usir yang jantan. Umur 6 bulan jauh dari siap kawin, kalo hamil nanti bisa repot beranaknya dan bisa juga nyebabin trauma, bahkan spt manusia induk bisa aja meninggal saat melahirkan. jadi sebaiknya make sure anjingnya udah siap pas mau di kawinin (breed, bukan kawin tanpa anakan hehehe)
31 May 2014 15:42:09
#14
Avatar yoshua.marchello
yoshua.marchello
Total Post : 1
Mau tanya nih seputar pemacakan anjing. Anjing beagle betina saya yang umur 4 tahun (belum pernah kawin sebelumnya) kan sekarang sedang di rumah orang yg punya jantannya,tapi kata pemilik jantannya beagle betina saya lari\" terus jadinya kaya kejar kejaran terus gitu,padahal betina saya sedang loop dan jantannya juga udah mau tapi betinanya masih kaya lari lari nolak gitu.
Apa emang spt itu ya? Apa dia masih adaptasi?.
Mohon jawabannya smile
11 Jul 2014 01:53:46
#15
Avatar aluna.r.ii
aluna.r.ii
Total Post : 1
Anjing saya sudah 4taun, dia suka main sama anjing2 betina tetangga tp kenapa dia gakmau kawin ya sama anjing2 itu ? Apa karena anjing2 itu udah pernah melahirkan anak lebih dr 3x alias gak perawan.
29 Jul 2014 18:34:09
#16
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@aluna.r.ii mungkin trauma krn kesakitan pas pacak, hamil atau beranak?
oiya aku baca ulang artikel ini, untuk doglovers coba cek :

http://anjingdijual.com/thread/2121/nasib-anjing2-yang-di-telantarkan/1#post_id_14141
31 Aug 2014 13:53:38
#17
Avatar fredyi3
fredyi3
Total Post : 2
anjing saya american bully tanpa di sengaja mengawin pitbull saya yang berusia 11bulan waktu itu dan si bully baru 6bulan,apakah ada efek buruknya bagi si jantan dan betina??
makasi
12 Nov 2014 14:54:03
#18
Avatar evy.vivie
evy.vivie
Total Post : 1
Mau tanya niih..anjing saya betina..sy berencana gak akan kasih dia kawin.. apa bisa? Krn yg saya dgr klo gak di kawinin bs kanker rahim.apa benar tuh?
02 Sep 2015 14:29:34
#19
Avatar Debbie.Sin
Debbie.Sin
Total Post : 1
anjing betina saya baru saja melahirkan,kapan waktu yang tepat untuk mengkawinkannya lagi (memperbaiki ras) ?
03 Sep 2015 13:14:02
#20
Avatar mchristalie29
mchristalie29
Total Post : 1
Untuk rekan2 dog lovers cuma saran kalau boleh dan mau...... Kalau punya anjing PIT BULL Tolong jangan sekali-sekali di kawinkan dengan anjing SHITZU...... takut nantinya keturunannya jadi........ BULL SHIT!!!!! Hahahahaha peace to all... Dog lovers....

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.