AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Aug 2012 12:01:29
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Hati-Hati Anjing Anda Lumpuh, Kenali Hip Dysplasia Sejak Dini !

Hip dysplasia adalah kegagalan sendi panggul untukberkembang secara normal dan secara bertahap memburuk mengakibatkan hilangnya fungsi dari sendi pinggul. Hip dysplasia merupakan salah satu dari penyakit tulang yang paling umum terjadi pada anjing. Jenis kelamin tampaknya tidak menjadi faktor, namun jenis anjing tertentu mungkin memiliki kemungkinan lebih besar daripada jenis anjing lainnya. Anjing trah besar biasanya yang paling sering terkena, seperti Great Dane, Saint Bernard, Labrador Retriever, dan Herder/ German Shepherd. Anjing kecil jarang yang terkena penyakit ini, kalaupun ada cenderung tidak menunjukkan tanda-tanda klinis.

foto

Hip dysplasia sering terjadi pada saat anjing masih muda dan belum dewasa secara fisik. Biasanya penyakit ini mulai muncul setelah usia 4 bulan. Ada juga yang baru muncul kemudian, dimana hip dysplasia ini muncul sebagai akibat dari adanya osteoarthritis yang diderita oleh si anjing. Osteoarthritis adalah sebuah bentuk peradangan sendi (arthritis) yang ditandai dengan kerusakan kronis atau degenerasi tulang rawan sendi.

Gejala-Gejala Hip Dysplasia
Gejala tergantung dari tingkat kelonggaran sendi, peradangan sendi dan lama waktu penyakit tersebut. Gejala-gejala yang biasanya muncul, yaitu:
  • Aktivitas menurun
  • Pincang atau lumpuh kaki belakang (satu atau dua kaki)
  • Kelihatan tidak nyaman saat mencoba untuk berbaring atau berdiri
  • Ragu-ragu atau enggan untuk berlari, melompat atau menaiki tangga
  • Cara berjalan seperti lompatan kelinci
  • Kedua kaki belakangnya berdekatan secara tidak normal
  • Nyeri pada sendi panggul
  • Sendi melonggar atau mengendur
  • Beberapa anjing bisa mengeluarkan bunyi klik yang bisa didengar saat merekaberjalan atau naik untuk bangun
  • Massa otot berkurang di kaki belakang (dalam kasus kronis)


foto


Penyebab
Pengaruh dari perkembangan hip dysplasia tergantung pada faktor genetik dan lingkungan secara bersamaan, yaitu:
  • kerentanan akan pinggul yang longgar atau mengendur akibat genetik
  • berat badan yang cepat naik dan obesitas
  • Faktor gizi
  • massa otot pinggul

Pengobatan
Sekarang ini sudah tersedia berbagai pengobatan medis dan pembedahan yang dapat meringankan ketidaknyamanan dan memulihkan pergerakan pada anjing. Jenis pengobatan tergantung pada beberapa faktor seperti usia anjing, tingkat parahnya penyakit dan pertimbangan keuangan.

Perawatan medis seperti penurunan berat badan, olahraga ringan,dan obat anti inflamasi (anti peradangan) akan membantu untuk meringankan rasa sakit dan peradangan di sekitar sendi panggul.Jika perawatan medis gagal untuk menyembuhkan kondisi anjing tersebut, maka pembedahan mungkin diperlukan. Anjing yang masih kecil akan menjalani operasi Triple Pelvic Osteotomy (TPO). Untuk anjing yang lebih tua akan menjalani dua prosedur yang lain, yaitu Femoral Head and Neck Ostectomy (FHO) dan Total Hip Replacement (THR).

foto


Perawatan di rumah
Untuk anjing yang sedang mendapat perawatan medis, sangat penting bagi anda untuk memonitor berat badan dan menghindari obesitas pada anjing anda. Anda juga perlu menghindari olahraga berat dan berikanlah olahraga ringan secara teratur. Berenang sangat bermanfaat jika ada, karena bisa membantu mempertahankan massa otot yang baik. Jika dokter hewan meresepkan obat, anda harus memperhatikan potensi efek samping dari obat tersebut. Jika anjing anda baru saja menjalani operasi TPO atau THR, istirahat yang ketat sangat penting selama 6 minggu diikuti dengan peningkatan bertahap dalam olahraga, memulai olahraga yang terkontrol dengan berjalan kaki secara perlahan-lahan dan singkat menggunakan leash/tali yang harus dilakukan setelah 2 minggu sejak operasi. Sering memperhatikan bekas sayatan operasi untuk melihat apakah ada pembengkakan, kemerahan atau sayatannya terbuka.


Sumber:
petplace.com
petmd.com

Last Edited : 07 Aug 2012 12:19:09
10 Aug 2012 15:24:01
#2
Avatar wisnu
wisnu
Total Post : 24
nice shot!
15 Sep 2012 23:46:19
#3
Avatar Hernayati.Hutabarat
Hernayati.Hutabarat
Total Post : 2
Apakah kale anjingnya Suka melompat Dan Suka berdiri atas 2 kaki belakang Akan menambah risimo hip dysplasia?
15 Sep 2012 23:48:30
#4
Avatar Hernayati.Hutabarat
Hernayati.Hutabarat
Total Post : 2
Sori salah ketik. #kalau. #resiko
16 Nov 2012 07:18:55
#5
Avatar david123
david123
Total Post : 1
anjing saya jenis siberian,awalnya kaki kiri sering diangkat (pincang) sekarang kadang seperti semper mohon advisnya.David.Solo.
24 Dec 2012 05:39:20
#6
Avatar Keep_it_Bully
Keep_it_Bully
Total Post : 14
[email protected] itu kemungkinan HD/ED tetapi lebih baik di check ke DrH.
29 Mar 2013 07:13:18
#7
Avatar cluinok.lilihata
cluinok.lilihata
Total Post : 2
saya punya anak anjing siberian husky. baru umur 3 bulan. keempat kakinya tdk dapat berjalan normal. lama berjalannya tdk lbh dari 1 menit. setelash itu dia langsung merayap dan tdk dapat jalan lagi. butuh wktu istirahat yg lama lagi spy dia bisa berjalan kmbli. mohon bantuannya ya...kira kira ini penyakit apa? dan apa solusinya?
05 May 2013 03:10:50
#8
Avatar Hendra.Nick
Hendra.Nick
Total Post : 1
sy hendra, lokasi di manado (bitung). sy memiliki s husky, yg terkena hip dyplasia. sy minta bantuan teman\'\' bagaimana cara pengobatannya, dan rekomendasi dr hewan yg biasa menangani kasus HD. Trims.
24 Nov 2013 09:38:19
#9
Avatar angelica.f.kurniawan
angelica.f.kurniawan
Total Post : 1
anjing saya aktif aja sih.. tapi kaki belakangnya yang kiri kadang kadang pincang kadang kadang enggak.
21 Feb 2014 03:12:05
#10
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
hmmm malu deh aku smile
15 Aug 2014 05:54:26
#11
Avatar Seven.Lanne
Seven.Lanne
Total Post : 1
Z randy di jayapura,,
Mohon bantuan.a anjing z umur 3 bulan kedua kaki belakang.a tdk berfungsi ( lumpuh ) mohon bantuan.a dan solusi.a terima kasih
28 Nov 2014 12:47:31
#12
Avatar Asmara.Yudha
Asmara.Yudha
Total Post : 1
anjing saya umurnya 4 bulan tetapi akhir2 ini kedua kaki belakangnya kalau berjalan itu seperti tidak kuat..apa itu gejala hip dysplasia ya..mohon bantuannya
17 Dec 2014 02:33:38
#13
Avatar hunter.huntelaar
hunter.huntelaar
Total Post : 2
Mohon info biaya untuk operasi FHO dan THR kira" berapa ya? Trims
07 Jan 2015 23:50:18
#14
Avatar Lim.Phei.Ni
Lim.Phei.Ni
Total Post : 25
apakah operasi bisa benar2 menyembuhkan, bukan bersifat sementara? berapa.kah biaya.nya dan apakah aman bagi anjing tua?
02 Jul 2015 17:40:00
#15
Avatar Juwita.Dewi
Juwita.Dewi
Total Post : 1
Anjing sya berkelahi dengan kucing dan skrg kakinya lumpuh gimna cara ngobatinnya?
20 Jul 2015 14:24:35
#16
Avatar risckhelmaicakhi
risckhelmaicakhi
Total Post : 1
Permisi min, saya punya husky umur 3 tahun, kaki belakang nya lemes gitu kalo jalan, itu terjadi setelah disuntik vitamin, setelah disuntik, besok nya anjing saya gak mau bergerak, bawaan nya tiduran mulu, setelah beberapa hari, anjing saya mulai jalan, tapi kaki belakang nya lemas banget, getar getar juga, trus kalo menggonggong suara nya kayak kalo manusia lg habis suara. Itu apa ya min? Terima kasih
04 May 2016 13:22:50
#17
Avatar Lia.Arlika
Lia.Arlika
Total Post : 1
mohon infonya,anjing sy siberian umur 3th,karena jarang jalan2 sekarang dia seperti lumpuh gitu,trus gx mw makan,sebaiknya bagaimana solusinya untuk mengobatinya?
03 Oct 2016 11:36:36
#18
Avatar anjing-dijual208452
anjing-dijual208452
Total Post : 1
mohon bantuan nya.anjing saya lumpuh total dalam waktu 2 hri. hari ke1 kakk belakang.hari ke 2 semuanya sdh ga bisa digerakin termasuk kepala. tidak ada tanda2 keracunan atau tertabrak. tolong banget yaah
10 Nov 2017 20:50:09
#19
Avatar aryn.josi
aryn.josi
Total Post : 1
Tolong info, anjing saya tiba2 tdk bisa jalan, selalu merangkak, tidak ada lecet atau lebam. Kaki belakang tidak kokoh. Mohon bantuannya
14 Dec 2017 17:18:32
#20
Avatar chintoperpras123
chintoperpras123
Total Post : 1
mohon bantuanya dok , anjing saya Siberian Husky , udah hampir 1 mingguan lebih kondisi kakinya itu getar" , jarang banget lari" padahal sebelumnya dia sangat aktif banget klok mau lari" , makan msik mau , tpi apa bsa gejala seperti gtu berdampak penyakit HD tingkat kronis? dan apakan obat ampuh untuk menyembuhkan kaki belakang yang getar" sampai naik turun tangga seperti kelinci berjalan , mohon infonya ya dok

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.