Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
06 Feb 2013 08:50:53
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tembakau Dapat Menjadi Obat Rabies

foto

Sebagai cikal bakal dari rokok, tanaman tembakau mungkin bisa dikatakan telah membunuh banyak orang. Tapi baru-baru ini sejumlah ilmuwan menemukan bahwa jika dimodifikasi secara genetik, tanaman ini dapat dijadikan obat rabies atau sakit anjing gila yang terjangkau, terutama bagi pasien di negara-negara berkembang.

Tim peneliti dari University of London mengklaim telah berhasil mengembangkan sebuah antibodi yang berasal dari tembakau yang telah dimodifikasi secara genetik. Antibodi ini dibuat untuk mencegah virus rabies melekat pada ujung saraf di seputaran bagian tubuh yang digigit dan 'berjalan' hingga ke otak.

foto

"Rabies telah membunuh ribuan orang dan jumlah korbannya terus bertambah setiap tahunnya, apalagi untuk infeksi rabies yang tak disembuhkan karena hampir 100 persen fatal dan seringkali menyebabkan kematian," ungkap salah satu peneliti, Leonard Both, Ph.D. dari Hotung Molecular Immunology Unit, St. George's, University of London.

"Untuk itu memproduksi antibodi dari tanaman transgenik yang terjangkau membuka prospek pencegahan penyakit rabies yang memadai bagi keluarga-keluarga di negara berkembang, terutama yang pendapatannya rendah," tambahnya seperti dikutip dari indiavision, Selasa (5/2/2013).

Pertama, Both dan rekan-rekannya 'memanusiawikan' antibodi ini sehingga dapat ditolerir oleh manusia. Kemudian antibodi itu diproduksi dengan menggunakan tanaman tembakau transgenik sebagai platform atau media. Setelah itu barulah antibodinya dapat dimurnikan dari daun tanaman dan dikarakterisasi sesuai dengan komposisi protein dan gulanya.

foto

Setelah diujicobakan, terbukti bahwa antibodi yang dibuat dari daun tembakau itu mampu menetralisir berbagai jenis virus rabies dan mengidentifikasi sejumlah antibodi yang ada pada amplop virus (membran yang menyebabkan virus dapat bertahan di luar sel) dengan menggunakan virus rabies tertentu.

Menanggapi studi ini, editor FASEB Journal di mana studi ini dipublikasikan, Gerald Weissmann mengungkap, "Kendati bisa sembuh dengan menggunakan antibodi yang bekerja tepat waktu tapi bagaimanapun rabies itu mematikan, terutama bagi pasien di negara-negara berkembang yang kekurangan pengobatan karena tingginya biaya produksi obat.

Untuk itu, memproduksi antibodi yang 'manusiawi' dan aman di dalam tembakau yang telah dimodifikasi secara genetik akan mengurangi biaya untuk mengakses pengobatan rabies dan menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Sumber:
health.detik.com

Last Edited : 06 Feb 2013 09:05:53
09 Feb 2013 13:04:50
#2
Avatar dogsfan
dogsfan
Total Post : 101
thanks atas infonyasmile
13 Jun 2013 22:53:35
#3
Avatar luther.bittikaka
luther.bittikaka
Total Post : 1
bagaimana cara mengobati dgn tembakau
31 Jan 2014 11:54:22
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
rabies sebenarnya penyakit anjing yang paling jarang kena. selain ciri2nya kelihatan, penularannya juga kontak langsung cairan. Kalo daerah dinyatakan bebas rabies, bagus tuh. Rabies aku tahu dari dulu karena bisa menular ke manusia kalo kegigit.
Ini bukan main concern tp informatif smile yang paling perlu dikuatirkan cacing dan berbagai jenis kutu yang bisa nular ke manusia juga. kasus rabies hampir gak pernah kedengeran akhir2 ini. Biasanya di daerah kotor atau yang banyak tikusnya. tikus membawa lebih dari 60 jenis penyakit walau mereka sendiri tampaknya gak terpengaruh akan ini.
Tembakau? sangat menarik smile

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.