Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Jan 2013 11:04:52
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Anjing Saya Bertingkah Seolah Dia yang Menjadi Boss di Rumah! (Anjing Dominan)

foto
Perilaku dominasi pada anjing bisa menjadi tantangan bagi pemilik untuk menanganinya. Anjing dominan bisa terlihat sulit dan keras kepala, dan membuat pemiliknya merasa seolah mereka tidak mungkin untuk dilatih. Namun, yang menjadi bagian dari masalah adalah kurangnya pemahaman tentang apa sebenarnya arti dari dominasi pada anjing. Meskipun banyak yang mengasosiasikan perilaku ini dengan agresif, tapi sesungguhnya dua perilaku ini adalah dua hal yang berbeda. Dominasi pada anjing berarti mereka ingin mengendalikan dan melakukan apa yang mereka inginkan dalam suatu situasi. Sedangkan anjing agresif ingin membahayakan/melukai hewan lain atau manusia.

foto
Masalah muncul ketika pemilik membiarkan perilaku yang tidak diinginkan berkembang dan sudah diluar kendali. Dengan belajar bagaimana menghadapi anjing dominan akan memungkinkan kita untuk mengubah anjing yang nakal menjadi anjing yang patuh.

Langkah-langkah mengatasi perilaku dominan anjing
1. Memahami bagaimana ciri-ciri anjing dominan sehingga anda tahu bagaimana untuk melatih mereka. Beberapa ciri-ciri yang sering ditemukan pada anjing dominan, yaitu:
  • mendorong anda
  • menggonggong ketika diberi perintah/command
  • melompat ke anda dan melompat ke sofa rumah tanpa seijin anda
  • menandai wilayah mereka (marking territory) dengan buang air kecil pada benda atau area tertentu
  • menggigit ringan (mouthing)
  • mengunyah/mengigiti dan menjaga barang-barang
  • Mengabaikan perintah sederhana seperti "down" atau "stay".
foto

2. Mulailah untuk mengatasi perilaku dominan anjing segera setelah anda mengidentifikasi adanya ciri-ciri dominan pada anjing anda. Semakin cepat anda mulai melatih anjing dominan, semakin cepat mereka akan mulai belajar tentang perilaku apa yang diterima dan apa yang tidak.

foto
3. Membangun diri anda sebagai Pack leader bagi anjing anda. Karena jika mereka tidak tahu siapa bossnya, maka mereka yang akan mengambil tugas tersebut. Mulailah bersikap tegas tetapi bukan kasar dan berikan perintah/command yang jelas. Ulangi perintah sampai anjing dominan itu mematuhi anda.

4. Anda sudah makan sebelum memberikan anjing anda makan. Tanda dari sikap pasif dalam dunia anjing adalah menjadi yang terakhir makan pada waktu makan. Pack leader selalu menjadi yang paling pertama makan dalam kelompok anjing. Buatlah anjing anda yang dominan menunggu anda makan dulu untuk memperlihatkan kepada mereka bahwa anda adalah Pack leadernya.

5. Buatlah anjing dominan anda DUDUK saat anda menyiapkan makanan mereka.

foto
Anjing dominan memiliki kecenderungan untuk langsung menghampiri makanannya dan mulai makan sebelum mereka diperintahkan. Dengan mencegah perilaku ini akan membantu mereka belajar bahwa andalah yang mengendalikan.

6. Saat mau melewati pintu, pastikan anda yang lebih dulu masuk atau keluar dan buatlah anjing dominan menunggu giliran mereka. Anjing dominan merasa bahwa mereka harus menjadi yang pertama sebelum hewan lainnya yang berada didekat mereka, dalam hal ini termasuk anda.

7. Latih anjing dominan dengan latihan kepatuhan dasar, menggunakan perintah seperti "sit", "stay" dan "down".

foto
Tips:
  • Dominasi pada anjing seringkali bersifat genetik dan dapat diidentifikasi sejak anjing masih berusia sangat muda. Jika anda melihat sifat dominan pada anak anjing anda, maka mulailah segera untuk mengatasinya untuk mencegah perilaku buruk yang akan timbul.
  • Jauhkan anjing dominan anda dari furnitur atau perabotan anda. Mereka akan merasa mempunyai kendali jika diijinkan untuk mendapatkan barang-barang apa saja di dalam rumah.
  • Berikan pujian dan reward seperti treat (cemilan) untuk perilaku yang baik. Hal ini akan memberikan dorongan positif kepada anjing untuk mengulangi perilaku yang dapat diterima.
  • Jika anjing dominan mengabaikan perintah anda, cobalah berikan mereka waktu. Masukkan mereka ke dalam kandang atau ruangan terpisah dari orang dan hewan lain untuk satu atau dua jam. Setelah itu, coba ulangi kembali memberikan perintah kepada mereka.

Peringatan:
  • Ketika belajar melatih anjing dominan, jangan pernah bersikap kasar dan memberikan hukuman fisik. Hal ini akan membuat anjing takut dan tidak akan melatih mereka untuk belajar bagaimana bersikap yang benar.
  • Jangan bermain permainan kasar dengan anjing dominan yang dapat mendorong perilaku dominannya. Bermain permainan yang mendorong anjing untuk menarik, menggigit dan mengunyah, seperti tug of war, tidak hanya akan membuat anjing dominan berpikir bahwa perilaku ini dapat diterima, tetapi juga mendorong agresivitas mereka.
foto
  • Saat sedang berjalan dengan anjing dominan, berjalanlah dengan cara yang memperlihatkan bahwa andalah leadernya. Menarik tali pengikat dengan cara yang halus untuk membuat mereka berjalan di samping anda. Jangan pernah menarik kencang tali pengikat atau bersikap kasar saat berjalan dengan anjing dominan.
  • Jika anjing dominan anda tidak juga memperlihatkan perubahan perilaku yang membaik, maka pertimbangkan untuk mencari bantuan pelatih profesional.


Sumber:
wikihow.com

Last Edited : 24 Jan 2013 11:28:05
23 Mar 2013 08:23:39
#2
Avatar grace_123
grace_123
Total Post : 3
thx infonya smile
29 Aug 2013 08:50:47
#3
Avatar Modestroge
Modestroge
Total Post : 8
Good Infoo
26 Feb 2014 16:51:24
#4
Avatar Anie.Hombings
Anie.Hombings
Total Post : 91
guguk ku bgt ini...si hiro bebeh (yg di pp ku) udah kek boss d rumah, habis tenagaku ngatur hidupnya, tp ntah kenapa ak tetap bahagia memelihara dy...wkwkwkwkwk
14 Mar 2014 09:49:23
#5
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Cara paling tepat waktu beri makan suruh mereka sit down and stay kalau dia langsung menghampirin makanannya tahan dengan tangan anda sampai dia menjauh jadi dia akan tau bahwa anda bos nya sampai dia menuruti perintah anda baru di kasih makanannya
Sori ini pengalaman sendiri
15 Aug 2014 22:14:18
#6
Avatar Erni.Tan
Erni.Tan
Total Post : 2
michiko bgt ini ..tx infonya..

pug sy msih usia 6 bulan dan sy latih untuk sesuatu hal yg sy tdk inginkan malah dia fikir sy sedang bercnda dengan dy..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.