Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Jul 2012 22:23:09
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kebiasaan aneh yang sering dilakukan anjing, Apakah anjing kamu normal?

Perilaku anjing terkadang bisa kelihatan sangat aneh seperti mengejar ekornya sendiri sampai melakukan humping di kaki Anda. Banyak kebiasaan aneh yang sebenarnya normal bagi anjing, meskipun beberapa hal mungkin mengarah ke masalah medis yang tersembunyi.

Berikut beberapa kebiasaan anjing yang mungkin terlihat aneh bagi kita :

foto


Mengendus bagian selangkangan
Anjing suka mengendus bagian belakang (bokong) sesama anjing lainnya, tapi bagaimana jika hal ini dilakukannya kepada manusia? hal itu tentu adalah perilaku yang buruk. Anjing bisa mendapatkan banyak informasi mengenai anjing lain dengan mengendus daerah kemaluannya. Hal ini bisa menjadi alasan bahwa anjing berpikir mereka bisa mendapatkan informasi dengan mengendus manusia juga. Jika anjing Anda melakukan hal yang sama terhadap tamu Anda juga, pelatihan kepatuhan mungkin dapat membantu.

foto


Mengejar ekor sendiri
Saat anak anjing mengejar ekor mereka sendiri, hal itu terlihat seperti bayi yang ingin meraih jari kakinya atau sebuah cara untuk mengekplorasi tubuh mereka. Kebiasaan ini hanya menjadi masalah ketika anjing menjadi kompulsif tentang hal tersebut. Lakukan tes apakah Anda bisa mengalihkan perhatiannya. Jika mereka lebih memilih mengejar ekornya sendiri ketimbang makan atau berjalan-jalan, maka kebiasaan tersebut bukan lagi hanya sekedar bermain atau untuk kesenangan saja. Kelainan kompulsif seperti ini adalah hal yang umum pada beberapa jenis anjing tertentu. Kebiasaan ini bisa dihilangkan dengan pengubahan prilaku dan penyembuhan.


foto


Menggosokan pantat
Ini umum dilakukan oleh anjing untuk membersihkan atau menggosok-gosokan pantatnya ke tanah setelah melakukan pup, terutama jika pupnya encer. Tetapi, jika seekor anjing sering menggosokan pantatnya ke tanah sepanjang hari, sebaik dikonsultasikan ke dokter hewan. Tindakan ini biasanya adalah tanda adanya masalah pada kelenjar dubur, hal ini akan menjadi masalah yang serius bila tidak ditangani.

foto


Humping
Melihat anjing Anda sedang melakukan humping dengan sofa baru mungkin akan membuat Anda merasa ngeri, namun hal ini sebenarnya normal. Banyak anjing merasa bahwa melakukan humping bisa mengurangi stres dan membuat perasaan jadi baik, sehingga mereka terus melakukannya. Baik anjing jantan atau betina sering melakukan hal ini, meskipun anjing jantan lebih sering melakukannya. Jika mereka melakukannya terhadap anggota keluarga atau tamu yang datang ke rumah, maka prilaku tersebut sebaiknya perlu diubah.

foto


Bersin terus menerus
Kadang-kadang anjing Anda mungkin dapat membuat suara dengusan atau suara napas yang keras, hal ini bisa diartikan sama dengan bersin yang terus menerus. Saat sedang bersin yang biasanya berlangsung sekitar 1 menit, anjing Anda mungkin bisa berdiri kaku, memanjangkan kepalanya, dan matanya akan membesar. Meskipun mungkin agak terasa menakutkan, tapi hal ini biasanya disebabkan oleh sesuatu yang tidak berbahaya, seperti karena tarikan tali rantai atau perasaan gembira si anjing. Memijat tenggorokan anjing Anda, menawarkan sesuatu untuk dijilat, atau menaruh jari Anda diatas hidungnya akan membuatnya menelan dan lalu akan menghentikan bersinnya. Namun periksakan dengan dokter hewan jika bersin ini seringkali terjadi. Hal ini mungkin adalah tanda alergi, adanya tungau, infeksi, benda asing, atau kondisi medis lainnya.

foto


Memakan rumput
Rumput pada halaman Anda mungkin tidak terlihat seperti makanan yang lezat bagi Anda, tetapi hal ini berbeda bagi anjing. Anjing adalah hewan omnivora, yang artinya mereka juga bisa makan tumbuh-tumbuhan selain daging. Makan rumput, cabang pohon, dan bahkan tanah adalah hal yang normal. Jika anjing Anda makan rumput secara berlebihan, maka hal ini bisa jadi menandakan adanya gangguan pencernaan.

foto


Memakan Kotoran
Hal yang mungkin agak mengejutkan bahwa memakan kotoran adalah hal yang normal bagi anjing. Ini adalah bagian dari evolusi mereka, pada awalnya dulu sebagai hewan peliharaan, anjing juga melakukan fungsi/tugas sebagai pembersih kotoran. Sistem pencernaan mereka sangat efisien, sehingga mereka bisa mendapatkan beberapa nutrisi yang baik dari kotoran tersebut. Namun, kebanyakan orang tentu tidak mau mencium anjingnya dengan bekas kotoran di mulutnya. Jika Anda mendapati anjing Anda sedang melakukan hal itu, tawarkanlah makanan yang lebih lezat sebagai pengalih perhatiannya.

foto


Berguling di atas sampah
Jika Anda melihat ada hewan yang membusuk atau sebuah tumpukan sampah, secara naluri Anda pasti akan menghindarinya, namun anjing Anda justru akan sangat tertarik untuk berguling diatasnya. Semakin bau busuk, semakin besar godaannya. Ada sebuah teori bahwa mereka melakukannya untuk menutupi bau mereka sendiri dengan bau yang sangat busuk sehingga akan membuatnya lebih mudah untuk mengejutkan mangsanya. Anda mungkin tidak dapat menghentikan kebiasaan anjing Anda ini, jadi harapan terbaik Anda adalah menemukan dan membersihkan sampah / sumber bau tersebut.

foto


Meneteskan air liur
Jika anjing Anda berliur saat melihat Anda memanggang steak, hal itu adalah wajar. Namun jika anjing Anda terus meneteskan air liur sepanjang hari, hal ini tentu tidak wajar. Air liur yang keluar secara berlebihan mungkin menandakan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit atau reaksi terhadap sesuatu yang ada di lingkungannya. Jika tindakan ini terjadi disertai masalah prilaku, seperti mengunyah atau bersembunyi, maka tindakan ini bisa berarti adalah gejala dari kecemasan. Singkatnya, anjing yang sering meneteskan air liurnya sebaiknya dibawa ke dokter hewan.

foto


Menggembalakan / Menggiring
Beberapa anjing akan mencoba untuk menggembalakan sesuatu seperti kucing, bebek atau bahkan anak-anak Anda. Anjing memang dibiakkan untuk melakukan hal tersebut. Mereka secara alami ingin memindahkan, mengumpulkan sesuatu disekitarnya dan menghentikan kekacauan. Ini adalah sebuah prilaku dimana mereka sangat butuh untuk mengekspresikannya karena genetik mereka mendorong diri mereka untuk melakukan hal itu. Jika tindakannya sudah mulai berlebihan atau tidak normal, maka hal ini bisa menjadi masalah. Dengan pelatihan, anjing dapat belajar untuk menggembala hanya saat diperlukan.

foto


Fobia suara bising/keras
Anjing-anjing yang meringkuk ketakutan bersembunyi disudut setiap kali ada bunyi petir bisa berarti mengidap fobia suara bising/keras. Pemicu umum lainnya adalah suara sirine mobil atau suara tembakan. Fobia seperti ini bisa menjadi parah dan sulit untuk disembuhkan. Dengan sebuah pelatihan seperti melibatkan anjing dalam kegiatan yang positif saat rekaman petir diputarkan, anjing tersebut bisa belajar rileks ketika mereka mendengar suara yang membuatnya takut.

foto


Menjilati telapak kaki
Anjing menjilat kaki mereka adalah hal yang normal karena sebagai bagian untuk merawat tubuhnya. Namun jika anjing Anda menjilati kakinya sampai bulu kaki rontok, berubah warna atau membuatnya luka maka hal ini tentu saja sebuah masalah. Penyebab utama seringnya anjing tersebut menjilati kakinya karena adanya infeksi jamur atau alergi kulit. Dalam beberapa kasus, kebiasaan tersebut bisa menjadi perilaku yang kompulsif. Sangat penting untuk memeriksakannya pada dokter hewan.

foto


Mata yang bersinar dalam kegelapan
Mata anjing secara alami akan bersinar saat kegelapan dalam berbagai tingkat, karena struktur mata mereka berbeda dengan mata manusia. Anjing memiliki lapisan jaringan yang disebut Tapetum Lucidum, yang merefleksikan kembali cahaya melalui retina. Hal ini menjadi alasan bahwa anjing memiliki penglihatan yang lebih baik pada malam hari dibandingkan dengan manusia.

foto


Bermimpi
Saat anjing Anda sedang meringkuk di tempat tidur, mata tertutup dan kaki bergerak-gerak sesekali, lalu beberapa kali suara rengekan kecil atau raungannya akan memecahkan kesunyian. Anda akan berpikir bahwa anjing Anda sedang bermimpi. Anda mungkin benar. Jika Anda melihat gelombang otaknya saat tidur, mereka tampaknya memiliki siklus REM ( Rapid Eye Movement). REM adalah tahap tidur dimana manusia cenderung bermimpi. Jadi apa yang dimimpikan oleh anjing? itu akan tetap menjadi rahasianya sendiri.

Last Edited : 07 Jul 2012 22:30:24
16 Aug 2016 22:31:38
#2
Avatar chiu.lyana25
chiu.lyana25
Total Post : 1
gimana si cara nya biar anjing saya tidak menjilati kakinya terus ? :''(
sampe warna bulu kakinya berubahh ... Tolong di jawab yah , semoga bisa hilang dgn pendapat kamu . dan bisa lebih tau lgi pengalaman nya . makasih smile
09 Oct 2016 22:07:37
#3
Avatar anjing-dijual725
anjing-dijual725
Total Post : 1
#chiu. Pake sepatu anjing Aja Ada kok paling 30-50 ribu
02 Jun 2017 22:51:33
#4
Avatar thaliaa.fr
thaliaa.fr
Total Post : 2
akhir" ini anjing saya sering menggaruk" pintu kamar saat malam hari, kira" kenapa ya?
05 Aug 2017 10:45:10
#5
Avatar vitariahni91
vitariahni91
Total Post : 4
anjing menggaruk pintu kamar artinya anjing ingin masuk bergabung ke dalam kamar karena kesepian dan ingin dekat dengan tuannya. anjing saya dulu sering melakukan itu. apalagi kalau dia dicuekin. habis udah pintu rumah. tapi saya hanya tersenyum manis dan mengelus kepalanya supaya tidak mengaruk pintu. meskipun saya akhirnya memasukkan dia ke dalam.
08 Aug 2017 06:35:49
#6
Avatar vi3.wong
vi3.wong
Total Post : 2
Chiu: anjing menjilati kaki nya itu bisa jadi alergi makanan . Coba check apakah merah2 kulitnya
16 Nov 2017 10:25:49
#7
Avatar yuliandiqidwiaksara31
yuliandiqidwiaksara31
Total Post : 1
Bagaimana mengajari anjing agar tidak berguling2 ke sampah atau bangkai???

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.