Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
17 Jan 2013 11:45:18
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyebab Anjing Suka Kentut atau Buang Angin

Tidak seperti manusia, anjing bisa kentut dengan sebebasnya tanpa mencoba menahannya atau tanpa harus pindah ke area yang lebih aman tidak ada orang. Sebaliknya, sebagai pemilik yang memiliki anjing suka kentut tentu saja hal ini akan sangat mengganggu meskipun gas yang dikeluarkan tidak berbahaya bagi kesehatan kita, namun bau yang dikeluarkan seringkali mengerikan dan kadang-kadang bisa membuat malu terutama ketika ada tamu di rumah kita. Kentut atau buang angin pada anjing disebabkan karena perut kembung.

foto
Apa itu perut kembung?
Perut kembung terjadi ketika gas menumpuk di saluran pencernaan dan usus anjing. Ini adalah proses normal yang terjadi saat bakteri memecah jenis makanan tertentu. Meskipun dapat menganggu dan kurang menggenakan, perut kembung jarang mengarah ke indikasi masalah kesehatan yang parah.

Apa penyebab perut kembung pada anjing?

foto

Penyebab utama perut kembung adalah makanan. Makanan berkualitas rendah dengan bahan-bahan yang tidak sepenuhnya dapat dicerna dapat menyebabkan gas. Begitu juga dengan makanan sisa meja makan dan makanan yang mengandung laktosa. Beberapa anjing juga mungkin mempunyai sensitifitas dan alergi terhadap makanan, jadi sangatlah penting untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa diterima oleh perut anjing anda.

Perut kembung juga dapat terjadi saat anjing makan terburu-buru. Jika anjing anda makan terlalu cepat, dia mungkin akan menelan udara (aerophagia) yang pada akhirnya udara tersebut harus menemukan jalan keluar.

Anjing apa yang paling beresiko?

foto
Semua anjing rentan terhadap perut kembung, terutama jika mereka diberi makanan berkualitas rendah yang mengandung filler (bahan makanan yang sedikit atau tidak mengandung nutrisi) dan pengawet buatan, sisa makanan meja makan, terlalu banyak snack atau makanan yang membuat mereka alergi.

Apakah perut kembung bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lain?
Perut kembung yang terus berlanjut bisa jadi adalah efek samping dari obat tertentu dan juga bisa jadi gejala dari masalah kesehatan lainnya.

Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi perut kembung anjing saya?

foto
Memberikan makanan yang sehat dan konsisten adalah cara terbaik untuk mengurangi perut kembung anjing anda. Berikut adalah beberapa aturan untuk diikuti:
  • Memberi makan anjing anda dengan makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Lakukan riset kecil untuk menemukan merek apa yang cocok untuk usia, jenis dan pola hidup anjing anda. Hati-hati untuk bahan makanan seperti ash, protein kualitas rendah dan produk jagung yang membuat anjing anda merasa kenyang, tetapi tidak kaya dengan nutrisi. Dan tanyakan kepada dokter hewan anda untuk saran tentang makanan yang baik bagi anjing anda.
  • Jangan berikan sisa makanan meja makan sembarangan. Alergi atau sensitifitas terhadap makanan tertentu umum terjadi.
  • Jika anjing dewasa anda adalah pemakan cepat, anda sebaiknya membagi porsi dalam setengah porsi dan biarkan dia makan dua porsi kecil dalam sehari.
  • Kenali makanan apa yang membuat anjing anda alergi dan sensitif serta hindari makanan yang dapat dapat menganggu perutnya.
  • Kedelai, kacang polong, kacang-kacangan, produk susu, makanan tinggi lemak dan makanan pedas umumnya terkait dengan perut kembung pada anjing.
  • Beberapa anjing tidak cocok dengan laktosa, jadi sebaiknya hindari produk susu.

Anda akan tahu bahwa anda memberikan makanan yang sehat, mudah dicerna saat anjing anda tidak lagi buang angin dan mulai mengeluarkan feses yang baik bentuknya.

Apa saja petunjuk umum dalam memilih dog food yang sehat?

foto
  • Pilih merek dog food yang premium daripada generik atau ekonomi.
  • Kandungan Ash rendah atau tidak ada
  • Daging (bukan daging buatan) harus menjadi pertama yang diperhatikan dalam daftar bahan kandungan dog food.
  • Kandungan rendah atau tanpa bahan jagung, tepung jagung atau gandum dan filler yang dapat menimbulkan alergi
  • Kandungan rendah atau tanpa bahan pengawet kimia
  • Asam lemak omega, yang memiliki manfaat kesehatan besar, ada dalam kandungan dog food.
Kapan waktunya untuk dibawa ke dokter hewan?
Jika perut kembung anjing anda terus berlanjut meskipun anda sudah mengubah makanannya dan tidak memberinya makanan sesuatu diluar makanan rutinnya, maka periksakan ke dokter hewan. Anjing anda mungkin memiliki masalah kesehatan, iritasi saluran pencernaan atau sensitif terhadap makanan yang tidak anda sadari.


Sumber:
ASPCA.com

Last Edited : 17 Jan 2013 11:52:16
17 Jan 2013 12:26:19
#2
Avatar valentina.angela.5
valentina.angela.5
Total Post : 4
TKS GAN infonya.. smile
17 Jan 2013 17:05:35
#3
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Like always nice post Nik....
13 Feb 2013 21:54:18
#4
Avatar Ricky_Orlando
Ricky_Orlando
Total Post : 61
Nice info grin
04 Sep 2013 01:06:36
#5
Avatar amuroveldaz
amuroveldaz
Total Post : 4
bisa jadi juga karena minum air ledeng.. coba ganti air minumnya pake air matang... pengalaman rot gw si dulu gitu... baunya ga kuat dah mana ruangan pake A/c.. mabok semuanya...wkwkwk
26 Feb 2017 21:29:43
#6
Avatar gunawan.effendie
gunawan.effendie
Total Post : 1
tiap hari minumnya pake air mineral. tetep aja kentut mulu...baunyeee...minta ampun. makanan udah di jaga... napa ya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.