Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Jan 2013 23:07:57
#1
Avatar 007191
007191
Total Post : 11

labrador berulah kalau rumah sepi

Halo para Senior. Saya punya labrador betina usia 6 bulan. Doggie saya ini bersikap biasa saja jika ada bersama kami dirumah. Tapi jika dia kami tinggal sendiri di rumah, dia mulai berulah. Dia menarik pakaian di jemuran, menarik keset dan barang lain serta merusak dan membongkarnya. Termasuk membongkar tong sampah.
Saya ingin melepaskan doggie saya ini dirumah, mengingat saya punya halaman yang cukup besar. Tapi saya sangat terganggu oleh ulahnya ini. Akhirnya saya terpaksa menaruh di kandang atau mengikatnya.
Mohon saran para senior. Terima kasih.

Last Edited : 16 Jan 2013 23:29:31
17 Jan 2013 09:40:09
#2
Avatar Bulgobon
Bulgobon
Total Post : 40
Tentu saja seperti itu karena dia bosan dan kesepian. Hal itu lumrah dilakukan oleh anjing. Apakah sebelumnya Anda memberikan mainan selama dia ditinggalkan? Adakah olahraga pagi dilakukan? Meninggalkan di kandang atau diikat adalah solusi jangka pendek, tetapi tidak menyelesaikan masalah. Bila anjing telah melakukan porsi jalan atau olahraga di pagi hari, akan menurunka insidensi kejadian itu. Ada baiknya Anda membatasi dengan pagar lipat yang dijual di toko agar si anjing bisa bebas bermain di area tertentu, tetapi tidak membuat berantakan area lainnya.
17 Jan 2013 16:40:39
#3
Avatar 007191
007191
Total Post : 11
Pak Bulgobon, terima kasih banyak atas respons nya. Saya rutin membawa doggie saya itu berjalan. Tiap pagi sebelum saya berangkat kerja dan sepulang kerja. Biasanya saya bersepeda dan dia berlari disamping saya. Saya sudah memberikan gigit-gigitan juga kalau saya tinggal. Kebiasaan mengganggu itu timbul hanya jika tidak ada orang yang mengawasinya. Jika kami ada dirumah, dia bersikap baik sekali. Kalaupun dia melakukan kesalahan, dengan mudah saya bisa menegurnya, dan dia langsung mentaatinya.
Masalahnya adalah rumah saya kosong mulai pagi, hingga sekitar jam 3 sore. Dan jika doggie saya itu tidak dikurung atau diikat, maka sepulang saya kerumah, saya akan mendapati ada banyak barang berserakan dimana-mana.
17 Jan 2013 17:03:58
#4
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Itu kalau tidak salah namanya Separtion Anxiety bukan hanya manusia atau anak-anak yang menghadapi masalah ini akan tetapi anak anjing atau anjing pun bisa menghadapi hal ini. Sebuah hukuman bukanlah jalan keluar setelah mereka ditinggalkan kemudian setelah kita kembali dan kemudian memberikan hukuman fisik bukanlah jalan keluar yang baik.

Seingat saya ini dulu ada cara pelatihan ya sewaktu saya menonton DOG WHISPER mungkin bisa Anda cari episode nya karena memang sangat membantu. Saya cuma bisa memberikan saran kalau memungkinkan bila Anda sedang berada dirumah kuras lah energinya agar anjing tidak melampiaskan nya kepada benda-benda dirumah atau bersikap yang tidak kita inginkan. Kemudian bisa berikan mainan yang tidak membosankan sudah mulai banyak di jual di pet shop seperti kongs, dsb.

Akan tetapi pelatihan yang tepat itu yang paling jitu agar anjing Anda mengetahui dan memahami bahwa Anda tidak selalu di sampingnya untuk itu dia harus merasa aman dan nyaman dulu kemudian bisa melakukan tambahan latihan. Thanks dan semoga membantu.
17 Jan 2013 20:33:45
#5
Avatar Frankeeey
Frankeeey
Total Post : 38
Mungkin dia butuh teman tuh hehe butuh pejantan biar engga kesepian hehe smile
17 Jan 2013 21:11:07
#6
Avatar 007191
007191
Total Post : 11
@manbestfriend: terima kasih banyak. Saya juga pikir bahwa hal ini harus diatasi dengan latihan. Hanya saya tidak tahu harus bagaimana. Karena katanya doggie harus dikoreksi tepat saat dia melakukan kesalahan. Mengkoreksinya setelah kesalahan dilakukan tidak berguna.
@Frankeey: Wahhhh.....satu ini aja masih belajar, Pak. Ha.hahahahahahaaa
18 Jan 2013 11:56:14
#7
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Jalan 2x sehari dah sangat cukup aku kira. Dikandangin dr pagi sd jm 3 sore sebenernya ga masalah koq. Koreksi emang harus diberikan pas dia ketangkap basah melakukan kesalahan, kl ga percuma. Koreksi aja kl pas dia melakukan hal yg nda diingini. Tp jgn terlalu berharap berhasil sebelum Labs dewasa (Labs aku yg umur 11 bulan pun masih suka begitu kl dilepas tanpa diawasi, tp lebih mending dibanding pas dia masih 6 bulan). Biasanya doggie mulai mengatasi gangguan (distraction) setelah berusia 9 bulan. Kursi, jemuran, karpet, dll, buat dia ya distraction, menarik untuk dikunyah (chewing). Nti seiring waktu, asal konsisten, dia bakal jadi anjing yg baik koq. Kl nambah melihara Labs satu lagi yg usianya sama, biasanya tambah runyam nanti hehe..
Last Edited : 18 Jan 2013 12:05:03
18 Jan 2013 17:19:32
#8
Avatar tiana
tiana
Total Post : 3
Jalan-jalan bersama puppy di pagi hari sambil menikmati matahari terbit , saya rasa itu cukup jitu utk menguras energinya, di malam hari juga sempatkan berjalan-jalan bersama doggie kesayangan terasa menyenangkan ...selama bekerja dari pagi sampai sore saya selalu kandangin puppy2 saya...dan saya selalu melepasnya sore hari sepulang kerja dan saya kandangin lagi malam hari setelah berjalan-jalan ..pada hari libur jika saya tidak berpergian doggie2 selalu saya lepas ..dan memberinya mainan yang aman dan tentunya yang tidak berbahaya jika tertelan atau melukai dirinya ...seiringnya waktu usia 1 th keatas saya rasa dia telah menjadi doggie dewasa dan sahabat kita yang menyenangkan ...wub
22 Jan 2013 11:11:03
#9
Avatar 007191
007191
Total Post : 11
@Labs lover: Saya sudah check ke situsnya dan mendapati ternyata hal itu hal yang wajar bagi doggie seusia itu. Hanya membutuhkan latihan saja. Thank you, I appreciate it.

@Tiana: Rasanya kebiasaan kita sama dalam memperlakukan doggie kita. Thanks a lot.
03 Apr 2013 10:43:59
#10
Avatar ChOcCoLaTTe
ChOcCoLaTTe
Total Post : 21
Anjing saya minpin umur 5 tahun masih aja sperti itu sampe skrng, kl saya pergi saya taruh dikamar yg memang khusus anjing, lemari dan komputer, berhubung lemari pakaian saya midel lemari laci tarik, minpin saya bs menarik laci nya, mengeluarkan pakaian saya, mnggigit kancing nya sampe copot, lalu tidur di dalam laci trsebut diatas tumpukan baju saya yg tidak dia keluarkan... Solusinya???? Skrng laci saya, saya sangga dngan ember beriai barbel 5kg grin
03 Apr 2013 18:00:53
#11
Avatar BUZZ
BUZZ
Total Post : 88
@ChOcCoLaTTe : mipin itu Aslinya galak ga ya? anjing saya diserang MIPIN, awalnya cuman gonggong dogy saya santai aja ga ladenin, tapi pas dikejar dan digigit kakinya, dogy saya balas gigit dan banting tuh mipin (seperti banting botol minuman),... kasian.
05 Apr 2013 18:09:49
#12
Avatar febeningsetiawati
febeningsetiawati
Total Post : 6
Mipin tu jenis apa ya? Daschund?
05 Apr 2013 20:41:36
#13
Avatar BUZZ
BUZZ
Total Post : 88
mini pinscher... mirip doberman dibonsai..
27 Sep 2013 12:17:32
#14
Avatar FranSiskus.h
FranSiskus.h
Total Post : 15
Taro kandang saja atau Suruh dia jangan berantakin rumah (jangan terlalu kasar)
04 Apr 2014 17:25:03
#15
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
benar itu separatian anxiety, ada cara pelatihannya kok, study menunjukkan 2 anjing yg dr induk yg sama yg satu bisa gt yg satu gak pas di tinggal sendirian sm yg punya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.