Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
11 Jan 2013 10:31:37
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Hidung Anjing Kering, Apakah Berarti Anjing Sakit?

Mengapa hidung anjing basah?
Kelembaban pada hidung anjing memiliki dua kegunaan yang baik:
- untuk membantu menjaga kondisi anjing tetap dingin
- untuk membantu penciuman anjing

foto

Meskipun anjing hanya berkeringat melalui bantalan kaki mereka (pads), mereka juga bisa membuang panas melalui penguapan dari mulut mereka (dengan terengah-engah) dan melalui hidung mereka.
Cairan lembab tipis yang diproduksi oleh hidung anjing sebenarnya adalah lendir bukan keringat. Lendir ini juga menyediakan permukaan yang baik untuk melarutkan zat kimia dari udara dan menyerapnya ke dalam kulit, dimana sel-sel yang mendeteksi bau berada. Seringkali anjing yang aktif mengendus dan terjaga akan memiliki hidung yang lebih basah daripada anjing yang sedang santai atau tidur.

Apakah hidung kering atau hangat berarti anjing sakit?
Kesalahpahaman yang banyak dialami pemilik anjing adalah mereka berpikir bahwa anjing peliharaan mereka mengalami demam (atau sakit) jika hidung anjing mereka kering dan hangat. Hidung anjing mungkin bisa sangat basah dan dingin dalam sekali waktu kemudian menjadi lebih hangat dan tidak begitu basah pada saat berikutnya. Semua itu bisa terjadi dalam satu hari dan semua ini normal.

Anjing yang sakit memang biasanya seringkali memiliki hidung yang hangat dan kering namun dengan disertai gejala lain seperti: lesu, nafsu makan berkurang atau tidak ada, muntah, diare dan dsbnya.

foto

Saat hidung mengalami perubahan tekstur (berkerak, bersisik) dan perubahan warna (hilangnya pigmentasi), hidung yang kering berkepanjangan, pecah-pecah, koreng atau luka terbuka harus segera diperiksakan ke dokter hewan secepat mungkin.

Kondisi hidung lainnya yang harus diperhatikan adalah:
Sensitivitas atau Alergi

foto

Alergi dan sensitifitas terhadap plastik dan zat pewarna juga dapat mempengaruhi perubahan pada hidung dan area moncong pada anjing yang makan dari piring plastik. Disarankan untuk menggunakan mangkuk stainless steel untuk menghilangkan masalah ini. Mangkuk berbahan kaca atau keramik juga dapat digunakan, asalkan bahannya kuat dan pada tempat yang tidak berpotensi dapat membuat pecah atau retak.

Hidung Berair atau Meler

foto

Kapanpun anjing anda menunjukkan tanda-tanda "pilek" maka harus diperiksakan ke dokter hewan. Batuk, bersin, dan kesulitan bernapas bisa menjadi tanda apa saja mulai dari infeksi pernapasan sampai tumor di bagian hidung. Anjing yang menunjukkan tanda-tanda lebih dari batuk atau bersin sesekali harus dilihat oleh dokter hewan anda.

Terbakar Sinar Matahari (Sunburn)

foto

Sama seperti manusia, anjing yang cenderung terkena sinar matahari berlebihan bisa terbakar sinar matahari. Anjing dengan bulu berwarna terang dan hidung berwarna pink atau berwarna terang, memiliki resiko yang paling tinggi untuk terbakar sinar matahari. Sengatan matahari berlebihan bisa mengakibatkan anjing terkena penyakit kulit yang disebut Canine Solar Dermatitis dan Paparan berulang selama bertahun-tahun bisa mengakibatkan kanker kulit pada hidung, ujung telinga dan sekitar mata.
Pastikan anjing anda memiliki tempat berteduh saat dia berada di luar sepanjang hari dan memasukkan ke dalam rumah jika matahari sangat menyengat. Konsultasikan dengan dokter hewan anda tentang bagaimana menyediakan perlindungan matahari untuk anjing anda jika mereka berada dalam kategori beresiko.


Sumber:
vetmedicine.about.com
pets.ca

Last Edited : 11 Jan 2013 11:00:27

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.