Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
09 Jan 2013 11:44:06
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Anjing Berjerawat?! (Ya, Anjing juga bisa lho..)

foto
Sama seperti manusia, anjing juga bisa memiliki jerawat saat usia remaja, tetapi satu-satunya perbedaan adalah mereka tidak menyadari hal itu dengan cara yang sama seperti manusia. Umumnya, jerawat (acne) bukan masalah kesehatan yang serius bagi anjing karena kebanyakan akan hilang saat mereka mencapai usia dewasa, tetapi bisa kembali terulang pada suatu waktu. Kebanyakan jerawat muncul berupa bintil, blackhead (komedo terbuka cirinya warna hitam dan pori-pori membesar) dan whitehead (komedo tertutup cirinya warna putih disertai benjolan kecil di bawah kulit) yang biasanya muncul di sepanjang dagu, bibir, dada atau area kelamin. Jika ada area yang terkena iritasi, maka mungkin akan sedikit berdarah atau ada nanah yang muncul dari jerawat tersebut.

foto
Penyebab Jerawat Anjing
Jerawat anjing (Canine Acne) bisa disebabkan oleh beberapa hal, tergantung anjing dan lingkungan hidup mereka. Jerawat adalah bagian normal dari masa remaja anjing, sehingga beberapa jerawat akan muncul terlepas dari apa yang anda lakukan sebagai pengurusnya. Jerawat juga bisa muncul berkaitan dengan perubahan hormon, reaksi alergi terhadap makanan atau produk tertentu, bakteri, atau kebersihan yang buruk. Beberapa jenis anjing seperti Great Danes, Boxer, dan Doberman Pinscher lebih rentan terhadap jerawat dibandingkan yang lain, tapi jerawat dapat terjadi pada semua jenis anjing.

Solusi untuk Jerawat Anjing

Menjaga Kebersihan yang lebih baik
Kecuali anjing masih dalam masa remajanya, kebanyakan masalah jerawat dikarenakan kebersihan yang buruk dan bakteri. Mandi teratur sekali seminggu atau setidaknya beberapa kali dalam sebulan akan membantu anjing tetap bersih.

foto

Beberapa jerawat di sekitar mulut bisa disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk, jadi menyikat gigi dua kali seminggu atau memberikan treat khusus untuk gigi yang dapat dimakan (edible dental treat) dapat membantu.

foto
Coba perhatikan apakah ada makanan atau produk baru yang baru-baru ini diberikan kepada anjing anda, apakah ada salah satu diantaranya yang bisa menyebabkan masalah alergi pada anjing anda sehingga menyebabkan timbul jerawat.

Shampo khusus (Medicated Shampoo)
Kunjungi petshop terdekat anda untuk mencari shampo antibakteri atau medicated shampoo yang dirancang untuk anjing. Shampo anjing yang mengandung lidah buaya atau echinacea dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah kulit. Anjing sebaiknya dimandikan dengan produk yang khusus dibuat untuk anjing bukan shampo, cream dan salep manusia yang tidak sesuai untuk mereka karena terlalu keras. Hati-hati untuk memperhatikan apakah shampo yang anda gunakan menyelesaikan masalah lebih baik atau semakin buruk, karena beberapa produk bisa menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi pada beberapa anjing.

foto

Jangan Memencet Jerawat
Meskipun mungkin anda tergoda untuk memencet jerawat anjing anda, hal ini bukan ide yang baik dan bisa menyebabkan masalah menjadi lebih buruk. Memencet benjolan jerawat bisa menyebabkan jerawat menyebar atau bahkan menyebabkan infeksi yang lebih serius. Hal yang paling dapat anda lakukan adalah memberikan kain hangat untuk mengurangi pembengkakan, tetapi sisanya harus diserahkan kepada dokter hewan. Kadang-kadang jerawat dapat hilang dengan sendirinya.

Konsultasikan dengan Dokter Hewan
Jika jerawat tampaknya semakin buruk atau area tertentu tampak terinfeksi, maka yang terbaik adalah mengunjungi dokter hewan untuk pengobatannya. Kasus jerawat yang lebih serius dapat diobati dengan salep, obat oral, atau sabun obat yang telah diresepkan. Bicarakan dengan dokter hewan untuk saran dan pilihan pengobatan.

foto

Jerawat adalah bagian normal dalam kehidupan anjing, terutama jika mereka masih dalam masa pertumbuhan. Kasus ringan biasa umumnya terjadi pada anjing remaja, tetapi jika tampaknya menyebar menjadi lebih besar atau berdarah maka harus diperhatikan penyebabnya. Hal yang paling dapat anda lakukan di rumah adalah tetap menjaga kebersihan anjing melalui mandi teratur, kesehatan gigi yang baik, dan menggunakan medicated shampo. Setiap kekhawatiran atau pertanyaan mengenai pilihan pengobatan tambahan harus ditujukan kepada dokter hewan anda.

Sumber;
cesarsway.com

Last Edited : 09 Jan 2013 12:09:45
10 Jan 2013 04:00:59
#2
Avatar ChOcCoLaTTe
ChOcCoLaTTe
Total Post : 21
sampe sekarang anjing saya (4 tahun) juga masih jerawatan, berupa bintik putih seperti photo di atas.. memang kebanyakan d daerah sekitar mulut nya, tapi nanti nya akan hilang sendiri..nice ifooo juga siee.. baru taw namanya itu jerawat, selama ini kukira itu bisull grin
23 Sep 2013 10:09:23
#3
Avatar Liany.Hermawaty
Liany.Hermawaty
Total Post : 46
wah sama dong.
waktu pertama kali nemu benjol2 di bawah mulutnya sempat agak panik.
padahal anjingnya mandi seminggu sekali.
mungkin krn dia sering menyentuh apa pun dg mulutnya ya
08 Nov 2017 19:34:06
#4
Avatar hyonsixnopitasari
hyonsixnopitasari
Total Post : 1
Kl anjingku kena blackhead di area dada & bagian atas ekor juga pantat... baru sadar kl itu namanya komedo stlh sekian lama sy kira daki, tapi daki kok tumbuh sprti bulu hitam2 dari dalam kulit kan brrti bukan

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.