Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
08 Jan 2013 10:40:19
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Perilaku Anjing Mengeluarkan liur Berlebihan Bisa Jadi Masalah Serius!

Perilaku meneteskan air liur (Drooling) adalah hal yang umum pada anjing saat mereka senang seperti melihat makanan lezat di depan mereka atau saat haus. Ada Beberapa jenis anjing yang juga cenderung untuk berliur karena struktur mulut yang mereka miliki seperti Bull Mastiff, Boxer, dan Great Danes.

foto

Namun, air liur yang terlalu berlebihan (excessive drooling) pada anjing bukanlah sesuatu yang normal dan membutuhkan perhatian untuk mendeteksi penyebabnya. Ada berbagai alasan dibalik air liur berlebihan yang tiba-tiba muncul pada anjing, salah satunya saat anjing tidak sehat.

Apa yang menyebabkan anjing berliur secara berlebihan?

Rasa Sakit dan Racun
Anjing mengeluarkan liur berlebihan jika mereka memiliki rasa sakit ditubuhnya atau memakan sesuatu yang beracun. Sengatan serangga atau tanpa sengaja memakan fenil, deterjen, kapur barus, obat kumur, cokelat, tanaman rumah dll dapat menyebabkan mual yang parah, berliur, muntah, tersedak dan sakit kepala pada anjing.

foto

Penyebab lain perilaku berliur berlebihan adalah infeksi saluran kemih, infeksi telinga, luka dan cedera dalam tubuh mereka, masalah mata, gangguan gigi, masalah punggung, dll. Semua kondisi kesehatan ini bisa juga menyebabkan liur berlebihan pada anjing saat tidur.

Gangguan Sistem Pencernaan
Pada kasus ini, perut anjing akan membengkak dan membesar karena perut melilit dan usus tersumbat. Anjing tidak dapat bersendawa atau memuntahkan makanan, gas atau air yang terperangkap dalam perut sehingga mereka mulai mengeluarkan banyak liur. Mereka juga berliur banyak saat mengalami rasa sakit di perutnya.

foto


Benda Asing Tersangkut Dalam Mulut
Ketika beberapa benda asing seperti potongan tulang, sehelai benang atau kawat terjebak dalam gigi atau gusi mereka, menyebabkan rasa yang amat sangat tidak nyaman pada anjing yang kemudian memicu mereka banyak meneteskan liur. Pada situasi ini bawalah anjing anda ke dokter hewan segera jangan menundanya.

Masalah pada Gigi
Penyakit gusi seperti gingivitis dan tartar, gigi busuk, dan gigi patah juga dapat menyebabkan anjing berliur berlebihan. Penyebab lainnya adalah saat anjing anda menderita gusi berdarah atau gusi bengkak dikarenakan suatu hal.

foto


Mabuk Kendaraan
Beberapa anjing sering mengalami mabuk saat bepergian. Akibatnya mereka merasa mual dan mulai meneteskan air liur berlebihan.

foto


Penyakit Hati
Penyakit hati pada anjing adalah kondisi serius yang menyebabkan air liur keluar berlebihan dan membutuhkan penanganan segera oleh dokter hewan.

Kerusakan Syaraf
Jika anjing anda memiliki syaraf trigeminal yang rusak karena cedera dan tumor, maka hal ini menyebabkannya tidak dapat menutup mulutnya. Anjing dengan kondisi seperti ini tidak dapat menggerakkan otot-otot wajah dan menemukan kesulitan saat makan dan minum. Hal ini menyebabkan anjing mengeluarkan liur terus.

Penyakit Rabies
Rabies merupakan salah satu penyebab paling serius dari air liur berlebihan. Anjing yang sudah divaksinasi rabies juga memiliki kesempatan untuk terkena penyakit ini. Jika ada kemungkinan anjing anda terkena rabies, segera bawa ke dokter hewan segera, karena hal ini bisa menjadi penyebab air liur berlebihan.

foto

Seperti disebutkan, mengeluarkan air liur pada anjing tidak selalu berarti hal yang serius, namun penyebab dari perilaku mengeluarkan air liur berlebihan harus diperhatikan dan ditangani. Selalu menjadi pilihan yang bijaksana untuk membawa anjing peliharaan anda ke dokter hewan untuk menangani kondisi kesehatan yang mungkin ada dan serius.

Sumber:
buzzle.com

Last Edited : 08 Jan 2013 10:51:01
30 Oct 2014 23:51:47
#2
Avatar anjing-dijual838
anjing-dijual838
Total Post : 1
Anjing golden saya berumur 8tahun. 3 bulan ini kadang berliur kental agak kekuningan. Mulutnya nengeluarkan bau tidak enak. Mugkin karena suka makan beraknya sendiri. Sudah 2 tahun tidak saya vaksin. Apakah ada DOKTER HEWAN diSurabaya yang bisa dipanggil kerumah untuk memeriksa dan vaksin ?
02 Nov 2014 00:47:50
#3
Avatar Lady
Lady
Total Post : 1
bener banget baru aja saya kehilangan puppies saya karena gejala awal air liur berlebihan disangka krn stress menurut Dr.h ternyata itu salah satu gejala distemper saraf
02 Nov 2015 19:16:54
#4
Avatar henny.tamara17
henny.tamara17
Total Post : 1
Saya mau tanya untuk menagatasi anjing saya yang liur berlebihan bagaimana
Saya tidak tau dia sakit apa
Tapi saya sudah mencoba memberi perhatian lebih dan mengajaknya bermain di luar karna saya takut dia mengeluarkan liur banyak karna stress
Apa cara saya tepat?
Atau ada solusi lain?
Mohon bantuannya
09 Aug 2016 13:26:13
#5
Avatar aansinatra
aansinatra
Total Post : 1
saya juga mengalami hal yg serupa. anjing saya mengeluarkan air liur yg kental terus menerus tanpa sebab. awalnya saya tahu kalau anjing saya ini suka mabuk / muntah kalo di bawa pake mobil. tapi belakangan ini air liurnya suka keluar terus walaupun saya ajak bermain atau dalam kandang. nafsu makannya sedikit menurun, dan kurang bergairah. apa dan bagaimana cara menangani kelainan yang dialami anjing saya ? mohon sarannya, terima kasih.
03 Oct 2016 20:48:11
#6
Avatar tyanto724
tyanto724
Total Post : 1
ah nikita punya anjing gua rasa ngga
05 Dec 2016 01:23:53
#7
Avatar bachtiar.inaldi
bachtiar.inaldi
Total Post : 1
anjing shih tzu saya knapa ya kalo abis kawin banyak ngeluarin air liur . itu gejala penyakit bukan

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.