Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
06 Jan 2013 13:36:35
#1
Avatar eugenia.anggoman
eugenia.anggoman
Total Post : 1

vaksin anjing

saya punya anjing pom 3 bulan udah di vaksin 1x pas umur 2bulan vaksin lagi nya itu kapan lagi ya

06 Jan 2013 14:12:04
#2
Avatar David17
David17
Total Post : 57
1 bulan setelah vaksin
Pass umur 2 bulan itu vaksin pertama?
Kalau peratama 1 bulan kemudian vaksin lgi vaksin yg k 2
Sampe 4 kali vaksin setiap bulannya abis itu vaksin tahunan setahun sekali
06 Jan 2013 18:29:49
#3
Avatar kevin
kevin
Total Post : 53
loh emang dibuku vaksin nya ga ditulis apa kapan vaksin ulang nya ??
06 Jan 2013 19:15:47
#4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Vaksin gunanya untuk membentuk TITER (antibodi) terhadap suatu virus.

Jadwal vaksin yg dr Pfizer:
6minggu: Vanguard Plus CPV atau Vanguard Plus 5 atau Vanguard Plus 5/L atau Vanguard Plus 5/CV-L
9minggu: Vanguard Plus 5 atau Vanguard Plus 5/L atau Vanguard Plus 5/CV-L
12minggu: Vanguard Plus 5 atau Vanguard Plus 5/L atau Vanguard Plus 5/CV-L
16minggu: Defensor 3
1 tahun, kemudian diulang setiap 1 tahun: (Vanguard Plus 5+Defensor3 atau Vanguard Plus 5/L+Defensor3 atau Vanguard Plus 5/CV-L+Defensor 3

Vanguard Plus CPV: untuk Canine PARVO Virus
Vanguard Plus 5: untuk Distemper, Adeno (Hepatitis), Parvo, Parainfluenza
Vanguard Plus 5/L: untuk Distemper, Adeno (Hepatitis), Parvo, Parainfluenza, Leptospirosis
Vanguard Plus 5/CV-L: untuk Distemper, Adeno (Hepatitis), Parvo, Parainfluenza, Leptospirosis, Corona
Defensor-3: untuk Rabies

Jadual vaksin dari Merial:
5-6 minggu: Primodog (parvo)
7-8 minggu: Eurican DHPPi2-L (distemper, hepatitis, parvo, parainfluenza, lepto)
12 minggu: Eurican DHPPi2-LR (distemper, hepatitis, parvo, parainfluenza, lepto, rabies)
1 tahun, diulang setiap tahun: Eurican DHPPi2-LR

Konsultasikan tentang vaksin dengan dokter hewan anda, tidak semua vaksin seperti lepto, corona, dan rabies perlu diberikan.
Last Edited : 06 Jan 2013 19:16:54
06 Jan 2013 19:46:49
#5
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
@David: 4x vaksin tu bukan vaksin yg sama diulang2 lho. Yg dimaksud 4x tu. Kalau vaksin pertama diberikan pas masih nyusu, biasanya antibodinya ga terbentuk dengan baik, jadi dianggap ga ada kali ya. Vaksin kedua setelah ga nyusu ini sebenarnya yg efektif, Vaksin ketiga adalah booster vaksin kedua, dan vaksin keempat adalah untuk rabies saja. Tapi kalau vaksin pertama diberikan setelah tidak menyusu, berarti cukup diberikan 1x booster lagi dan sekali lagi vaksin tunggal rabies.
Last Edited : 06 Jan 2013 20:04:23
06 Jan 2013 22:46:34
#6
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Dan vaksin Rabies tu berat lho. Kl saya sih nda akan kasi anjing saya vaksin Rabies secara combo (dibarengkan ama vaksin2 yg lain), meski banyak anjing yg kuat. Tp kl kondisi anjingnya sedikit tidak fit, resiko deh. Dan saya nda akan vaksin Rabies anjing saya sebelum usia 6 bulan. Dan saya tidak akan memberikan vaksin Rabies bila anjing saya berasal dan besar di daerah yg dinyatakan bebas Rabies, dan tidak direncanakan untuk dibawa pergi ke daerah yg tidak bebas Rabies.
08 Jan 2013 23:06:10
#7
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45
thx info nya @LabsLover
ternyata ini jawaban nya mengapa waktu booster thn lalu, husky saya hanya diberikan Vanguarg Plus 5/CVL.
saya baru tau klu vaksin rabies ga boleh sembarang diberi bila anjing kurang fit.
09 Jan 2013 07:27:51
#8
Avatar Hulk
Hulk
Total Post : 130
@LabsLover betul sekali..vaksin rabies itu berat, cuma sayangnya banyak yg awam maen suntik aja sebelum waktunya

the vaccine is known to cause serious side effects in cats and dogs, many of which are listed below:


Immediately or up to 3 days after the shot:
Vomiting
Facial swelling
Fever or lethargy
Circulatory shock
Loss of consciousness
Death


Days, weeks or months after the shot:
Fibrosarcoma (cancer) at the injection site
Seizures and Epilepsy
Allergies
Autoimmune diseases, including organ disease, allergies and skin problems
Chronic digestive problems
Muscle weakness, especially lack of hind end coordination
Chronic digestive disorders
Skin diseases like Ischemic Dermatopathy / Cutaneous vasculitis
Behavior problems: aggression, destructive behaviors, separation anxiety and odd obsessive behaviors (like tail chasing and paw licking).



Don't give any other vaccination in combination with the rabiesshot
21 Jan 2014 14:26:41
#9
Avatar thrivena
thrivena
Total Post : 78
halo halo kalo vaksin parainfluenza dan bordella? doggy saya kmrn baru vaksin, trus skrg jd lemes, kakinya sakit, jalannya jadi pke 3 kaki doank...apakah tidak knp2?!?
terima kasi
09 Feb 2014 00:27:09
#10
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
ralat aku baru beli rottie dewasa, ok katanya cm 3kali vaksin? ktnya ada yg di gabung dan yg terakhir 6 bulan dr skrg, gimana tuh?
Last Edited : 20 Feb 2014 11:45:29
20 Feb 2014 11:31:06
#11
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
rott aku sekarang udah 15 bulan dan pas kecil cuma di vaksin sekali. akhirnya aku tahu gimana soal vaksin smile ada dokter baek yg mau jelasin via texting. kebanyakan dokter mana mau repot2
Last Edited : 11 Aug 2014 06:18:38
05 Apr 2016 15:34:16
#12
Avatar edwinaldrinong
edwinaldrinong
Total Post : 1
Selamat siang saya coba luruskan sedikit bagi para pencinta anjing trah atau jenis apa aja, semua anjing sebaiknya di vaksin (imunisasi) kenapa? Karena mikroorganisme jenis virus yg menginfeksi anjing pada umumnya terhadap kekebalan tubuh anjing tidak ada, dia harus dibantu dari luar agar anjing memiliki kekebalan seluler. Oleh sebab itu untuk virus tertentu hrs diberikan vaksin, sudah begitu pada umumnya penyakit yg disebabkan virus pada anjing sifatnya zoonosis atau menyeberang/bisa berpindah dari anjing ke manusia atau hewan lainnya yg sejenis, misalnya Rabies,Distemper,Hepatitis,parainfluenza,leptospira dan Parvo, makanya kebanyakan anjing divaksin dengan jenis virus diatas apakah dari merial atau vanguard msg2 pabrikan memiliki petunjuk mengenai waktu pemberian berdasarkan sifat dan jenis penyakit biasanya DHPPi-LR distemper,Hepatitis,Parvo,Parainfluenza,Leptospira,Rabies. Pemberian vaksin sesudah umur 2 bln lebih efektif terhadap pembemtukan titrasi Antibody pada anjing mengapa? Krn saat 8 mg atau 2 bln maternal antibody yg ikut dari ibu baru posisi nol dalam darah. Jika kita ambil darah anjimg kemudian di sentrifuse atau di putar dgn kecepatan tinggi maka cairan dan darah dan serum akan terpisah serum bgn atas jika kita ambil dites antibody maternalnya msh ada sampai umur 2 bln jika pemberian vaksin apa aja kenisnya masuk pada saat kadar antibody maternal tinggi dlm darah maka dipastikan vaksinasi akan menjadi nol titer Ab. Makanya anjing disarankan divaksin ssdh umur 2 bln. Ada perusahaan yg bikin khusus vaksin distemper dan parvo dibuat dibawah 2 bln bisa di berikan ini dikarenakan jumlah virus dalam vaksin yg dilemahkan dikurangi jumlahnya shg diharapkan bisa merangsang atau inisiasi cell memory Ab agar bisa terbentuk ab sesungguhnya ssdh umur 2 mg dan ini biasanya di booster dgn vaksin jenis sama pada 2 mg ssdh pemberian pertama. Mengapa cuma distemper dan parvo yg diberikan diawal saat masih muda ini disebabkan krn penyakit jenis ini biasanya menyerang usia anjing muda kurang dari 2 bln bahkan di daerah endemik atau paparan virus kuat hrs di boosyer sampe 2-3x, kemudian vaksin rabies bisa diberikan pada anjing umur ssdh 2 bln atau paling cepat. 2 bln tdk ada masalah jika anjing sehat soalnya rabiesenyerang semua jenis umur semakin dini di vaksin semakin baik. Kalo vaksin sebaiknya awal Parvo dan distemper + Rabies jika daerah endemik seperti Sulawesi,bali,Jakarta bali dll. Sesudah itu masuk 2 mg kemudian dengan vaksin yg ada Distemper,parvo,rabies,parainfluenza,hepatitis dan leptospira atau kode vaksinnya DHPPi-LR kemudian diulang lagi sebulan kemudian dan enam bulan kemudian baru setahun sekali kalo anjimg bisa umur panjang sampai 25 thn tinggal mbutuhkan vaksin lengkap DHPPi-LR sekali setahun, semoga bermanfaat tks.
09 Aug 2017 19:26:40
#13
Avatar 024807
024807
Total Post : 1
Saya baru punya anjing pom umur 2 bulan, sudah vaksin e4, bulan ini harusnya vaksin e6, tapi temen bilang vaksin e6 tidak perlu diberi langsung bulan depan vaksin e7, apakah boleh dwmikian

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.