Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
04 Jan 2013 15:47:34
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Masalah Kesehatan yang Umum Terjadi pada Jenis Anjing Kecil

foto

Jenis anjing kecil semakin populer karena mereka sangat lucu, umumnya pintar dan hewan peliharaan keluarga yang setia. Jika dibandingkan dengan jenis anjing besar, mereka memiliki rentang hidup yang jauh lebih lama. Namun, ras anjing kecil rentan terhadap masalah kesehatan tertentu. Jika anda memiliki jenis anjing kecil, berhati-hatilah terhadap beberapa kondisi umum yang dapat terjadi pada anjing jenis ini.

Ukuran Tubuh
karena ukuran dan kepekaan genetik, jenis anjing kecil sering memiliki reaksi yang lebih buruk terhadap berbagai obat-obatan, bahan kimia dan vaksinasi dibandingkan jenis anjing besar. Jika anda memiliki jenis anjing kecil, maka sebisa mungkin berikan gaya hidup paling alami. Jauhkan anjing kecil dari bahan kimia rumah tangga dan produk pembersih serta berikan mereka vaksinasi dengan jumlah terkecil.

foto

Sebagai contoh: memberikan suntikan rabies setiap 3 tahun seringkali menjadi pilihan yang lebih baik daripada diberikan tahunan. Cobalah untuk menghindari vaksinasi beberapa kali dalam satu waktu, memisahkannya dalam waktu 3 minggu atau lebih akan meminimalkan risiko reaksi sistem kekebalan tubuh.

Beberapa jenis anjing kecil memiliki kecenderungan terhadap penyakit degenerative disc (penurunan kualitas bantalan ruas tulang belakang) atau masalah genetik dengan pinggul yang disebut sebagai penyakit legg-Perthes. Sementara beberapa lainnya mungkin mengalami stiff backs (Punggung kaku) atau trick knees (kondisi dimana tempurung lutut bergerak keluar dari tempatnya).

Kulit dan Gigi
Dengan sensitifitas sistem kekebalan tubuh yang tinggi, banyak jenis anjing toy breed mengalami alergi kulit yang dipicu oleh udara yang dihirup atau kontak melalui sentuhan dengan alergen tertentu atau makanan, atau sebagai akibat dari gigitan kutu. Banyak jenis anjing kecil yang mengembangkan beberapa bentuk penyakit gigi terutama dengan bertambahnya usia mereka. Perawatan pencegahan secara teratur dengan produk seperti pasta gigi dan obat kumur yang diformulasikan untuk anjing dapat sangat membantu.

foto


Hypoglycemia
Hypoglycemia (gula darah rendah) adalah masalah umum bagi anjing jenis toy breed yang masih berusia muda. Gejalanya meliputi jalan sempoyongan, mata bening, lemas dan badan kaku. Jika tidak diobati segera dapat menyebabkan kejang, pingsan dan bahkan kematian. Jika anda melihat tanda-tanda ini, masukkan sedikit gula ke dalam mulut anjing segera dan bergegas untuk membawanya ke dokter hewan untuk perawatan lebih lanjut.

foto

Jika anjing telah ditetapkan mengidap hypoglycemia, maka yang bisa anda lakukan untuk mencegah serangan lebih lanjut, yaitu dengan mengubah jadwal makan dan berhati-hati dengan bahan makanan yang terkandung dalam dog food serta treat yang dimakan oleh anjing anda.
Jenis anjing toy breed seringkali memiliki masalah saluran kemih. Kadang-kadang, bisa muncul sebagai perilaku karena kepekaan emosional mereka dan sementara penyebab lainnya bisa karena kondisi infeksi saluran kemih yang mencakup pembentukan batu dalam kantong kemih. Pemeriksaan teratur ke dokter hewan dapat membantu mendeteksi masalah ini lebih awal dan dengan diet yang tepat secara konsisten dapat membantu mencegah masalah ini.

foto

Anjing kecil memberikan cinta yang besar kepada pemiliknya, karena itu balaslah mereka dengan makanan yang baik, latihan yang cukup dan perawatan profesional bila diperlukan.

Sumber:
sheknows.com

30 Jan 2013 08:19:06
#2
Avatar dogsfan
dogsfan
Total Post : 101
thanks infonya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.