Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
18 Dec 2012 11:29:04
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Mengenalkan Anjing Kepada kucing Sebagai Peliharaan Baru atau Sebaliknya

foto

Jika anda sudah memiliki anjing dan sedang berencana untuk memelihara seekor kucing ke rumah atau sebaliknya, sangat penting untuk memikirkan tentang pengenalan pertama mereka. Dengan membiarkan kucing berkeliaran bebas saling bertemu dengan anjing yang tidak sedang dirantai untuk pertama kalinya, hal ini mungkin akan menghasilkan masalah yang tidak anda inginkan. Sebaiknya, rencanakan bagaimana cara yang baik untuk mempertemukan mereka dan lakukan secara perlahan.

Tahap Pengenalan
Terlepas dari apakah anda mendapatkan kucing baru atau anjing baru, pengenalan pertama antara hewan peliharaan yang sudah ada dengan peliharaan yang baru adalah bagian proses yang sangat penting. Berikut empat langkah yang dapat membantu anda untuk memastikan agar pertemuan keduanya berjalan baik:

Langkah 1 : Pilih lokasi yang tepat untuk pertemuan pertama
  • Kucing (Peliharaan lama) dengan anjing baru: Jika anda hendak mengadopsi anjing, sebaiknya anda tidak membawa kucing anda untuk bertemu dengannya di kennel, petshop, atau breeder tempat anda akan mengambil anjing baru untuk alasan kesehatan dan keselamatan. Sebaiknya lakukan pengenalan di rumah.
  • Anjing (Peliharaan lama) dengan kucing baru: Jika anda hendak mengadopsi kucing, jangan membawa anjing anda ke tempat anda membeli kucing dan mengeksposnya diantara kucing-kucing disana karena hal ini bisa membuatnya stres atau trauma dengan semua kucing. Jika dimungkinkan, coba tanyakan kepada penjual apakah mereka memiliki kucing yang sudah terbiasa atau bersahabat dengan anjing untuk diperbolehkan bertemu dengan anjing anda dalam kondisi yang terkendali. Jika tidak dimungkinkan, alternatif lain, coba pertemukan anjing anda dengan kucing milik teman atau saudara yang terbiasa dengan anjing. Jika tidak bisa juga, sebagai usaha terakhir anda dapat membawa kucing baru anda dan melakukan pengenalan di rumah.
Langkah 2 : Pisahkan hewan peliharaan baru dan lama
- Selang beberapa hari, lakukan secara bergilir mana peliharaan yang diberikan kebebasan dan mana yang diberikan batasan untuk memungkinkan kedua peliharaan anda memiliki waktu untuk menginvestigasi bau atau aroma satu sama lain.
- Kadang anjing harus dimasukkan ke kandang atau ruangan lain (atau lokasi lain jika dia tidak dapat ditinggalkan sendiri) untuk memungkinkan kucing berkeliaran bebas dan menyelidiki bau anjing.
- Jika anjing secara obsesif menggali di batas pemisah atau menggonggong pada kucing selama lebih dari satu atau dua hari, maka berarti cara ini kurang mempan dan membutuhkan pelatihan yang tepat. Anda mungkin membutuhkan bantuan seorang profesional.
- Saat tidak ada orang dirumah, anjing atau kucing harus ditempatkan pada tempat dimana keduanya tidak bisa bertemu.
- Begitu anjing tenang (atau setidaknya tidak terobsesi dengan kucing) dan kucing juga tenang, makan dan berada di kandangnya secara normal, maka anda bisa melanjutkan langkah berikutnya.

foto


Langkah 3 : Membuat perkenalan dengan anjing memakai Leash/tali anjing
Jika langkah diatas sudah berjalan baik, maka selanjutnya:
- Biarkan kucing dan anjing berada di ruang yang sama tetapi anjing tetap menggunakan leash.
- Lanjutkan perkenalan ini sampai anjing tenang dan mengabaikan kucing, dan kucing juga tenang.
- Jika ada rasa takut atau agresi yang diperlihatkan pada salah satu hewan, maka kembali pada langkah ke-2.
- Lanjutkan tanpa ada batas waktu sampai kedua anjing dan kucing tampak senang dan rileks di sekitar satu sama lain.
- Saat tidak ada orang dirumah, anjing atau kucing harus dipisahkan pada tempat yang terpisah dan aman

Langkah 4 : Memberikan waktu berinteraksi tanpa pengawasan
Waktu yang diberikan untuk bersama tanpa pengawasan dapat terjadi setelah kucing dan anjing telah diawasi saat mereka bersama dalam jangka waktu yang cukup lama (satu bulan atau lebih) dan anda sudah yakin mereka tidak akan saling menyakiti satu sama lain.

Tips:
Jika anjing menatap kucing atau memandangi pembatas yang membatasi tempat kucing berada, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya dan buat dia berpaling dengan memberikan treat, suara yang menyenangkan atau dengan lembut membawanya pergi dengan leash. Begitu anjing menjauh dari kucing, coba berikan treat. Ulangi proses ini sampai dia tidak lagi terfokus pada kucing atau pembatas tadi.

Tanda peringatan
- Jika anjing sangat fokus, tidak mengalihkan matanya dari kucing atau pembatas kucing, benar-benar mengabaikan anda atau menekuk lutut tiba-tiba segera begitu kucing bergerak, maka hal ini mungkin bisa berbahaya.
- Jika kapan saja anjing suka menekuk lutut, menggeram, menunjukkan sikap agresi di depan kucing yang kalem dan tenang,atau sebaliknya jika kucing menyerang anjing yang tenang dan kalem, maka sebaiknya anda harus berpikir dua kali untuk memelihara keduanya secara bersamaan. Jika anda tetap berkomitmen untuk menyatukan keduanya, anda mungkin membutuhkan bantuan seorang ahli.

foto

- Jika anda ingin mencari kucing yang cocok untuk anjing anda, sementara anjing anda memperlihatkan perilaku yang meragukan jika berada disekitar kucing yang menggeram, mendesis dan mengusir, maka coba dengan kucing yang lebih tenang. Jika dia tetap memperlihatkan perilaku yang meragukan, maka ini berarti dia sebaiknya tidak tinggal dengan kucing.

foto


- Jika anda ingin mencari anjing yang cocok dengan kucing anda, sementara kucing anda suka mendesis, menggeram atau mengusir didepan anjing, berikan waktu kepada kucing dan coba lagi di lain hari. Anda juga bisa coba dengan anjing lain. Jika kucing anda tetap saja menggeram dan mendesis terhadap semua jenis anjing, maka sepertinya kucing anda tidak ingin tinggal bersama anjing.

foto

Banyak anjing yang bisa hidup bersama dengan kucing dan menjadi sahabat yang baik begitupun sebaliknya, namun ada juga beberapa yang sulit bahkan mungkin tidak bisa akur tinggal bersama dan jika memang sudah tidak memungkinkan sebaiknya tidak dipaksakan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika anda tetap ingin berkomitmen memelihara keduanya, maka sebaiknya menggunakan bantuan profesional.

Sumber:
americanhumane.org

Last Edited : 18 Dec 2012 11:35:38
18 Mar 2013 21:42:40
#2
Avatar Oktaviani.Zen
Oktaviani.Zen
Total Post : 1
bantuin dung cara menyatukan kucing baru dan kucing lama? kelahi melulu.
kucing lama himalaya 9 bulan jantan dan yang baru anggora 6 bulan jantan.
bagaimana caranya?
18 Mar 2014 12:56:49
#3
Avatar angela.jutexz
angela.jutexz
Total Post : 2
kucing ma anjing q temenan tu,,,,,,,,,,,mereka akrab dengan sendirinya,,,,,,
25 Mar 2014 11:06:52
#4
Avatar Mang.Jerpis
Mang.Jerpis
Total Post : 1
anjing trah kecil yang bisa cepet akrab sama kucing biasanya jenis apa ya?
14 Sep 2014 09:27:36
#5
Avatar Richarda.A
Richarda.A
Total Post : 1
anjing ku itu nakal, udah 2 kucing dia bunuh, trus apa dia bisa dekat sama kucing kedepannya??
14 Aug 2015 19:49:58
#6
Avatar anjing-dijual126
anjing-dijual126
Total Post : 1
ak punya anjing dia anjing husky dia cuma agak lincah dan cenderung ingin berteman tapi kucing baru ku gualak banget, suka mendesis dan mencakar bagaimana ya cara mendamaikannya ?
13 Sep 2015 08:10:27
#7
Avatar angelicadwiputri99
angelicadwiputri99
Total Post : 1
aku punya kucing 2, yg satu persia himalaya yang satu anggora campur persia. anjing baruku lebih deket sama kucing persia himalaya ku dibanding anggora campur persia. bisa di deketin juga gak ya kucing nya?anggoranya galak bgt soalnya..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.