Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Dec 2012 15:07:10
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Cara Mengatasi Perilaku Anjing Menandai Wilayah Dengan Urin (Marking)

foto

Anjing adalah hewan teritorial. Di alam liar, anjing dengan tingkat kasta tertinggi akan "menandai"" wilayah mereka sebagai tanda kepada anjing lain bahwa mereka yang berkuasa di wilayah tersebut. Karena itulah mereka butuh mengklaim suatu area, ruang atau benda tertentu yang mereka anggap sebagai milik atau wilayah mereka. Salah satu cara mereka adalah menandai area atau benda tertentu dengan urinnya. Perilaku itu disebut dengan urine marking. Perilaku marking ini berbeda dengan masalah mengotori rumah, ini lebih kepada perilaku teritorial. Selain alasan teritorial, perilaku marking kadang juga bisa dilakukan berkaitan dengan seksualitas, sebagai contoh seekor anjing betina akan melakukan marking untuk meninggalkan jejak kepada anjing jantan bahwa mereka sudah siap "kawin".

foto


Perilaku Marking biasanya dilakukan dengan jumlah urin sedikit dan ditemukan pada permukaan vertikal (misalnya dinding) namun kadang ditemukan juga pada permukaan horizontal (misalnya lantai). Biasanya dilakukan dengan postur mengangkat satu kaki namun jika anjing anda tidak melakukan dengan postur ini masih ada kemungkinan dia sedang melakukan marking.

foto
Perilaku marking ini tentunya akan sangat mengganggu anda karena tidak hanya ruangan dalam rumah anda yang dikotori bahkan perabotan rumah atau barang kesukaan anda mungkin bisa menjadi sasaran perilaku marking ini. Berikut cara mengatasi perilaku marking atau menandai tersebut:
  • Membentuk hirarki atau tingkatan yang jelas
    Ketika anjing hidup dengan manusia, kadang posisi mereka menjadi kurang jelas, sebagai hasilnya mereka menandai wilayah karena mereka menganggap dirinya berperan sebagai seorang Pack Leader. Untuk mengurangi perilaku marking ini, sangat penting untuk menunjukkan kepada anjing anda tentang tingkatan pack yang jelas. Tunjukkan bahwa andalah "Pack Leadernya". Jika anjing anda sudah memahami bahwa bukan dia Pack leadernya, maka dia akan merasa "pekerjaan Marking" bukan menjadi tanggung jawabnya lagi. Klik sini : Cara Menjadi Pack Leader yang Baik Bagi Anjing

  • Lakukan Neuter/Spay (sterilisasi) pada anjing anda sedini mungkin.
    Perilaku marking juga dipicu oleh perubahan hormon. Anjing yang mencapai kematangan seksual ingin menunjukkan kegagahannya dengan meninggalkan bau mereka melalui perilaku marking tadi. Anjing yang tidak mencapai kematangan seksual tidak akan melakukannya. Karena itu sedini mungkin anda melakukan neuter/spay pada anjing anda, maka semakin sedikit kecenderungannya untuk berprilaku marking.

  • Jangan menghukum anjing anda secara fisik
    hukuman fisik tidak akan membuat anjing anda mengerti! Sebaliknya, lebih baik fokuskan untuk mengubah hubungan antara anda dan anjing anda untuk membuktikan bahwa anda adalah Pack Leader.

foto


  • Awasi anjing anda secara dekat untuk menghentikan Perilaku Markingnya.
    Tangkap basah saat anjing anda "sedang bertindak" melakukan Marking adalah cara yang sangat efektif untuk mengurangi perilaku tersebut.

foto


  • Menghilangkan bau urin atau pee dari area yang sudah terkena urinnya.
    Jangan memberinya undangan untuk kembali menandai area tersebut. Anda mungkin akan memerlukan pewangi untuk sepenuhnya menghapus bau urinnya.
foto


  • Gunakan alat bantu pelatihan
    * Crating atau memasukkannya ke dalam kandang dapat mencegah anjing anda melakukan perilaku marking karena anjing tidak akan pee dalam ruangan tertutup.

    * Gunakan Belly Band untuk membungkus perut anjing dan mencegahnya untuk marking. Jika anjing menggunakan Belly Band dan dia melakukan marking/mengeluarkan urin, maka belly band akan berfungsi seperti popok dan menahan urinnya. Anjing tidak suka basah dan mereka biasanya akan berhenti marking begitu mereka belajar bahwa marking membuat mereka tidak nyaman.

    foto

    * Pakai sebuah kaleng Shaker/kaleng kocok yang dapat dibuat dengan mengambil kaleng soda kosong dan diisi dengan koin, kemudian tutup bagian yang terbuka agar koin tidak keluar. Kaleng kocok akan menghasilkan suara yang berisik saat anda kocok dan ini digunakan saat anda kedapatan melihat anjing anda sedang bersiap untuk melakukan marking. Begitu dia mengangkat salah satu kakinya, kocok kaleng tersebut sekali saja untuk mendapatkan perhatiannya. Suara keras dapat menakutinya dan menghentikan tindakan yang sedang ia lakukan. Berikan command/perintah untuk tidak pee dan saat dia tidak melakukannya, berikan pujian. Hal ini akan membantu mengirimkan pesan positif dan mendorong anjing untuk tidak melakukan marking.

Sumber:
doodycalls.com

Last Edited : 07 Dec 2012 15:16:07
19 May 2013 16:55:25
#2
Avatar anjing-dijual286
anjing-dijual286
Total Post : 1
saya mempunyai 3 ekor anjing betina 1 dan 2 jantan, musim kawin tiba kedua anjing jantan itu bertarung untuk memperebutkan betina nya. bagaimana cara menghentikan pertarungan itu ????
28 Jul 2017 21:36:44
#3
Avatar debora.fatmawati
debora.fatmawati
Total Post : 2
Sama saya jg punya 2 betina 1 jantan. Sebaiknya anjingnya semuanya di steril sebelum lup, agar hormon terkontrol. Anjing betina saya yg berantem di latih sama pelatih anjing supaya akur, carana di pertemukan tp di rantai kalau ada yg menggerang langsung tarik, ajarin untuk avoid atau nyuekin, caranya... Emh cari pelatih atau lihat yutub. Hehe

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.