Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
04 Dec 2012 14:39:18
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyebab Anjing Muntah

Ada banyak alasan mengapa anjing muntah. Dia mungkin memakan sesuatu yang seharusnya tidak dimakan, makan terlalu cepat, masalah kesehatan yang ada dalam tubuhnya atau masalah serius lainnya. Jika anda berpikir anjing seringkali muntah, itu benar. Itu karena anjing memiliki pusat perkembangan yang baik di otak yang memerintahkan mereka untuk muntah jika memakan sesuatu yang tidak seharusnya mereka makan. Ini sebagian dari mekanisme pertahanan anjing saat mereka di alam liar. Mereka melihat sesuatu dan memakannya untuk mencari tahu apakah itu bisa dimakan, jika tidak maka mereka akan mengeluarkan kembali yang mereka makan.

foto

Namun, muntah (vomit) juga bisa menjadi tanda adanya penyakit serius dan bahkan bisa mengancam jiwa anjing kesayangan kita jika tidak diatasi dengan segera. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang muntah (vomit) pada anjing.

Muntah (Vomit) atau Regurgitasi (Regurgitation)?
Anjing memiliki dua cara muntah, yaitu:
Pertama, disebut Regurgitasi adalah ketika makanan tetap berada dikerongkongan karena diblokir atau tidak turun dan berakumulasi sampai akhirnya penuh dan dikeluarkan melalui mulut, terjadi tanpa usaha, pasif atau tanpa proses yang rumit, yang dikeluarkan biasanya berupa makanan yang belum tercerna ke dalam perut dan waktu terjadi biasanya segera setelah makan atau menelan.

kedua, muntah atau vomit adalah ketika makanan mencapai lambung dan dikeluarkan melalui mulut dengan dorongan kuat yang terkoordinasi dari dalam perut, makanan yang dikeluarkan sudah tercerna sebagian atau semua dan jarang terjadi dengan cepat setelah makan. Anjing yang mengalami muntah biasanya menjadi cemas dan mungkin mencari perhatian dan mengeluarkan banyak air liur serta menelan secara berlebihan.

Penyebab anjing muntah:
  • Parasit dalam usus
    Hal ini dapat menyebabkan muntah dan diare pada anak anjing dan anjing dewasa. Kadang flu juga bisa menyebabkan muntah ringan.
  • Kelebihan asam lambung
    Jika anjing anda muntah berwarna kuning dan biasanya terjadi tidak lama setelah makan, ini bisa berarti bahwa anjing anda memiliki kelebihan cairan empedu dan asam lambung. Hal ini bisa diperbaiki dengan memberi makan anjing anda lebih sering dalam jumlah yang lebih sedikit.
  • Tidak cocok atau alergi dengan makanan tertentu
    Perubahan makanan pada anjing anda mungkin bisa menyebabkan muntah dan diare jika mereka tidak cocok/alergi terhadap bahan makanan tertentu.
  • Memakan rumput
    Beberapa anjing kadang memiliki kebiasaan memakan rumput. Muntah setelah memakan rumput, tidak selalu terjadi namun jika dia memakan terlalu banyak, dia mungkin bisa muntah.

    foto

  • Bahan yang bukan makanan
    Anjing seperti pemulung alami. Mereka memiliki kecenderungan untuk memakan sampah, jasad hewan mati, tanaman dan apapun yang mereka pikir mungkin adalah sesuatu yang enak untuk dimakan. Beberapa diantaranya mungkin tidak berbahaya, namun yang lain mungkin bisa sangat berbahaya bagi mereka.
  • Makanan manusia
    Beberapa makanan manusia, terutama yang mengandung lemak tinggi, gula dan garam tidak boleh diberikan kepada anjing secara rutin. Tidak hanya bisa menyebabkan mereka muntah, namun mereka juga bisa mengalami masalah kesehatan yang serius di masa depan seperti diabetes.
  • Makan atau minum terlalu banyak
    Hal ini biasa terjadi pada anak anjing atau jenis trah kecil. Jika mereka makan terlalu cepat dan terlalu banyak dalam sekali waktu, mereka bisa muntah tak lama setelah makan.
  • Penyakit dan masalah kesehatan
    Penyakit seperti Pankreatitis, kanker, dan canine parvo bisa menyebabkan muntah. Tumor, infeksi telinga dan beberapa infeksi bakteri juga bisa menyebabkan muntah.
Ketika kapan muntah itu menjadi masalah serius atau kapan saatnya saya harus membawa anjing ke dokter hewan jika dia muntah?

foto

Jika anjing yang sehat, muntah sesekali mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi jika anda melihat salah satu tanda-tanda dibawah ini, bawalah segera anjing anda ke dokter:
- Muntah lebih dari sekali dalam sehari atau terus muntah keesokan harinya
- muntah banyak yang terus menerus (projectile vomit)
- Muntah mengandung darah merah terang atau kelihatannya seperti bubuk kopi (kemungkinan sebagian mengandung darah)
- Diare, lesu, perut kembung
- Muntah meskipun tidak makan selama beberapa jam

Muntah juga bisa lebih berbahaya pada anjing berusia tua, anjing-anjing yang memiliki riwayat masalah kesehatan, dan anak anjing. Jadi, terus mengawasi dan memperhatikan anjing anda dan membawanya ke dokter segera jika muntah terus berlanjut karena muntah (vomit) bisa menyebabkan dehidrasi pada anjing.

Mengobati Muntah
Jika anjing anda sehat dan hanya muntah sekali, anda harus menahan memberi makan dan air selama 12 jam untuk memberikan waktu bagi perut anjing anda beristirahat. Setelah itu, berikan anjing anda sedikit kepingan es batu atau sedikit air minum (serempat sampai setengah cangkir, tergantung jenis ukuran anjing anda) untuk melihat apakah mereka bisa menerimanya. Anda juga bisa memberikan sejumlah kecil larutan elektrolit anak dengan air.

foto

Jika anjing anda tampak baik-baik saja ketika diberikan air, maka berikan beberapa sendok makan makanan hambar, seperti dada ayam rebus dan nasi setiap selang beberapa jam. Jika dia sudah mulai membaik, anda bisa perlahan-lahan mengenalkannya kembali dengan makanan sehari-harinya. Jika dia muntahkan lagi, maka sebaiknya bawa ke dokter hewan. Dokter hewan mungkin akan meresepkan antibiotik, perubahan pola makan, antiemetics (obat yang membantu mengontrol muntah) atau obat lainnya.

Sumber:
pets.webmd.com
globalanimal.org

Last Edited : 04 Dec 2012 14:45:55
20 Apr 2013 13:10:32
#2
Avatar bastiandavid
bastiandavid
Total Post : 3
mantab. sayang kurang lengkap p3k_nya jk kt tdk bs bw kedokter misal krn malam hari, drh_nya libur,dll
29 Apr 2013 01:28:32
#3
Avatar Geoffrey.Lyc
Geoffrey.Lyc
Total Post : 18
nice info
10 Jun 2013 23:29:53
#4
Avatar Florencia.Ho
Florencia.Ho
Total Post : 1
Misalkan untuk puppy kisaran 2bulan , muntah + perut kembung gimana cra pengobatan cepatnya? Apa harus puasa? Brapa lama? Soalnya dkter hewan Yg saya temui tdk memberikan detail jelas . Trims
11 Jun 2013 16:17:08
#5
Avatar Bgs.Kusuma.Putra
Bgs.Kusuma.Putra
Total Post : 1
Min kalo anjingnya muntah isi cacing gitu setelah di kasi susu, apa penyebabnya ya? Apa itu namanya cacingan?
03 Jul 2013 22:17:42
#6
Avatar angel.michelle.7393
angel.michelle.7393
Total Post : 1
min kalo anjingnya muntah mulu terus ga mau makan gymana?
26 Nov 2013 22:02:41
#7
Avatar Manix_ayu.Elf
Manix_ayu.Elf
Total Post : 1
Anjing saya sering kaku smpe gk bsa jln kyak org stroke gtu kira2 apa ya penyebabnya???
11 Dec 2013 01:29:48
#8
Avatar Marlena.Xiao
Marlena.Xiao
Total Post : 1
@florencia : klo gugukku kembung sih biasany perutny ak olesi minyak kayu putih, n kasi minum obat cina po cai pills skitar 10-15 biji aj. D tumbuk halus..
15 Jan 2014 08:37:44
#9
Avatar veraryos.indonesia
veraryos.indonesia
Total Post : 1
Anjingku muntah dr subuh, tp dikasi makan, mau makan..kenapa ya kira\".. sad
29 Jun 2014 22:16:18
#10
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Anjing gua tiba2 muntah setelah minum banyak tapi makannya normal nggak tau kenapa ya begitu makanan masuk langsung muntah kembali ada apa ya apa ada sakit nggak
14 Jul 2014 15:53:52
#11
Avatar rafiq.rambol
rafiq.rambol
Total Post : 1
Anjing saya muntah berwarna hijau,itu apa penyebab nya?dan bagaimana cara mengatasi nya?
24 Oct 2014 12:53:08
#12
Avatar lucie.corabelle
lucie.corabelle
Total Post : 4
Awalnya anjing aku batuk dan seperti mau muntah , tapi ga muntah . Lalu dia nafasnya kaya susah. Dan mula ga mau makan , pas dibawah ke dokter di kasih sporanox dan obat cacing . Malemnya aku kasih minum obat lau tidur , tadi pagi sekitar jam 8 pgi aku kasih obat sama suapin dia makan . Jam 1 siang tadi dia munta . Dan kdang dia ngeluarin nafas + suara . Dan masih dengan nafas yang terhela . Plase. Aku bingung . Help me
Last Edited : 24 Oct 2014 12:57:38
26 Oct 2014 09:38:10
#13
Avatar Andi.Andi.Sp
Andi.Andi.Sp
Auto Banned
Total Post : 12
Anjing saya muntah beberapa kali kemarin jadi saya puasakan 1 hari cuma dikasih susu cap beruang aja sampai 2 kaleng besoknya sudah sehat kembali
29 Oct 2014 13:43:58
#14
Avatar davidputra
davidputra
Total Post : 1
gan andi, hati2 dgn susu beruang bisa bikin mencret2 anjingnya.


Lucie : mungkin makanannya ga cocok jd muntah, coba kasi obat masuk angin. atau kedokter hewan lain coba cari second opinion
30 Dec 2014 08:12:43
#15
Avatar isthy.indrianiii
isthy.indrianiii
Total Post : 1
Kalo perut anjingny ngeluarin suara yg aneh", slsai dya muntah min, gmna cara ngatasinny??
21 Jan 2015 16:46:56
#16
Avatar Felicita.Anindhita
Felicita.Anindhita
Total Post : 1
Anjing saya sudah muntah berkali2 hari ini, mau dibawa ke dokter tp sudah tutup. Pertolongan pertamanya apa ya?
10 Apr 2015 08:58:14
#17
Avatar Michael.Wijaya
Michael.Wijaya
Total Post : 1
saya mau nanya nih gk lama ini anjing saya melahirkan 6 anak anjing cuman si induk gk mau ngeluarin susu yauda saya kasih susu kambing ke anak anjing nya tapi tadi malam sekitar jam 2 salah satu nya muntah saya pikir karena kekenyangan soal nya saya kasih setiap 1 jam sekali atau 2 jam sekali waktu saya cek lagi anak anjing saya udah mati malahan baru banget tadi anak anjing saya mati 2 dengan gejala yg sama saya harus gmn ya ? mohon bantuan nya
17 Apr 2015 13:39:58
#18
Avatar Swastika.Dirga
Swastika.Dirga
Total Post : 1
Mohon pertolongan nya anjing pitbul saya muntah setiap x dia mkan berselang berapa jam pasti dia muntah...3x dia makan 3x pun dia muntah klau msalam minum biasa tpi bdan nya lemas makan aja di suapin...
09 Jul 2015 19:20:53
#19
Avatar Andreas.Edden
Andreas.Edden
Total Post : 1
Nice info.. sangat membantu ...
10 Jul 2015 19:17:40
#20
Avatar anjing-dijual229
anjing-dijual229
Total Post : 69
mau nanya dan nambahin. sy pernah nonton di youtube doc ttg dogfood dan beberapa video sejenis. apa ada yg tahu ttg bagus jeeknya df? nambahin. sejauh ini anjing2 sy makan makanan rumahan, cm gak di bumbui, gak pernah allergy dll bahkan pernah sebulan nasi campur rempela ayam. gak masalah. kalo menurut pendapat. kebanyakan masalah kesehatan anjing di karenakan makanannya. ada yg bs koreksi/kasih input lebih jauh? makasih smile

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.