Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 Mar 2017 09:50:13
#1
Avatar anjing-dijual961
anjing-dijual961
Total Post : 16

Rutin Diare

Mohon masukan nya....

Doggy ku jenis GSD ( herder ) usia 1, 4 tahun hampir mengalami diare rutin setiap bulan.
Pengobatan yang saya lakukan adalah dengan memberikan obat diare, hanya bertahan sebentar ( 2 hari ) setelah itu diare lebih parah lagi, akhirnya saya memberikan antibiotik seperti San Prima atau Metronidazol sebanyak 500mg...hanya butuh 1-2 hari langsung sembuh ( pakai dosis forte 800mg 1x minum langsung sembuh, tapi saya banyakan memakai dosis 500mg ), obat antibiotik diberikan selama 5 hari...
Sehabis makan selalu saya berikan Yogult plant 2 sendok...
Setelah sembuh total....maka terjadi lagi Diare dengan selang waktu setiap bulan ( 1 bulan 10 hari ) dari September 2016 sampai sekarang , sudah seperti rutin saja...he..he..serem juga kalo setiap bulan mesti konsumsi antibiotik.
Apakah teman teman pernah mengalami kasus seperti ini ? GSD memang sangat terkenal dengan sensitif pencernaan...
Kali ini saya coba dengan memberikan Librozym plus ( enzym ) untuk melancarkan pencernaan...belum tahu hasilnya....
Apakah porsi makan terlalu banyak akan menyebabkan diare ?
Mohon masukan nya...thanks

Last Edited : 20 Mar 2017 10:02:13
20 Mar 2017 18:44:06
#2
Avatar cunitocumi
cunitocumi
Total Post : 70
Pernah coba ganti dengan df merk lain? Atau df kering ganti ke kalengan dan sebaliknya. Terus obat cacing rutin gak? Kl rutin diare gini suka bikin bingung dan cenderung kyk bloating yg berakibat diare. Kalo di manusia namanya irritable bowel syndrome. Kebanyakan masalah di makanannya. Coba di ganti makanannya selama 2 bulan sekali baru ganti lg. Recurrent diare gak bagus tuk ususnya,,,takutnya nanti bisa tumbuh polip dan berujung ke tumor dan kanker.
20 Mar 2017 18:46:02
#3
Avatar cunitocumi
cunitocumi
Total Post : 70
Apa tau kandungan protein di makanannya berapa persen? Kalo protein seharinya2 tinggi, coba kasih yg lebih rendah proteinnya, dan kalo lg diare, minta di cek ke dokter hewan, siapa tau ada parasit atau bakteri yg bandel di ususnya.
21 Mar 2017 13:15:06
#4
Avatar anjing-dijual961
anjing-dijual961
Total Post : 16
Obat cacing sih rutin 6 bulan sekali, lingkungan juga bersih...
Selama ini pakai df merek Nutrisource performance, protein 30% , buat anjing aktif dan dicampur dgn rebusan daging sapi giling....soalnya setiap pagi rutin jogging atau jalan pagi...
Habis ini coba saya turunin percentase protein nya deh... Thanks ya
22 Mar 2017 07:23:59
#5
Avatar cunitocumi
cunitocumi
Total Post : 70
Sepengalaman saya dengan bully saya yg umur dewasa, kalo makanan terlalu tinggi protein atau protein di atas 26% misalkan 30-32% protein, bab nya sering lembek kyk bubur kental, badan muncul bruntul2 kyk bentol2 kecil2 banget dimana dia suka garuk2 dan sering kentut. Dan beberapa kali sebulan kena infeksi saluran cerna krn sering bab lembek kyk bubur kental krn makanan terlalu tinggi proteinnya. Pas dah ganti ke protein maksimum 26% proplan large breed adult, bab nya jadi bagus dan udh jarang banget bermasalah pencernaannya. Baiknya kalo anjing kita gak tiap hari di suruh aktivitas berat, atau latihan beban/ menarik beban berat, baiknya pakai df yg persentase protein normal atau maks 26% aja.
22 Mar 2017 09:55:19
#6
Avatar anjing-dijual961
anjing-dijual961
Total Post : 16
Thanks masukan nya...skrg saya coba ganti df yg protein nya sekitar 25%, mudah mudahan tidak terjadi diare lagi...
Saya feeling bisa jadi df...nilai protein df aja sudah 30% belum ditambah dengan cincangan daging sapi 100gram...he..he..
10 May 2017 11:57:51
#7
Avatar allengozali19
allengozali19
Total Post : 3
Konfirmasi : ternyata penyebab diare di GSD saya adalah porsi makan berlebihan....
Saya kurangin porsi makan menjadi 300 gram / hari ( 150g x 2 ) sebelum nya 500gram / hari .
Protein Dogfood dari 30% turun menjadi 22%...tapi tetap saya campurin dengan daging kerbau segar direbus sekitar 80gram....
Yogult plan merek Biokul sehari 4 sendok ( 2x makan )
Sudah hampir 2.5 bulan sejak diganti menu makanan nya dan tidak ada tanda tanda diare...sebelum nya setiap awal bulan pasti diare...

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.