Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
19 Jan 2017 17:34:41
#1
Avatar 023075
023075
Total Post : 1

Heat stroke help me.

Selamat sore doggie lovers
Saya mau menceritakan kejadian yg kami alami pagi tadi

Tadi pagi sekitar jam 8 pagi saya lari pagi bersama 2 doggi saya cuaca saat itu panas terik, setelah 1 jam berlari salah satu doggi saya tiba2 tidak mau berdiri dan nafas ngos ngosan seketika itu saya tlp orang rumah untuk menjemput kami

Sesaat dirumah doggi sy pun masih terkulai lemas hingga saat ini jam 6 sore
Sudah 2x kencing sambil tiduran
Saya sudah search ternyata doggi saya terkena heat stroke
Saya takut terjadi apa apa
Saat ini doggi sy hanya tidur di lantai sesekali ingin bangun tapi tdk bisa

Mohon pencerahan para pencinta doggi disini untuk memberikan masukan ataupun pengalaman yg terkena heat stroke
Terima kasih
God bless

20 Jan 2017 01:15:00
#2
Avatar Sherwin.Tjan
Sherwin.Tjan
Total Post : 14
Yang mendesak kalau itu terjadi:
- Bungkus badannya dengan handuk yang sudah dibasahi air. (jangan pakai air yang dingin/es ya!). Peras air dari handuk dan selimuti dengan handuk itu sekujur badannya. Air-nya room temperature atau hangat sedikit saja supaya badannya tidak kaget dan suhu tubuhnya turun secara alami. Kalau pakai air terlalu dingin/es malah berbahaya. Alternatif lainnya pakai shower dan kujuri seluruh tubuh.
- Jangan biarkan tidur di lantai di tempat yang panas. Cari yang teduh.
- Cari fan/kipas angin dan nyalakan untuk dia
- Selalu sediakan air di dekat dia (apakah dia bisa minum sendiri?). Jangan air es!
- Kamu perlu panggil dokter karena kalau heatstroke-nya parah bisa kena gagal organ.
Anjing apa saja, namanya hidup di Indonesia yang panas banget ini, hati-hati kalau mengajak anjing beraktifitas. Jalan biasa saja dan bukan lari bisa kena heatstroke. Sebaiknya dilakukan sore hari menjelang matahari terbenam atau malam. Ingat ya, anjing itu tidak berkeringat seperti manusia dan mengatur suhu tubuhnya melalui nafas masuk dan keluar. Ada kelenjar keringat di bagian telapak kaki tapi sangat minimal dalam membantu dia mengatur panas tubuh. Yang utama ya dari nafas masuk keluar itu.
Good luck.
Last Edited : 20 Jan 2017 01:15:59
20 Jan 2017 10:32:09
#3
Avatar cunitocumi
cunitocumi
Total Post : 70
Kalo kemarin2 sempat hampir kena heat stroke jg bully saya,,,langsung saya gendong ke kamar mandi, mandikan/ shower/ siram terus menerus air di kmr mandi sampai panasnya berkurang,,,dan kain basah di taruh di kepalanya, dan kasih air minum terus, terus di sisinya sampai panas di daerah lipat ketiak kaki depan dan di kepala udh turun sampai suhu normal dan respon dah normal. Makan waktu 30-60 menit baru turun normal. Heat stroke cenderung serang ke otak, mirip kyk anak step,,,jadi musti lihat ada kelainan neurologis/ sarafnya. Kalo suhu dah turun normal, tp responnya gak normal, segera bawa ke klinik dokter hewan terdekat.
20 Jan 2017 10:36:35
#4
Avatar cunitocumi
cunitocumi
Total Post : 70
Heat stroke kalo telat penatalaksanaanya biasanya memberikan kelainan neurologis yang relatif susah kembali ke normal. Ibaratnya,,,kena step terus menerus, ujung2 kedepannya jadi kena epilepsi, mungkin itu perumpamaan yang mirip.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.