Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
27 Aug 2016 08:43:21
#1
Avatar Mee.N_w
Mee.N_w
Total Post : 9

Anjing kena Kutu

Sebelumnya ane pernah bagi pengalaman singkat di thread punya tetangga. Di sini ane ceritakan lg...


Kejadiannya saat anjing ane umur 4 tahun, shithzu mix yorkshire tb2 terkena serangan kutu (sudah ane tangkap satu satu tp besoknya ada lagi dan ga habis2--bahkan sepertinya sudah bertelur krn banyak yg ukuran sedang dan kecil-- satu yg bulat badannya, satu yg sperti laba2).


Pertama ane beli shampoo khusus buat kutu, yg ad tulisannya Flea+Tick dngn merk Dixci ---ktny buatan lokal dan hrgny cm 45rb, tp tulisannya inggris smua, bingung deh.. pouty

Ada sedikit berkurang kutu yg di badan doggie ane (bkn doggie tetangga yahtongue), tp msh ada.
Maka ane pun bw doggie k dokter. Di sana disuntik 1x di antara punggung dan perutnya, (kt sodara ane hrsny kalau suntikan kutu di punduk)-- kalau ad yg bs jelaskan ane blm tau apa perbedaan letak suntikan.dizzy
Dokter jg kasih resep beli obat kutu di pet shop. Frontline dan cairan ap gt ane ga beli.

Ane jd beli Certifect pengganti Frontline. Di http://googleweblight.com/?lite_url=http://anjingdijual.com/thread/451/kutu-pada-anjing/2&
"Frontline Plus atau Certifect lebih bagus. Yg paling ampuh sekarang ini Certifect tapi keras dan anjing kadang bisa lemas sekitar 2-3 hari."

Singkat crt, kayanya tuh obat kemakan sedikit, atau it obat terlalu keras buat doggie ane, doggie lgsg keluar busa, pertolongan pertama ane ksh susu, sambil bersihin obat dr badannya. Ssudah dia minum, tetap keluar air dr mulutnya (tanpa busa-gk berhenti2), ane bw ke dokter, trs dia disuntik lg!blink
Semalaman doggie ane gk bs tidur, kepalanya selalu digeleng2--leng...geleng...geleng...geleng...geleng....ky lagu ajagrin, nah ane pikir ada kutu yg masuk telinga tp gk ada, dan telinganya bersih.
Ane cb garuk2 lembut ke badannya terutama yg bekas dikasih obat tetes itu, dan doggie ane bs tidur stgh jam (tanpa melepaskan tangan ane yg garuk2in k badannya). sleepingdoggie bs tidur ane gk bsninjaninja

Krn bsk nya doggie ane demam 2-3hari (ga tau krn dipotong pendek bulunya, bahkan hrsny dibotakin) dan lemas jd ane ga beli cairan yg kt dokter buat dia mandi tp ga blh kemakan jg krn obat keras!


Seminggu kemudian, kutu yg bulat sudah hilang tp yg ky laba2 masih ada. Ane mandiin lah doggie ane pke shampoo Dixci lg. 2-3hari kutu msh ada tp dlm jumlah lbh sedikit, dan tiap hariny slalu ad di daun telinga.
Ane penasaran, agak dlm xi ane liat k dlm tlinga, dan ihhhh...bnyk kutu yg mirip laba2 itu!!!angryangry Telinga doggie ane pun bnyk bintik2 hitam. Ane mau ambil pke kuku biar gigitan kutuny lepas, doggie ane ny kesakitan.
Akhirny ane cb pke penjepit untuk buka softlenses mata, pastikan lembut dan ga akan membucatkan isi perut kutu.
Krn posisinya ane dh tau, tanpa menarik telinga doggie dngn keras, ane lgsg ambil tuh kutu, jumlahya mungkin ad 8 apa 10 kutu!

Nah untuk antisipasi takut ad yg bertelur di rumah, ane lap lantai pakai karbol dan pemutih stiap pagi dan sore, besokny ane lihat ad 2 kutu mati d lantai.
Dan setiap ane ambil kutu dr badan doggie ane masukin plastik yg berisi air karbol, pastikan kutu tenggelam dlm air karbol.

Semoga bbrp hari k dpn kutu nya sudah ga ad d doggie ane.smile

Last Edited : 10 Sep 2016 08:50:55
27 Aug 2016 08:54:24
#2
Avatar Mee.N_w
Mee.N_w
Total Post : 9
Oh iya, untungnya nafsu makan anjing ane masih normal seperti biasanya
Last Edited : 27 Aug 2016 08:54:56
29 Aug 2016 11:03:14
#3
Avatar 005793
005793
Total Post : 10
kasih bawang putih juga ke dalam makanannya, membantu sebagai antibiotik alami dari dalam tubuh.. yg PUTIH yah.. jangan yg merah!!
29 Aug 2016 13:50:13
#4
Avatar Mee.N_w
Mee.N_w
Total Post : 9
Ok, thanks infonya smile
09 Sep 2016 05:39:48
#5
Avatar anjing-dijual634711
anjing-dijual634711
Total Post : 2
jgn lpa obat cacing teratur,timbulnya kutu karna cacingan
10 Sep 2016 08:48:52
#6
Avatar Mee.N_w
Mee.N_w
Total Post : 9
Foto penjepit buka softlenses/ pinset dan kutu yg ky laba2

foto


foto
Last Edited : 10 Sep 2016 11:23:22
10 Sep 2016 08:56:40
#7
Avatar Mee.N_w
Mee.N_w
Total Post : 9
Tar ane cb kasih obat cacing. Terima kasih yah infonya.

Sejauh ini kutu sudah berkurang 97%. Ane kasih bawang PUTIH dimakanan doggie ane, jg bersih2 rumah dan halaman. Ane siram tanah2 pakai bekas pel lantai (yg mengandung air karbol dan pemutih), rumput2 jg ane babat semua.
10 Sep 2016 16:09:33
#8
Avatar 019500
019500
Total Post : 1
Pake aja Pro-Vet Anti Parasits. Bentuknya tablet, bisa di beri langsung ke anjingnya, atau di hancurkan di campurkan ke makanannya.. bahannya alami, bisa untuk kutu dan cacing juga lo...
06 Oct 2016 08:55:33
#9
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Frontline ajalah jgn merk laen, sedikit mahal tp tuntas. Percuma kutu diambilin dibadan dogie, 20% ada disitu 80% ada diluaran, terutama ditempat2 gelap ama di semak2 halaman, sekali bertelur ribuan. Beli frontline tetes, aplikasikan yg benar, jgn dimandiin 3 hari. Setelah 3 hari boleh mandi. Fipronil dlm frontline akan meresap kekelenjar minyak di kulit, dan kuat membunuh semua kutu yg hinggap di dogie sampai 1 bulan kl jenis tick yg kaya di dogie Agan. 1 bulan kemudian apikasikan lagi sampai 6bulan. Kenapa 6bulan? Umur tick sekitar 6 bulan dan dia butuh darah dogie untuk berkembang biak. Bila selama 6bulan kutu nda bisa hisap darah dogie karena terlindung fipronil, mereka nda ada kesempatan untuk berkembang biak, so semua kutu bisa dibasmi. Emang sedikit mahal, tp tuntas. Trus dijaga Gan, Misal kalau mau dititipkan 3 hari sebelum dititipkan tetesin frontline. Obat itu aman soalnya hanya meresap sampai kelenjar minyak, nda sampai peredaran darah seperti selamectin dlm revolution, atau ivermectin yg biasa disuntikkan dokter. Meski dua obat terakhir punya spektrum yg lebih luas (bisa untuk beberapa cacing dan tungau). Frontline hanya untuk serangga2 yg hinggap dipermukaan kulit, umumnya kutu jenis tick and flea. FYI belasan tahun, semua dogie aku tidak pernah ada kutu 1 pun.
17 Jan 2017 02:15:25
#10
Avatar cowsapy
cowsapy
Total Post : 1
Anjing saya taun lalu sempet kutuan gr2 dititip terus pake frontline selama hampir setaun kutu ilang. Januari kmrn baru dititip dan kena kutu lagi, selasa kemaren baru di grooming terus tetes frontline lg. Tp td kata mama sy dia nemu kutu yg hitam nempel di tempat tidur dogi banyak ada juga di tembok yg udah kering. Kira2 frontline masih efektif ga ya? Kata org grooming nya krn musim hujan, makanya kutu pada keluar sad
Last Edited : 17 Jan 2017 02:16:47
03 Apr 2018 09:26:56
#11
Avatar ranggadestura28
ranggadestura28
Total Post : 1
@LabsLover ada kontak yang bisa di hubungi ga bang ? Mau tanyatanya soal perawatan anakan pitbull nih

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.