AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Nov 2012 11:46:26
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Bolehkah Menggunakan Hair Dryer Manusia pada Anjing ?

Bolehkah saya menggunakan hair dryer / pengering rambut pada anjing setelah memandikannya?

foto

Ya, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama dan terpenting, anda harus menjaga jarak beberapa inci antara lubang udara hair dryer dengan bulu anjing anda dan aliran udara hair dryer harus selalu bergerak atau tidak terus di satu bagian, untuk menghindari agar anjing anda tidak merasa kepanasan.

Anda pasti juga secara alami akan melakukan hal ini ketika mengeringkan rambut anda sendiri karena anda bisa merasakan saat udara pengering rambut terasa sangat panas di kepala anda. Akan tetapi anjing anda tidak dapat memberitahu anda ketika udaranya sudah terlalu panas, dan ia mungkin hanya bisa menangis ketika kesakitan. Jadi, anda harus ekstra hati-hati saat melakukannya. Dan juga, pastikan untuk menyesuaikan blow dryer dengan tingkat panas yang paling rendah saat ingin menggunakannya pada anjing anda.

foto

Sebelum menggunakannya, pastikan anjing anda sudah dibiasakan dulu dengan hair dryer seperti suara dan sensasi angin yang bertiup padanya. Lakukan secara bertahap: Tunjukan padanya hair dryer dengan kondisi tidak menyala (off) dan berikan pujian serta treat / cemilan kepadanya, nyalakan hair dryer agak jauh dari anjing anda dan berikan pujian serta treat, lalu sedikit demi sedikit dekatkan hair dryer padanya dan berikan pujian serta treat dan seterusnya. Dengan ini ia akan belajar untuk tidak takut dengan hair dryer dan anda bisa membuat pengalaman grooming ini menjadi menyenangkan bersama anjing anda.

Akan lebih baik jika anda menggunakan dryer khusus anjing ketimbang menggunakan dryer anda sendiri, terutama jika anda memandikan anjing anda secara teratur (dimana hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga anjing anda agar bulunya tetap lembut, wangi dan mencegah masalah-masalah kulit yang ada). Dryer khusus anjing tidak menghasilkan panas melainkan menghasilkan angin/udara pada kecepatan tinggi untuk menghilangkan air pada bulu dan membuat bulu anjing menjadi sedikit sekali basah (akan cepat kering sendiri) dan juga membuat anjing anda terbebas dari bulu rontok dan mengurangi bulu rontok saat masa shedding nanti.

foto

Dryer anjing sangat baik terutama untuk anjing dengan bulu double coat yang tebal seperti Collie, Samoyed dan jenis trah long-hair lainnya, karena lapisan bulu bawah (undercoat) yang mereka miliki sangat mudah kusut dan dengan menggunakan dryer anjing hal tersebut bisa dicegah dengan udara yang masuk sampai ke kulit dan mendorong bulu rontok keluar.

foto

Dryer anjing ini biasa digunakan oleh para profesional groomer. Jika anda memiliki anjing long-hair dan sering memandikannya, dryer anjing mungkin bisa menjadi investasi yang baik untuk menjaga anjing tetap bersih dan senang dan pastinya anda juga senang.

Sumber:
vetstreet.com

Last Edited : 16 Nov 2012 11:48:16
16 Nov 2012 15:19:53
#2
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Kalau untuk anjing bulu pendek seperti rottweiler bagaimana sis Niki?thanks
16 Nov 2012 16:47:23
#3
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
untuk anjing berbulu pendek spt rottweiler bisa dikeringkan secara alami dengan handuk dgn gerakan yang agak cepat namun tetap lembut dan menggunakan handuk yang bersih serta fluffy. setelah dikeringkan dengan handuk, jaga agar anjing tidak keluar ruangan sampai kulit dan bulunya benar-benar kering. semoga membantu smile
08 Dec 2012 14:22:41
#4
Avatar 008083
008083
Total Post : 13
kalau anjing Golden di keringkan pake hair dryer kucing bagaimana Sis Niki? soalx anjing goldenku q keringin pake  hair dryer kucing
trims
09 Dec 2012 11:00:03
#5
Avatar andreas.h.lee.7
andreas.h.lee.7
Total Post : 45
saya lebih memilih blower khusus buat anjing,kenapa saya tidak menggunakan hair dryer buat husky saya..?
dulu sebelum memutuskan untuk membeli blower khusus anjing,ketika memandikan husky saya, ternyata dibutuhkan waktu yg amat sangat lama untuk bisa membuat bulu husky ( yg double coat ) menjadi kering total.
karena saya tdk mau husky kena jamur yg disebabkan kulit/bulu dalam nya masih basah, akhir nya saya pernah mencoba grooming ke PS, namun sejak husky saya tertular ringworm, setelah beberapa kali kunjungan mandi grooming ke PS tsb, saya berpikir, lebih baik saya memandikan husky saya sendiri dan membeli sebuah blower khusus buat anjing.
selain digunakan untuk mengeringkan bulu2 nya, blower ini sering saya pakai juga buat scanning(periksa) seluruh permukaan kulit nya,bila ada kutu/caplak, karena tiupan angin blower nya kencang, husky saya sampai merem2 mata nya ....cool man ..! (kata nya )
11 Dec 2012 08:49:15
#6
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
@0000008083 :
memakai hair dryer kucing utk golden kamu mungkin tidak menjadi masalah karena sama2 pet hair dryer berbeda dgn hair dryer manusia. hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah apakah tingkat angin blowernya cukup jika digunakan pada golden dgn bulu panjang dan lebat berbeda dgn kucing. Jika tingkat angin kurang pasti akan memakan waktu cukup lama utk mengeringkan bulu golden dan harus dipastikan kering dgn sempurna agar terhindar dari masalah kulit.
26 Dec 2012 14:38:12
#7
Avatar novianto.nx
novianto.nx
Total Post : 6
blower merk apa yg recomended yah?
28 Dec 2012 10:53:07
#8
Avatar Samuel.Yusa
Samuel.Yusa
Total Post : 47
harga blower khusus anjing berapa gan?
30 Apr 2013 19:47:27
#9
Avatar GoldHarvest
GoldHarvest
Total Post : 1
beli dimana?
07 Sep 2013 12:48:39
#10
Avatar Maria.Tanata
Maria.Tanata
Total Post : 12
Buat masukan aj ya buat dog lovers yg suka mandi'in dogy nya sendiri :
Lebih baik sebelum di keringkan pake blower, keringkan dulu saja pakai KANEBO khusus.supaya lebih cepat pengeringan nya. smile

Semoga bermanfaat smile wink
19 Jun 2017 20:08:03
#11
Avatar hmsilviamariana23
hmsilviamariana23
Total Post : 1
recomend buat beli blower khusus anjing dimana ya? yg jualan online
22 Jul 2017 19:38:27
#12
Avatar Celine.Winata
Celine.Winata
Total Post : 1
Mau beli blower khusus anjing lassie  di mana  ya ?  

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.